loading...
PEMBAHASAN MATERI SULIT PADA UN 2019, CONTOH SOAL, DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA
A. Materi Sulit
1 cara pendeskripsian tabiat tokoh
2. pembuktian latar suasana
3. keterkaitan isi kutipan dongeng dengan kehidupan sehari-hari
4. opini penulis tajuk
5. tujuan penulisan dalam paragraf
6. makna kata simbolik.
7. pengembangan topik menjadi cerpen
8. kalimat esai yang sesuai
9. perbaikan kalimat
10. perbaikan kalimat dan alasannya
Indikator: memilih cara pendeskripsian tabiat tokoh
1. Cermati kutipan Berikut!
Lebih tidak yummy lagi kalau orang itu yaitu Parmin. Tukang kebun yang rajin dan tak banyak cakap itu. Yang kerjanya cekatan, dengan wajah yang senantiasa memancarkan kesabaran. Tak pernah kedapatan sedikit saja membayang kemarahan pada wajah itu. Namun, tertawa berkepantidakboleh pun jarang lepas dari mulutnya. Senyum, itu saja. Senyum yang bisa muncul pada banyak peluang. Saat ia bicara. Saai ia mendapatkan tugas, mendapatkan penghasilan. Juga ketika Mami memdiberi tahu bahwa penghasilan akan dibayarkan terlambat.
Pendeskripsian tabiat tokoh Parmin yang penyabar dalam kutipan cerpen tersebut diungkapkan melalui ….
A. Gambaran fisik tokoh
B. Tingkah laris tokoh
C. Tanggapan tokoh lain
D. Uraian pengarang
E. Suasana sekitar tokoh
Indikator: menentukan pembuktian latar suasana
2. Cermati kutipan diberikut!
Lebih tidak yummy lagi kalau orang itu yaitu Parmin. Tukang kebun yang rajin dan tak banyak cakap itu. Yang kerjanya cekatan, dengan wajah yang senantiasa memancarkan kesabaran. Tak pernah kedapatan sedikit saja membayang kemarahan pada wajah itu. Namun, tertawa berkepantidakboleh pun jarang lepas dari mulutnya. Senyum, itu saja. Senyum yang bisa muncul pada banyak peluang. Saat ia bicara. Saai ia mendapatkan tugas, mendapatkan penghasilan. Juga ketika Mami memdiberi tahu bahwa penghasilan akan dibayarkan terlambat. Pendeskripsian tabiat tokoh Parmin yang penyabar dalam kutipan cerpen tersebut diungkapkan melalui ….
Pembuktian latar suasana kekaguman dalam kutipan cerpen tersebut yaitu …
A. Parmin tukang kebun yang rajin dan pendiam.
B. Parmin selalu tersenyum di setiap peluang.
C. Parmin tidak pernah tertawa berkepantidakboleh.
D. Parmin tidak murka pembayaran penghasilannya terlambat.
E. Parmin mendapatkan kiprah sekaligus pembayarannya.
Indikator: menentukan keterkaitan isi kutipan dongeng dengan kehidupan sehari-hari
3. Cermatilah kutipan cerpen Berikut
Satu jam silam, kami melamun dan terhanyut dalan angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi ketika ini benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi saya yakin bahwa Tuhan tidak akan memdiberi cobaan melebihi kemampuan hambaNya. Namun, Ranti istriku, tetap ngotot dan terus menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, saya bangun dan berjalan ke sana-ke mari. “Jangan spesialuntuk mondar-mandir, Mas, cepat cari jalankeluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula duduk masalah ini tidak bisa menunggu, harus segera cari pinjaman, alasannya yaitu kalau hujan hujan turun dengan lebat takutnya rumah ini akan rubuh.” Keterkaitan isi kutipan dengan kehidupan sehari-hari adalah….
A. Suami biasanya tidak peduli dengan kasus rumah tangga.
B. Seorang istri menuntut suami untuk mencari penghasilan tambahan.
C. Istri lebih emosional dalam mengatasi permasalahan daripada suami.
D. Perlu tunjangan dana yang besar untuk memperbaiki rumah.
E. Selalu ada jalan bila kita berusaha untuk memperbaiki rumah yang rubuh.
Indikator: menentukan opini penulis tajuk
4. Cermati tajuk rencana diberikut!
Penyaluran menolongan sosial kepada masyarakat miskin terus dibenahi dan disederhanakan. Pemanfaatan layanan digital nontunai diperbankan terus akan diperluas untuk memastikan kualitas menolongan dan jumlah yang diterima sesuai dengan yang didiberikan pemerintah. Menteri Sosial memberikan hal itu ketika meluncurkan warung gotong royong elektronik (e-warung). Beliau juga memberikan bahwa selama ini bansos yang diterima masyarakat kurang sempurna samasukan baik kualitas maupun jumlahnya. Pemerintah diperlukan mengawasi secara fokus dan terus menerus sehingga masyarakat sanggup mencicipi manfaatnya.
Opini penulis tajuk rencana adalah…
A. Penyaluran menolongan sosial kepada masyarakat miskin sudah disederhanakan
B. Penyaluran menolongan sosial kepada masyarakat sudah sempurna samasukan
C. Pemanfaatan layanan digital nontunai dalam menolongan sosial belum terbaik
D. Layanan digital nontunai harus diperluas untuk memastikan penyaluran menolongan social
E. Pemerintah sebaiknya mengawasi menolongan sosial secara serara fokus dan terus-menerus
Indikator: menentukan tujuan penulisan dalam paragraf
5. Cermatilah teks diberikut.
(1) Dunia digegerkan dengan hilangnya sebuah pesawat. (2) Diduga pesawat tersebut hilang dalam penerbangan dari Indonesia menuju Beijing, China. (3) Menurut informasi sementara, pesawat tersebut meliputi 160 penumpang, termasuk lima bayi dan 12 kru pesawat tersebut. (4) Diperkirakan hilangnya pesawat yaitu alasannya yaitu kehilangan kontak dengan menara. (5) Namun, dari hasil analisa pesawat melenceng jauh dari jalur yang semestniya sehingga kehilangan arah. Tujuan penulisan dalam paragraf tersebut yaitu …
A. Menggambarkan wacana dunia yang digegerkan oleh hilangnya pesawat.
B. Memdiberitahukan hilangnya pesawat di dunia penerbangan.
C. Memdiberitahukan jumlah penumpang dalam pesawat yang hilang.
D. Membuktikan pesawat yang hilang alasannya yaitu kehilangan kontak dengan menara.
E. Menginformasikan wacana pesawat yang hilang alasannya yaitu ke luar dari jalur.
Indikator: menentukan makna kata simbolik.
6. Cermati paragraf diberikut!
Kepala kantor bergirang hati dan katanya, "Kartono engkau juru tulis yang rajin. Dan kupikir, sebagai Heiho engkau akan lebih mempunyai kegunaan untuk nusa dan bangsa. Tunggulah sebentar ... akan kudiberikan sebuah surat pengharagaan atas jasamu di kantor ini. "Jangat kening Kartono berkerinyut pula dan dijawabannya, Tuan, kalau bisa surat ini ditulis dalam bahasa Nippon saja. Kepala kantor kami seorang nasionalis. Ia orang biasa saja yang mengutamakan kemakmuran rumah tangga. Seperti pernah dikatakanya, ia selalu berjalan di atas rel." Makna simbolik rel dalam kutipan tersebut yaitu ....
A. keputusan
B. ketentuan
C. keinginan
D. kebijakan
E. kebiasaan
Indikator: menentukan pengembangan topik menjadi cerpen
7. Cermati teks diberikut! Topik : Terima kasih Ibu Mia Kata kunci : olahraga – Bu Mia – siswa – ulangan – permintaan – terima kasih
Pengembangan topik dan kata-kata kunci menjadi cerpen yaitu …
A. Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA sempurna waktu. Tak menyerupai biasanya, hari itu bawah umur belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka gres saja berolahraga lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan mempersembahkan ulangan. Beberapa siswa mengajukan permintaan kepada Bu Mia untuk menunda ulangan. Bu Mia mendapatkan permintaan siswa. Semua siswa mengucapkan terima kasih.
B. Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA sempurna waktu. Tak menyerupai biasanya, hari itu bawah umur belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka gres saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan mempersembahkan ulangan, beberapa siswa, termasuk Lia, meminta, “Bu Mia menunda ulangan dong.” Bu Mia mendapatkan permintaan siswa.
C. Kamis pagi usai pelajaran olah raga, Bu mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA sempurna waktu. Tak menyerupai biasanya, hari itu bawah umur belum selesai berganti pakaian. Bu Mia akan mempersembahkan ulangan. Beberapa siswa, mengajukan usul. Lia gembira dan mengucapkan terima kasih alasannya yaitu ulangan tetap berjalan.
D.Ibu guru Kimia masuk kelas X MIPA sempurna waktu. Tak menyerupai biasanya, hari itu bawah umur belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka gres saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan mempersembahkan ulangan. Bu Mia tidak mendapatkan permintaan seorang siswa. Semua siswa bertepuk tangan gembira alasannya yaitu permintaan itu tidak diterima.
E. Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA sempurna waktu. Tak menyerupai biasanya, hari itu bawah umur belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka gres saja mengikuti ujian lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan mempersembahkan ulangan. Semua siswa bertepuk tangan gembira mengucapkan terima kasih alasannya yaitu Bu Mia mempersembahkan waktu untuk berganti pakaian hingga rapi.
Indikator: menentukan kalimat esai yang sesuai
8. Cermati kutipan puisi diberikut!
Penerbangan terakhir Maka menangislah ruh bayi itu keras-keras
Kedua tangan yang alit itu menyerupai kejang-kejang
Kakinya pun menerjang-nerjang Suara melengking dan menghiba-hiba
...
Taufiq Ismail
Kalimat esai yang sesuai dengan puisi tersebut yaitu ....
A. Taufiq Ismail menggambarkan proses kehidupan insan dengan ungkapan yang biasa.
B. Untuk pembaca yang kurang menyukai puisi, suli mendapatkan pesan yang disampaikan Taufiq Ismail.
C. Penyair menggambarkan insiden dalam puisi itu penuh dengan tafsiran makna dan pilihan kata yang susah dipahami.
D. Diksi dan majas yang dipakai Taufiq Ismail untuk mengungkapkan maksud puisi tidak praktis dipahami pembaca.
E. Penggunaan diksi karya Taufiq Ismail terasa menggelitik pembaca alasannya yaitu ungkapan-ungkapannya hidup.
Indikator: menentukan perbaikan kalimat
9. Cermati paragraf diberikut!
Generasi muda Indonesia sangat mengagumkan, baik dalam hal akademik maupun nonakademik. Lihatlah kiprah mereka dalam banyak sekali lomba keilmuan, olahraga, atau seni. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajarpelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional itu sungguh sangat membanggakan sekali. Perbaikan kalimat yang bercetak miring supaya menjadi kalimat yang efektif yaitu …
A. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh sangat membanggakan sekali.
B. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh membanggakan.
C. Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sangat membanggakan sekali.
D. Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam banyak sekali lomba-lomba internasional sangat membanggakan sekali.
E. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sungguh teramat membanggakan.
Indikator: menentukan perbaikan kalimat dan alasannya
10. Cermati paragraf diberikut!
(1) Kepulauan Togean berada di wilayah Provinsi Sulawesi Tengah. (2) Kepulauan ini mempunyai pantaipanatai yang molek, bahari yang bening dan tenang, serta ikan berwarna-warni yang menyelinap di antara teru karang yang indah. (3) Saat senja menjelang, mata menjadi bola agak kemerah-merahan yang ditelan jingga. (4) Namun akung, di sana juga berlangsung perusakan alam yang dilakukan para nelayan dalam mencari ikan dengan mengebom terumbu karang. (5) Keinginan pemerintah sentra menjadikannya sebagai taman nasional susah terwujud.
Perbaikan kalimat yang salah dalam paragraf tersebut berserta alasannya yaitu ....
Perbaikan Kalimat | Alasan | |
A | (2) ..., serta ikan bermacam-macam warna yang menyelinap di antara terumbu karang yang indah. | Kata bemacam-macam warna menyatakan makna banyak. |
B | (3) ..., matahari menjadi bola kemerah-merahan yang ditelan bahari jingga. | Kata kemerah-merahan sudah menyatakan makna "agak" |
C | (4) Sayang, di sana juga berlangsung perusakan alam yang ... | Namun berfungsi sebagai kata penghubung antarkalimat. |
D | (4) ... dalam mencari ikan dengan membom terumbu karang. | Tidak terdapat pertamaan meng-dalam bahasa Indonesia. |
E | (5) Keinginan pemerintah sentra mengakibatkan taman nasional susah terwujud. | Antara predikat dengan objek tidak adapat disisipi kata sebagai. |
C. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal Materi Sulit
No. | Kunci | Pembahasan |
1 | B | Pendeskripsian tabiat tokoh Parmin yang penyabar diungkapkan melalui tingkah laris tokoh. Pada kutipan cerpen tersebut disebutkan tokoh Parmin selalu senyum dalam setiap peluang. Saat mendapatkan tugas, mendapatkan penghasilan, dan ketika menerima informasi bahwa penghasilannya terlambat. |
2 | D | Pembuktian latar suasana kekaguman yaitu adanya deskripsi tokoh Parmin selalu tersenyum di setiap peluang. Dalam dongeng tersebut, suasana yang muncul yaitu suasana kagum pada tokoh. Tokoh yang begitu mengesankan dalam setiap gerak-gerik dan tingkah lakunya, terutama alasannya yaitu selalu tersenyum setiap saat. |
3 | C | Sastra yaitu cerminan masyarakat sehingga realita dalam karya sastra bersahabat kaitannya dengan kehidupan pada zamannya. Kutipan di atas meliputi emosinya seorang istri melihat keadaan rumah yang memprihatinkan dan memaksa suami untuk meminjam uang. Keterkaitan isi kutipan dengan kehidupan sehari-hari pada soal tersebut yaitu Istri lebih emosional dalam mengatasi permasalahan daripada suami. |
4 | C | Tajuk rencana atau editorial yaitu perilaku redaktur terhadap duduk masalah yang aktual. Persoalan yang dibahas yaitu kasus bansos yang masih terus dibenahi sehingga pemerintah berhak mengawasinya. melaluiataubersamaini demikian opini penulis pada tajuk tersebut yaitu Pemanfaatan layanan digital nontunai dalam menolongan sosial belum terbaik. |
5 | E | Tujuan penulis pada suatu teks sanggup disimpulkan dari jenis teks (genre) dan fungsi teks. Paragraf tersebut ialah jenis teks laporan yang meliputi diberita wacana hilangnya pesawat dalam sebuah penerbangan dari Indonesia menuju Beijing, China. Peristiwa ini terjadi alasannya yaitu pesawat terbang keluar dari jalur yang semestinya. melaluiataubersamaini demikian sanggup disimpulkan bahwa tujuan penulis dalam teks tersebut yaitu menginformasikan keberadaan pesawat yang hilang alasannya yaitu keluar dari jalur penerbangannya. |
6 | B | Cerpen meliputi dongeng narasi yang fiktif dan relatif pendek yang bisa dibaca dalam sekali duduk serta mempunyai bahasa yang khas dan memakai simbol. Simbol ialah tanda yang terbentuk secara konvensional alasannya yaitu kesepakatan, contohnya warna putih melambangkan kesucian, warna merah melambangkan keberanian, dan sebagainya. Dalam kutipan di atas kata “rel” melambangkan sebuah aturan, norma, dan standar budaya yang berlaku dalam masyarakat. melaluiataubersamaini demikian sanggup dianalogikan bahwa makna simbol pada kata “rel” sama dengan sebuah ketentuan atau aturan. |
7 | A | Topik yaitu pokok pembicaraan dalam sebuah karangan, dan kata kunci yaitu kata atau frasa yang dipakai untuk konsep dalam sebuah penulisan. Pengembangan topik dan kata kunci secara berurutan adalah: Kamis pagi usai pelajaran olahraga, Bu Mia, guru Kimia masuk kelas X MIPA sempurna waktu. Tak menyerupai biasanya, hari itu bawah umur belum selesai berganti pakaian. Penyebabnya, mereka gres saja berolahraga lari mengelilingi stadion. Bu Mia akan mempersembahkan ulangan. Beberapa siswa mengajukan permintaan kepada Bu Mia untuk menunda ulangan. Bu Mia mendapatkan permintaan siswa. Semua siswa mengucapkan terima kasih. |
8 | E | Kalimat esai yaitu kalimat yang mengulas suatu kasus dari sudut pandang pribadi penulisnya menurut identifikasi, klasifikasi, atau mendefinisikan. Dari hasil identifikasi kutipan puisi tersebut tergambar bahwa pilihan kata yang dipakai memakai ungkapan-ungkapannya hidup seperti, menangislah ruh bayi itu keras-keras, kakinya pun menerjang-nerjang, dan suara melengking dan menghiba-hiba. |
9 | B | Kalimat tersebut tidak efektif alasannya yaitu ada kemubaziran atau berlebihan pada kata beberapa pelajar-pelajar dan sungguh sangat membanggakan sekali.Untuk menyebut jumlah yang banyak (jamak) cukup sebut beberapa pelajar atau pelajar-pelajar. Untuk menyangatkan cukup sebut salah satu bentuk: sungguh, sangat, atau sekali. |
10 | B | Kalimat yang salah terdapat pada kalimat (3) alasannya yaitu memakai kata agak kemerah-merahan. Kata kemerah-merahan sudah menyatakan makna “agak” sehingga menjadi berlebihan (tidak efektif) kalau memakai kata “agak”. |
RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN LENGKAP MATERI/SOAL SULIT UJIAN NASIONAL MAPEL BAHASA INDONESIA SMA/MA
1. Pendeskripsian Watak Tokoh Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018
2. Bukti Latar Suasana Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018
3. Keterkaitan Isi Cerpen melaluiataubersamaini Kehidupan Sehari-hari Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018
4. Opini Penulis dalam Tajuk Rencana Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018
5. Tujuan Penulis Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018
6. Makna Kata Lambang Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018
7. Pengembangan Topik Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018
8. Kalimat Esai Sesuai Kutipan Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018
9. Memperbaiki Kalimat Tidak Efektif Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018
10. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018
BACA JUGA
SIAP-SIAP USBN TAHUN 2019
CONTOH SOAL USBN TAHUN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 DAN 2006
(Disusun menurut kisi-kisi USBN 2019 bernomor )
1. misal Soal USBN Tahun 2019 Kurikulum 2013 dan Kunci JawabanKlik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018
2. misal Soal USBN Tahun 2019 Kurikulum 2006 dan Kunci Jawaban Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-un-tahun-pelajaran-20172018
Tag :
UN 2018/2019 SMA
0 Komentar untuk "Pembahasan Bahan Sulit Pada Un 2019, Pola Soal, Dan Kunci Balasan Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sma/Ma"