loading...
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN
Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMP/MTs mata pelajaran Bahasa Indonesia berupa pengembangan indikator soal, pola soal, dan pembahasan yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs menurut Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
5. Bedah Kisi-Kisi UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
6. Soal dan Kunci Jawaban Persiapan UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN
CATATAN: SOAL UN SEBANYAK 50 SOAL. Indikator Materi | Indikator Soal | No. |
A. MEMBACA NONSASTRA | ||
Menentukan makna kata/kalimat pada teks | Disajikan kalimat, akseptor didik bisa memilih makna kata/istilah dalam kalimat dengan tepat. | 1 |
Disajikan paragraf yang terdiri beberapa kalimat yang didiberi nomor, akseptor didik bisa memilih maksud kalimat tertentu pada paragraf dengan tepat. | 2 | |
Menentukan informasi tersurat teks | Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), akseptor didik dapat menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi teks dengan tepat. | 3 |
Disajikan sebuah teks hasil observasi (2 paragraf), akseptor didik sanggup menetukan jawabanan pertanyaan wacana isi teks tersebut dengan tepat. | 4 | |
Disaiikan teks dongeng biografi (2-3 paragraf) akseptor didik sanggup memilih keistimewaan tokoh pada teks tersebut dengan tepat. | 5 | |
Disaiikan teks dongeng biografi (2-3 paragraf) akseptor didik sanggup menentukan sikap/tindakan tokoh yang patut diteladani pada teks tersebut dengan tepat. | 6 | |
Disajikan teks eksplanasi (1-2 paragraf), akseptor didik sanggup memilih jawabanan atas pertanyaan wacana kejadian pada teks tersebut dengan tepat. | 7 | |
Menentukan pecahan teks | Disajikan teks yang terdiri 4-5 kalimat, peserta didik sanggup memilih kalimat yang menyatakan perperihalan dengan tepat. | 8 |
Menentukan wangsit pokok | Disajikan teks eksposisi terdiri 4-5 kalimat, akseptor didik sanggup memilih gagasan utama teks tersebut dengan tepat. | 9 |
Disajikan teks hasil observasi terdiri 4-5 kalimat , akseptor didik sanggup wangsit pokok paragraf tersebut dengan tepat. | 10 | |
Disajikan teks eksposisi yang terdiri 4-5 kalimat, akseptor didik sanggup memilih menentukan kalimat utama teks tersebut dengan tepat. | 11 | |
Menyimpulkan isi teks | Disajikan teks dongeng yang terdiri 5-6 kalimat, akseptor didik sanggup memilih final isi paragraf dengan tepat. | 12 |
Menyimpulkan pendapat pro/kontra dalam teks | Disaiikan teks dongeng biografi (2-3 paragraf) akseptor didik sanggup memilih pandangan penulis pada teks tersebut dengan tepat. | 13 |
Disajikan teks eksplanasi (2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih pernyataan persetujuan paada paragraf kedua teks tersebut dengan tepat. | 14 | |
Disajikan teks diskusi (2 paragraf), akseptor didik sanggup memilih pernyataan yang ialah argumen pendukung dengan tepat. | 15 | |
Meringkas isi teks | Disajikan teks eksposisi (2 paragraf), akseptor didik sanggup memilih ringkasan teks tersebut dengan tepat. | 16 |
Disajikan teks diskusi (2 paragraf), akseptor didik sanggup memilih ringkasan yang sempurna teks tersebut. | 17 | |
Membandingkan penerapan bahasa, dan pola penyajian beberapa jenis teks | Disajikan dua buah teks, akseptor didik bisa membandingkan penerapan bahasa kedua teks dengan tepat. | 18 |
Disajikan dua buah teks (teks diberita dan teks ulasan/resensi), akseptor didik bisa membandingkan pola penyajian kedua teks dengan tepat. | 19 | |
Menilai keunggulan/kelemahan teks | Disajikan teks dongeng biografi (1-2 paragraf), akseptor didik sanggup memilih pecahan yang ialah kelemahan/keunggulan teks tersebut dengan tepat. | 20 |
Mengomentari isi teks | Disajikan penggalan teks, akseptor didik bisa mengomentari isi teks dengan tepat. | 21 |
B. MEMBACA SASTRA | ||
Menentukan makna kata dalam cerpen dan fabel | Disajikan puisi, akseptor didik bisa mengartikan kata simbolik pada cerpen/fabel dengan tepat. | 22 |
Disajikan kutipan cerpen, akseptor didik sanggup memilih makna ungkapan dalam kutipan tersebut dengan tepat | 23 | |
menentukan makna tersurat dalam cerpen dan fabel | Disajikan teks dongeng moral/fabel (2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih tokoh utama pada teks tersebut dengan tepat. | 24 |
Disajikan teks dongeng moral/fabel (2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih memanfaatkan yang ialah interpretasi pada teks tersebut dengan tepat. | 25 | |
Disajikan kutipan obrolan teks drama, akseptor didik sanggup menentukan pernyataan yang ialah isi obrolan salah satu tokoh pada kutipan dengan tepat. | 26 | |
menentukan pecahan cerpen dan fabel | Disajikan teks cerpen dan fabel (2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih kejadian yang dialami tokoh dengan tepat. | 27 |
Disajikan teks dongeng moral/fabel (2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih pecahan komplikasi teks tersebut dengan tepat. | 28 | |
Disajikan teks dongeng pendek, akseptor didik sanggup menentukan latar (tempat, waktu, suasana) dongeng pendek pada kutipan dengan tepat. | 29 | |
Disajikan teks dongeng pendek, akseptor didik sanggup menentukan cara pengarang menggambarkan tabiat tokoh pada kutipan cerpen tersebut dengan tepat. | 30 | |
Menyimpulkan makna simbol dalam cerpen dan fabel | Disajikan kutipan cerpen, akseptor didik bisa memilih makna simbol dalam kutipan dengan dengan tepat. | 31 |
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/fabel | Disajikan teks dongeng moral/fabel (2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih nilai moral yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat. | 32 |
Disajikan teks dongeng moral/fabel (2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih amanat dongeng teks tersebut dengan tepat. | 33 | |
Menyimpulkan sebab/akibat konflik | Disajikan teks dongeng pendek(2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih konflik dongeng pada teks tersebut dengan tepat. | 34 |
Disajikan teks dongeng pendek(2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih alasannya yakni konflik dongeng pada teks tersebut dengan tepat. | 35 | |
Disajikan teks dongeng pendek(2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih akhir konflik dongeng pada teks tersebut dengan tepat . | 36 | |
Membandingkan pola pengembangan cerpen dan fabel | Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), akseptor didik Menentukan perbedaan pola pengembangan dua kutipan fabel tersebut dengan tepat. | 37 |
Membandingkan penerapan bahasa cerpen/fabel | Disajikan dua kutipan cerpen, akseptor didik sanggup menentukan perbedaan penerapan bahasa pada dua kutipan cerpen dengan tepat. | 38 |
menunjukkan bukti latar dan watak | Disajikan teks dongeng pendek(2-3 paragraf), akseptor didik sanggup memilih bukti tabiat tokoh yang terdapat pada teks tersebut dengan tepat. | 39 |
Disajikan penggalan cerita, akseptor didik bisa menawarkan kalimat bukti wacana seting/latar dongeng dengan tepat. | 40 | |
Mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini | Disajikan penggalan fabel, akseptor didik bisa mengaitkan isi fabel kehidupan masa sekarang dengan tepat. | 41 |
Disajikan penggalan cerpen, akseptor didik bisa mengaitkan isi cerpen dengan kehidupan masa sekarang dengan tepat. | 42 | |
mengomentari unsur intrinsik karya sastra | Disajikan penggalan fabel/ cerpen, akseptor didik bisa menawarkan keunggulan dongeng dengan tepat. | 43 |
Disajikan penggalan fabel/cerpen , akseptor didik bisa menawarkan kelemahan cerita dengan tepat. | 44 | |
C. MENULIS TERBATAS | ||
melengkapi istilah/kata dalam kalimat | Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik sanggup menentukan kata depan (di, ke, dari) untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat. | 45 |
Disajikan kalimat yang dirumpangkan, peserta didik sanggup menentukan kata seru yang sempurna untuk melengkapi kalimat rumpang tersebut dengan tepat. | 46 | |
menyusun urutan kalimat banyak sekali jenis teks | Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, akseptor didik mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf eksposisi dengan tepat. | 47 |
Disajikan lima kalimat mekanisme secara acak, akseptor didik bisa mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks mekanisme dengan tepat. | 48 | |
Disajikan lima kalimat laporan secara acak, akseptor didik bisa mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks laporan dengan tepat. | 49 | |
melengkapi paragraf dengan kalimat | Disajikan penggalan paragraf yang dirumpangkan, akseptor didik bisa melengkapi pecahan yang rumpang dengan kalimat yang tepat. | 50 |
melengkapi pecahan teks (eksposisi, deskripsi, ulasan, dan lain-lain) | Disajikan penggalan teks yang dirumpangkan, akseptor didik bisa melengkapi pecahan yang rumpang dengan pecahan teks yang tepat. | 51 |
Memvariasikan kata | Disajikan sebuah paragraf dengan dua kata bercetak miring, akseptor didik sanggup memvariasikan kata yang bermakna sama pada kata bercetak miring dengan tepat. | 52 |
Memvariasikan kalimat | Disajikan sebuah paragraf dengan kalimat bernomor, akseptor didik sanggup memvariasikan kalimat yang bertujuan/bermakna sama dengan kalimat bernomor tertentu dengan tepat. | 53 |
menulis dengan gambaran tertentu | Disajikan ilustrasi/data dalam bentuk tabel, peserta didik sanggup menentukan paragraf yang sempurna menurut data hasil pengamatan suatu objek dengan tepat. | 54 |
Mengubah teks ke bentuk lain | Disajikan kutipan cerpen, akseptor didik sanggup mengubah kutipan cerpen dengan sudut pandang pengarang tidak sama (orang pertama ke orang ketiga atau sebaliknya) dengan tepat. | 55 |
Disajikan kutipan teks drama, akseptor didik sanggup menentukan cerpen yang sempurna sesuai dengan kutipan naskah drama dengan tepat. | 56 | |
D. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF | ||
menunjukkan kata yang tidak sesuai kaidah | Disajikan paragraf dengan dua kata yang dipakai secara tidak tepat, akseptor didik bisa mengidentifikasi kesalahan penerapan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat. | 57 |
menunjukkan kalimat yang tidak sesuai kaidah | Disajikan empat kalimat bernomor yang salah satunya kalimat tidak efektif, peserta didik bisa mengidentifikasi kalimat yang tidak efektif dengan tepat. | 58 |
menggunakan kata bentukan sesuai dengan kaidah | Diajikan kalimat yang dirumpangkan, akseptor didik bisa mengisi pecahan rumpang dengan kata bentukan (kata diberimbuhan) dengan tepat. | 59 |
menggunakan konjungsi dalam kalimat | Disajikan kalimat yang dirumpangkan, akseptor didik bisa mengisi pecahan rumpang dengan kata penghubung dengan tepat. | 60 |
Memperbaiki kesalahan penerapan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan kata diberimbuhan, akseptor didik sanggup memilih perbaikan kesalahan penerapan kata diberimbuhan dengan tepat. | 61 |
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan kata gabung/kata ulang, akseptor didik sanggup memilih perbaikan kesalahan penerapan kata gabung/kata ulang dengan tepat. | 62 | |
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, akseptor didik bisa memilih perbaikan kalimat dengan tepat. | 63 | |
Disajikan teks eksplanasi (1 paragraf) yang terdapat kalimat tidak padu, akseptor didik sanggup memilih perbaikan kalimat tersebut dengan sempurna . | 64 | |
Menentukan alasan kesalahan penerapan kata, kalimat, dan ketidakpaduan paragraf | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan kata, peserta didik bisa memilih alasan kesalahan dari segi pilihan kata dengan tepat. | 65 |
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan kalimat, akseptor didik bisa memilih alasan kesalahan dari segi penerapan kalimat dengan tepat. | 66 | |
E. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA | ||
Menunjukkan kesalahan penerapan ejaan | Disajikan paragraf yang terdapat penerapan kata depan, akseptor didik mampu mengidentifikasi kesalahan penerapan kata depan dengan tepat. | 67 |
Menunjukkan kesalahan penerapan tanda baca | Disajikan paragraf yang terdapat penulisan tanda baca tanya, akseptor didik bisa mengidentifikasi kesalahan penulisan tanda baca tanya dengan tepat. | 68 |
Menggunakan ejaan | Disajikan paragraf terdapat penerapan kata depan, akseptor didik bisa memakai kata depan dengan tepat. | 69 |
Menggunakan tanda baca | Disajikan paragraf yang terdapat penerapan tanda titik dua, akseptor didik bisa memakai tanda titik dua dengan tepat. | 70 |
Memperbaiki kesalahan penerapan ejaan | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan kata/gabungan kata, akseptor didik bisa memilih perbaikan kata/gabungan kata dengan tepat. | 71 |
Disajikan teks tanggapan deskriptif (1 paragraf) yang terdapat kesalahan penerapan aksara kapital, akseptor didik sanggup memilih perbaikannya dengan tepat. | 72 | |
Memperbaiki kesalahan penerapan tanda baca | Disajikan teks dongeng biografi yang terdapat kesalahan penerapan tanda baca (1 paragraf), akseptor didik sanggup memilih perbaikannya dengan tepat. | 73 |
Menentukan alasan kesalahan ejaan dan tanda baca | Disajikan teks tanggapan yang terdapat kesalahan penerapan aksara kapital akseptor didik bisa memilih alasan kesalahan dengan tepat. | 74 |
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan tanda koma, akseptor didik bisa memilih alasan kesalahan dengan tepat. | 75 |
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Menentukan Makna Istilah Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
3. Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
4. Kalimat Hubungan Perperihalan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
5. Ide Pokok Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
6. Kalimat Utama Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
7. Kalimat Simpulan Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
8. Ringkasan Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
9. Perbandingan Penggunaan Bahasa Dua Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
10. Pola Pengembangan Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
11. Menentukan Makna Ungkapan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
15. Menentukan Tokoh Utama Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
16. Menentukan Latar Suasana Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
17. Menentukan Teknik Penggambaran Watak Tokoh dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
18. Menentukan Makna Kata Simbolik Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
19. Menentukan Amanat Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
20. Menentukan Nilai Moral dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
21. Menentukan Penyebab Konflik dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
22. Menentukan Perbedaan Pola Pengembangan Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
22. Menentukan Perbedaan Pola Pengembangan Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
24. Menentukan Isi dan Nilai Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
25. Menentukan Keunggulan Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
1. Pertanyaan yang jawabanannya ada pada teks
2. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
3. Makna kata dalam teks
4. Ide pokok paragraf
Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 5. Kalimat utama paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat relasi alasannya yakni akibat
- Kalimat yang menawarkan (bukti) tabiat tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan akhir konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks prosedur
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai moral dua teks fabel
- Membandingkan penerapan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Teknik memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan pecahan alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang tepat
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penerapan kata yang salah
- Penulisan aksara kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penerapan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penerapan tanda baca
Tag :
UN SMP
0 Komentar untuk "Bedah Kisi-Kisi Un 2019 Smp/Mts Mapel Bahasa Indonesia: Pengembangan Indikator Soal Un 2019, Pola Soal, Dan Pembahasan"