loading...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ……….
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X / Genap
Materi Pokok : Isi debat dan Pihak-pihak pelaksana debat
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya
2. Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai potongan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahua faktual, konseptual, prosedural, menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian spesifik dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari apa yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.13 Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan). 4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari berbagai sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
| · Mengidentifikasi isi debat (permasa-lahan/ isu, sudut pandang dan ar-gumen beberapa pihak, dan sim-pulan). · Memdiberikan tanggapan (kelebihan dan belum sempurnanya) terhadap pihak- pihak pelaku debat. · Melaksanakan debat. · Mengevaluasi pelaksanaan debat. |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui aktivitas pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL penerima didik sanggup mengidentifikasi isi debat (permasa-lahan/ isu, sudut pandang dan ar-gumen beberapa pihak, dan sim-pulan), mempersembahkan tanggapan (kelebihan dan belum sempurnanya) terhadap pihak-pihak pelaku debat., melakukan debat, dan mengevaluasi pelaksanaan debat dengan rasa ingin tahu, tanggung jawaban, displin dan kreatif (integritas) selama proses pembelajaran dan bersikap jujur, percaya diri serta pantang menyerah.
D. Materi pembelajaran
Isi debat:
· mosi/ topik permasalahan yang diperdebatkan;
· pernyataan sikap (mendukung atau menolak);
· argumenasi untuk mendukung sikap.
Pihak-pihak pelaksana debat:
· pihak yang mengajukan mosi/topik permasalahan yang diperdebat-kan;
· tim afirmatif (yang oke dengan mosi);
· tim oposisi yang tidak oke dengan mosi);
· pemimpin/ wasit debat (yang menjaga tata tertib)’
· Penonton/ juri.
Fakta : Debat dan Pihak-pihak pelaksana debat
Konsep : Mosi, Argumen, dan Tanggapan
Prinsip : Esesnsi Debat
Prosedur : mosi (permasalahan yang didebatkan); argumen untuk menguatkan pendapat sesuai dengan sudut pandang yang diambil; dan tanggapan (mendukung dan menolak pendapat disertai argumen) pihak yang mengajukan mosi/topik permasalahan yang diperdebat-kan; tim afirmatif (yang oke dengan mosi); tim oposisi yang tidak oke dengan mosi); pemimpin/ wasit debat (yang menjaga tata tertib)’Penonton/ juri.
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media/alat, Bahan
Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø lembar penilaian
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Ø Manusia dalam lingkungan: guru, pustakawan, laboran, dan penutur nativ.
Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan specimen.
Ø Komputer.
G. Sumber Belajar
1. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit ) | Waktu |
Kegiatan Penlampauan Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengpertamai aktivitas pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, ialah : Debat
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memdiberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diperlukan sanggup menerangkan perihal materiisi debat
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemdiberian Acuan - Memdiberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memdiberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Stimulation (stimullasi/ pemdiberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik didiberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi isi debat dengan cara : · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi isi debat “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi isi debat Ø pemdiberian contoh-contoh materi isi debat untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi debat dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan lingkungan pemdiberian materi isi debat oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar/global wacana materi pelajaran terkena materi isi debat, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. v Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai penyesuaian dalam membaca dan menulis (Literasi) | Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru mempersembahkan peluang pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawaban melalui aktivitas belajar, contohnya : · Mengajukan pertanyaan wacana materi isi debat yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan isi debat? Ø Terdiri dari apakah isi debat tersebut? Ø Seperti apakah isi debat tersebut? Ø Bagaimana isi debat itu bekerja? Ø Apa fungsi isi debat? Ø Bagaimanakah materi isi debat itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawaban pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi isi debat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi isi debat yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari aktivitas mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi isi debat yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya balasan dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi isi debat yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas pola dalam buku paket terkena materi isi debat mencatat tiruana informasi wacana materi isi debat yang sudah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi isi debat sesuai dengan pemahamannya - Saling tukar informasi perihal materi isi debat dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
| Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : - Berdiskusi wacana data dari materi isi debat yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam aktivitas sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi isi debat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan menolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal terkena materi isi debat
| Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui aktivitas : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang tidak sama hingga kepada yang berperihalan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan wacana materi : isi debat, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas jawabanan soal-soal yang sudah dikerjakan oleh penerima didik.
| Generalizatio (menarikdanunik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan · Menyampaikan hasil diskusi perihal materi isi debat berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan · Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : isi debat · Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi isi debat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan · Bertanya atas presentasi wacana materi isi debat yang dilakukan dan penerima didik lain didiberi peluang untuk menjawabannya. CREATIVITY (KREATIVITAS) · Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal isi debat · Menjawaban pertanyaan wacana isi debat yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang sudah disediakan. · Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi isi debat yang akan selesai dipelajari · Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi debat yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| | 150 menit |
Catatan : Selama pembelajaran isi debat berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran isi debat yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran isi debat yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran isi debat.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran isi debat
- Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran isi debat kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| 15 menit |
Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 menit ) | Waktu |
Kegiatan Penlampauan Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengpertamai aktivitas pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatanpembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatansebelumnya, ialah : isi debat
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memdiberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik diperlukan sanggup menerangkan perihal materipihak-pihak pelaksana debat
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemdiberian Acuan - Memdiberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memdiberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| 15 menit |
Kegiatan Inti Sintak Model Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Stimulation (stimullasi/ pemdiberian rangsangan) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik didiberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi pihak-pihak pelaksana debat dengan cara : · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video wacana materi pihak-pihak pelaksana debat “Apa yang kalian pikirkan wacana foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi pihak-pihak pelaksana debat Ø pemdiberian contoh-contoh materi pihak-pihak pelaksana debat untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum aktivitas pembelajaran berlangsung),
membaca materi pihak-pihak pelaksana debat dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan lingkungan pemdiberian materi pihak-pihak pelaksana debat oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar/global wacana materi pelajaran terkena materi pihak-pihak pelaksana debat, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. v Menulis Peserta didik menulis resume wacana apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai penyesuaian dalam membaca dan menulis (Literasi) | Problem statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Guru mempersembahkan peluang pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawaban melalui aktivitas belajar, contohnya : · Mengajukan pertanyaan wacana materi pihak-pihak pelaksana debat yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan pihak-pihak pelaksana debat? Ø Terdiri dari apakah pihak-pihak pelaksana debat tersebut? Ø Seperti apakah pihak-pihak pelaksana debat tersebut? Ø Bagaimana pihak-pihak pelaksana debat itu bekerja? Ø Apa fungsi pihak-pihak pelaksana debat? Ø Bagaimanakah materi pihak-pihak pelaksana debat itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| Data collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawaban pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi pihak-pihak pelaksana debat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi pihak-pihak pelaksana debat yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari aktivitas mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi pihak-pihak pelaksana debat yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya balasan dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi pihak-pihak pelaksana debat yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas pola dalam buku paket terkena materi pihak-pihak pelaksana debat mencatat tiruana informasi wacana materi pihak-pihak pelaksana debat yang sudah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi pihak-pihak pelaksana debat sesuai dengan pemahamannya - Saling tukar informasi perihal materi pihak-pihak pelaksana debat dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
| Data processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : - Berdiskusi wacana data dari materi pihak-pihak pelaksana debat yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam aktivitas sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi pihak-pihak pelaksana debat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan menolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal terkena materi pihak-pihak pelaksana debat
| Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui aktivitas : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang tidak sama hingga kepada yang berperihalan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan wacana materi : pihak-pihak pelaksana debat, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas jawabanan soal-soal yang sudah dikerjakan oleh penerima didik.
| Generalizatio (menarikdanunik kesimpulan) | COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan · Menyampaikan hasil diskusi perihal materi pihak-pihak pelaksana debat berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan · Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana mteri : pihak-pihak pelaksana debat · Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi pihak-pihak pelaksana debat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan · Bertanya atas presentasi wacana materi pihak-pihak pelaksana debat yang dilakukan dan penerima didik lain didiberi peluang untuk menjawabannya. CREATIVITY (KREATIVITAS) · Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal pihak-pihak pelaksana debat · Menjawaban pertanyaan wacana pihak-pihak pelaksana debat yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang sudah disediakan. · Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi pihak-pihak pelaksana debat yang akan selesai dipelajari · Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi pihak-pihak pelaksana debat yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| | 150 menit |
Catatan : Selama pembelajaran pihak-pihak pelaksana debat berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi duduk kasus tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan |
|
Kegiatan Penutup Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran pihak-pihak pelaksana debat yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran pihak-pihak pelaksana debat yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran pihak-pihak pelaksana debat.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat, untuk penilaian tugas projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran pihak-pihak pelaksana debat
- Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran pihak-pihak pelaksana debat kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| 15 menit |
I. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian Observasi
Penilaian observasi menurut pengamatan sikap dan sikap penerima didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan pribadi dilakukan oleh guru. Berikut pola instrumen penilaian sikap
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
BS | JJ | TJ | DS |
1 | Catur | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C |
2 |
| ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek sikap dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor terbaik = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup diubah sesuai dengan aspek sikap yang ingin dinilai
- Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya sentra pembelajaran dari guru kepada penerima didik, maka penerima didik didiberikan peluang untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun semoga penilaian tetap bersifat adil, maka guru hendaknya menerangkan terlebih lampau tujuan dari penilaian diri ini, memilih kompetensi yang akan dinilai, kemudian memilih kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih lampau. Berikut misal format penilaian :
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 |
| 250 | 62,50 | C |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan peluang untuk berbicara. |
| 50 |
3 | Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 |
|
4 | ... | 100 |
|
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor terbaik = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor terbaik dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup juga dipakai untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta penerima didik untuk menilai kawannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru sudah menerangkan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga memilih format penilaiannya. Berikut misal format penilaian mitra sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : ...
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Mau mendapatkan pendapat kawan. | 100 |
| 450 | 90,00 | SB |
2 | Memdiberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 |
|
3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. |
| 100 |
4 | Marah dikala didiberi Koreksi. | 100 |
|
5 | ... |
| 50 |
Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor terbaik = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor terbaik dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
- Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
25 | 50 | 75 | 100 |
1 | Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 | Pelafalan |
|
|
|
|
3 | Kelancaran |
|
|
|
|
4 | Ekspresi |
|
|
|
|
5 | Penampilan |
|
|
|
|
6 | Gestur |
|
|
|
|
- Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawaban pertanyaan yang terdapat pada buku penerima didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka sudah mengerjakan kiprah rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawabanan dari kiprah rumah yang sudah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
misal instrumen penilaian unjuk kerja sanggup dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai diberikut:
Instrumen Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 | Keserasian pemilihan kata |
|
|
|
|
3 | Kesesuaian penerapan tata bahasa |
|
|
|
|
4 | Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Teknik mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor terbaik dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 | Kemampuan menjawaban pertanyaan |
|
|
|
|
3 | Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 | Kemampuan menuntaskan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
- Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
- Penilaian Portofolio
Kumpulan tiruana kiprah yang sudah dikerjakan penerima didik, ibarat catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi penerima didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa mempersembahkan soal komplemen contohnya sebagai diberikut :
1) Jelaskan wacana Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan wacana Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan wacana Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No | Nama Peserta Didik | Nilai Ulangan | Indikator yang Belum Dikuasai | Bentuk Tindakan Remedial | Nilai Sesudah Remedial | Keterangan |
1 |
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
6 |
|
|
|
|
|
|
dst |
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru mempersembahkan nasihat semoga tetap rendah hati, alasannya sudah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru mempersembahkan soal pengayaan sebagai diberikut :
1) Membaca buku-buku wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2) Mencari informasi secara online wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3) Membaca surat kabar, majalah, serta diberita online wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
4) Mengamati pribadi wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.
Mengetahui, …………., …………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………………………… ………………………………
……………………………… ……………………………….
UNDUH FILE WORD RPP TEKS DEBAT KLIK
https://drive.google.com/open?id=1sK-uAW2O7k9GKssOHTCP0MahWwH2hXlA
0 Komentar untuk "Rpp Teks Debat Kurikulum 2013 Edisi Revisi Tahun Pelajaran 2018/2019"