loading...
SOAL USBN TAHUN 2019 BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013
1. Bacalah teks Berikut.
Konferensi Danau Nusantara yang digelar di Gorontalo … menghasilkan Deklarasi Limboto. Deklarasi ini ditanhadirani oleh sejumlah Kepala daerah di Indonesia yang mempunyai danau di wilayah administrasinya. Salah satu isi deklarasi yaitu kesepakatan membentuk lembaga daerah peduli danau nusantara, menyususn jadwal strategis Bersama, serta mendorong adanya regulasi pengelolaan danau berkelanjutan.
Kalimat pertanyaan yang sempurna sesuai isi paragraf adalah….
A. Apakah tujuan Deklarasi Limboto?
B. Mengapa konferensi Danau Nusantara diadakan di Gorontalo?
C. Apakah tujuan diadakan Konferensi Danau Nusantara?
D. Apakah hasil dari Konferensi Danau Nusantara?
E. Bagaimanakah pengelolaan danau di Indonesia ?
A. percobaan
B. pengaturan
C. persetujuan
D. pengabsahan
E. pengamatan
3. Cermati teks diberikut
Gafi : Selamat sore, Bu Nita. Bu Nita : Sore, silakah masuk, ayo duduk di dalam saja. Ada apa Gafi ke sini? Ada yang bisa Ibu menolong? Gafi : Maksud saya ke sini mau memperlihatkan tas rajutan karya Ibu aku. Ini saya bawa contohnya empat warna. Bu Nita : Bagus sekali bahan, model, dan warnanya. Berapa harganya, Gafi? Gafi : Tidak mahal, spesialuntuk Rp250.000,00. Tas ini bisa untuk tas kerja, situasi santai, atau untuk mahasiswa. Bu Nita : Bisa kurang, Gafi? Bagaimana kalau Rp225.000,00 biar nanti Ibu jual Rp250.000,00. Kalau lebih dari Rp250.000,00 terlalu mahal. Ibu ambil tiruana warna yang ada jikalau harganya bisa kurang Gafi : Baiklah kalau begitu, Bu. Tapi saya ambil doloe ke rumah, ya Bu. Yang saya bawa ini spesialuntuk untuk contoh. Bu Nita : Baik, Gafi. Hati-hati, tidak usah terburu-buru. Gafi : Ya, Bu Nita. Terima kasih. |
Hal yang disahkan dalam obrolan tersebut yaitu ….
A. banyak tas
B. jenis tas
C. warna tas
D. harga tas
E. model tas
Teks 1 | Teks 2 |
5. Bacalah teks diberikut.
E. Penyajian pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang SMA.
6. Bacalah teks diberikut.
Ada dua jenis tumbuhan mini. Pertama, tumbuhan mini yang bukan orisinil mini. Jika ditanam di tanah, ia akan tumbuh besar dan normal menyerupai biasa. Jika ditempatkan di pot kecil, pertumbuhannya menjadi lambat. Tanaman jenis ini contohnya tumbuhan palem mudang, pohon raphis, pohon asem, diberingin, dan jambu kerikil. Jenis kedua, tumbuhan mini asli, yang aslinya memang kecil. Tanaman ini jikalau ditanam di tanah tidak bisa besar menyerupai ukuran normal. Jika ditanam di pot kecil, ia akan makin kecil, mungil, dan cantik. Tanaman ini bagus untuk tumbuhan hias.
Masalah yang dibahas dalam teks eksposisi tersebut adalah….
A. Permasalahan tumbuhan mini yang sedang demam isu di Indonesia.
B. Tanaman mini orisinil dan tumbuhan mini bukan asli.
C. Tanaman mini bagus ditanam di pot kecil lantaran akan tumbuh menjadi bagus dan mungil.
D. Tanaman mini biasa dipakai menjadi tumbuhan hias.
E. Jenis-jenis tumbuhan mni dan deskripsinya.
7. Cermatilah teks Berikut.
Upacara moral tradisional Grebek yang diadakan setahun sekali, yakni pada Idulfitri atau Lebaran hari kedua, berlangsung sekitar 40 menit, semenjak pukul 09.50 WIB hingga pukul 10.30 WIB. Berbagai uborampe (barang) dan udik-udik (sesaji), berupa jenis sayuran, buah-buahan
dan masakan tradisional yang ditata dan disusun menyerupai bentuk pegunungan, dikirab oleh para
prajurit abdi dalem Kraton Yogyakarta dengan rute dari dalam kraton (Pagelaran).
Teks di atas membuktikan hal-hal diberikut, kecuali ....
A. macam-macam kegiatan
B. nama kegiatan
C. pelaku kegiatan
D. manfaat kegiatan
E. proses pelaksanaan kegiatan
8. Bacalah teks diberikut.
Pembentukan tajuk ialah pertumbuhan selanjutnya. Tajuk terdiri atas batang dengan daun-daunnya. Tajuk berkembang dari plumula atau kuncup pertama. Plumula terdiri atas batang (epikotil), satu atau dua calon daun (primordia daun), dan meristem apikal. Sumbu embrio tumbuh memanjang berdiferensiasi menjadi buku-buku dan ruas-ruas. Lambat laun primordia kuncup akan dibuat di ketiak-ketiak daun.
Pernyataan evaluatif terkait dengan teks tersebut yaitu ….
A. teks tersebut sangat rinci dalam membuktikan perkembangan tajuk
B. tajuk ialah pembahasan utama dalam teks tersebut
C. pembahasan wacana tajuk ada dalam pelajaran biologi
D. perlu ada klarifikasi lain wacana tajuk, contohnya melalui buku
E. kurang ada klarifikasi komplemen wacana struktur tajuk
9. Bacalah penggalan hikayat di bawah ini dengan cermat!
Maka pada suatu hari baginda pun sedang ramai dihadap oleh segala raja-raja sekalian, maka Si Miskin itu pun hadirlah di hadapan Baginda itu. Sesudah dilihat banyak orang itu akan Si Miskin itu hadir dua laki istri dengan rupa kainnya menyerupai dimamah anjing rupanya, maka orang banyak itu pun ramailah ia tertawa serta mengambil kayu dan batu, habislah bengkak-bengkak, ada yang berdarah, segala tubuhnya itu berlumuranlah dengan darah, maka orang pun gemparlah.
Isi penggalan hikayat tersebut adalah…
A. Mengungkapkan orang miskin yang tidak tahu sopan santun.
B. Menceritakan raja-raja yang sedang rapat.
C. Menceritakan orang miskin yang diperlakukan semena-mena.
D. Menceritakan orang miskin yang sedang menghadap raja.
E. Menggambarkan penyiksaan orang miskin yang tidak tahu tata karma.
Isi penggalan hikayat tersebut adalah…
A. Mengungkapkan orang miskin yang tidak tahu sopan santun.
B. Menceritakan raja-raja yang sedang rapat.
C. Menceritakan orang miskin yang diperlakukan semena-mena.
D. Menceritakan orang miskin yang sedang menghadap raja.
E. Menggambarkan penyiksaan orang miskin yang tidak tahu tata karma.
10. Cermati puisi diberikut!
Sajak Rajpertamai
Satu sangkar dari besi
Tak bisa mengubah Rajpertamai
Menjadi burung nuri
Satu luka perasaan
Maki puji dan hinaan
Tak merubah sang jagoan
Menjadi makhluk picisan
….
W.S. Rendra
Makna lambang “rajpertamai” dalam puisi tersebut adalah….
A. Yang mempunyai kemauan
B. Makhluk yang sangat liar
C. Sejenis burung yang bermata tajam
D. Binatang langka yang dilindungi
E. Sosok pembela yang tangguh
11. Cermati kutipan cerpen diberikut untuk soal nomor 16-17!
Menurut ibu yang didengarnya dari ayah, lantaran terjadinya penikaman terhadap Opzichter Belanda itu lantaran Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka. Dan rupanya kuli kontrak itu sudah petang matanya, tidak lagi sanggup menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka menetapkan untuk beramai-ramai menyerang mereka. (Kuli Kontrak, Mochtar Lubis)
Konflik dalam kutipan di atas adalah….
A. Rasa benci istri kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar.
B. Opzichter merasa murka lantaran istri kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya.
C. Rasa murka (petang mata) kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter
D. Rasa tertekan perasaan istri kuli-kuli kontrak terhadap suami mereka.
E. Opzichter merasa terhina lantaran istri-istri kuli kontrak menolaknya.
12. Bacalah penggalan cerpen diberikut dengan saksama!
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku sudah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi tidakboleh melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa menjadikan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kamu pada insiden Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya lantaran soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku sudah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi tidakboleh melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa menjadikan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kamu pada insiden Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya lantaran soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)
Nilai moral dalam penggalan cerpen di atas adalah…
A. Orang yang menebang pohon milik orang lain harus dilaporkan kepada lurah.
B. Orang yang menebang pohon milik orang lain sanggup dimasukkan ke penjara.
C. Kerukunan kampung sanggup terganggu lantaran penebangan pohon pepaya.
D. Persoalan kecil yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal.
E. Dua kilo beras sudah mengakibatkan dua orang bertikai.
13. Cermati paragraf diberikut!
Pantun 1 | Pantun 2 |
Mari kita ke pasar bunga beli bunga harganya murah Jika dinasihati ayah dan bunda Janganlah kesal tidakboleh menyanggah | Laju laju bahtera laju laju hingga ke Surabaya Jika rajin menuntut ilmu kelak hidupmu akan sejahtera |
Perbedaan isi kedua bait pantun tersebut yaitu ….
Pantun 1 | Pantun 2 | |
A. | nasihat supaya menuruti pesan yang tersirat orang tua | nasihat supaya rajin belajar |
B. | menganjurkan mengasihi tanaman | menginginkan hidup sejahtera |
C. | menginformasikan harga bunga | meraih kesuksesan hidup di dunia |
D. | cara mendengarkan pesan yang tersirat orang tua | cara menuntut ilmu pengetahuan |
E. | menerangkan sifat-sifat buruk | menerangkan cara meraih kesejahteraan |
14. Cermati kutipan cerpen diberikut!
Pada suatau hari Permaisuri di kerajaan Pulau Mintin menoinggal dunia. Sejak ketika itu Raja menjadi sedih dan selalu murung. Keadaan ini menciptakannya tidak sanggup memerintah dengan baik. Pada ketika yang sama , keadaan kesehatan raja pun makin menurun. Kemudian, raja pun berniat untuk berlayar guna menghibur hatinya. Sementara raja pergi, tentu saja ad yang menjalankan pemerintahan. Raja menyerahkan tahtanya kepada kedua anaknya.
Keterkaitan insiden dalam kutipan dongeng rakyaht tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah….
A. Kematian seseorang mentebabakan perebutan harta warisan.
B. Kematian membuat seseorang membenci bahagia.
C. Kematian seseorang harus segera dilupakan dengan berwisata.
D. Kematian seseorang meyebabakan orang yang ditingggalkan kecewa.
E. Kematian orang yang diakung meninggalkan murung yang mendalam
15. Cermati kutipan novel diberikut!
Ya Tuhan. Anakku polio? L-u-m-p-u-h? Seperti petir kata-kata dokter itu menyambar telingaku. Kali ini dokter menatapku dengan iba. Dia menyatakan bahwa anakku, Nike, juga terkena leukimia. Keterbatasan persediaan obat dan tenaga medis di desa terpencil itu makin memperburuk keadaan. Ketika kembali ke sisi Nike, senja itu, saya sudah merasa waktunya hampir tiba. Perpisahan sudah di depan mata. Kemudian, Nike karenanya meninggal walaupun belum melihat ayahnya. Tangisan pun menggelegar. Irwan gres bisa hadir setelah beliau meninggal. Kemudian, Irwan ditetapkan gagal menjadi dokter dan ditarik kembali ke kota. Di sana beliau dilarang menjadi dokter sehingga mencari pekerjaan lain, yaitu berdagang dan Wita menjadi guru bahasa Inggris. Akhirnya, saya dan Mas Irwan mengangkat anak berjulukan Nita. Sesungguhnya, matahari hidup kami memang masih di batas cakrpertamaa. Tapi, bukan matahari yang hampir terbenam. Melainkan fajar yang hampir menyingsing. (Matahari di Batas Cakrpertamaa, Mira W.) |
Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan sesuai isi kutipan tersebut yaitu …
A. Amanat dalam dongeng disampaikan terlalu gamblang oleh pengarang.
B. Tidak terdapat keterpaduan antara latar suasana, waktu, dan tempat.
C. Tokoh dalam dongeng kurang terserius sehingga alur dongeng tidak begitu jelas.
D. Pendeskripsian tabiat tokoh dalam kutipan dongeng kurang tergambar.
E. Sajian permasalahan yang menimpa tokoh terlalu berlebihan.
16. Cermatilah teks diberikut.
Pemerintah sudah melaksanakan operasi harga sembako di pasar …, para pedagang tetap mematok harga yang tinggi pada pembeli. Seharusnya para penjual menaati kebijakan pemerintah. .., mereka cenderung melanggar kebijakan tersebut. Pemerintah akan menindaklanjuti pelanggaran tersebut. …, pemerintah mempunyai banyak kendala.
Kata penghubung antarkalimat yang sempurna untuk melengkapi kepingan yang rumpang adalah….
A. namun, serta, apabila
B. namun, sebaliknya, akan tetapi
C. meskipun, sebaliknya, akan tetapi
D. namun, sebaliknya, apabila
E. sebab, serta, akan tetapi
17. Cermatilah teks diberikut.
Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan jadwal diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pamasukan. Oeh lantaran itu, kita harus pandai menentukan mana kentang yang berkarakter dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu warna kulit kentang. .... tidakboleh menentukan kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut yaitu ...
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut yaitu ...
A. Pilihlah kentang yang berukuran besar.
B. Belilah kentang di swalayan, tidakboleh di pasar tradisional.
C. Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.
D. Warna kentang sangat menarikdanunik dan bervariasi
E. Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.
18. Cermatilah kalimat diberikut!
Kalimat pendapat : Sekolah terus berupaya meningkatkan hasil berguru siswa dalam ujian nasional tahun ini.
Kalimat argumen:
(1) Meningkatkan prestasi siswa ialah kiprah guru dan sekolah.
(2) Guru melatih siswa dengan mengerjakan soal-soal untuk menghadapi ujian.
(3) Siswa seharusnya memanfaatkan waktu luangnya untuk belajar.
(4) Sekolah mengadakan beberapa kali ujicoba ujian nasional supaya siswa terlatih menjawaban soal.
(5) Peran orang bau tanah sangat penting dalan memotivasi siswa.
Kalimat argumen yang mendukung kalimat pendapat tersebut yaitu . . .
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (5)
E. (4) dan (5)
19. Cermati urutan kalimat diberikut
(1) Hal itu diungkapkan supaya tidak ada lagi tumbuhan padi yang terkena puso dan rusak lantaran kekeenteng. (2) Bupati Bandung meminta petani tidak lagi menanam padi pada musim kemarau depan. (3) Oleh lantaran itu, melalui Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan pihaknya akan terus melaksanakan penyuluhan dan sosialisasi kepada penduduk. (4) Akan tetapi, masih ada saja petani yang membandel tetap menanam padi. (5) Akibatnya, banyak tumbuhan padi yang terkena puso. |
Urutan kalimat tersebut supaya menjadi paragraf padu yaitu ….
A. (1), (2), (4), (5), dan (3)
B. (2), (1), (4), (5), dan (3)
C. (3), (2), (1), (5), dan (4)
D. (3), (5), (2), (1), dan (4)
E. (5), (2), (3), (1), dan (4)
20. Bacalah teks diberikut.
Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan jadwal diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pamasukan. Oeh lantaran itu, kita harus pandai menentukan mana kentang yang berkarakter dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan yaitu warna kulit kentang. .... tidakboleh menentukan kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut yaitu ...
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut yaitu ...
A. Pilihlah kentang yang berukuran besar.
B. Belilah kentang di swalayan, tidakboleh di pasar tradisional.
C. Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.
D. Warna kentang sangat menarikdanunik dan bervariasi
E. Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.
21. Cermati deretan kalimat diberikut!
(1) Banyak mitra saya yang tidak bisa membuat atau menyusun pantun. (2) Bagaimana cara menyusun pantun itu sebenarnya. (3) Menyusun pantun itu sangat praktis asal tau syarat-syarat penyusunannya. (4) Buatlah sampiran pada larik pertama dan larik kedua. (5) Kemudian, buat isi pada larik ketiga dan larik keempat. (6) Isi pantun itu antara lain: nasihat, sindiran, teka-teki, dan jenaka. |
Konjungsi pada kalimat yang bercetak miring sanggup divariasikan dengan konjungsi ….
A. maka
B. ketika
C. sebelum itu
D. sesudah itu
E. ketika itu
22. Cermati kutipan puisi diberikut!
BATU
Batu mawar
Batu langit
Batu duka
Batu rindu
Batu jarum
Batu bisu
kaukah itu
Teka
Teki
Yang tak menepati janji?
melaluiataubersamaini seribu pegunungan langit tak runtuh
…
Makna kata kerikil pada puisi di atas menggambarkan….
A. ketegaran
B. kesombongan
C. kebebasan
D. kecemasan
E. keikhlasan
23. Cermati kalimat diberikut.
Akibat tidak ada yang membeli barang dagangannya, pengusaha itu ….
Penggunaan ungkapan yang sempurna untuk mengisi kalimat di atas yaitu ....
A. banting tulang
B. gulung tikar
C. panjang tangan
D. tebal muka
E. angkat tangan
24. Cermati paragraf rumpang diberikut ini!
Kesuksesan di dunia bersifat tiruan (…) sementara. Sekaya apapun kita, setinggi apapun jabatan kita, tiruana tidak akan memmenolong (…) janjkematian menjemput. Hanya amalan-amalan kita di dunia lah yang menjadi penolong kita ketika menjalani kehidupan yang awet di darul abadi nanti. Barang siapa yang terhindar dan selamat dari api neraka dan dimasukkan ke dalam nirwana (…) ia sudah mendapatkan kemenangan (…) kesuksesan yang sebenarnya.
Kata penghubung yang sempurna untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah….
A. tetapi, meskipun, maka, atau
B. dan, meskipun, maka, maupun
C. atau, ketika, maka, dan
D. tetapi, ketika, meskipun, dan
E. dan, ketika, meskipun, atau
25. Cermati paragraf diberikut!
Pantun 1 | Pantun 2 |
Mari kita ke pasar bunga beli bunga harganya murah Jika dinasihati ayah dan bunda Janganlah kesal tidakboleh menyanggah | Laju laju bahtera laju laju hingga ke Surabaya Jika rajin menuntut ilmu kelak hidupmu akan sejahtera |
Perbedaan isi kedua bait pantun tersebut yaitu ….
Pantun 1 | Pantun 2 | |
A. | nasihat supaya menuruti pesan yang tersirat orang tua | nasihat supaya rajin belajar |
B. | menganjurkan mengasihi tanaman | menginginkan hidup sejahtera |
C. | menginformasikan harga bunga | meraih kesuksesan hidup di dunia |
D. | cara mendengarkan pesan yang tersirat orang tua | cara menuntut ilmu pengetahuan |
E. | menerangkan sifat-sifat buruk | menerangkan cara meraih kesejahteraan |
26. Bacalah kutipan drama diberikut!
Di ruang depan ada bangku goyang dan bangku tamu. Gusti Biang marah-marah terus.
Gusti Biang : “Si bau tanah itu tak pernah kelihatan kalau sedang dibutuhkan. Pasti ia sudah berbaring di kandangnya menembang menyerupai orang kasmaran akal-akalan tidak mendengar, padahal saya sudah berteriak, hingga leherku patah. Wayaaaaan … Wayaaaan tuaaaa….”
Wayan : “nuna sugere Gusti Biang, kedengarannya menyerupai ada yang berteriak.” Gusti Biang : …
Wayan : “Tentu saja Gusti Biang, itu sebabnya tiyang hadir.”
Gusti Biang : “Jangan berbantah denganku. Kau sudah bau tanah dan rabun, lubang telingamu sudah ditempati kutu busuk. Kau sudah tuli, malas, dan suka berbantah, Cuma bisa bergaul dengan si belang. Kau dengar itu kuping tuli?”
Wayan : “Betul Gusti Biang.”
Bila Malam Bertambah Malam, Putu Wijaya
Kalimat yang sempurna untuk melengkapi kepingan yang rumpang dalam penggalan drama di atas adalah ...
A. ”Apa saja yang kamu kerjakan hingga tak dengar saya memanggilmu?”
B. ”Leherku hingga putus memanggilmu. Telingamu masih engkau pakai tidak?"
C. ”Sudahlah tak perlu kamu hadir, bosan berteriak-teriak memanggilmu ini!”
D. ”Wayaan...Wayan...selalu saja kamu tak mendengar bila saya memanggilmu!”
E. ”Kemana saja Kau Wayan, setiap kali kupanggil selalu tidak dengar!”
27. Cermati kutipan cerpen diberikut!
Separuh umur ayah sudah habis untuk memmenolong setiap kenduri di kampung ini. ”Bagaimana kalau tanggung balasan itu dibebankan pada yang lebih muda?” Saran Azrial, putra sulung Makaji sewaktu ia mudik enam bulan lalu.
”Mungkin sudah saatnya ayah berhenti.”
”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak lincah lagi meracik bumbu,” balas Makaji.
Konversi naskah drama yang sesuai dengan kutipan dongeng tersebut yaitu ...
A. Makaji : ”Separuh umur ayah sudah habis untuk memmenolong setiap kenduri, bagaimana kalau tanggung balasan itu dibebankan kepada yang lebih muda?”
Azrial : ”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak lincah lagi meracik bumbu”
B. Azrial : ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk memmenolong setiap kenduri di kampung ini, bagaimana kalau Ayah berhenti?”
Ayah : ”Belum! Akan ayah pikul beban ini selama ayah berpengaruh meracik bumbu.”
C. Azrial : ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk memmenolong setiap kenduri di kampung ini? Mungkin sudah saatnya Ayah berhenti.”
Ayah : ”Belum! Akan ayah terima beban ini hingga tangan ayah tak bisa lagi meracik bumbu”
D. Azrial : ”Separuh umur Ayah sudah habis untuk memmenolong setiap kenduri di kampung ini, bagaimana kalau tanggung balasan itu dibebankan kepada yang lebih muda? Mungkin sudah saatnya Ayah berhenti.”
Makaji : ”Belum! Akan saya pikul beban ini hingga tangan ayah tak lagi lincah meracik bumbu.”
E. Azrial : (enam bulan lalu, ketika pulang kampung) ”Sudah saatnya Ayah berhenti memmenolong kenduri di kampung ini.”
Makaji : ”Belum! Akan ayah pikul beban ini hingga tangan ayah tak bisa lagi meracik bumbu.
28. Bacalah penggalan karya ilmiah diberikut ini!
Pengobatan tradisional memakai tumbuhan obat keluarga (toga) sudah menjadi tradisi. Penduduk Desa Sisir lebih menentukan memakai toga daripada obat-obatan modern. Tidak spesialuntuk untuk pengobatan, beberapa toga menyerupai daun katuk, daun dan umbi lengkuas juga diolah sebagai sayur untuk dikonsumsi sehari-hari. Teknik pengobatan dan pola masakan yang banyak memakai toga ini mengakibatkan badan lebih tahan terhadap penyakit.
Berdasarkan isi dan cara penyajiannya, penggalan karya ilmiah di atas termasuk ke dalam bagian ...
A. latar belakang
B. tujuan pembahasan
C. metode penelitian
D. pembahasan
E. kesimpulan
29. Bacalah kalimat-kalimat diberikut
(1) Kayu ramin diimpor oleh pedagang-pedagang Singapura dan Kalimantan Barat.
(2) Di sana diolah menjadi perabot rumah tangga
(3) Tentu saja harga sudah tujuh atau delapan kali lipat harga di Kalimantan Barat.
(4) Kemudian dikirim ke Jakarta, dan populer sebagai kayu jati Singapura.
Susunan kalimat sempurna yaitu ....
A. (2) – (3) – (1) – (4)
B. (1) – (2) – (4) – (3)
C. (3) – (2) – (1) – (4)
D. (1) – (2) – (3) – (4)
E. (1) – (3) – (4) – (2)
(Kedua cuplikan dongeng diberikut dipakai untuk menjawaban soal nomor 30‑31)
Cuplikan I
Sekarang ini yang jadi buah bibir yaitu Diandra. Hari-hari di sekolah ini tiada kata tanpa
Diandra. Hari-hari tiada bicara tanpa Diandra. Begitu juga dengan sohib gue, Raya danYus yang setiap hari nyaris ngomongin cewek berjulukan Diandra melulu.
“Sungguh luar binasa!” teriak Yus yang mukanya agak tirus, “Sulit untuk membandingkan
kecantikan Diandra dengan bintang sinetron atau foto model sekalipun!”
“Eh, Gibran! Lo tidakboleh sok alim!” senggol Raya yang punya body gede.
Cuplikan II
Somad tipe perjaka murahan, itu kata kawannya tanpa tedeng aling‑aling. Habis, perjaka itu
kerjanya nggak lain nggak bukan, cuka promosiin diri di depan gadis-gadis sekitarnya. Promosi diri sendiri terus… ke mana-mana. Nggak cuma sama kawan-kawan sekolahnya, tapi juga sama bawah umur cewek sekitar rumah, masjid, warteg… nggak pilih tempat, nggak pandang bulu.
“Gue orangnya nggak som‑som, lho….”
“?”
“Maksudnya nggak doyan somay kalo dikit! Hehe.”
30. Persamaan kedua cuplikan dongeng di atas yaitu ....
A. tokoh berwatak humoris
B. berlatar sekolah
C. bertema percintaan
D. sudut pandang orang pertama
E. berbahasa Indonesia yang baik dan benar
31. Perbedaan yang tampak pada cuplikan di atas ....
A. cuplikan I memakai sudut pandang orang pertama pelaku utama, cuplikan II
menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan
B. cuplikan I memakai sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II
menggunakan sudut pandang orang ketiga serba tahu
C. cuplikan I memakai sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II
menggunakan sudut pandang orang ketiga sebagai pengamat
D. cuplikan I memakai sudut pandang orang ketiga serba tahu, cuplikan II menggunakan
sudut pandang orang pertama pelaku utama
E. cuplikan I mengunakan sudut pandang orang pertama pelaku sampingan, cuplikan II
menggunakan sudut pandang orang pertama pelakau utama
32. Perhatikan kutipan teks diberikut.
Prasangka baik aku, bukannya mereka tidak memahami akan perlunya ketertiban berbahasa
di lingkungan sekolah. Saya berkeyakinan bahwa akidah wacana “berbahasa Indonesialah
yang baik dan benar” sudah mereka peroleh jauh-jauh sebelumnya, semenjak SLTP atau bahkan
sejak mereka SD. Saya melihat ketidakberesan mereka berbahasa, antara lain, disebabkan oleh kekurangwibawaan bahasa Indonesia itu sendiri di mata mereka.
Teks tersebut digolongkan ke dalam jenis eksposisi lantaran ....
A. menceritakan proses terjadinya cara berbahasa siswa
B. membuktikan ihwal terjadinya kekurangwibawaan berbahasa
C. menggambarkan keadaan kemampuan berbahasa siswa
D. meyakinkan pembaca wacana perlunya berbahasa baik dan benar
E. mendorong pembaca untuk selalu mengasihi bahasa Indonesia
33. Perhatikan kutipan teks diberikut.
Pada suatu ketika mereka mampir ke sebuah restoran. Ketika memesan makanan, mereka
bingung dengan menu-menu masakan yang disediakan. Mereka pun tidak bisa berbahasa
Inggris dengan baik.
Bagian itu disebut sebagai orientasi guakdot lantaran ....
A. mengarahkan pada terjadinya krisis
B. bertokohkan antagonis
C. menjadi unsur konflik utama
D. mengandung kelucuan
E. tidak beralur maju
34. Perhatikan kutipan teks diberikut.
(1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di kemudahan iradiator untuk membuat materi genetik sorgum bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi. (3) Ia menanam sorgum di lahan-lahan kering NTB dan NTT dan hasilnya positif. ( 4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia menghasilkan kwalitas unggul sorgum berjulukan Pahat.
Kalimat yang memakai kata tidak baku terdapat pada nomor….
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
35. Perhatikan kutipan teks diberikut.
Teks 1
Kita tidak pernah berpikir wacana berapa banyak racun yang kita kumpulkan dari udara terkontaminasi dan masakan yang sudah diproses secara kimiawi. Lebih dari 90% orang tidak menyadari bahwa banyak substansi kimiawi berukuran mikroskopik, logam berat, dan racun memengaruhi badan mereka setiap hari. Kita tidak sanggup melihat tiruana substansi berbahaya tersebut, tetapi mereka benar-benar menyerang badan kita.
Bagaimana cara mengetahui hal-hal tersebut benar memengaruhi badan kita (tanpa memakai mikroskop)? Teknik terbaik yaitu melaksanakan tes urin memakai ubi bit (beetroot). Apakah urin Anda berwarna merah setelah minum jus ubi bit? Jika ya, Anda mungkin merasa khawatir lantaran itu berarti bahwa Anda mungkin mempunyai kebocoran susukan pencernaan.
Teks 2
Sebuah video menghebohkan para netizen. Video yang diunggah Wisa Rahardi per tanggal 20 Januari 2016 itu menjadi buah bibir di dunia maya.
Dalam video berdurasi 8 menit 23 detik itu, terlihat seorang laki-laki berpakaian ala Ustaz terlihat sedang memalsukan uang. Namun guahnya, ia mengeluarkan uang pecahan Rp50 ribu rupiah dari kantong plastik, dan tidak habis-habis!
Si Ustaz spesialuntuk terlihat mengaduk-aduk kantong plastik itu dengan tangannya dan terus mengeluarkan helai demi helai uang tanpa henti. Sementara di sekelilingnya terlihat beberapa laki-laki dan seorang perempuan dengan baju tank top, menghitung uang yang berhasil dikeluarkan.
Tidak ada keterangan lebih lanjut dari video ini. Namun akun pengunggahnya menuliskan informasi bahwa video ini positif dan bukan rekayasa.
Perbedaan penerapan bahasa kedua teks tersebut yaitu ....
Teks 1 | Teks 2 | |
A | menggunakan kosakata orisinil bahasa Indonesia | menggunakan kosakata bahasa asing |
B | menggunakan bahasa resmi | menggunakan bahasa santai |
C | menggunakan bahasa bidang ilmu | menggunakan bahasa sehari-hari |
D | menggunakan perumpamaan | menggunakan bahasa lugas |
E | menggunakan bahasa lugas | menggunakan bahasa santai |
36. Cermati paragraf diberikut!
Generasi muda Indonesia sangat mengagumkan, baik dalam hal akademik maupun nonakademik. Lihatlah kiprah mereka dalam banyak sekali lomba keilmuan, olahraga, atau seni. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional itu sungguh sangat membanggakan sekali.
Perbaikan kalimat yang bercetak miring supaya menjadi kalimat yang efektif yaitu …
A. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh sangat membanggakan sekali.
B. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba-lomba internasional sungguh membanggakan.
C. Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sangat membanggakan sekali.
D. Prestasi yang ditorehkan pelajar-pelajar Indonesia dalam banyak sekali lomba-lomba internasional sangat membanggakan sekali.
E. Prestasi yang ditorehkan beberapa pelajar Indonesia dalam ajang lomba internasional sungguh teramat membanggakan.
37. Cermati kalimat diberikut!
Untuk sukses dalam perjuangan perikanan, ia tekun membaca buku yang berjudul cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau.
Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan yang berlaku yaitu ....
A. Teknik merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau
B. Teknik merawat Ikan patin dan Ikan Bandeng di air payau
C. Teknik Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di Air Payau
D. Teknik merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di Air Payau
E. Teknik Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di Air Payau
38. Bacalah paragraf di bawah ini dengan cermat!
Tepi danau itu membersihkan, tampak tak ada sampah yang berhamburan. Tempat sampah disediakan sedemikian rupa sehingga terjangkau. Perahu yang disediakan memadai untuk melayani wisatawan domestik setiap pengunjung. Pengunjung diharuskan mematuhi hukum tempat wisata. Jika pengunjung melanggar hukum akan ditegur dengan penuh kearifan. Tempat parkir disediakan cukup luas. Pengunjung yang membawa kendaraan harus ditempat yang disediakan.
Kalimat yang efektif untuk memperbaiki kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut adalah....
A. Kendaraan harus diparkirkan oleh pengunjung sendiri di tempat yang disediakan.
B. Setiap pengunjung boleh membawa kendaraan sendiri dan diparkir sendiri.
C. Tempat pengunjung parkir yang tersedia sangat memadai dan diparkir disitu.
D. Pengunjung memarkir kendaraannya dengan parkir yang tersedia di tempatnya.
E. Pengunjung memarkir kendaraannya secara teratur di tempat yang sudah disediakan.
39. Cermati paragraf diberikut!
Dulu waktu di Sekolah Menengan Atas beliau dikenal pendiam. Akan tetapi, kini beliau malah menjadi aktif kampus di perguruan tinggi tempat beliau berkuliah. Karena itu, beliau dikenal di kalangan mahasiswa dan dosen. |
Perbaikan yang sempurna untuk istilah yang bercetak miring pada paragraf tersebut yaitu ….
A. aktivitas
B. aktivis
C. aktivisme
D. aktifitas
E. aktifis
40. Cermati paragraf diberikut!
(1) Sekolah sangat senang yaitu sekolah yang mempersembahkan pembelajaran bermakna, bermanfaa, dan relevan dengan kehidupan siswa. (2) Akan tetapi, sekolah tersebut tidak terlepas dari tantangan para guru dan siswa dalam banyak hal. (3) Guru dituntut berguru dan membuatkan wawasannya. (4) Banyak cara membuat orang kagum terhadap sekolah. (5) Karya-karya guru dan siswa tersebut sebagai salah satu wujud keberhasilan dalam prestasi guru dan siswa. |
Kalimat yang sempurna untuk memperbaiki kalimat nomor (4) supaya paragraf tersebut padu
yaitu …
yaitu …
A. Kebanggaan mereka terlihat apabila mereka mempunyai keberhasilan.
B. Tidak sia-sia mereka menghasilkan banyak sekali aktivitas.
C. Orang luar akan memandang keberhasilan sekolah dari karya guru.
D. Siswa diperlukan sanggup menghasilkan banyak sekali karya penemuan pendidikan.
E. Siswa dan guru sama-sama mempunyai kreativitas.
Uraian
41. Perhatikan teks eksplanasi diberikut
Kebakaran Hutan
Faktor penyebab terjadinya kebakaran hutan ada dua macam yaitu faktor alam dan faktor manusia. Kebakaran hutan yang terjadi lantaran faktor alam sering disebabkan oleh musim kemarau berkepantidakboleh, sambaran petir. dan aktifitas vulkanik yang biasanya mengeluarkan lahar dan awan gerah yang sanggup mengakibatkan terjadinya kebakaran. Kebakaran di bawah tanah (Ground Fire) juga termasuk faktor alam lantaran pada daerah tanah gambut yang sanggup menyulut kebakaran diatas tanah pada ketika musim kemarau ketika cuaca sedang gerah-gerahnya.
Kebakaran hutan di Indonesia, hampir 95 persen kebakaran hutan di sebabkan oleh ulah manusia. Faktor insan sering kali dilakukan dengan unsur kesengajaan oleh insan menyerupai kelalaian memmembuang putung rokok, memperabukan hutan dalam rangka pembukaan lahan, api unggun yang lupa dimatikan atau tidak benar-benar mati ketika ditinggalkan, pembakaran sampah, dan banyak sekali kelalaian lainnya. Kebakaran jenis ini sering terjadi di hutan-hutan di pegunungan-pegunungan yang sering dikunjungi pecinta alam (pendaki pegunungan) di pulau Jawa menyerupai kebakaran hutan dipegunungan sindoro pada september 2015.
Berdasarkan kutipan teks tersebut, diberikan evaluasi Anda terhadap kelengkapan struktur teks.
42. Perhatikan ide-ide teks guakdot diberikut.
a. Kakek bau tanah yang tinggal bersama anak, menantu dan cucu 6 tahun.
b. Kebiasaan makan malam di rumah si anak. Kakek bau tanah makannya sering berantakan.
c. Kakek bau tanah didiberi meja kecil terpisah di pojok, dengan alat makan anti pecah.
d. Cucu 6 tahun membuat replica meja terpisah.
e. Cucu 6 tahun mengungkapkan kelak akan membuat meja terpisah juga untuk ayah dan ibunya.
Berdasarkan ide-ide tersebut, susunlah sebuah teks guakdot.
43. Perhatikan ilustrasi diberikut
Sore hari, Toni sedang sibuk di kamarnya.Tiba-tiba bunyi pintu diketuk.Ketika dibuka ternyata seorang gadis bagus ada di depannya. melaluiataubersamaini heran, Toni bertanya wacana siapa dan ada apa gadis itu hadir ke kamarnya. melaluiataubersamaini nada murka gadis itu meminta pertanggungjawabanan kepada Toni atas keadaan adiknya yang sedang sakit, akhir kesedihan lantaran sikap Toni yang sudah mengkhianati cinta adiknya.
44. Perhatikan kutipan teks mekanisme diberikut.
Tips Agar Tidak Iri pada orang Lain
1. Kenali diri sendiri
Hal pertama yang perlu dilakukan supaya tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain yaitu kenali diri sendiri. Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain membuat Anda terpacu menjadi lebih baik, bukannya merasa tidak percaya diri atau sedih. Gambarkan diri Anda dalam kata-kata, menyerupai pintar, kuat, baik, keibuan, mempunyai tujuan, dan sebagainya. melaluiataubersamaini mengenal dan menghargai diri sendiri membuat Anda tidak akan ingin menjadi menyerupai orang lain.
…………….
Berikanlah tanggapanmu berdasarkan kelengkapan struktur teks
45. Cermati kalimat diberikut!
a. Dia mempunyai banyak kawan, lantaran baik hati.
b. Presiden Indonesia menanda tangani perjanjian bilateral dengan Jepang.
Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan bahasa Indonesia!
KUNCI JAWABAN SOAL USBN 2019 KURIKULUM 2013
1. D
2. B
3. D
4. C
5. E
6. E
7. D
8. A
9. C
10. E
11. C
12. D
13. A
14. E
15. E
16. B
17. E
18. C
19. B
20. E
21. D
22. A
23. B
24. C
25. A
26. B
27. D
28. A
29. B
30. B
31. C
32. B
33. A
34. E
35. A
36. B
37. E
38. A
39. B
40. E
Uraian
41. Teks eksplanasi tidak tersebut spesialuntuk menguaraikan rangkaian kejadian. Seharusnya dipertamai dengan identifikasi fenomena, dilanjutkan rangkaian sebab, dan diakhiri ulasan
42. Teks Anekdot
Seorang kakek hidup serumah bersama anak, menantu, dan cucu berusia 6 tahun. Keluarga itu biasa makan malam bersama. Si kakek yang sudah pikun sering mengacaukan segalanya. Tangan bergetar dan mata rabunnya membuat kakek susah menyantap makanan. Sendok dan garpu kerap jatuh.
Saat si kakek meraih gelas, sering susu tumpah membasahi taplak. Anak dan menantunya menjadi gusar. Suami istri itu kemudian menempatkan sebuah meja kecil di sudut ruangan, tempat sang kakek makan sendirian. Mereka mempersembahkan mangkuk melamin yang tidak praktis pecah. Saat keluarga sibuk dengan piring masing-masing, sering terdengar ratap kesedihan dari sudut ruangan. Namun, suami-istri itu justru mengomel supaya kakek tak menghamburkan masakan lagi.
Sang cucu yang gres berusia 6 tahun mengamati tiruana insiden itu dalam diam.
Suatu hari si ayah memerhatikan anaknya sedang membuat replika mainan kayu.
“Sedang apa, akung?” tanya ayah pada anaknya.
“Aku sedang membuat meja buat ayah dan ibu.
Persiapan buat ayah dan ibu bila saya besar nanti.”
Ayah anak kecil itu eksklusif terdiam.
Ia berjanji dalam hati, mulai hari itu, kakek akan kembali diajak makan di meja yang sama. Tak akan ada lagi omelan ketika piring jatuh, masakan tumpah, atau taplak ternoda kuah.
43. Teks drama berdasarkan narasi tersebut.
Toni : (Terkejut) Oh Anda siapa ya mbak?
Gadis : Kenalkan. Aku kakaknya Dea! (dengan nada ketus)
Toni : Ooh..oh.. ya Mbak, emang ada apa mbak?
Gadis : Dea sakit!
Toni : Sakit? (kaget, dan mulai gelisah)
Gadis : Ya! (Berhenti sejenak dan memandangan dengan nanar ke Toni)
Dan itu lantaran ulah engkau.
Toni : Maaf Mbak, itu tiruana spesialuntuk salah paham!
Gadis : Nggak! Itu bukan salah paham tapi dasar engkaunya yang sudah tega menyakiti perasaan adikku!
44. Tanggapan terhadap teks prosedur.
Teks prosdur tersebut tidak lengkap lantaran tidak ada kepingan tujuan dan penegasan.
45. Perbaikan kalimat dan alasan
a. Dia mempunyai banyak mitra lantaran baik hati.
Alasan: tanda koma (,) tidak dipakai jikalau induk kalimat menlampaui anak kalimat.
b. Presiden Indonesia menanhadirani perjanjian bilateral dengan Jepang.
Alasan: kata gabung yang mendapatkan pertamaan dan akhiran ditulis serangkai.
1. Indikator soal (kisi-kisi) USBN 2019 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=contoh-indikator-soal-usbn-tahun-2019
2. Soal USBN 2019 Kur 2006 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=contoh-indikator-soal-usbn-tahun-2019
Tag :
USBN SMA
0 Komentar untuk "Soal Usbn Tahun 2019 Bahasa Indonesia Sma/Ma Kurikulum 2013 Dan Kunci Jawaban"