Pedoman Dan Pola Deskripsi Nilai Keterampilan Pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi

loading...


PEDOMAN DAN CONTOH DESKRIPSI NILAI KETERAMPILAN PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI
A. Pedoman Deskripsi Nilai Keterampilan
Deskripsi nilai keterampilan menurut nilai KD yang menonjol menurut pencapaian KD pada KI-4 selama satu semester.
B. misal Deskripsi Nilai Keterampilan
misal deskripsi nilai keterampilan  “Memiliki keterampilan membuatkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara verbal dan/tulis.”

C. Pengolahan Nilai Keterampilan
Nilai keterampilan diperoleh dari hasil evaluasi unjuk kerja/kinerja/praktik, proyek, produk, portofolio, dan bentuk lain sesuai karakteristik KD mata pelajaran. Hasil evaluasi pada setiap KD pada KI-4 ialah nilai optimal kalau evaluasi dilakukan dengan metode yang sama dan objek KD yang sama. Penilaian KD yang sama yang dilakukan dengan proyek dan produk atau praktik dan produk, maka hasil selesai evaluasi KD tersebut dirata-ratakan. Untuk memperoleh nilai selesai keterampilan pada setiap mata pelajaran ialah rerata dari tiruana nilai KD pada KI-4 dalam satu semester. Selanjutnya, penulisan capaian keterampilan pada rapor memakai angka pada skala 0 – 100 dan predikat (D – A) serta dilengkapi dengan deskripsi singkat capaian kompetensi.
misal :
Berikut cara pengolahan nilai keterampilan mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X yang dilakukan melalui praktik pada KD 4.1 sebanyak 1 kali dan KD 4.2 sebanyak 2 kali. KD 4.3 dan KD 4.4 dinilai melalui satu proyek. Selain itu KD 4.4 juga dinilai melalui satu kali produk.

Keterangan:
1. Pada KD 4.1, 4.2, dan 4.3 Nilai Akhir diperoleh menurut nilai optimum, sedangkan untuk 4.4 diperoleh menurut rata-rata sebab memakai proyek dan produk.
2. Nilai selesai semester didapat dengan cara merata-ratakan nilai selesai pada setiap KD.


4. Nilai rapor keterampilan dilengkapi deskripsi singkat kompetensi yang menonjol menurut pencapaian KD pada KI-4 selama satu semester.
Deskripsi nilai keterampilan diatas adalah: “Memiliki keterampilan membuatkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara verbal dan/tulis.”

 Rujukan
Hatikah, Tika dkk. 2018. Bahasa Indonesia SMA: Modul Petes Implementasi Kurikulum 2013 Sekolah Menengan Atas Tahun 2018. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


RAMBU-RAMBU/PEDOMAN PENYUSUNAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENCAPAIAN SIKAP, NILAI PENGETAHUAN, DAN NILAI KETERAMPILAN  PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

A. Rambu-Rambu Pencapaian Sikap

1. Deskripsi perilaku terdiri atas perilaku yang sangat baik dan/atau perilaku kurang baik yang memerlukan training dan pembimbingan.

2. Deskripsi perilaku memakai kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya: ... tetapi masih perlu peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu bimbingan dalam hal ...


B. Pedoman Deskripsi pengetahuan

Pedoman: Deskripsi pengetahuan meliputi kompetensi yang sangat baik dikuasai oleh akseptor didik dan/atau kompetensi yang masih perlu ditingkatkan.


A. Pedoman Deskripsi Nilai Keterampilan

Deskripsi nilai keterampilan menurut nilai KD yang menonjol menurut pencapaian KD pada KI-4 selama satu semester.



0 Komentar untuk "Pedoman Dan Pola Deskripsi Nilai Keterampilan Pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi"

Back To Top