loading...
SOAL UJIAN SEKOLAH BERSATANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2018
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KURIKULUM 2006
BACA JUGA:
1. INDIKATOR SOAL/KISI-KISI SOAL USBN KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=contoh-indikator-soal-usbn-bahasa
2. SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=contoh-indikator-soal-usbn-bahasa
I. PILIHAN GANDA
1. (1) Banyak situs bersejarah di wilayah Kalimantan Timur tidak terawat. (2) Bahkan, terdapat sejumlah situs purbakala sudah hancur akhir penggalian tambang watu bara, emas, minyak, dan ulah sebagian masyarakat yang tidak bertanggung jawaban. (3) Padahal, benda purbakala tersebut mempunyai nilai historis yang sangat tinggi. (4) Situs-situs ini Disajikan kutipan diberita, siswa sanggup menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi diberita tersebut mempunyai banyak sekali bentuk, nilai, dan jenis. (5) Hal itu menandai adanya masyarakat zaman batu.
Makna purbakala dalam paragraf tersebut yakni ….
A. Berhubungan dengan zaman purba
B. Barang-barang antik
C. Peninggalan orang lampau kala
D. Sesuatu yang kuno
E. Jenis dan bentuk kuno
A. Berhubungan dengan zaman purba
B. Barang-barang antik
C. Peninggalan orang lampau kala
D. Sesuatu yang kuno
E. Jenis dan bentuk kuno
2. Bayi harus memperoleh gizi dan nutrisi yang baik semenjak dalam kandungan. Kebutuhan gizi dan nutrisi bayi semakin disempurnakan hingga usia lima tahun. Pertumbuhan organ tubuh, terutama otak sangat didukung oleh perembesan gizi dan nutrisi. Bayi yang tidak memperoleh
gizi dan nutrisi yang baik pada usia itu akan menghambat pertumbuhannya. Anak yang gemuk bukan ialah penanda tercukupinya kebutuhan gizi dan nutrisi. Sebaliknya, anak yang kurus tidak berarti belum sempurnanya gizi dan nutrisi. Yang harus diperhatikan yakni memastikan kebutuhan
gizi dan nutrisi sesuai dengan tinggi tubuh dan berat tubuh anak.
gizi dan nutrisi yang baik pada usia itu akan menghambat pertumbuhannya. Anak yang gemuk bukan ialah penanda tercukupinya kebutuhan gizi dan nutrisi. Sebaliknya, anak yang kurus tidak berarti belum sempurnanya gizi dan nutrisi. Yang harus diperhatikan yakni memastikan kebutuhan
gizi dan nutrisi sesuai dengan tinggi tubuh dan berat tubuh anak.
Mengapa gizi dan nutrisi yang baik mulai dipenuhi semenjak bayi dalam kandungan?
A. Mendukung pertumbuhan organ tubuh dan otak bayi.
B. Pemdiberian gizi yang baik yakni pada usia 1 – 5 tahun.
C. Agar bayi tubuhnya menjadi gemuk dan sangat sehat.
D. Menghindari bayi tidakboleh hingga lemah dan tidak kurus.
E. Membiasakan bayi memakan makanan yang mengandung gizi.
B. Pemdiberian gizi yang baik yakni pada usia 1 – 5 tahun.
C. Agar bayi tubuhnya menjadi gemuk dan sangat sehat.
D. Menghindari bayi tidakboleh hingga lemah dan tidak kurus.
E. Membiasakan bayi memakan makanan yang mengandung gizi.
3. Bacalah paragraf diberikut !
(1) Sirene sebagai belahan dari sistem peringatan dini tsunami dijalankan dengan menggunakan teknologi komunikasi satelit dan GSM. (2) Begitu ada gempa,sensor yang dipasang pada sirene akan mempersembahkan data secara cepat ke Stasiun BMKG.(3) Berdasarkan data ini, dilakukan analisa untuk mengetahui terjadinya tsunami atau tidak dalam waktu 10 menit. (4) Apabila ada potensi akan terjadi tsunami, sirene pribadi dibunyikan dalam bentuk nada tertentu. (5) Dari nada itu, orang akan berjaga-jaga.
Kalimat yang meliputi fakta yakni nomor....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
4. Bacalah paragraf diberikut !
Pada periode modern ini televise sudah menjadi salah satu media penyiaran paling diminati masyarakat. Televisi berkembang sedemikian pesat sehingga acara siarannya pun sudah beragam. Televisi menyiarkan tayangan bekerjasama dengan aspek kehidupan manusia, menyerupai politik,criminal,ekonomi,budaya,sosial,bahkan hiburan. Tayangan-tayangan ini menjadikan televisi sebagai media penyiaran paling lekat dengan manusia. Televisi seakan menjadi kebutuhan utama . Televisi sudah menjadikan secara umum dikuasai masyarakat menjadi konsumtif akan segala tayangan yang disuguhkannya. Sikap konsumtif masyarakat mengakibatkan tiruana stasiun televisi berlomba-lomba menyajikan tayangan terbaik.
Isi pokok paragrapf tersebut yakni ….
A. Televisi menayangkan tayangan politik,criminal, ekonomi, budaya, sosial bahkan hiburan
B. Televisi menjadi salah satu media penyiaran paling diminati masyarakat pada periode modern
C. Tayangan televisi menjadi patokan masyarakat bersikap konsumtif
D. Sikap konsumtif masyarakat mengakibatkan tiruana stasiun televisi berlomba-lomba menyajikan tayangan terbaik
E. Program siaran televisi lebih bermacam-macam daripada acara siaran radio
5. Bacalah paragraph diberikut !
Untuk menjadi wirausaha sukses Anda perlu menemukan peluang yang tepat. Peluang usaha sanggup diperoleh di mana-mana. Anda spesialuntuk tinggal menentukan dan menentukan. Tentukan jenis usaha yang Anda sukai dan sesuai dengan bidang anda. melaluiataubersamaini demikian,Anda sanggup mempunyai dasar dalam bidang tersebut.
1) Anda harus mempelajari lampau dan mencari informasi embel-embel terkena peluang usaha yang sudah Anda pilih.2) Anda harus mempelajari seluk –beluk usaha tersebut.3) Selain itu, Anda harus lebih banyak kepada orang yang sudah membuka usaha menyerupai yang Anda pilih. 4) Anda harus tahu masalah-masalah apa saja yang menjadi kendala usaha yang Anda pilih. 5) Anda juga harus tahu cara untuk menuntaskan kendala tersebut.
Ide pokok paragraF pertama dalam kutipan bacaan di atas yakni ….
A. Seorang wirausaha sukses harus selalu memahami peluang usaha yang ada di sekitarnya.
B. Pemilihan usaha harus sesuai dengan kesukaan dan talenta orang yang akan memulai usaha.
C. Peluang usaha ada di mana-mana dan sanggup diperoleh setiap dikala oleh orang yang mau berusaha.
D. Peluang usaha dipilih sesuai dengan talenta sehingga wirausaha bisa membuatkan usaspesialuntuk.
E. Menemukan peluang usaha yang tepat ialah langkah penting menjadi wirausaha sukses.
6. Pada salah satu adegan, tiruana siswa tercengang ketika menonton adegan insiden di atas Hotel Yamato.
Inti kalimat tersebut yakni ....
A. siswa tercengang
B. menonton adegan
C. adegan peristiwa
D. siswa menonton
E. salah satu adegan
7. Cermati kutipan teks diberikut!
Satpol PP : “Maaf Pak, kami ditugaskan oleh pemerintah akan menggusur wilayah ini.” Warga : “Loh kok, pemerintah tidak memdiberitahukan informasinya terlebih lampau bahwa wilayah ini akan digusur.” Satpol PP : “Memang begitu Pak, katanya tidak perlu didiberitahukan kepada masyarakat terlebih lampau. Jadi, sekali lagi maaf ya Pak.” Warga : “Kalau begitu tidak bisa Pak, kami bakalan mencegah tiruana acara penggusuran, hingga kami mendapat tempat tinggal gres yang bisa kami tempati.” Satpol PP : “Oo, ya sudah, kami akan hadir kembali jikalau tiruana masyarakat sudah mendapat tempat tinggal.” Warga : “Oke, terima kasih Pak.” |
Hal yang disahkan dalam kutipan teks obrolan tersebut yakni ....
A. penggusuran wilayah
B. pemdiberian tempat tinggal baru
C. pergantian wilayah/lahan
D. penundaan penggusuran wilayah
E. masyarakat menolak penggusuran
8. Cermati kutipan novel diberikut!
Di sini Djepris tidak bisa berbicara sepatah kata pun. Dan Controlaur membisu sebentar kemudian berkata lagi. “Tuan berkata, ‘Orang Jawa kotor’, tetapi Tuan toh mengerti juga bila ada orang Belanda yang lebih kotor dari pada orang Jawa?” “Orang Jawa Bodoh, kata Tuan. Sudah tentu saja, karena memang pemerintah sengaja membikin bodoh kepadanya. Mengapa Regeering tidak membuat sekolahan yang secukupnya untuk orang Jawa atau orang Hindia. Sedang tiruana orang tahu, jikalau tanah Hindia itu yang membikin kaya tanah kita, Nederland.” |
Rangkuman yang tepat menurut kutipan tersebut yakni …
A. Penjajah Belanda sudah berperilaku baik kepada orang Jawa, karena mau mendirikan sekolah untuk orang Jawa.
B. Penjajah Belanda sama saja dengan penjajah Jepang yaitu membuat orang Jawa menjadi bodoh.
C. Belanda dan Jepang sengaja membuat orang Jawa bodoh.
D. Orang Belanda menyampaikan bahwa orang Jawa bodoh dan kotor. Hal itu karena pemerintah Belanda tidak mau mendirikan sekolah untuk orang Jawa.
E. Orang Belanda menyampaikan bahwa orang Jawa badannya kotor dan bodoh. Padahal tanah Hindialah yang membuat Belanda kaya.
9. Bacalah paragraf diberikut !
Minyak bumi yakni sumber energi yang tidak sanggup diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia dikala ini spesialuntuk 8,4 milyar barel. melaluiataubersamaini laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia spesialuntuk tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…
Minyak bumi yakni sumber energi yang tidak sanggup diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia dikala ini spesialuntuk 8,4 milyar barel. melaluiataubersamaini laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia spesialuntuk tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…
A. Bahan bakar minyak masih tersedia cukup untuk 35 tahun.
B. Ketersediaan minyak bumi harus dihemat penerapannya.
C. Produksi minyak bumi mencapai 500 juta barel per tahun.
D. Persediaan minyak bumi Indonesia masih tersedia banyak.
E. Cadangan minyak mentah selalu tersedia.
10. Bacalah teks beikut
Teks 1
Tenaga kerja yang diharapkan dalam persaingan bebas yakni tenaga kerja yang mempunyai etos kerja tinggi, yaitu tenaga yang pandai, terampil, dan berkepribadian. Tenaga kerja yang terpelajar yakni tenaga kerja yang mempunyai kemampuan akademis memadai sesuai dengan disiplin ilmu tertentu. Terampil artinya bisa menerapkan kemampuan akademis yang dimiliki disertai kemampuan pendukung yang sesuai untuk diterapkan semoga diperoleh hasil terbaik. Sementara itu, tenaga kerja yang berkepribadian yakni tenaga kerja yang mempunyai sikap loyal, disiplin, dan jujur.
Teks 2
Salju yang turun dari langit mempersembahkan hiasan yang indah untuk bumi. Beberapa kota disulap dengan nuansa putih, menghasilkan pemandangan manis dan memikat bagi penikmat keindahan. Hawa dingginnya semakin hari menggigit kawasan-kawasan yang diberiklim subtropis dan sedang ini. INI ekspresi dominan dingin yang terjadi di negeri matahari terbit.
Perbedaan teks 1 dan 2 tersebut adalah
Teks 1 | Teks 2 | |
A | Kalimat utama di pertama paragraf | Kalimat utama di selesai paragraf |
B | Kalimat utama di selesai paragraf | Kalimat utama di pertama paragraf |
C | Kalimat utama di pertama paragraf | Kalimat utama di tengah paragraf |
D | Kalimat utama di tengah paragraf | Kalimat utama di pertama paragraf |
E | Kalimat utama selesai paragraf | Kalimat utama di tengah paragraf |
11. Kedua kutipan paragraf diberikut untuk soal nomor 11 dan 12.
Teks 1
Ketenaran objek wisata Kepulauan Raja. Ampat sudah diakui baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wisata paling menarikdanunik sudah didokumentasikan dalam sebuah film berjudul Edis Paradise 3. Film ini mengangkat keindahan bawah maritim Raja Ampat yang disebut Amazon Lautan Dunia. Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di sentra segitiga karang dunia.
Teks ll
Kepulauan Raja Ampat terletak di sebelah barat kepala burung Papua Barat. Sebanyak 85% wilayah kabupaten ini ialah pulau-pulau yang berjumlah lebih dari 600 pulau. Kepulauan Raja Ampat mempunyai potensi wisata alam luar biasa. Tempat wisata di Papua Barat ini sangat populer dengan wisata
bawah lautnya yang ialah salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Laut di kepulauan Raja Ampat menjadi tempat menyelam terbaik karena kelengkapan dan keragaman tanaman dan fauna bawah lautnya. Laut di kepulauan Raja Ampat mempunyai 75% seluruh spesies karang di dunia.
Persamaan kedua teks tersebut adalah
A. mengulas film Edis Paradise 3
B. mengulas keindahan pulau-pulau di sekitar Raja Ampat
C. mengulas keragaman tanaman dan fauna Raja Ampat
D. mengulas objek wisata Raja Ampat
E. mengulas sentra segitiga karang dunia
12. Perbedaan penyajian kedua teks tersebut yakni .
Teks 1 | Teks 2 | |
A | Dipertamai unsur kapan | Dipertamai unsur siapa |
B | Dipertamai unsur apa | Dipertamai unsur di mana |
C | Dipertamai unsur bagaimana | Dipertamai unsur mengapa |
D | Diakhiri unsur bagaimana | Diakhiri unsur apa |
E | Diakhiri unsur di mana | Diakhiri unsur siapa |
13. Cermati puisi diberikut ini!
Sepuluh November
Saat itu
Api yang memperabukan dadamu
Mengukuhkan semangat juangmu
Saat ini
Meskipun jasmanimu cacat
Jiwamu, pahlawan
Memihak yang benar
…..
Makna kata yang di cetak tebal dalam puisi di atas yakni . . . .
A. semangat
A. semangat
B. Kemarahan
C. Cita-cita
D. perjuangan
E. Emosi
14. Cermati puisi kontemporer di bawah ini!
Shang Hai
ping di atas pong
pong di atas ping
ping ping bilang pong
pong pong bilang ping
mau pong? bilang ping
mau mau bilang pong
mau ping? bilang pong
mau mau bilang ping
ya pong ya ping
ya ping ya pong
tak ya pong tak ya ping
ya tak ping ya tak pong
sembilu jarakMu merancap nyaring
karya dari Sutardji Calzoum Bachri.
Ciri yang menonjol puisi di atas adalah....
A. Seringkali menyatukan beberapa kata atau kalimat bahasa Indonesia dengan kata atau kalimat bahasa ajaib ataupun bahasa daerah hingga bahasa dialek.
B. Ada banyak terjadi pengulangan kata, frasa, atau kelompok kata sehingga membuat puisi ini tidak wajar
C. Kekerasan/kemerduan suara sangat diperhatikan
D. Seringkali memamaki idiom-idiom yang tidak konvensional (inkonvensional) atau yang tidak lazim
E. Banyak terjadi kemacetan bunyinya, dan nyaris tidak sanggup dibaca dikarenakan kadang spesialuntuk tampak tanda tanya yang disejajarkan
15. Muharam tak rela, tak terima. Hidupnya nan tenteram selama puluhan tahun sebagai tukang las alumunium dandang bocor dan banyak sekali peralatan dapur sehingga ia yakni keakungan ibu-ibu terusik gara-gara gelar nan hina itu. Anak-anaknya protes karena sering diejek kawan-kawannya di sekolah. Muharam sendiri jengkel karena nama itu selalu mengingatkannya pada insiden tragis panjat pinang doloe, dan ia aib seisi kampung sekarang tahu ia buta huruf. Julukan Muharam Buku Gambar sudah membunuh karakter.Maka ketika ada acara Paket A untuk membasmi buta aksara masyarakat republik usia berapa pun, Muharam kontan mendaftar, demi harga dirinya, demi martabat anak-anaknya.
Konflik yang terdapat dalam kutipan novel tersebut yakni . . . .
- Mengikuti acara Paket A untuk membasmi buta huruf
- Teringat insiden tragis panjat pinang di kampungnya doloe
- Rasa aib Muharam atas julukan Muharam Buku Gambar karena ia buta huruf
- Menegur orang-orang yang sudah menghina harga dirinya
- Anaknya aib terhadap pekerjaan ayahnya sebagai tukang las
16. “Ayo! Keluarkan teluhmu untuk mengalahkan kami!” teriak orang-orang itu.
“Dia spesialuntuk berani menyerang lewat belakang. Dia tidak berani karena kita bersatu.” Paradji spesialuntuk diam. Dia tidak mengerti mengapa siksaan ini diterimanya. Ditutupkannya matanya, bayangan tangis Nastiti terdengar dengan wajah sendu kehilangan. Suaminya meninggal sore itu. Sebuah penyakit guah menyerangnya. Paradji-lah pelakunya, pikir Nastiti. Pertama-tama Nastiti spesialuntuk bergumam sendiri dalam histeris kehilangan suaminya, lalu perkataannya semakin jelas. “Pa ra dji . . .,” katanya setangah berbisik. “Apa Nastiti?” tanya ibu-ibu lain yang berusaha menenangkan Nastiti. “Pa rad ji . . . Paradji . . . PARADJI!” teriak Nastiti akhirnya. “Kenapa Paradji?” “Suamiku disantet Paradji!” dan perkataannya didengar para lelaki di kampung hingga menyebabkan mereka berbondong-bondong menuju timur perbatasan dusun, mengganggu Paradji hingga tak bisa serius memmenolong persalinan ibu muda.
Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut yakni . . .
A. Paradji memmenolong persalinan seorang ibu muda
B. Keguahan penyebab meninggalnya suami Nastiti
C. Paradji dituduh meneluh suami Nastiti
D. Orang-orang kampung menyerbu rumah Paradji
E. Paradji disiksa dan diseret orang-orang kampong
17. Bacalah penggalan hikayat diberikut.
Alkisah maka tersebutlah perkataan Batara Guru menitahkan Begawan Batara Narada dan Batara Indera. (2) Katanya, “Hai Tuan hamba kedua, pergilah Tuan hamba kedua turun ke dunia menghidupkan Raden Samba Perwira itu karena terlalu kasihan hamba melihat ayah bundanya terlalu sangat bercintakan anaknya itu”. (3) Sesudah Begawan Batara Narada dan Batara Indera mendengar titah Batara Guru itu, Maka ia pun segera turunlah ke dunia. (4) …Hatta maka tatkala Batara Krisna melihat akan Batara Narada dan Batara Indera itu diiringkan oleh segala raja-raja hadir mendapat mayit Raden Samba Perwira, maka ia pun memdiberi hormat akan Begawan Batara Narada dan Batara Indera itu. (5) Maka Barata Krisna, “Ya Tuan Hamba Begawan Batara Narada dan Adinda Tuan Batara Indera, “ apakah pekerjaan Tuan Hamba kedua ini hadir kepada hamba?”
Nilai moral yang terkandung dalam kutipan tersebut yakni ….
A. Orang renta yang sangat menyayangi anaknya
B. Cinta anak kepada orang tua
C. Ketaatan kepada kedua orang renta
D. Ketaatan kepada pemimpin
E. Kepatuhan harus dijunjung tinggi
18. Bacalah teks diberikut.
Teks 1
Untuk pergi bahu-membahu ke rimba tempat mereka mengumpulkan damar, mereka harus meninggalkan Kampung Air Jernih yang terletak di tepi Danau Bantau. Air Jernih terletak pula di tepi Sungai Air Putih yang bermuara ke danau. Di pinggir muara sungailah terletak kampung mereka. Mereka menuju hutan menyusuri tepi sungai. memudikinya, memasuki hutan, dan mendaki pegunungan-pegunungan sungai yang tak sanggup dilalui dengan bahtera karena penuh dengan watu besar dan karena sungai mengalir dengan derasnya turun dari pegunungan-pegunungan. Tapi ....
Teks 2
Sebelum raja hindustan itu sediakala pekerjaanya pergi berburu juga maka pada suatu hari raja hindustan itu sedang berburu, kemudian bertemu dua buntut ular adapun ular yang betina itu terlalu baik rupanya; maka yang jantan sangat jahat rupanya. Maka pada hati baginda, “ bukan juga jodohnya ular itu karena yang jantan itu amat jahat rupanya dan yang betina itu elok rupanya.” maka dihunusnya pedangnya, kemudian diparangkan kepada ular jantan itu. Maka ular jantan itu matilah. Maka ular betina itu pun putus buntutnya sedikit.
Perbedaan antara teks 1 dan 2 tersebut yakni …
Teks 1 | Teks 2 | |
A | Bertema kemasyarakatan | Bertema istana sentris |
B | Bahasa melayu lama | Bahasa Indonesia baku |
C | Menceritakan dilema kemustahilan | Menceritakan keseharian |
D | Sudut pandang orang pertama | Sudut pandang orang ketiga |
E | Menggunakan alur maju | Menggunakan alur mundur |
19. Cermati kutipan kisah diberikut!
“Tuan seorang anak tunggal obat jerih pelerai demam, tangkai hati mainan mata, tempat bersandar tubuh payah, haus tempat minta air, lapar tempat minta nasi kepada ayah dan bunda Tuan.” Jangan Tuan banyak bicara tak guna cakap diperpanjang, tak ada orang mendengarkan, elok berkata supaya senang perhatian. Pada pendapat perasaan entah karena hamba bodoh, ke mana intan disuruhkan cahayanya tinggal cemerlang, kilat tak hilang dalam lumpur tak pudar dalam perlembahan.” (Cerita Putri Seri Laut) |
Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan pada kutipan kisah tersebut yakni ...
A. Cerita Putri Seri Laut tidak mengandung amanat yang mempunyai kegunaan untuk pembaca.
B. Tokoh yang ditampilkan dalam kisah tersebut tidak berwatak sehingga membosankan.
C. Isi kisah susah dipahami karena bahasanya sarat dengan ungkapan dan peribahasa.
D. Cerita Putri Seri Laut memakai latar yang tidak mendukung situasi.
E. Bahasa yang diungkapkan oleh para pelaku sangat tidak tepat strukturnya.
20. Bacalah dua teks pantun!
Teks I | Teks 2 |
Peri tulang di tengah lautan Letih mencari jalan ke luar Daripada kita keluyuran Lebih baik kita belajar | Jalan-jalan ke pasar baru Beli sepatu buatan Indonesia Jangan mitra galau Tanya doloe kalau suka |
Perbedaan maksud pantun tersebut yakni ….
Teks pantun 1 | Teks pantun 2 | |
A. | Menasihati semoga berguru dan tidakboleh bermain. | Mengijinkan seseorang untuk berbuat apa saja. |
B. | Mengingatkan bahwa bermain itu merugikan diri. | Melarang seseorang semoga tidak mengambil barang tanpa ijin. |
C. | Menasehati seseorang semoga berguru dan melarang keluyuran. | Bila seseorang tampak menyukai sesuatu hendaklah didiberikan saja kepada orang tersebut. |
D. | Bahwa hidup ini selalu dimanfaatkan untuk menimba ilmu. | Saling memdiberi sesama yakni perbuatan yang sangat terpuji. |
E. | Bermain boleh, tetapi tidakboleh keluyuran ke mana-mana. | Apa yang kita sukai / punyai, diberikan kepada orang dengan ikhlas. |
21. Perhatikan kutipan cerpen diberikut.
(1) “Angel! Kamu bawa payung?” tegurku, seramah mungkin. (2) Gadis blasteran Inggris-Manado itu tidak menoleh. (3) Ia spesialuntuk terus memandangi hujan dengan mata birunya yang elok. (4) Ekspresi di wajah cantiknya tak terbaca.(5) Aku mengeluarkan payung dari tasku. “Kalau mau, engkau bisa pakai punyaku,” kataku sambil menyodorkan payung. (6) Angel kesudahannya menoleh, tetapi tidak menjawaban….
(Aku, Dia dan Hujan, Haqi K)
Bukti tabiat Angel yang hirau taacuh terletak pada kalimat bernomor ….
A. (1) dan (2)
B. (3) dan (4)
C. (5) dan (6)
D. (2) dan (4)
E. (2) dan (6)
22. Bacalah kutipan kisah rakyat diberikut!
Pada zaman lampau di daerah pedalaman Kalimantan Barat, hiduplah pria yang gagah perkasa. Laki-laki itu berjulukan Bujang Beji. la bukan saja seorang yang gagah perkasa, melainkan juga mempunyai kesaktian yang luar biasa dari segala kemampuan yang dimiliki oleh insan biasa yang juga gagah berani. Bujang Beji keturunan Batara Puyanggana, yaitu makhluk perkasa penguasa bumi. Jika akan mengerjakan ladang, suku Dayak pedalaman ini akan memohon kontribusi Batara Puyanggana ini dengan cara mempersembahkan sesajian yang oleh penduduk disebut Pedarak Pegelak.
Walaupun Bujang Beji gagah perkasa dan keturunan Batara, ia mempunyai tingkah laris yang tidak terpuji. Sifat yang menonjol pada dirinya yakni sifat kecemburuan sosial yang melampaui batas, la paling tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia, walaupun kesenangan itu diperoleh dengan cucuran keringat. Karena sifatnya yang kurang baik ini, ia diusir dari keluarganya dan turun ke dunia ini dengan bermetamorfosis menjadi pria gagah. Sesudah ia turun ke dunia, sifatnya tidak berubah, bahkan semakin menjadi-jadi.
Keterkaitan isi kisah rakyat dengan kehidupan dikala ini dalam kutipan tersebut yakni . ,.
A. Seseorang yang menggantungkan ladangnya kepada orang bertubuh gagah perkasa.
B. Seseorang yang puas dengan hasil kerja kerasnya dan hasil keringatnya sendiri.
C. Seseorang yang mempunyai sifat iri dan tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia.
D. Seseorang yang diusir dari keluarganya karena mempunyai kesaktian menyesatkan.
E. Seseorang yang mempersembahkan sesajen kepada orang yang mempunyai tubuh gagah perkasa.
23. Perhatikan paragraf diberikut!
Sepanjang Pantura mengalami abrasi pantai, bahkan ada yang merncapai 1,6 km dari garis terluar pantai. Keadaan itu memang bukan lagi ancaman, melainkan sudah terjadi kerusakan. Penyebab erosi berat di Pantura, diantaranya pertambakan dan alih fungsi lahan mangrove sehingga mempercepat proses kerusakan pantai tersebut.
Kata abrasi dalam paragraf tersebut mempunyai persamaan kata…
- longsor
- runtuh
- kerusakan
- pengikisan
- pendangkalan
24. Cermatilah kalimat-kalimat diberikut!
(1) Sesudah itu dibilas hingga membersihkan dengan air biasa. (2) Perlu diingat, tidakboleh mencuci batik dengan deterjen. (3) Merawat kain batik agak susah alasannya yakni jikalau salah rawat warnanya cepat memudar. (4) Jika diperlukan, gunakan sabun klerak sebagai pengganti deterjen. (5) Keringkan di tempat yang teduh dan setrika tidak terlalu gerah. (6) Agar warnanya tetap bagus, sebelum kain dicuci, rendam dengan air kelapa selama kurang lebih dua jam. |
Urutan kalimat yang tepat semoga menjadi paragraf proses yang padu yakni ….
A. (2), (3), (4), (5), (1), dan (6)
B. (2), (4), (6), (1), (3), dan (5)
C. (3), (2), (1), (5), (6), dan (4)
D. (3), (6), (1), (4), (5), dan (2)
E. (3), (6), (2), (4), (1), dan (5)
25. Cermati teks diberikut!
Sejak kecil saya gemar menari. Aku sering diajak ayah ke sanggar tarinya. … Di samping itu ayah mengajariku wacana kesabaran dan disiplin dalam hal menari. Karena itu, saya berhasil menjadi salah seorang penari nasional. |
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut yakni ...
A. Tidak jarang ayah mengajariku menari bersama anakdidik-anakdidiknya.
B. Ayah begitu akung terhadap anak dan saudaranya.
C. Ayahku mempunyai sifat lembut dan menyayangi sepenuh hati.
D. Jarang sekali ayah mengungkapkan kekesalan terhadap anakdidik-anakdidiknya.
E. Murid-anakdidik ayah merasa senang diajari menari dengan penuh perhatian.
26. Cermati kutipan usulan diberikut!
Cermati topik diberikut!
Topik : Mengatasi penyusutan areal pertanian
Kalimat rumusan dilema yang sesuai dengan topik tersebut yakni ...
A. Mengapa areal pertanian banyak dijadikan tempat industri?
B. Bagaimana cara mengantisipasi penyusutan areal pertanian?
C. Siapa yang mengakibatkan susutnya areal pertanian di desa-desa?
D. Berapa banyakkah areal pertanian yang susut tahun ini?
E. Mengapa areal pertanian di kota besar dijadikan lahan pemukiman?
27. Cermati pernyataan diberikut!
(1) Siapkan blender. (2) Masukkan buah strawdiberi ke dalam blender. (3) Masukkan air dan es watu dan gula secukupnya (4) Nyalakan blender dan tunggu hingga seluruhnya tergabung. (5) Sesudah selesai, matikan blender dan tuang jus ke dalam gelas. (6) Jus strawdiberi yang di dalam gelas, siap dihidangkan. |
Konjungsi pada kalimat (5) sanggup divariasikan dengan konjungsi ....
A. seketika
B. jadi
C. sementara
D. apabila
E. selanjutnya
28. Cermati paragraf diberikut ini !
Andini tidak disukai kawan-kawannya. Apapun hal yang dilakukan kawan-
kawannya selalu dicelanya. Selalu ada belum sempurnanyanya. Padahal, Andini sendiri kalau
mengerjakan sesuatu kesalahannya jauh lebih besar. Akan tetapi, Andini tidak pernah
merasa dirinya kurang. Ketua kelas pernah menegur Andini “............”. Walaupun
begitu Andini tetap merasa dirinya tidak bersalah.
Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut yakni ....
A. Kuman di seberang lautan tampak , gajah di pelupuk mata tak tampak.
B. Dalam maritim sanggup diduga , dalam hati tiada yang tahu.
C. Berjalan peliharakan kaki, berbicara peliharakan mulut.
D. Kilat mutiara tak hilang dalam lumpur, tak pudar dalam pakaian.
E. Tak layu jenjang dikeping, tak emas bungkal diasah.
29. Rindu ini membeku
[…]
Rindu yang tak pernah usai
Meski laju putaran waktu
Bergulir tak kenal henti
Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut yakni ....
A. Hentikan asa kehidupan
B. Pemandangan alam indah
C. Rembulan tampak penuh
D. Mentari di balik bukit pohon teh
E. Bagai salju di kutub utara
30. . Bacalah paragraf diberikut!
(1)Salah satu proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru-guru dalam Kurikulum 2006 atau yang juga dikenal sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yakni membuatkan kreativitas siswa secara optimal. (2) Pengembangan kreativitas sangat penting terlihat dari bergesernya peran guru. (3) Dahulu, guru sering mendominasi kelas, tetapi sekarang guru harus lebih banyak memdiberi peluang kepada siswa untuk berperan lebih aktif dan kreatif. (4) Membangun pemahaman yang baik kepada siswa akan susah jikalau fisik dan psikis mereka dalam keadaan tertekan. (5) Kreativitas siswa sanggup tumbuh dan berkembang dengan baik apabila ligkungan keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekolah turut menunjang.
Kalimat yang tidak padu terdapat pada nomor ....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
31. Mengingat banyaknya istilah ilmiah yang dimuat dalam novel ini, akan lebih baik jika pada cetakan diberikutnya Eliza tidak spesialuntuk mempersembahkan catatan kaki menyerupai yang sudah ada, tetapi juga menambahkan ... agar pembaca yang awam dalam masalah sains dan … lebih gampang memahami alur cerita. Selain itu, kita berharap Eliza dapat menyelam lebih jauh ke dalam samudra sains, sejarah sains, dan …. Agar kelak kita dapat menikmati novel yang lebih memukau.
Istilah yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada paragaf di atas yakni ….
A. glosarium, tehnologi, filsafat
B. glosarium, teknologi, pilsafat
C. glosarium, teknologi, filsafat
D. glosarium, tehnologi, pilsapat
E. glosarium, teknologi, filsapat
32. Bacalah paragraf diberikut dengan saksama!
Peran serta masyarakat seperti ... kegiatan pagar betis di lingkangan RT atau RW sudah harus ... komitmen bersama. Misalnya, setiap RT atau paling tidak tingkat RW mempunyai sebuah tim yang ... lingkungannya dari kemungkinan adanya kegiatan .... narkoba atau pos-pos kegiatan transaksi narkoba.
Kata diberimbuhan yang tepat untuk melengkapi belahan yang rumpang dari paragraf tersebut adalah....
A. dilakukan, dijadikan, memantau, penyalahgunaan
B. melakukan, menjadikan, memantau, penyalahgunaan
C. melakukan, dijadikan, dipantau, penyalahgunaan
D. melakukan, dijadikan, memantau, penyalahgunaan
E. melakukan, dijadikan, memantau, digunakan
33. Cermati teks diberikut!
Di Indonesia banyak sekali terjadi intervensi sumber daya alam yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawaban. Perbuatan tersebut kesudahannya menimbulkan kerusakan alam dan kerugian negara dalam jumlah yang sangat besar. |
Istilah yang tepat untuk menggantikan istilah yang bercetak miring yakni ....
A. reboisasi
B. eksplor
C. ilegal loging
D. eksplorasi
E. eksploitasi
34. Cermati teks diberikut!
Lereng atau tebing yang curam akan memperbesar gaya pendorong. Lereng atau tebing tersebut terbentuk sehingga pengikisan oleh air sungai, mata air, air laut, dan angin. Lereng tersebut gampang longsor bahwa musim hujan dalam keadaan curah hujan tinggi. |
Kata penghubung (konjungsi) yang tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut yakni ....
A. sebab, bahwa
B. apabila, bahwa
C. sehingga, karena
D. karena, ketika
E. apabila, maka
35. Cermati teks diberikut!
(1) Melihat kondisi hutan di Indonesia sangatlah memprihatinkan. (2) Jumlahnya kian hari, kian berkurang. (3) Penebangan liar terjadi di mana-mana. Bak jamur yang tumbuh di ekspresi dominan hujan ini dilakukan oleh orang-orang yang tidak memikirkan bahayanya di kemudian hari. (4) misalnya, terjadi di Taman Nasional Leuser yang menimbulkan korban harta dan korban jiwa. (5) Akibatnya, terjadi banjir dan longsor dimana-mana. |
Perbaikan kalimat tidak padu pada nomor (4) yang tepat yakni ...
A. Mereka spesialuntuk mementingkan kepuasan pribadi.
B. Banyak pengusaha tidak mempunyai izin penebangan.
C. Hutan yang ditebang besar-bemasukan sangat berbahaya.
D. Hutan menjadi gundul dan cuaca menjadi gerah.
E. Pemerintah mempersembahkan izin kepada mereka sangat gampang.
36. Cermati teks diberikut!
Lahan transmigrasi yang disediakan oleh pemerintah belum siap diolah. Pada lahan tersebut masih banyak bongkahan kayu yang besar-besar. Rumah tempat tinggal para transmigran sangat sederhana. Sarana dan pramasukana transportasi sangat tidak memadai. Lokasi transmigrasi jauh dari akomodasi umum, menyerupai sekolah dan pasar. Oleh karena itu, area transmigrasi sepi sekali. |
Kalimat yang tepat untuk memperbaiki simpulan paragraf yang bercetak miring yakni ...
A. Oleh alasannya yakni itu, lahan dan tempat tinggal para transmigran penuh dengan belukar dan rusak karena tidak terawat.
B. Oleh karena itu, tidak heran kalau para transmigran menjual lahannya untuk kembali lagi ke kampung halamannya.
C. melaluiataubersamaini demikian, para transmigran tidak sanggup membuatkan lahannya karena kurang tersedianya alat dan pupuk.
D. Oleh alasannya yakni itu, daerah transmigrasi tidak ada penduduknya karena rumahnya tidak sesuai dengan keinginan mereka.
E. Oleh karena itu, belum dewasa para transmigran tidak bisa mengenyam pendidikan sehingga mereka meninggalkan daerah tersebut.
37. Cermati kalimat diberikut!
Untuk sukses dalam usaha perikanan, ia tekun membaca buku yang berjudul cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau.
Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan yang berlaku yakni ....
A. Teknik merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau
B. Teknik merawat Ikan patin dan Ikan Bandeng di air payau
C. Teknik Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di Air Payau
D. Teknik merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di Air Payau
E. Teknik Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di Air Payau
38. Penggunaan tanda baca titik dua (:) di bawah ini benar, kecuali ….
A. Hanya ada dua pilihan bagi para pejuang kemerdekaan: hidup atau mati.
B. Narasumber : Prof. Dr. Rahmat Effendi
Pemandu : Abdul Gani, M.Hum.
Pencatat : Sri Astuti Amelia, S.Pd.
C. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Bahasa.
D. Ibu : "Bawa koper ini, Nak!"
Amir : "Baik, Bu."
Ibu : "Jangan lupa, letakkan baik-baik!"
E. Kita memerlukan: kursi, meja, dan lemari.
39. Perhatikan penerapan aksara kapital diberikut!
1) Siti Fatimah binti Salim membaca doa dengan khusuk.
2) Kita mengenal banyak sekali macam gula, menyerupai Gula Jawa, Gula Pasir, Gula Tebu, Gula Aren, dan Gula Anggur.
3) Orang itu menasihati anaknya, "Berhati-hatilah, Nak!"
4) Ya, Tuhan, bimbinglah hamba-Mu ke jalan yang Engkau diberi rahmat.
5) Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.
Penggunaan aksara kapital yang salah terdapat pada kalimat ….
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
40. Besok pagi kata ia mereka akan berangkat.
Perbaikan tanda baca yang tepat kalimat di atas yakni …
A. “Besok pagi kata ia mereka akan berangkat.”
B. “Besok pagi,” kata dia, “mereka akan berangkat.”
C. “Besok pagi,” kata dia, “Mereka akan berangkat.”
D. “Besok pagi,” Kata dia, “Mereka akan berangkat.”
E. ”Besok pagi, “ kata dia: Mereka akan berangkat.
SOAL URAIAN
Jawablah soal-soal diberikut.
41. Cermatilah teks diberikut
Profinsi Aceh ialah salah satu wilayah di Indonesia yang mempunyai seni tradisionil yang menarikdanunik dan populair.Kekayaan budaya ini menunjukkan kreatifitas anak bangsa di Aceh meskipun letak dan posisinya jauh dari ibu kota RI.Aceh mempunyai kultur dan seni yang khas .Kekhasan ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri .
Tentukan kata-kata yang penulisannya tidak tepat pada paragraf tersebut
42. Cermati kutipan surat lamaran diberikut!
Lampiran: satu berkas Boyolali, 31 Januari 2018 Hal : Lamaran Pekerjaan Yth. Pimpinan Perusahaan Jalan Pahlawan Surabaya melaluiataubersamaini hormat, Sehubungan dengan iklan yang dimuat pada harian Republika, 25 Januari 2018, saya mengajukan lamaran pekerjaan sebagai tenaga pemamasukan di perusahaan Bapak. Adapun identitas saya sebagai diberikut, nama : .... tempat, tanggal lahir : .... pendidikan : .... alamat : .... .............................................................................................................................................. .............................................................................................................................................. .............................................................................................................................................. |
Lanjutkan kutipan surat lamaran pekerjaan tersebut hingga selesai. Cantumkan lampiran-lampiran yang diperlukan. Gunakan ejaan dan tanda baca dengan benar!
43. Cermatilah penggalan teks diberikut.
Dalam rumahnya, Suni menunggui Heru di tengah gemericiknya hujan yang mulai turun lagi. “Tuhan, kasihanilah orang-orang miskin, anak yatim di emper toko. Lindungilah dari hati insan yang dingin. Hangatkan yang tidak punya pakaian dengnan balaian tangan-Mu. Ingatlah orang tak punya macam kami yang selalu menggapai-gapai rumah gedongan. Ingatlah pula …”
Tentukan watak tokoh Suni, cara pendeskripsian, latar tempat dan nilai moral yang terkandung dalam penggalan kisah tersebut !
44. Cermatilah kalimat-kalimat diberikut.
a. Tugas belum dewasa hari ini yakni memmembersihkankan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik.
b. Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker.
Jelaskan alasan kesalahan kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga menjadi kalimat efektif.
45. Cermatilah kalimat-kalimat diberikut.
a. Saya akan hadir, kalau diundang.
b. Ibu membeli kacang Bogor, nangka Belanda, dan petai Cina.
Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan bahasa Indonesia.
KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN SOAL USBN 2018
BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006
I. PILIHAN GANDA
1. D
2. A
3. A
4. B
5. E
6. A
7. D
8. D
9. B
10. A
11. D
12. B
13. A
14. B
15. C
16. B
17. A
18. A
19. C
20. B
21. E
22. C
23. D
24. E
25. A
26. B
27. E
28. A
29. A
30. D
31. C
32. D
33. E
34. D
35. A
36. B
37. E
38. E
39. B
40. B
II. URAIAN
41. Penulisan kata yang tidak tepat yakni profinsi, tradisionil, populair, kreatifitas
42. Soal dari pusat
43. watak tokoh Suni: perhatian pada rakyat kecil
cara pendeskripsian: pikiran tokoh
latar tempat: di dalam rumah
Nilai moral: Memperhatikan/peduli kepada masyarakat bawah
44. a. Kalimat (a) Tugas belum dewasa hari ini yakni memmembersihkankan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik.
Alasan kesalahan: tidak efektif karena tidak memenuhi syarat kesejajaran
Perbaikan: Tugas belum dewasa hari ini yakni memmembersihkankan ruang kelas, menata meja, menuntaskan PR, dan membereskan alat-alat praktik.
b. Kalimat (b) Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker.
Alasan kesalahan: tidak efektif karena tidak memenuhi syarat kelogisan
Perbaikan: Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker.
45. a. Kalimat (a) Saya akan hadir, kalau diundang
Alasan kesalahan: Penggunaan tanda koma (,) yang tidak tepat. Tanda koma tidak digunakan jikalau induk kalimat menlampaui anak kalimat.
Perbaikan: Saya akan hadir kalau diundang.
b. Kalimat (b) Ibu membeli kacang Bogor, nangka Belanda, dan petai Cina.
Alasan kesalahan: Huruf pertama nama diri geografi yang digunakan sebagai nama jenis tidak ditulis dengan aksara kapital.
Perbaikan: Ibu membeli kacang bogor, nangka belanda, dan petai cina.
Tag :
USBN SMA
0 Komentar untuk "Contoh Soal Usbn Bahasa Indonesia Sma Kurikulum 2006 Disertai Kunci Jawaban"