loading...
29. Bacalah teks diberikut!
(1) Perjalanan wisata ke Kampung Wisata Cinangneng itu akan kami jadikan aktivitas rutin tahunan. (2) Kami berangkat menuju Kampung Wisata Cinangneng hari Sabtu, tanggal 8 Oktober, pukul 07.00.
(3) Sesampai di sana banyak temuan yang kami catat sebagai embel-embel ilmu pengetahuan.
(4) Objek wisata Kampung Wisata Cinangneng ialah pilihan utama tujuan wisata kami.
(5) Rombongan kami berjumlah 200 orang dengan 4 bus.
Susunan kalimat laporan tersebut yang sempurna yakni ….
A. (5)-(2)-(1)-(3)-(4)
B. (4)-(5)-(2)-(1)-(3)
C. (5)-(3)-(2)-(4)-(1)
D. (4)-(2)-(5)-(3)-(1)
Pembahasan
Teks laporan hasil observasi yakni teks yang mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh dari hasil pengamatan, bukan hasil imajinasi. Struktur teks laporan dipertamai dengan pernyataan umum dan diikuti dengan deskripsi setiap belahan atau aspek yang dilaporkan, dan deskripsi manfaat.
Menyusun urutan kalimat aneka macam jenis teks artinya menyusun secara urut kalimat-kalimat dalam teks yang mungkin sebelumnya acak/tidak urut. Penyusunan kalimat dalam teks diurutkan secara logis dan bekerjasama satu dengan yang lain.
Menyusun kalimat-kalimat dalam teks sanggup dilakukan dengan menempatkan kalimat utama pada pertama kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas. Pada soal di atas kalimat utamanya yakni kalimat (4) Objek wisata Kampung Wisata Cinangneng ialah pilihan utama tujuan wisata kami. melaluiataubersamaini demikian urutan kalimat-kalimat yang logis yakni (4)-(2)-(5)-(3)-(1) atau opsi D.
MENYUSUN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI
A. Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi
Mengemukakan fakta-fakta yang diperoleh melalui pengamatan. melaluiataubersamaini teks tersebut, pembaca memperoleh sejumlah pengetahuan ataupun wawasan, bukan hasil imajinasi.
B. Ciri-Ciri Laporan Hasil Observasi
laporan hasil observasi mempunyai ciri-ciri sebagai diberikut.
1. Menyajikan fakta-fakta ihwal keadaan peristiwa, tempat, benda, atau orang. Misalnya, menggambarkan keadaan insiden dan keadaan tempat.
2. Menambah pengetahuan dan wawasan kepada pembacanya.
1. Menyajikan fakta-fakta ihwal keadaan peristiwa, tempat, benda, atau orang. Misalnya, menggambarkan keadaan insiden dan keadaan tempat.
2. Menambah pengetahuan dan wawasan kepada pembacanya.
C. Langkah-Langkah Menulis Teks Laporan Observasi
Adapun langkah-langkah yang lebih sistematis yakni sebagai diberikut.
1. Melakukan observasi atau pengamatan lapangan dengan kriteria objek menarikdanunik dan dikuasai. Topik observasi, contohnya ihwal aktivitas karnaval.
2. Mendaftar topik-topik kecil yang sanggup dikembangkan menjadi laporan.
misal:
a. Karnaval sebagai aktivitas rutin tahunan
b. Deretan penerima karnaval
c. Kegiatan penerima karnaval
d. Keadaan para penonton
e. Kegiatan lain di dalam karnaval
f. Manfaat karnavalLaporan Hasil Observasi 3. Menyusun kerangka laporan sesuai dengan sistematika umum sebuah teks laporan observasi yaitu defnisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat.
Struktur Umum Rincian Topik Pengembangan
a. Defnisi umum • Karnaval sebagai aktivitas rutin tahunan
b. Deskripsi per belahan • Deretan penerima karnaval
• Kegiatan penerima karnaval
• Keadaan para penonton
• Kegiatan lain di dalam karnaval
c. Deskripsi manfaat • Manfaat karnaval
4. Mengembangkan kerangka yang sudah disusun menjadi suatu teks yang padu. Dalam tahap ini kita pun perlu memerhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang menjadi karakteristik dari teks laporan observasi. melaluiataubersamaini demikian, jadinya benar-benar sesuai dengan kaidah-kaidahnya itu dan tidak berubah wujud menjadi teks jenis lainnya.
misal pengembangan teks:
Karnaval ialah aktivitas rutin di kota kami. Kegiatan tersebut dilaksanakan setahun sekali di tamat tahun, menjelang perpisahan sekolah. Para pesertanya yakni utusan dari masing-masing sekolah. Mereka menyajikan aneka macam atraksi dengan kostum yang bermacam-macam; kemudian berbaris membentuk kelompok masing-masing Rombongan ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Paling depan, formasi siswi-siswi imut. Mereka asyik memainkan mayoret, melaksanakan koreograf memakai benderanya masing-masing. Kelompok mayoret ini diikuti dengan marching band, disusul dengan sejumlah pelajar yang menempeli badan mereka dengan papan yang bertuliskan hak-hak yang patut dituntut remaja. Rombongan diakhiri dengan sekelompok pelajar yang berbaris di dalam “selimut” berbentuk spanduk yang diisi petisi berupa tanda tangan pelajar dari sejumlah sekolah di Bandung. Mengasyikkan memang program itu. Hampir tiruana penerima merasa senang, termasuk masyarakat yang berjubel menyaksikannya. Mereka tiruana terhibur. Selain itu, karnaval meningkatkan solidaritas dan kekompakan di antara pelajar, khususnya di Kota Bandung. cepatdangampang-gampangan dengan aktivitas ibarat itu mereka semakin berprestasi dan terjauh pula dari aneka macam tawuran dan kegiatan-kegiatan tidak produktif lainnya yang sering kali melanda kalangan cukup umur di kota-kota lainnya. (Kosasih, 2014:43-59)
5. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu.
Kalimat acak yakni kalimat lepas yang sanggup dijadikan paragraf yang padu dengan cara menempatkan kalimat utama lebih lampau kemudian diikuti kalimat penjelas yang diurutkan secara logis dan bekerjasama satu dengan yang lain.
Langkah-langkah mengurutkan kalimat acak menjadi paragraf padu yakni sebagai diberikut.
1. Bacalah dengan cermat.
2. Pilihlah data yang bersifat umum dan memuat gagasan utama. Gunakan data tersebut sebagai kalimat utama kemudian diikuti kalimat penjelas. Dapat pula dengan memakai urutan waktu atau kronologis.
3. Susun data atau kalimat yang disajikan menjadi paragraf padu menurut urutan logis. Misalnya dimulai dengan kalimat yang memuat gagasan umum kemudian diikuti dengan gagasan khusus atau penjelas. Dapat pula dengan urutan waktu atau kronologis.
BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Menentukan Makna Istilah Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
3. Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
4. Kalimat Hubungan Perperihalan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
5. Ide Pokok Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
6. Kalimat Utama Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
7. Kalimat Simpulan Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
8. Ringkasan Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
9. Perbandingan Penggunaan Bahasa Dua Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
10. Pola Pengembangan Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
11. Menentukan Makna Ungkapan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
15. Menentukan Tokoh Utama Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
16. Menentukan Latar Suasana Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
17. Menentukan Teknik Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
18. Menentukan Makna Kata Simbolik Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
19. Menentukan Amanat Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
20. Menentukan Nilai Moral dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
21. Menentukan Penyebab Konflik dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
22. Menentukan Perbedaan Pola Pengembangan Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
24. Menentukan Isi dan Nilai Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
25. Menentukan Keunggulan Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
26. Melengkapi Kalimat dengan Kata Depan yang Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
27. Melengkapi Kalimat dengan Kata Seru Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
28. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks Prosedur Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
29. Mengurutkan Kalimat Acak pada Teks Laporan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
- Pertanyaan yang jawabanannya ada pada teks
- Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
- Makna kata dalam teks
- Ide pokok paragraf
- Kalimat utama paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat kekerabatan alasannya akibat
- Kalimat yang menawarkan (bukti) tabiat tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan jawaban konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks mekanisme
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai budpekerti dua teks fabel
- Membandingkan penerapan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Teknik memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan belahan alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang sempurna
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penerapan kata yang salah
- Penulisan abjad kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penerapan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penerapan tanda baca
Tag :
UN SMP
0 Komentar untuk "Soal Dan Pembahasan Mengurutkan Kalimat Acak Teks Laporan"