Bedah Kisi-Kisi Un 2019 Smp/Mts Mapel Bahasa Indonesia: Pengembangan Indikator Soal Un 2019, Pola Soal, Dan Pembahasan

loading...


BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN 

Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMP/MTs mata pelajaran Bahasa Indonesia berupa pengembangan indikator soal, pola soal, dan pembahasan yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs menurut Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah



BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA


1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 

2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 

3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 

4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 



5. Bedah Kisi-Kisi UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
6. Soal dan Kunci Jawaban Persiapan UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN

Indikator Materi
Indikator Soal
No.
A. MEMBACA NONSASTRA
Menentukan  makna kata/kalimat pada teks
Disajikan kalimat, akseptor didik bisa memilih makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat.
1
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa kalimat yang didiberi nomor, akseptor didik bisa memilih maksud kalimat tertentu pada paragraf dengan tepat.
2
Menentukan informasi tersurat teks
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), akseptor didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat.
3
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), akseptor didik sanggup menetukan jawabanan pertanyaan wacana isi teks tersebut dengan tepat.
4
Disaiikan teks dongeng biografi (2-3 paragraf) akseptor didik sanggup memilih keistimewaan tokoh pada teks tersebut dengan tepat.
5
Disaiikan teks dongeng biografi (2-3 paragraf) akseptor didik sanggup menentukan sikap/tindakan tokoh yang patut diteladani pada teks tersebut dengan tepat.
6
Disajikan teks eksplanasi (1-2 paragraf), akseptor didik sanggup memilih jawabanan atas pertanyaan wacana kejadian pada teks tersebut dengan tepat.
7
Menentukan pecahan teks
Disajikan teks yang terdiri 4-5 kalimat, peserta didik sanggup memilih kalimat yang menyatakan perperihalan dengan tepat.
8
Menentukan wangsit pokok
Disajikan teks eksposisi terdiri 4-5 kalimat, akseptor didik sanggup memilih gagasan utama teks tersebut dengan tepat.
9
Disajikan teks hasil observasi terdiri 4-5 kalimat , akseptor didik sanggup wangsit pokok paragraf tersebut dengan tepat.
10
Disajikan teks eksposisi yang terdiri 4-5 kalimat, akseptor didik sanggup memilih menentukan kalimat utama teks tersebut dengan tepat.
11
Menyimpulkan isi teks
Disajikan teks dongeng yang terdiri 5-6 kalimat, akseptor didik sanggup memilih final isi paragraf dengan tepat.
12
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks
Disaiikan teks dongeng biografi (2-3 paragraf) akseptor didik sanggup memilih pandangan penulis pada teks tersebut dengan tepat.
13
Disajikan teks eksplanasi (2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih pernyataan persetujuan paada paragraf kedua teks tersebut dengan tepat.
14
Disajikan teks diskusi (2 paragraf), akseptor didik sanggup memilih pernyataan yang ialah argumen pendukung dengan tepat.
15
Meringkas isi teks
Disajikan teks eksposisi (2 paragraf), akseptor didik sanggup memilih ringkasan teks tersebut dengan tepat.
16
Disajikan teks diskusi (2 paragraf), akseptor didik sanggup memilih ringkasan yang sempurna teks tersebut.
17
Membandingkan penerapan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks

Disajikan dua buah teks, akseptor didik bisa membandingkan penerapan bahasa kedua teks dengan tepat.
18
Disajikan dua buah teks (teks diberita dan teks ulasan/resensi), akseptor didik bisa membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat.
19
Menilai keunggulan/kelemahan teks
Disajikan teks dongeng biografi (1-2 paragraf), akseptor didik sanggup memilih pecahan yang ialah kelemahan/keunggulan teks tersebut dengan tepat.
20
Mengomentari isi teks
Disajikan penggalan teks, akseptor didik bisa mengomentari isi teks dengan tepat.
21
B. MEMBACA SASTRA
Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel
Disajikan puisi, akseptor didik bisa mengartikan kata simbolik pada cerpen/fabel dengan tepat.
22
Disajikan kutipan cerpen, akseptor didik sanggup memilih makna ungkapan dalam kutipan tersebut dengan tepat
23
menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel
Disajikan teks dongeng moral/fabel (2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih tokoh utama pada teks tersebut  dengan tepat.
24
Disajikan teks dongeng moral/fabel (2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih memanfaatkan yang ialah interpretasi pada teks tersebut dengan tepat.
25
Disajikan kutipan obrolan teks drama, akseptor didik sanggup menentukan pernyataan yang ialah isi obrolan salah satu tokoh pada kutipan dengan tepat.
26
menentukan pecahan cerpen dan fabel
Disajikan teks cerpen dan fabel (2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih kejadian yang dialami tokoh dengan tepat.
27
Disajikan teks dongeng moral/fabel (2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih pecahan komplikasi teks tersebut dengan tepat.
28
Disajikan teks dongeng pendek, akseptor didik sanggup menentukan latar (tempat, waktu, suasana) dongeng pendek pada kutipan dengan tepat.
29
Disajikan teks dongeng pendek, akseptor didik sanggup menentukan cara pengarang menggambarkan tabiat tokoh pada kutipan cerpen tersebut dengan tepat.
30
Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel
Disajikan kutipan cerpen, akseptor didik bisa memilih makna simbol dalam kutipan dengan  dengan tepat.
31
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel
Disajikan teks dongeng moral/fabel (2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih nilai moral yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat.
32
Disajikan teks dongeng moral/fabel (2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih amanat dongeng teks tersebut dengan tepat.
33
Menyimpulkan sebab/akibat konflik
Disajikan teks dongeng pendek(2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih konflik dongeng pada teks tersebut dengan tepat.
34
Disajikan teks dongeng pendek(2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih alasannya yakni konflik dongeng pada teks tersebut dengan tepat.
35
Disajikan teks dongeng pendek(2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih akhir konflik dongeng pada teks tersebut dengan tepat .
36
Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), akseptor didik Menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan fabel tersebut  dengan tepat.
37
Membandingkan penerapan bahasa cerpen/fabel
Disajikan dua kutipan cerpen, akseptor didik sanggup menentukan perbedaan penerapan bahasa pada dua kutipan cerpen dengan tepat.
38
menunjukkan bukti latar dan watak
Disajikan teks dongeng pendek(2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih bukti tabiat tokoh yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat.
39
Disajikan penggalan cerita, akseptor didik bisa menawarkan kalimat bukti wacana seting/latar dongeng dengan tepat.
40
Mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini
Disajikan penggalan fabel, akseptor didik bisa mengaitkan isi fabel kehidupan masa sekarang dengan tepat.
41
Disajikan penggalan cerpen, akseptor didik bisa mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan masa sekarang dengan tepat.
42
mengomentari unsur intrinsik karya sastra
Disajikan penggalan fabel/ cerpen, akseptor didik bisa menawarkan keunggulan dongeng dengan tepat.
43
Disajikan penggalan fabel/cerpen , akseptor didik bisa menawarkan kelemahan cerita  dengan tepat.
44
C. MENULIS TERBATAS
melengkapi istilah/kata dalam kalimat
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik sanggup menentukan kata depan (di, ke, dari) untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat.

45
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik sanggup menentukan kata seru yang sempurna untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat.
46
menyusun urutan kalimat banyak sekali jenis teks
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, akseptor didik mampu  mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf eksposisi dengan tepat.
47
Disajikan lima kalimat mekanisme secara acak, akseptor didik bisa mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks mekanisme dengan tepat.
48
Disajikan lima kalimat laporan secara acak, akseptor didik bisa mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks laporan dengan tepat.
49
melengkapi paragraf dengan kalimat
Disajikan penggalan paragraf yang dirumpangkan, akseptor didik bisa melengkapi pecahan yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
50
melengkapi pecahan teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain)
Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, akseptor didik bisa melengkapi pecahan yang rumpang dengan pecahan teks yang tepat.
51
Memvariasikan kata
Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata bercetak miring, akseptor didik sanggup memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat.
52
Memvariasikan kalimat
Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor, akseptor didik sanggup memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat.
53
menulis dengan gambaran tertentu
Disajikan ilustrasi/data dalam bentuk tabel, peserta didik sanggup menentukan paragraf yang sempurna menurut data hasil pengamatan suatu objek dengan tepat.
54
Mengubah teks ke bentuk lain
Disajikan kutipan cerpen, akseptor didik sanggup mengubah kutipan cerpen dengan sudut pandang pengarang tidak sama (orang pertama ke orang ketiga atau sebaliknya) dengan tepat.
55
Disajikan kutipan teks drama, akseptor didik sanggup menentukan cerpen yang sempurna sesuai dengan kutipan naskah drama dengan tepat.
56
D. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah
Disajikan paragraf dengan dua kata  yang dipakai secara tidak tepat, akseptor didik bisa mengidentifikasi kesalahan penerapan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
57
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah
Disajikan empat kalimat bernomor yang salah satunya kalimat tidak efektif,  peserta didik bisa mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat.
58
menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, akseptor didik bisa mengisi pecahan rumpang dengan kata bentukan (kata diberimbuhan) dengan tepat.
59
menggunakan konjungsi dalam kalimat
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, akseptor didik bisa mengisi pecahan rumpang dengan kata penghubung dengan tepat.
60
Memperbaiki kesalahan penerapan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan kata diberimbuhan, akseptor didik sanggup memilih perbaikan kesalahan penerapan kata diberimbuhan dengan tepat.
61
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan kata gabung/kata ulang, akseptor didik sanggup memilih perbaikan kesalahan penerapan kata gabung/kata ulang dengan tepat.
62
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, akseptor didik bisa memilih perbaikan kalimat dengan tepat.
63
Disajikan teks eksplanasi (1 paragraf) yang terdapat kalimat tidak padu, akseptor didik sanggup memilih perbaikan kalimat tersebut dengan sempurna .
64
Menentukan alasan kesalahan penerapan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan kata, peserta didik bisa memilih alasan kesalahan dari segi pilihan kata  dengan tepat.
65
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan kalimat, akseptor didik bisa memilih alasan kesalahan dari segi penerapan kalimat  dengan tepat.
66
E. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
Menunjukkan kesalahan penerapan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat penerapan kata depan, akseptor didik mampu  mengidentifikasi kesalahan penerapan kata depan dengan tepat.
67
Menunjukkan kesalahan penerapan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca tanya, akseptor didik bisa mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca tanya dengan tepat.
68
Menggunakan ejaan
Disajikan paragraf terdapat penerapan kata depan, akseptor didik bisa memakai kata depan dengan tepat.
69
Menggunakan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penerapan tanda titik dua, akseptor didik bisa memakai tanda titik dua dengan tepat.
70
Memperbaiki kesalahan penerapan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan kata/gabungan kata, akseptor didik bisa memilih perbaikan kata/gabungan kata dengan tepat.
71
Disajikan teks tanggapan deskriptif (1 paragraf) yang terdapat kesalahan penerapan aksara kapital, akseptor didik sanggup memilih perbaikannya dengan tepat.
72
Memperbaiki kesalahan penerapan tanda baca
Disajikan teks dongeng biografi yang terdapat kesalahan penerapan tanda baca (1 paragraf), akseptor didik sanggup memilih perbaikannya dengan tepat.
73
Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca
Disajikan teks tanggapan yang terdapat kesalahan penerapan aksara kapital akseptor didik bisa memilih alasan kesalahan dengan tepat.
74
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan tanda koma, akseptor didik bisa memilih alasan kesalahan dengan tepat.
75
 CATATAN: SOAL UN SEBANYAK 50 SOAL.



PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.


2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 




12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 
16. Menentukan Latar Suasana Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 


17. Menentukan Teknik Penggambaran Watak Tokoh dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 


18. Menentukan Makna Kata Simbolik Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 


19. Menentukan Amanat Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 




RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

BACA DI BLOG:

           1. Pertanyaan yang jawabanannya ada pada teks

2. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks



3. Makna kata dalam teks

4. Ide pokok paragraf



  1. Simpulan paragraf

  1. Kalimat persetujuan dalam teks

  1. Kalimat relasi alasannya yakni akibat

  1. Kalimat yang menawarkan (bukti) tabiat tokoh cerita

  1. Konflik dalam cerita

  1. Amanat cerita

  1. Kalimat yang tidak padu dalam teks

  1. Peristiwa yang tergambar dalam teks

  1. Teks laporan

  1. Urutan kalimat teks sastra

  1. Mengubah teks ke bentuk teks lain

  1. Perbaikan penulisan ejaan

  1. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)

  1. Ringkasan teks

  1. Tokoh utama cerita

  1. Konflik, penyebab konflik, dan akhir konflik

  1. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita

  1. Kalimat yang menyatakan keunngulan buku

  1. Struktur teks resensi

  1. Pendapat pro dan kontra

  1. Jenis-jenis teks prosedur 

  1. Melengkapi teks prosedur

  1. Menyunting teks prosedur

  1. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi

  1. Keteladanan tokoh dalam teks biografi 

  1. Fakta dan opini dalam teks biografi

  1. Membandingkan nilai moral dua teks fabel

  1. Membandingkan penerapan bahasa dua teks fabel

  1. Bagian-bagian teks ulasan film/drama

  1. Teknik memvariasikan kalimat

  1. Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,) 

  1. Makna simbol dalam cerpen

  1. Menentukan pecahan alur cerpen

  1. Syarat-syarat paragraf yang baik 

  1. Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat 

  1. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan

42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat


  1. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung 

  1. Kalimat tidak efektif

  1. Alasan penerapan kata yang salah

  1. Penulisan aksara kapital

  1. Penggunaan ejaan yang tidak tepat

  1. Kesalahan penerapan tanda baca

  1. Penggunaan ejaan yang tepat

  1. Alasan ketidaktepatan penerapan tanda baca
Tag : UN SMP
0 Komentar untuk "Bedah Kisi-Kisi Un 2019 Smp/Mts Mapel Bahasa Indonesia: Pengembangan Indikator Soal Un 2019, Pola Soal, Dan Pembahasan"

Back To Top