Pembahasan Soal Un 2017/2018 Sma/Ma Bahasa Indonesia Nomor 30: Pengembangan Topik Cerita

loading...


30.       Cermati teks diberikut! 
Topik               : Hukuman seumur hidup bagi koruptor 
Kata kunci       : pegawai, pemerintah, rumah mewah, sederhana, angkot, warisan, dituduh.
Pengembangan topik dan kata kunci ke dalam bentuk cerpen yang sempurna ialah . . . 
A. Ia spesialuntuk pegawai biasa di sebuah kantor pemerintah. Rumahnya megah di daerah elit, tetapi orang-orang spesialuntuk tahu pegawai itu orang sederhana alasannya ialah ketika  pergi ke kantor beliau naik angkot. Masyarakat kaget dikala pegawai tersebut dijebloskan ke penjara dan dituntut eksekusi seumur hidup. 
B. Pegawai itu spesialuntuk pegawai biasa di sebuah kantor pemerintah. Dia dituduh korupsi alasannya ialah memiliki rumah glamor di daerah elit. Padahal hidupnya sangat sederhana. Pergi dan pulang kerja beliau selalu memakai angkot. Rumah glamor itu sebetulnya ialah rumah warisan dari orangtuanya. 
C. Jabatan pegawai itu cukup tinggi, jadi masuk akal jikalau memiliki rumah glamor di daerah elit. Sebenarnya rumah itu ialah warisan dari orangtuanya tetapi orang-orang tidak percaya alasannya ialah hidup makmur dan bergelimpang harta.
D. Jabatan itu gres saja diembannya, tiba-tiba KPK mengusut pegawai tersebut dengan tuduhan mengpetangkan uang negara. Pegawai tersebut murka dan mencari pengacara populer untuk membela diri. Namun, KPK memiliki bukti-bukti.
E. Jabatan pegawai itu pertamanya biasa saja, tetapi alasannya ialah kegigihan dan kerja keras, beliau berhasil mendapat posisi yang baik di kantornya. Akibatnya banyak yang merasa iri dengan keberhasilannya. 
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Pengembangan dongeng yang sesuai dengan kata-kata kunci ialah opsi B. 
Kata-kata kunci: pegawai (1), pemerintah (2), rumah glamor (3), sederhana (4), angkot (5), warisan (6), dituduh (7) .
Pengembangan dongeng yang memasukkan kata-kata kunci sanggup dicermati sebagai diberikut.
Pegawai (1) itu spesialuntuk pegawai biasa di sebuah kantor pemerintah (2). Dia dituduh (7) korupsi alasannya ialah memiliki rumah mewah (3) di daerah elit. Padahal hidupnya sangat sederhana (4). Pergi dan pulang kerja beliau selalu memakai angkot (5). Rumah glamor itu sebetulnya ialah rumah warisan (6) dari orangtuanya. 


PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 











14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa












26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa





0 Komentar untuk "Pembahasan Soal Un 2017/2018 Sma/Ma Bahasa Indonesia Nomor 30: Pengembangan Topik Cerita"

Back To Top