loading...
39. Cermatilah teks perundingan diberikut!
Guru : “Kenapa engkau sering kesiangan?”
Tono : “Maaf, Bu! Rumah saya jauh dan di jalan selalu terjebak kemacetan kemudian lintas.”
Guru : “Ya baik, Nak! Hari ini ibu maafkan, tetapi bergotong-royong sanggup engkau siasati bagaimana caranya semoga engkau tidak kesiangan. Pukul berapa engkau berangkat dari rumah?”
Tono : “Pukul 06:00 pagi, Bu!”
Guru : “Nah, mulai besok dan seterusnya engkau berangkat lebih pagi dari rumah, mungkin pukul 05.30 atau pukul 05.45 supaya engkau di perjalanan tidak terjebak macet dan hingga ke sekolah lebih pagi.”
Tono : “ Baik Bu, akan saya usahakan, mulai besok saya akan berangkat dari rumah lebih pagi dari biasanya.”
Guru : “Bagus, Nak! Semoga engkau berhasil.”
Hal yang disahkan sesuai dengan isi teks tersebut adalah . . .
A. Bentuk eksekusi untuk Tono jikalau ia kesiangan lagi datang di sekolah.
B. Bu Guru akad akan memdiberi hikmah kepada Tono.
C. Jam masuk sekolah Tono ditambah dari biasanya.
D.Tono sepakat berangkat lebih pagi dari rumah.
E. Tono berusaha hadir lebih pertama di sekolah.
Kunci jawabanan: D
Teks tersebut di atas meliputi negosiasi. Negosiasi yaitu bentuk interaksi sosial yang berfungsi untuk mencapai kesepakatan di antara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan tidak sama. Dalam negosiasi, pihak-pihak tersebut berusaha menuntaskan perbedaan itu dengan berdialog. Isi teks di atas meliputi langgar tawar (tawar-menawar) yang kemudian berujung pada kesepakatan.
Kesepakatan yang dicapai dalam teks tersebut ialah Tono sepakat berangkat lebih pagi dari rumah (opsi D). Kesepakatan tersebut terungkap pada dua kalimat obrolan yang terakhir pada teks.
Guru : “Nah, mulai besok dan seterusnya engkau berangkat lebih pagi dari rumah, mungkin pukul 05.30 atau pukul 05.45 supaya engkau di perjalanan tidak terjebak macet dan hingga ke sekolah lebih pagi.”
Tono : “ Baik Bu, akan saya usahakan, mulai besok saya akan berangkat dari rumah lebih pagi dari biasanya.”
RINGKASAN MATERI
A. Pengertian Teks Negosiasi
Teks negosiasi ialah teks yang meliputi tawar-menawar atau proses penetapan keputusan secara bersama antara beberapa pihak yang mempunyai kepentingan tidak sama.
B. Fungsi Teks Negosiasi
Teks perundingan tergolong ke dalam bentuk teks diskusi (discussion). Di dalamnya mengulas suatu warta tertentu dengan disertai sejumlah argumen dari dua pihak atau lebih dengan tujuan untuk mengompromikan atau menyepakati kepentingan-kepentingan yang tidak sama. Kegiatan itu meliputi langgar tawar yang kemudian berujung pada kesepakatan atau ketidaksepakatan.
Berikut contoh-contoh aktivitas lainnya yang perlu diselesaikan melalui negosiasi:
a. jual beli barang, jasa;
b. pengpenghasilanan karyawan;
c. penempatan tenaga kerja;
d. penyusunan program-program organisasi;
e. santunan warisan;
f. sengketa rumah atau tanah;
g. pembangunan fasilitas-fasilitas umum;
h. penentuan calon wakil rakyat dalam suatu partai politik.
C. Struktur Teks Negosiasi
Secara umum teks perundingan dibuat oleh tiga bagian, yakni pembukaan, isi, dan penutup.
a. Pembukaan meliputi pengenalan warta atau sesuatu yang dianggap problem oleh salah satu pihak, contohnya undangan pulang lebih pertama dari diklat alasannya ialah alasan lebaran.
b. Isi, meliputi penganjuan, penawaran dan persetujuan berupa langgar tawar dari kedua belah pihak untuk mencari penyelesaian yang saling menguntungkan, hingga diperolehnya kesepakatan atau ketidaksepakatan. Di dalamnya mungkin terdapat argumen-argumen, termasuk penentangan dan sanggahan-sanggahan.
c. Penutup meliputi persetujuan dan kesepakatan kedua belah pihak. Mungkin pula di dalamnya ada ucapan terima kasih, harapan, ataupun ungkapan lainnya sebagai penanda kepuasan ataupun ketidakpuasan.
misal teks negosiasi
Sansan : “Maaf, Bu. Bisa meminta waktu sebentar?”
Bu Lita : “Ada apa, ya, San?”
Sansan : “Saya ingin mengajukan cuti kerja.”
Bu Lita : “O, ya. Pasti alasannya ialah kehamilanmu itu, kan?”
Sansan : “Betul, Bu.”
Bu Lita : “Sudah berapa bulan kandungannya?”
Sansan : “Sudah delapan bulan, Bu.”
Bu Lita : “Kan, masih sebulan lagi. Nanti saja kalau sudah akrab waktunya lahir.”
Sansan : “Sudah terasa berat, Bu. Lagi pula untuk jaga-jaga, khawatir waktunya di luar dugaan.”
Bu Lita : “Begini saja, bagaimana kalau menunggu dua ahad lagi supaya nanti cutinya lebih panjang setelah melahirkan? Sekarang bekerja doloe.Ya, bekerjanya tidakboleh yang berat-berat. Pilih-pilih.”
Sansan : “Maaf, ya, Bu. Memang Ibu memdiberi waktu cutinya berapa lama?”
Bu Lita : “Tiga bulan. Cukup, kan?”
Sansan : “Iya, saya kira cukup. cepatdangampang-gampangan selama itu, saya dan si bayi nanti sudah sehat dan besar lengan berkuasa lagi.”
Bu Lita : “Ya, tapi kini engkau tidakboleh doloe cuti. Nunggu dua ahad lagilah alasannya ialah memang Ibu sangat membutuhkan tenaga engkau. Jangan khawatir kecepetan lahir. Ibu juga sudah pengalaman dalam problem itu mah. Ibu, kan, sudah dua kali melahirkan.”
Sansan : “cepatdangampang-gampangan, ya, Bu. Terima kasih atas kebaikan Ibu.”
Teks di atas ialah suatu bentuk percakapan antara dua tokoh, yakni Sansan dan Bu Lita. Jika Anda perhatikan, di dalamnya terdapat tawar-menawar. Tokoh Sansan mengajukan penawaran, yakni meminta cuti kerja kepada majikannya, Bu Lita. Namun, Bu Lita tidak langsung menyetujui undangan karyawannya itu.Ia pun mengajukan penawaran, yakni meminta Sansan tidak eksklusif cuti. Ia berharap dua ahad lagi, karyawannya itu tetap bekerja. Kemudian, ia akan mempersembahkan peluang cuti selama tiga bulan.
Dalam percakapan di atas, kesepakatan itu tercapai. Sansan, sebagai negosiator 1, memperoleh persetujuan untuk cuti selama tiga bulan walaupun berlaku dua ahad kemudian. Bu Lita pun,sebagai negosiator 2, terpenuhi kepentingannya alasannya ialah Sansan mau untuk bekerja selama dua ahad ke depan (Kosasih, 2014: 86)
Kisi-Kisi/Materi, Soal, dan Pembahasan Soal UN Tahun 2018
1. Kalimat Resensi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
2. Pendeskripsian Watak Tokoh Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
3. Bukti Latar Suasana Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
4. Konflik dalam Cerpen Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
5. Keterkaitan Isi Cerpen melaluiataubersamaini Kehidupan Sehari-hari Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
6. Persamaan Dua Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
7. Ringkasan Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
8. Kalimat Bermajas Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
9. Nilai dalam Cerpen Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
10.: Penilaian terhadap Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
11. Opini Penulis dalam Tajuk Rencana Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
13. Keteladanan Tokoh dalam Biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
15. Kalimat Fakta Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
16. Tujuan Penulis Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
17. Kata Tidak Baku Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
18. Kalimat Tidak Padu Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
19. Kata Rujukan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
20. Kalimat Simpulan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
21. Menentukan wangsit pokok paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
22. Makna Kata/Istilah Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
24. Makna Kata Lambang Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
25. Makna Ungkapan dalam Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
27. Memperbaiki Kata Tidak Baku Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
28. Alasan Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
29. Penulisan Nama Geografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
30. Pengembangan Topik Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
31. Perbaikan Penulisan Kata Ulang Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
32. Penulisan Judul Karangan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
33. Kalimat Esai Sesuai Kutipan Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
34. Melengkapi Teks dengan Kata Berimbuhan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
35. Melengkapi Teks Drama Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
36. Menentukan Amanat Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
37. Melengkapi Pantun Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
38. Kalimat Argumen untuk Mendukung Kalimat Pendapat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
39. Kalimat Kesepakatan dalam Teks Negosiasi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
40. Memperbaiki Kalimat Tidak Efektif Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
41. Maksud Isi Gurindam Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
42. Kalimat Simpulan Akibat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
43. Memperbaiki Penulian Kata Serapan yang Tidak Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
44. Melengkapi Paragraf dengan Konjungsi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
45. Memvariasikan Kalimat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
46. Melengkapi Teks Prosedur Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
47. Melengkapi Paragraf Deskripsi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
48. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
49. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
50. Melengkapi Paragraf dengan Peribahasa Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
Tag :
UN 2018/2019 SMA
0 Komentar untuk "Pembahasan Soal Un 2017/2018 Bahasa Indonesia Sma/Ma Nomor 39: Akad Dalam Teks Negosiasi"