Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Sma/Ma Tahun 2017/2018 Nomor 33: Kalimat Esai

loading...


33. Cermati kutipan cerpen diberikut!

Aku masuk ke dalam kantor dan bersalaman dengan seorang lelaki yang tersenyum-senyum yang berjulukan Pak Bloecher. Pakaiannya lebih rapi ketimbang pakaianku. Selanjutnya, dia membuka-buka tumpukan kertas, menyerupai menata kere serambi.                                                              

“Saya yakin Anda akan puas dengan perjodohan ini, katanya,” Dia sudah kami pilih sesuai dengan persyaratan komputer. Tidak ada yang melebihinya dari seratus sepuluh perempuan yang  memenuhi syarat di Amerika Serikat. Kami menentukan menurut suku, agama, etnik, dan latar belakang regional.”

Kalimat esai yang sesuai dengan kutipan cerpen tersebut ialah . . .

A. Novel ini isinya berbobot alasannya ialah mengungkapkan sesuatui yang tidak lazim dalam masyarakat Indonesia yang pantas kita tiru sebagai materi perbandingan.

B. Budaya Barat yang sifatnya modern sebaiknya perlu kita pola alasannya ialah hal ini sanggup menambah wawasan masyarakat Indonesia.

C. Dialog para pelaku kurang terang sehingga isi dongeng susah dipahami oleh pembaca yang karenanya tidak tertarik untuk membaca dongeng selanjutnya.

D. Isi dongeng tergolong unik alasannya ialah mengungkapkan perjodohan melalui distributor jodoh, hal ini sangat tidak sama budaya atau kebiasaan yang ada dalam masyarakat Indonesia.

E. Bahasa yang dipakai tidak masuk akal dan tidak memenuhi samasukan alasannya ialah terkesan melebih-lebihkan satu perjodohan yang seharusnya tidak menjadi materi publikasi.

Kunci Jawaban: D
Pembahasan

Esai ialah karangan prosa yang mengulas suatu problem secara sepintas kemudian dari sudut pandang langsung penulisnya (Depdikbud, 1997: 270 ).

Kalimat tanggapan /esai yang sesuai dengan isi puisi di atas ialah Isi dongeng tergolong unik alasannya ialah mengungkapkan perjodohan melalui distributor jodoh, hal ini sangat tidak sama budaya atau kebiasaan yang ada dalam masyarakat Indonesia. (jawabanan D). Dalam teks di atas diceritakan seorang pria yang mencari jodoh dengan menolongan distributor jodoh, sesuatu yang masih jarang dilakukan di Indonesia

RINGKASAN MATERI

  1. Pengertian Esai

esai /ésai/ n karangan prosa yang mengulas suatu problem secara sepintas kemudian dari sudut pandang langsung penulisnya (https://kbbi.web.id/esai)

B. Ciri-ciri Esai

1.    Berbentuk prosa, artinya dalam bentuk komunikasi biasa, menghindarkan penerapan bahasa dan ungkapan figuratif.

2.    Singkat, maksudnya sanggup dibaca dengan santai dalam waktu dua jam.

3.    Memiliki gaya pembeda. Seorang penulis esai yang baik akan membawa ciri dan gaya yang khas, yang membedakan tulisannya dengan gaya penulis lain.

4.    Selalu tidak utuh, artinya penulis menentukan segi-segi yang penting dan menarikdanunik dari objek dan subjek yang hendak ditulis. Penulis menentukan aspek tertentu saja untuk disampaikan kepada para pembaca.

5.    Memenuhi keutuhan penulisan. Walaupun esai ialah goresan pena yang tidak utuh, namun harus mempunyai kesatuan, dan memenuhi syarat-syarat penulisan, mulai dari penlampauan, pengembangan hingga ke pengakhiran. Di dalamnya terdapat koherensi dan kesimpulan yang logis. Penulis harus mengemukakan argumennya dan tidak membiarkan pembaca tergantung di awang-awang.

6.    Mempunyai nada langsung atau bersifat personal, yang membedakan esai dengan jenis karya sastra yang lain ialah ciri personal. Ciri personal dalam penulisan esai ialah pengungkapan penulis sendiri wacana kediriannya, pandangannya, sikapnya, pikirannya, dan dugaannya kepada pembaca.


  1. misal soal

Cermati kutipan puisi diberikut!

Sekuntum Bunga Terbang Puisi untuk Romo Mangun

Sekuntum bunga terbang

jagat raya membuka akup

dan menidurkannya

di atas awan putih

sedang kami

masih ingin memeluknya

berbagi napas

meyakinkan diri: demokrasi bukan mimpi 

Kalimat tanggapan (esai) yang sesuai isi puisi tersebut ialah ...

A.        Keinginan selalu bersama dengan keteladanan yang menjadi cahaya kehidupan.

B.         Napas demokrasi sudah pergi bersama harapan yang menemani perjalanan hidup.

C.        Sebuah pemahaman terhadap arti demokrasi yang tolong-menolong melalui keteladanan.

D.        Telah pergi sosok demokrasi yang selama ini tak terlihat dan spesialuntuk dalam asa.

E.         Kepergian seseorang yang sudah memdiberi kenangan seindah sekuntum bunga.

(Sumber : Soal TO DKI 2017)


0 Komentar untuk "Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Sma/Ma Tahun 2017/2018 Nomor 33: Kalimat Esai"

Back To Top