Kisi-Kisi Soal Uji Coba Un 2019 Sma/Ma Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

loading...





Berikut disajikan kisi-kisi soal tes kemampuan dan pemahaman ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA menurut Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah




KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2019 SMA/MA

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Indikator Materi
Indikator Soal
No

1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
Memaknai istilah/kata
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, penerima didik sanggup makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.
1.       
Mengidentifikasi info tersurat
Disajikan sebuah paragraf yang meliputi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut.       
2.       
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, penerima didik sanggup memilih menjawaban pertanyaan ihwal isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat.
3.       
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, penerima didik sanggup memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh tersebut.
4.       
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, penerima didik sanggup memilih menjawaban pertanyaan ihwal isi teks.
5.       
Menemukan inspirasi pokok
Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penerapan kata tidak baku, penerima didik sanggup memilih inspirasi pokok paragraf tersebut.
6.       
Menemukan inti kalimat

Disajikan kalimat luas/majemuk, penerima didik sanggup memilih inti kalimat tersebut  dengan tepat.
7.       
Menentukan makna rujukan
Disajikan paragraf yang memakai kata acuan, penerima didik sanggup memilih kata/kelompok kata yang dirujuk oleh pola tersebut dengan tepat.
8.       
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penerapan kata tidak baku, penerima didik sanggup memilih tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf dengan tepat.
9.       
Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima didik sanggup memilih opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat.
10.   
Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima didik sanggup memilih pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebutdengan tepat.
11.   
Menentukan kalimat utama
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, penerima didik sanggup memilih kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat.
12.   
Menentukan kalimat penjelas
Disajikan satu kalimat utama dan lima kalimat penjelas, penerima didik sanggup memilih tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
13.   
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, penerima didik sanggup memilih perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut dengan tepat.
14.   
Mengomentari isi teks

Disajikan kutipan teks, penerima didik sanggup memilih kalimat evaluasi terhadap isi  teks dengan tepat.
15.   
2. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih makna kata berlambang dalam teks dengan tepat.
16.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa ungkapan/makna kias dengan tepat.
17.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat yang berupa majas dengan tepat.
18.   
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Disajikan sebait gurindam, penerima didik sanggup memilih maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat
19.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih pendeskripsian tabiat tokoh dengan tepat.
20.   
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, lantaran konflik, akhir konflik, amanat, nilai -nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa bisa memilih konflik dengan tepat.
21.   
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
22.   
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih pernyataan yang mengatakan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan ketika inidengan tepat.
23.   
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa bisa memilih persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut menurut unsur intrinsik teks dengan tepat
24.   
Membuktikan selesai dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), penerima didik sanggup memilih pernyataan pembuktian tabiat tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
25.   
Disajikan kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih latar (suasana, waktu, atau tempat) sesuai kutipan dengan tepat.
26.   
Disajikan penggalan cerpen/ novel, penerima didik sanggup memilih hal yang diungkapkan dalam teks, yang sanggup ditemukan dalam kehidupan ketika ini dengan tepat.
27.   
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, penerima didik sanggup memilih kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat.
28.   
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut
29.   
Meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat.
30.   
3. LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan teks meliputi gambaran insiden yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi penggalan yang rumpang dengan ungkapan yang tepat
31.   
Disajikan teks meliputi gambaran insiden yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi penggalan yang rumpang dengan peribahasa yang tepat
32.   
Melengkapi unsur teks eksposisi
Disajikan paragraf yang dirumpangkan kalimat simpulannya, penerima didik sanggup memilih kalimat selesai untuk melengkapinya dengan tepat.
33.   
Melengkapi unsur teks deskripsi
Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; penerima didik sanggup melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat.
34.   
Melengkapi unsur teks argumentasi
Disajikan sebuah kalimat pendapat ihwal sesuatu, penerima didik sanggup memilih kalimat argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung)
35.   
Melengkapi unsur teks ulasan
Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi penggalan yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
36.   
Melengkapi teks prosedur
Disajikan paragraf proses   yang dirumpangkan satu kalimatnya, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya.
37.   
Melengkapi paragraf Induktif
Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan kalimat simpulannya, penerima didik sanggup memilih kalimat selesai yang padu untuk melengkapinya
38.   
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
Disajikan puisi usang berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik penggalan isi dirumpangkan, penerima didik sanggup memilih larik yang sempurna untuk melengkapinya
39.   
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, penerima didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya.
40.   
Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak)
Disajikan kalimat acak (kalimat didiberi nomor dan diurut ke bawah), penerima didik sanggup memilih urutan yang sempurna untuk dijadikan paragraf padu
41.   
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan insiden tertentu, siswa sanggup memilih peribahasa yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian.
42.   
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan insiden tertentu, siswa sanggup memilih ungkapan yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian.
43.   
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya meliputi pernyataan perintah/masukan, siswa sanggup memilih kalimat yang memiliki tujuan sama dalam bentuk kalimat lain (tanya) yang tepat.
44.   
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
Mengidentifikasi kesalahan penerapan kata/istilah
Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penerapan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
45.   
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa bisa mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
46.   
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata diberimbuhannya dalam kalimat (diberimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang dipertamai aksara k, p, t, s), penerima didik sanggup memilih kata diberimbuhan yang sempurna untuk melengkapinya
47.   
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, penerima didik sanggup memilih kata ulang yang sempurna untuk melengkapinya
48.   
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai
Disajikan paragraf yang belum lengkap  kata penghubung temporal (urutan waktu), penerima didik sanggup memilih kata penghubung yang sempurna untuk melengkapinyanya.
49.   
Memperbaiki kesalahan penerapan kalimat
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, penerima didik sanggup memilih cara perbaikan kalimat tersebut dengan tepat.
50.   
Memperbaiki kesalahan paragraf
Disajikan paragraf deskripsi yang memakai tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), penerima didik sanggup memilih frasa adjektiva yang sempurna untuk memperbaikinya.        
51.   
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu, penerima didik sanggup memilih kalimat yang padu untuk memperbaikinya         
52.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
Disajikan paragraf yang  salah satu kalimatnya memakai kata tidak baku, penerima didik sanggup memilih kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat
53.   
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
Mengidentifikasi kesalahan penerapan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
Disajikan gambaran berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan aksara kecil tiruana), penerima didik sanggup memilih perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku
54.   
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa sanggup mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi.
55.   
Menggunakan tanda baca
Disajikan kalimat beberapa kalimat yang  dua di antaranya terdapat kesalahan penerapan tanda baca, penerima didik sanggup memilih kalimat yang salah penerapan tanda bacanya
56.   
Memperbaiki kesalahan penerapan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan frasa/gabungan kata, siswa bisa memilih perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat.
57.   
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; penerima didik sanggup memilih kata baku untuk memperbaikinya
58.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan kata serapan/ istilah, siswa bisa memilih perbaikan kata serapan  dengan tepat.
59.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Disajikan kalimat yang memakai tanda bacanya salah, penerima didik sanggup memilih kesalahan penerapan tanda baca  disertai alasan yang sempurna pada kalimat tersebut           
60.   


CATATAN: SOAL UJI COBA/UN SEBANYAK 50 SOAL, TANDA MERAH BERSIFAT PILIHAN VARIASI SOAL

CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN SESUAI KISI-KISI UJI COBA UN SEBAGAI BERIKUT

PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50

1.       Menentukan kalimat utama


2.      Menentukan makna istilah


3.      Menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf


4.      Menjawaban pertanyaan sesuai isi bacaan/ Menentukan isi paragraf dg kata tanya mengapa/bagaimana


5.      Menentukan kalimat fakta dalam paragraf


6.      Menentukan inspirasi pokok paragraf


7.      Menentukan tujuan penulis sesuai isi teks


8.      Menentukan kalimat yang memakai kata tidak baku


9.      Menentukan keteladanan tokoh dalam biografi


10.  Menjawaban pertanyaan sesuai isi biografi/ Menentukan isi teks pada paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia)


11.  Menentukan opini penulis pada tajuk rencana


12.  Menentukan pihak yang dituju pada redaksi


13.  Menentukan kata rujukan/acuan


14.  Menentukan persamaan perbedaan isi dua teks ulasan/artikel


15.  Menentukan inti kalimat pada kalimat luas/majemuk


16.  Menentukan makna kata berlambang


17.  Menentukan kalimat bermajas


18.  Menentukan cara pendeskripsian tabiat tokoh


19.  Menentukan latar (suasana, waktu, tempat)


20.  Menentukan konflik/masalah cerita


21.  Menentukan kalimat yang mengatakan tabiat tokoh


22.  Menentukan nilai –nilai dalam cerpen


23.  Menentukan amanat cerpen


24.  Menentukan kesamaan unsur intrinsik dua kutipan cerpen


25.  Menentukan kaitan isi cerpen dengan kehidupan ketika ini

26.  Menentukan maksud isi gurindam


27.  Menilai keunggulan dan kelemahan buku


28.  Menyusun ringkasan teks


29.  Mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf padu


30.  Menentukan kalimat argumenntasi yang logis untuk mendukung pendapat


31.  Menyusun kalimat selesai paragraf


32.  Menentukan peribahasa yang sempurna sesuai ilustrasi/narasi


33.  Menentukan ungkapan yang sempurna sesuai ilustrasi


34.  Melengkapi teks deskripsi


35.  Melengkapi paragraf induktif


36.  Melengkapi larik pantun


37.  Melengkapi teks prosedur


38.  Menyusun kalimat esai


39.  Menggunakan konjungsi temporal


40.  Menggunakan kata diberimbuhan


41.  Menggunakan kata ulang


42.  Melengkapi paragraf dengan kalimat selesai / 42. Kalimat padu untuk memperbaiki pada paragraf yang kalimatnya rancu/tidak padu


43.  Menggunakan frasa adjektiva untuk memperbaiki pada paragraf deskripsi


44.  Memperbaiki kalimat tidak efektif


45.  Menentukan alasan penyebab ketidakbakuan kata


46.  Memperbaiki kata tidak baku menjadi kata baku


47.  Memperbaiki penulisan kata serapan yang tidak tepat


48.  Mengidentifikasi penulisan judul yang benar


49.  Menentukan kalimat yang salah tanda baca pada beberapa kalimat


50.  Menentukan alasan kesalahan pemakaian tanda baca




PEMBAHASAN LENGKAP SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50









12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017 


14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017 









23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017 



26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017 












38. Kalimat Argumen untuk Mendukung Kalimat Pendapat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017 

39. Kalimat Kesepakatan dalam Teks Negosiasi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017 




43. Memperbaiki Penulian Kata Serapan yang Tidak Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017 





48. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017 

49. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-tahun-20162017 


0 Komentar untuk "Kisi-Kisi Soal Uji Coba Un 2019 Sma/Ma Mata Pelajaran Bahasa Indonesia"

Back To Top