Soal Persiapan Un Bahasa Indonesia Sma/Ma

loading...

SOAL UJI COBA UN PAKET 01

1.        Bacalah paragraf diberikut dengan saksama!

Moch Solikhan, 44, masyarakat Jalan Kyai Dalem Karim, Kecamatan Rungkut, Surabaya, Jawa Timur berurusan dengan polisi. Gara-gara mantan istri, Siti Mujayana, 42, menolak diajak rujuk, laki-laki ini kalap. Selasa (19/1) sekitar pukul 06.30, beliau menganiaya mantan istrinya itu dengan menyayat kepingan wajah, tangan, dan leher istrinya memakai belati. Kini Moch Solikhan ditahan di Polsek Wonoayu. Penganiayaan ini terjadi di depan pabrik sepatu PT Golden Step, tempat Moch Solikhan dan Siti Mujayana bekerja. Moch Solikhan naik pitam lantaran mantan istrinya yang kos di Dusun Rame, Desa Pilang, Wonoayu itu membawa pacarnya.  Namun pemicu sebenarnya ialah tersangka kecewa lantaran seruan rujuknya ditolak oleh Siti Mujayana.

Sumber: Jawa Pos, 19 Januari 2016

Arti kata rujuk dalam paragraf tersebut ialah ….
A.    melakukan pernikahan
B.     melaksanakan perceraian
C.     berkenalan secara akrab
D.    kembali bersatu dalam keluarga
E.     berpisah untuk sementara waktu
2.        Bacalah dengan saksama!

(1) Sebagian daerah hutan konservasi di kota dan Kabupaten Sorong sudah terbuka alias dialih fungsi menjadi daerah perumahan penduduk. (2) Pengalihfungsian daerah hutan konservasi juga terjadi di Kabupaten Raja Ampat. (3) Luas daerah hutan konservasi di Kota Sorong terletak di km 14 - km 18 seluas 945.90 hektar. (4) Di Kabupaten Sorong yakni daerah Klamono seluas 1.909.37 hektar dan di Kepulauan Raja Ampat, luasnya mencapai  60.000 hektar. (5) Jika terus dibiarkan, maka dalam beberapa tahun ke depan Kota Sorong tak akan lagi mempunyai daerah hutan yang menjadi paru-paru dunia.

Kalimat opini dalam paragraf tersebut  ditunjukkan kalimat ….

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

E.     (5)

3.        Bacalah paragraf diberikut dengan saksama!

Pemulangan eks Gafatar ke daerah asal lantaran menerima penolakan dari masyarakat setempat juga terjadi di Kapuas Hulu. Tercatat di daerah ini ada 104 jiwa anggota eks Gafatar. Kemarin mereka mulai bertolak menuju Kota Pontianak, bergabung dengan masyarakat eks Gafatar dari daerah lainnya. Keberangkatan masyarakat eks Gafatar difasilitasi Pemkab Kapuas Hulu, dimenolong kepolisian dan TNI. Eks Gafatar ini dipulangkan memakai lima unit bus, tiga truk, dan dua kendaraan beroda empat pick up. Sebelum diberangkatkan, masyarakat eks Gafatar didiberi isyarat oleh Muspida Kapuas Hulu. Dalam arahannya, Pj Bupati Kapuas Hulu, Marius Marcellus Tj., S.H., M.M. menyambut baik keberadaan masyarakat eks Gafatar di daerahnya. Akan tetapi, lantaran sudah terjadi penolakan oleh masyarakat lokal terhadap organisasi yang pernah diikutinya, demi keamanan dan kondusivitas daerah, pemerintah harus memulangkan mereka ke daerah asalnya.

Sumber: Jawa Pos, 19 Januari 2016


Ide pokok paragraf tersebut ialah ….

A.    pemulangan eks Gafatar ke daerah asal

B.     Gafatar menerima penolakan masyarakat setempat

C.     Pemkab Kapuas Hulu memfasilitasi eks Gafatar

D.    arahan Muspida Kapuas Hulu terhadap eks Gafatar

E.     penolakan masyarakat setempat terhadap Gafatar

4.        Bacalah paragraf diberikut dengan saksama!
(1) Beras merah ialah jenis beras dengan kandungan vitamin B dan vitamin E yang tinggi. (2) Manfaat beras merah sangat baik untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan aneka macam macam penyakit. (3) Hal ini disebabkan beras merah kaya akan serat alami, gizi, vitamin, dan kandungan mineral yang tinggi. (4) Hampir tiruana petani Indonesia membudidayakannya di lahannya. (5) Beras merah juga mengandung aneka macam zat menyerupai fenolat yang ialah antioksidan kuat, selenium, dan zat-zat lainnya.
Kalimat utama paragraf tersebut ialah kalimat ….
A.    (1) 
B.     (2) 
C.     (3) 
D.    (4) 
E.     (5) 
5.        Bacalah penggalan teks diberikut dengan saksama!
     Pelaku jasa keuangan nasional perlu segera berkemas-kemas dengan suku bunga kredit bank 4-6 persen. Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengultimatum bakal menempuh sejumlah langkah semoga bunga bank nanti bisa berada di kimasukan angka tersebut.
“Siap-siap perbankan, entah jurusnya menyerupai apa, niscaya akan saya cari, niscaya akan saya paksa,” tutur Jokowi ketika mendapatkan para pelaku jasa keuangan dan perpajakan di Istana Negara kemarin (15/1).
     Dorongan presiden tersebut berdasar realitas penerapan bunga bank di sejumlah negara. Menurut dia, bank-bank nasional akan susah berkompetisi di kurun persaingan bila tidak segera melaksanakan penyesuaian bemasukan bunga kredit. “Kalau negara lain, bunga bank spesialuntuk 4 persen, 5 persen, 6 persen, kita nanti juga harus menyerupai itu,” tandas Jokowi.
Kata bercetak miring  pada paragraf tersebut mengacu ….
A.    pelaku jasa keuangan nasional
B.     suku bunga kredit bank 4-6 persen
C.     jurus untuk menekan suku bunga kredit bank
D.    langkah semoga bunga bank menyerupai impian presiden
E.     ekonom di lingkungan Istana Negara
6.        Bacalah penggalan tajuk diberikut dengan saksama!
     Serangan bom bunuh diri di Jakarta dua hari kemudian mengambarkan bahwa negeri ini masih menjadi samasukan empuk agresi terorisme. Sejak meletusnya bom Bali pertama lebih dari satu dekade silam, puluhan serangan teroris terjadi di penjuru Nusantara. Yang paling sering menjadi samasukan memang Jawa. Tetapi, belakangan mulai menyebar ke Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Sumatera. 
     Menkopolhukan Luhut Binsar Pandjaitan secara tegas menolak tudingan bahwa pemerintah kecolongan. Menurut dia, apa yang terjadi di Jakarta pada Kamis siang kemudian (15/1) tersebut sejatinya sudah diperkirakan. Hal yang sama disampaikan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso. Menurut mantan gubernur Jakarta itu, pihak intelijen sudah mengendus ancaman agresi terror. Hanya, mereka tidak bisa menentukan kapan tepatnya hari, tanggal, dan waktunya.
     Langkah Presiden Joko Widodo mempercepat kunjungan kerjanya di luar kota untuk pribadi kembali ke ibu kota patut kita apresiasi. Pernyataan presiden bahwa negara dilarang takut dan kalah oleh terorisme juga sangat melegakan. Paling tidak, statetent itu menawarkan kuatnya political will dari pemerintah untuk memerangi terorisme. 
Ya, kita memang dilarang kalah melawan terorisme. Takut? Mungkin ya. Tetapi, kita dilarang kalah menghadapi agresi terorisme.
Sumber: Jawa Pos, 16 Januari 2016

Pendapat penulis dalam kutipan tajuk tersebut ialah ….
A.      pemerintah kecolongan atas agresi terorisme yang terjadi di Jakarta beberapa hari yang lalu
B.       pihak intelijen sudah mengendus ancaman agresi teror
C.       wilayah yang menjadi samasukan agresi terorisme ialah Jawa
D.      belakangan agresi terorisme mulai menyebar ke Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Sumatera
E.       kita dilarang takut dan kalah oleh agresi terorisme
7.        Bacalah kedua teks diberikut dengan saksama!
Teks 1
Kita tidak pernah berpikir wacana berapa banyak racun yang kita kumpulkan dari udara terkotori dan masakan yang sudah diproses secara kimiawi. Lebih dari 90% orang tidak menyadari bahwa banyak substansi kimiawi berukuran mikroskopik, logam berat, dan racun memengaruhi tubuh mereka setiap hari. Kita tidak sanggup melihat tiruana substansi berbahaya tersebut, tetapi mereka benar-benar menyerang tubuh kita.
Bagaimana cara mengetahui hal-hal tersebut benar memengaruhi tubuh kita (tanpa memakai mikroskop)? Teknik terbaik ialah melaksanakan tes urin memakai ubi bit (beetroot). Apakah urin Anda berwarna merah setelah minum jus ubi bit? Jika ya, Anda mungkin merasa khawatir lantaran itu berarti bahwa Anda mungkin mempunyai kebocoran jalan masuk pencernaan.
Teks 2
Sebuah video menghebohkan para netizen. Video yang diunggah Wisa Rahardi per  tanggal 20 Januari 2016 itu menjadi buah bibir di dunia maya.

Dalam video berdurasi 8 menit 23 detik itu, terlihat seorang laki-laki berpakaian ala Ustaz terlihat sedang menjiplak uang. Namun guahnya, ia mengeluarkan uang pecahan Rp50 ribu rupiah dari kantong plastik, dan tidak habis-habis!

Si Ustaz spesialuntuk terlihat mengaduk-aduk kantong plastik itu dengan tangannya dan terus mengeluarkan helai demi helai uang tanpa henti. Sementara di sekelilingnya terlihat beberapa laki-laki dan seorang perempuan dengan baju tank top, menghitung uang yang berhasil dikeluarkan.

Tidak ada keterangan lebih lanjut dari video ini. Namun akun pengunggahnya menuliskan informasi bahwa video ini kasatmata dan bukan rekayasa. 
Perbedaan penerapan bahasa kedua teks tersebut ialah ….


Teks 1
Teks 2
A
menggunakan kosakata orisinil bahasa Indonesia
menggunakan kosakata bahasa asing
B
menggunakan bahasa resmi
menggunakan bahasa santai
C
menggunakan bahasa bidang ilmu
menggunakan bahasa sehari-hari
D
menggunakan perumpamaan
menggunakan bahasa lugas
E
menggunakan bahasa lugas
menggunakan bahasa santai


8.        Bacalah kedua teks diberikut dengan saksama!
Teks 1
Jagoan Movistar Yamaha Valentino Rossi ternyata belum bisa melupakan “kecurangan” yang dilakukan rider Repsol Honda Marc Marquez pada MotoGP 2015 lalu. Saat itu, Marquez dianggap sengaja memmenolong Jorge Lorenzo memenangi gelar juara dunia. Padahal, Rossi juga mempunyai peluang besar menjadi kampiun balapan kuda besi itu.
Rossi pun mengaku senang lantaran tak berada di tim yang sama dengan Marquez. “Untungnya, Marquez tidak berada di tim aku,” terang Rossi sebagaimana dilansir laman Crash, Rabu (20/1). “Dia sudah tetapkan melaksanakan tiruana kemungkinan semoga saya tak memenangi gelar juara dunia. Pernyataan saya tak mengubah apa pun,” tegas pembalap berjuluk The Doctor tersebut.
Teks 2
Bagi para penggemar MotoGP, program peluncuran Yamaha M1 2016 di Barcelona kemarin (18/1) lebih terasa menyerupai ajang cooling down antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo ketimbang pamer  livery baru.
Keduanya mengaku belum berbicara satu sama lain semenjak perseteruannya di seri terakhir GP Valencia isu terkini lalu.
Fans Jorge Lorenzo sudah menyatakan tidak akan hadir ke GP Italia dan San Marino isu terkini ini lantaran alasan keselamatan. Langkah yang sama juga diambil fansclub rekan senegaranya Marc Marquez. Ancaman dari penyokong fanatik the Doctor membuat mereka menentukan menghindari konfrontasi lebih jauh.
Kemarin di markas besar sponsor utama Yamaha MotoGP, Movistar di Barcelona, kedua seteru dalam satu tim itu bersua lagi. Mereka menebar senyum di hadapan kilatan lampu flash kamera wartawan foto.
Dari tampilan livery motor mereka masih mempertahankan nyaris seluruh corak lama. Motor mereka pun sudah pernah ditunggangi pada tes kemampuan dan pemahaman pra isu terkini di Valencia dan kemudian Jerez. Yang paling dinantikan ialah nomor start yang akan digunakan sang juara bertahan Jorge Lorenzo isu terkini ini. Sebagai juara dunia beliau punya pilihan memakai nomor 1 atau tetap 99 sebagai ciri khasnya. Dan ternyata beliau menentukan yang kedua.
Tetap tidak ada obrolan di atas panggung presentasi tersebut. Namun entah yang terjadi di belakang panggung. Setidaknya pertemuan keduanya bisa dilihat fans keduanya di seluruh dunia dan bisa menawarkan bahwa keduanya baik-baik saja.
Persamaan isi kedua teks tersebut ialah ….
A.      ketenaran Valentino Rossi dan Marc Marquez dalam MotoGP tahun 2015
B.       berkenaan dengan perseteruan Valentino Rossi dengan Marc Marquez
C.       kecurangan Marc Marquez pada MotoGP tahun lalu
D.      optimisme Vallentino Rossi menyambut MotoGP tahun 2016
E.       perseteruan fans Valentino Rossi dan Marc Marquez
9.        Bacalah kedua teks diberikut dengan saksama!
Teks 1
Teknik Menghilangkan Ketombe pada Rambut
Ada dua materi ampuh untuk menghilangkan ketombe pada mahkota kepala Anda. Ketombe bisa dihilangkan dengan memakai baking soda dan cuka apel. Kandungan basa pada baking soda bisa menjaga kelembapan rambut Anda. Sementara cuka apel bisa memmembersihkankan kotoran yang ada di rambut.
Untuk memakai baking soda dan cuka apel, silakan Anda campur baking soda atau soda masakan ringan manis dengan setengah cangkir air putih. Gunakan baking soda tersebut untuk sampo rambut Anda. Di tahap ini, Anda boleh mencampur baking soda dengan sampo biasa. Kemudian, bilas rambut dengan adonan satu cangkir cuka apel dengan setengah cangkir air. Takaran air ini untuk menyeimbangkan tingkat Ph pada cuka apel. Gunakan perawatan rambut memakai baking soda dan cuka apel ini selama dua bulan. Tak spesialuntuk membersihkan dari ketombe, rambut Anda juga akan tampak sehat berkilau.
Teks 2
Manfaat Jamu Tradisional
Obat tradisional atau yang sering disebut  jamu masih menerima tempat di hati kita, masyarakat. Jamu dipercaya mempunyai banyak kelebihan kalau dibandingkan dengan obat-obatan modern menyerupai yang banyak beredar di pamasukan. Jamu juga dianggap lebih sesuai dengan kebanyakan penyakit modern, menyerupai diabetes.
Berikut ialah kelebihan obat tradisional:
1.        Obat tradisional mempunyai imbas samping yang lebih kecil apabila digunakan secara tepat., baik waktu penerapan, takaran, cara pemakaian, pemilihan materi maupun penyesuaian dengan indikasi tertentu.

2.        Ada imbas komplementer dan/atau sinergisme dalam ramuan obat tradisional (komponen bioaktif tumbuhan obat).

3.        Satu tumbuhan yang sangat murah mempunyai banyak manfaat farmakologi.

4.        Obat tradisional lebih sesuai untuk penyakit metabolik, menyerupai diabetes, kolestrol, watu ginjal, dan hepatitis (metabolik), dan penyakit degeneratif, menyerupai rematik, asma, tukak lambung, ambeien, dan pikun.
Keunggulan obat tradisional kalau dibandingkan dengan obat modern lebih kondusif dan ekonomis. Apabila dikonsumsi dalam waktu usang dan terus-menerus, obat modern akan mengakibatkan imbas samping yang sanggup memicu penyakit baru.
Perbedaan pola penyajian kedua teks tersebut di atas ialah ….       


Teks 1
Teks 2
A
Tujuan - langkah-langkah
Pendapat – argumentasi
B
Pengantar – langkah-langkah
Pendapat – penegasan pendapat
C
Tujuan – langkah-langkah
Pendapat – argumentasi – penegasan ulang pendapat
D
Pengantar – langkah-langkah
Argumentasi – penegasan ulang pendapat
E
Abstraksi – langkah-langkah
Penegasan pendapat - argumentasi

10.    Bacalah puisi diberikut dengan saksama!
Bocah-bocah
Kini pun kapalku siap bertolak
Membawa jarring serta suar
Di tengah maritim menantang ombak
Mungkin hingga menjelang fajar
Telah kuperhitungkan jiwa taruhan
Kalaupun kapal tak sempat lagi menepi
Bocah yang bergelantungan di lenganku
Pasti akan mengganti
Makna kata kapal dalam kutipan puisi tersebut ialah ….
A.    berlayar di tengah maritim untuk menangkap ikan
B.     berjuang menantang ombak di tengah laut
C.     belajar berdikari dengan mengarungi samudra
D.    bekerja untuk mencukupi kebutuhan keluarga
E.     berjuang sekuat tenaga selagi masih muda
11.    Bacalah paragraf diberikut dengan saksama!
Rebung mempunyai rasa renyah lantaran rebung ialah tunas akar yang masih muda. Rebung sudah menjadi masakan khas Asia semenjak lampau. Manfaat rebung sangatlah banyak lantaran rebung mempunyai kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita. Selain mempunyai kandungan serat tinggi, rebung mengandung mineral dan vitamin, menyerupai vitamin A, vitamin B, vitamin C, tiamin, riboflavin, niacin, kalsium, besi, fosfor, fat, karbohidrat, protein, dan kalori. Mineral dan vitamin ini mempunyai kegunaan untuk memmenolong membangun daya tahan tubuh. Kandungan-kandungan tersebut mempersembahkan manfaat memmenolong mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Selain itu, rebung bermanfaa bagi pencernaan. melaluiataubersamaini mengonsumsi rebung, membuang air besar menjadi lancar. melaluiataubersamaini begitu, usus pun menjadi sehat lantaran rebung mempunyai kandungan serat tinggi.
Bukti bahwa rebung sangat banyak keuntungannya bagi tubuh kita ialah ….
A.      Rebung mempunyai rasa renyah.
B.      Rebung sudah menjadi masakan khas Asia semenjak lampau.
C.      Rebung mempunyai kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita.
D.      Manfaat rebung sangatlah banyak.
E.       Rebung ialah tunas akar yang masih muda.
12.    Bacalah kutipan cerpen diberikut dengan saksama!
     Dan, di ketika puasa berjalan lebih dari dua puluh hari, seseorang tak dibadung menhadiri rumah masyarakat-masyarakat kampong. Ia berpeci, dagunya berjanggut, kumisnya tipis, wajahnya membersihkan berminyak. Orang itu, masih muda, membagi-bagikan kurma sebagaimana Pak Ayub doloe lakukan. Setiap rumah menerima tiga buah kurma kali jumlah kepala.
     Saat mendapatkan kurma, pemilik rumah spesialuntuk mengucapkan terima kasih. Sesudah orang itu pergi, bibir-bibir yang belum disentuh oleh hal yang membukakan puasa bergerak bergetar. Mereka teringat Pak Ayub.
     “Pak Ayub? Kok bukan Pak Ayub? Apakah ini jelmaan pemilik kurma?” begitu gumam kami di kampong seraya mengenang tutur kata yang pernah terlontar dari ekspresi Pak Ayub. Namun, ketika kami tersadar, ketika kerinduan dan keinginan bersua Pak Ayub yang sudah dua kali bulan berkat tak pulang ke tanah kelahirannya memuncak, pengantar kurma itu kami tahan beramai-ramai.
     “Tuan muda siapa? Siapa yang menyuruh mengantarkan kurma tiga buah per kepala ke tempat kami?” Tanya kami beramai-ramai, menjelang bedug berbuka.
Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut ialah ….
A.      Semua masyarakat kampong mendapatkan tiga buah kurma dari Pak Ayub selama bulan Ramadan.
B.       Warga kampong menahan perjaka berjanggut dan berpeci seorang pengantar buah kurma.
C.       Pak Ayub menhadiri rumah masyarakat dengan mengenakan peci pada setiap bulan Ramadan.
D.      Warga rindu dan ingin bersua dengan Pak Ayub yang sudah dua bulan berkat tidak pulang kampung.
E.       Warga mengetahui identitas perjaka pengantar kurma ternyata ialah anak Pak Ayub.
13.    Bacalah kutipan novel dengan saksama!
(1) Tetapi suatu Sabtu, tahun 1944, sepulang dari Semarang, ketika saya ingin menengok Papi dan Mami, rumah terkunci rapat. (2) Para tetangga menyampaikan orang tuaku sedang menengok Kakek, ayah Mami yang sakit. (3) Aku heran lantaran keduanya, Papi dan Mami, sudah usang tak berorang tua. (4) Segera saya mengerti, ada dilema gawat. (5) Mereka niscaya berlindung lagi di dapam Puri di Surakarta. (6) Meloncati pagar bambu, saya pribadi pergi ke kebun belakang. (7) Sesudah menengok ke kiri dan ke kanan kuperiksa kabel penyadap. (8) Sudah tidak ada lagi. (9) melaluiataubersamaini cemas lekas-lekas kutinggalkan rumahku dan pergi menuju Surakarta. (10) Hanya Mami yang kutemukan di tengah para kerabat. (11) Berlinang-linang saya dicium dan dicium.     
(Burung-burung Manyar karya Y.B. Mangunwijaya)
Teknik pendiskripsian tabiat saya dalam kutipan novel tersebut melalui …
A.      penjelasan pengarang
B.       perbincangan tokoh lain
C.       melukiskan sekitar pelaku
D.      jalan pikiran tokoh
E.       tindakan tokoh
14.    Bacalah kutipan dongeng diberikut dengan saksama!
     Dari jauh ia melihat lampu menyala dari rumahnya. Kerinduannya pada Ana Putri bungsunya tiba-tiba menggebu. Ia menpercepat langkahnya dan siap menjawaban pertanyaan wacana mobilnya. Memang pernah sekali ia berbohong kepada keluarganya bahwa mobilnya sudah ditawar orang, lantaran itu ia sekali lagi melanjutkan kebohongan itu bahwa mobilnya sudah terjual dan akan digunakan untuk renovasi rumah. Ia ngin sekadar menguji kehendak istrinya yang selama ini menghantui pikirannya dan dituding sebagai suami dan kepala rumah tangga yang tak sanggup membuat senang anak dan istrinya.
     “Biar harga kendaraan beroda empat kuno itu tak seberapa, saya pikir kita bisa mencari tambahan sedikit lagi untuk memperbaiki rumah ini semoga kamu merasa berbahagia dan tidak aib lagi bila dilirik tetangga.”
     “Bapak gimana sih! Masa, ketika tiruana orang naik kendaraan beroda empat pribadi, engkau mau bergerah-gerah naik bis kota atau mikrolet? Kalau belum dewasa ingin rekreasi bagaimana? Kalau kita kondangan naik apa? Andong?”
     “Habis mobilnya rusak melulu. Daripada habis uang ke bengkel mendingan disimpan untuk kebahagiaannmu.”
     Tatiana putrid bungsunya protes dan tidak mau makan malam dengan papanya, kecuali kalau papanya berjanji akan membeli lagi mobil. Karena  setiap pagi Ana selalu diantar papanya ke sekolah.
Akibat konflik yang terdapat dalam kutipan cerpen tersebut ialah ….
A.    Tokoh Bapak melangkah ke rumah dan berencana melanjutkan kebohongannya.
B.     Tokoh istri merasa selama ini suaminya tidak mempersembahkan kebahagiaan kepada anaknya.
C.     Tatiana tidak mau makan malam sebelum papanya berjanji akan membeli lagi mobil.
D.    Tokoh bapak mencari cara mendapatkan uang untuk membeli kendaraan beroda empat baru.
E.     Tokoh Tatiana tidak terima kalau harus ke sekolah naik bis kota atau mikrolet.
15.    Bacalah penggalan novel diberikut dengan saksama! 
Ania dengan cepat tumbuh remaja. Perlahan-lahan ia mengerti pengorbanan Enong dan merasa kasihan. Ia minta berhenti sekolah lantaran ingin memmenolong. Enong melarangnya. Suatu ketika, Enong mengajak Ania ke sebuah took di Tanjong Pandang. Ia membelikan adik pangkuannya itu baju yang bagus.
“Lebaran masih lama. Mengapa Kakak membelikanku baku?”
“Karena saya ingin kamu tetap merasa engkau cantik.” Enong silam. Ania menangis di dalam  toko itu hingga tersedak-sedak.
Nilai moral dalam kutipan novel tersebut ialah ….
A.    berhenti sekolah untuk memmenolong keluarga
B.     selalu mengasihi saudara keluarga
C.     tidak membiarkan adiknya berpakaian jelek
D.    memmenolong keluarga dengan sekuat tenaga
E.     lebih mementingkan kepentingan orang lain
16.    Bacalah paragraf diberikut dengan saksama!
Rebung mempunyai rasa renyah lantaran rebung ialah tunas akar yang masih muda. Rebung sudah menjadi masakan khas Asia semenjak lampau. Manfaat rebung sangatlah banyak lantaran rebung mempunyai kandungan gizi yang baik untuk tubuh kita. Selain mempunyai kandungan serat tinggi, rebung mengandung mineral dan vitamin, menyerupai vitamin A, vitamin B, vitamin C, tiamin, riboflavin, niacin, kalsium, besi, fosfor, fat, karbohidrat, protein,  an kalori. Mineral dan vitamin ini mempunyai kegunaan untuk memmenolong membangun daya tahan tubuh Kandungan-kandungan tersebut mempersembahkan manfaat memmenolong mengurangi tekanan darah dan risiko penyakit jantung. Selain itu, rebung bermanfaa bagi pencernaan. melaluiataubersamaini mengonsumsi rebung, membuang air besar menjadi lancar. melaluiataubersamaini begitu, usus pun menjadi sehat lantaran rebung mempunyai kandungan serat tinggi.
Tanggapan logis sesuai dengan paragraf tersebut adalah...
A.      Mengonsumsi rebung mempersembahkan manfaat kesehatan bagi tubuh lantaran rebung mengandung banyak gizi yang diharapkan oleh tubuh.
B.      Memperbanyak konsumsi rebung sanggup memmenolong mencegah aneka macam penyakit jangka panjang menyerupai kanker dan kerusakan pembuluh darah.
C.      Mengonsumsi rebung sangat baik untuk diet lantaran kandungan kalori, karbohidrat, serta gula yang terdapat pada rebung sangat sedikit.
D.      Mengonsumsi rebung mempersembahkan imbas samping bagi kesehatan tubuh lantaran rebung mengandung zal racun berbahaya bagi tubuh.
E.      Dalam ilmu obat tradisional di lndia, rebung mempunyai kualitas antiracun dan sangat bermanfaa untuk mengobati gigitan ular serta kalajengking.
17.    Bacalah dengan saksama!

"Kau ingat, Har?"

"Ketika itu menyerupai macam sekarang. Kita duduk menyerupai ini juga. Tapi tempatnya bukan di sini. Aku masih ingat, sekali kamu menggenggam jariku erat sekali. Aku biarkan beliau tergenggam. Dan dalam tekanan genggamanmu, saya tahu kamu mau bicara. Dan saya menunggunya. Tapi kamu tak berkata apa-apa." 
"Masa itu, masa kanak-kanak kita," kataku. Tapi cepat kemudian saya jadi menyesal sudah mengatakannya. 
"Ya," katanya dengan bunyi tak acuh. "Jari-jariku itu sudah tak ada lagi kini. Kedua tanganku ini, kaulihat? Buntung lantaran perang. Dan saya tak lagi sanggup merasa senang menyerupai doloe. Biar kamu menggenggamnya kembali. Mulanya saya suka menangis. Menangisi segala yang sudah hilang. Tapi kini saya tak menangis lagi. Tak ada gunanya menangisi masa lampau. Buat apa?" 
Angin dari Gunung karya  A. A. Navis

Keterkaitan tabiat tokoh perempuan dengan kehidupan sehari-hari ialah …

A.    Menyesali masa kemudian seperlunya boleh dilakukan.

B.     Seseorang tidak akan kembali ke masa lampau.

C.     Seseorang yang tidak mau meratapi masa lampau.

D.    Tokoh yang menyesal bertemu kembali dengan kekasihnya.

E.     Seseorang yang cacat lantaran menjadi korban perang.  

18.    Bacalah kedua penggalan dongeng diberikut!

Teks 1: Cerita Rakyat

Syahdan hiduplah seorang perjaka yatim piatu pada zaman lampau kala. Malim Deman namanya. Dia perjaka yang rajin ulet bekerja dan baik budinya. Setiap hari beliau mengerjakan sawah dan ladang milik ibunya yang berada di pinggir hutan. Dia bekerja memmenolong pamannya.

Di sekitar sawah milik ibu Malim Deman itu tinggal seorang janda tua. Mandeh Rubiah namanya. Malim Deman sangat erat dengan janda bau tanah itu. Bahkan, Mandeh Rubiah sudah mengaggap Malim Deman sebagai anaknya sendiri. Mandeh Rubiah kerap mengirimkan masakan kepada Malim Deman ketika Malim Deman tengah menjaga tumbuhan padinya pada malam hari.
Pada suatu malam Malim Deman kembali menjaga tumbuhan padinya. Dia spesialuntuk seorang diri di tengah sawah. Dia merasa sangat haus. Malim Deman segera ke pondok Mandeh Rubiah untuk meminta air minum. Belum juga Malim Deman datang di pondok Madeh Rubiah, Malim Deman mendengar bunyi beberapa perempuan di belakang pondok Mandeh Rubiah. melaluiataubersamaini berjalan berjingkat-jingkat, Malim Deman segera menuju sumber bunyi yang sangat mencurigakan tersebut.

Teks 2: Hikayat

Dahulu kala, ada seorang raja yang mempunyai sepuluh orang puteri yang cantik-cantik. Sang raja dikenal sebagai raja yang bijaksana. Tetapi ia terlalu sibuk dengan kepemimpinannya, lantaran itu ia tidak bisa untuk mendidik anak-anaknya. Istri sang raja sudah meninggal dunia ketika melahirkan anaknya yang bungsu, sehingga anak sang raja diasuh oleh inang pengasuh. Puteri-puteri Raja menjadi manja dan badung. Mereka spesialuntuk suka bermain di danau. Mereka tak mau berguru dan juga tak mau memmenolong ayah mereka. Pertengkaran sering terjadi diantara mereka.
     Kesepuluh puteri itu dinamai dengan nama-nama warna. Puteri Sulung berjulukan Puteri Jambon. Adik-adiknya dinamai Puteri Jingga, Puteri Nila, Puteri Hijau, Puteri Kelabu, Puteri Oranye, Puteri Merah Merona, Puteri Kuning dan 2 puteri lainnya. Baju yang mereka pun berwarna sama dengan nama mereka. melaluiataubersamaini begitu, sang raja yang sudah bau tanah sanggup mengenali mereka dari jauh. Meskipun kecantikan mereka hampir sama, si bungsu Puteri Kuning sedikit tidak sama, Ia tak terlihat manja dan badung. Sebaliknya ia selalu riang dan dan tersenyum ramah kepada siapa pun. Ia lebih suka bebergian dengan inang pengasuh daripada dengan kakak-kakaknya. 
            Persamaan kedua kutipan tersebut ialah ….

A.    menceritakan asal mula terjadinya suatu tempat atau daerah

B.     menceritakan kehidupan istana sentries

C.     menceritakan kehidupan pada masa Angkatan 20

D.    menceritakan kehidupan masa lampau

E.     mengandung pesan mengasihi kepada kedua orang tua
19.    Cermati dongeng rakyat di bawah ini !

Hikayat Malim Deman


Terperanjatlah Malim Deman ketika melihat tujuh bidadari tengah mandi di kolam yang terletak di belakang pondok Mandeh Rubiah. Malim Deman sangat terpesona melihat kecantikan tujuh bidadari itu ketika wajah mereka terkena sinar rembulan yang tengah purnama. Malim Deman juga melihat tujuh selendang tergeletak di dekat kolam itu. Malim Deman menerka, tujuh selendang itu digunakan para bidadari untuk terbang dari khayangan ke kolam itu. Maka, dengan berjalan mengendap-endap beliau mendekati tujuh selendang itu dan mengambil salah satu selendang. Segera disembunyikan selendang itu dan beliau kembali mengintip tujuh bidadari yang tetap mandi tersebut.
Menjelang waktu pagi hadir, tujuh bidadari itu berniat kembali ke khayangan. Salah satu bidadari, yakni bidadari bungsu, tidak sanggup menemukan selendangnya. Enam kakaknya sudah berusaha turut memmenolong mencari selendang itu, namun hingga menjelang fajar selendang milik bidadari bungsu tetap tidak ditemukan. Karena matahari sebentar lagi terbit, enam bidadari yang sudah mendapatkan selendang dengan terpaksa meninggalkan adik bungsu mereka. Keenamnya memakai selendang mereka masing-masing untuk terbang kembali ke Khayangan.
Sepeninggalan kakak-kakaknya, si bungsu menangis. Dia ketakutan untuk tinggal dibumi Malim Deman lantas mendekati dan menghibur si bidadari bungsu. Malim Deman kemudian mengajak bidadari itu kerumah Mandeh Rabiah. melaluiataubersamaini hati bangga Mandeh Rabiah mendapatkan bidadari berjulukan Putri Bungsu itu dan mengakuinya sebagai anak.
Nilai moral   yang terkait dengan kehidupan pada ketika ini, sesuai  penggalan dongeng rakyat di atas adalah…
A.   Perilaku Malim Deman dalam memenuhi keinginannya
B.   Malim Demam mencuri selendang  putri Bungsu
C.   Kakak-kakaknya meninggalkan putri Bungsu 
D.   Putri Bungsu merasa takut tinggal di bumi
E.    Malim Demam mendekati si bungsu
20.    Cermati teks diberikut!
(1) Elin, gadis yang berhidung mancung, bibirnya tipis, mukanya bundar telur dan bermata sipit tapi bersinar-sinar, tak alang lagi mempunyai wajah ayu. (2) Keayuannya menjadi penghias yang indah di dalam gerbong yang sesak. (3) Pemuda-pemuda pada tertarik dan menjilatkan ujung matanya pada wajah ayu itu. (4) Tapi Elin tetap memandang ke depan dengan tatapan mata kosong, tanpa menghiraukan pemuda-pemuda itu. (5) Hatinya sedang petang, menyerupai petangnya malam apabila langit tertutup mendung, petang di hatinya memeengaruhi wajahnya yang bersinar menjadi suram.
Watak atau perilaku tokoh Elin yang tidak peduli, pada kutipan tersebut terdapat pada kalimat nomor ….

  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)
21.    Cermatilah kupasan novel bcrikut!
Kayam dalam novelnya Para Priyayi tclah mempersembahkan apresiasi dan tafsiran sesuai dcngan kcmampuan kita. Dia tidak mcmaksakan pendapatnya kepada pembaca. Karena sosok dan makna priyayi bagi kita tidak scmua persis menyerupai yang digambarkan Kayam. Oleh lantaran itu, beliau memdiberi ruang kepada kita untuk menafsirkan. Bukankah karya sastra itu dikatakan baik bila bisa mcndorong lahirnya aneka macam tafsiran dan makna gres pada para pcmbacanya?      
Kalimat resensi yang mengungkapkan keunggulan novel sesuai klarifikasi tersebut ialah ...
A.      Kayam menafsirkan aneka macam hal untuk makna priyayi sehingga pembaca banyak mendapatkan ilmu pengetahuan.
B.      Kayam dikenal sebagai sastrawan yang tidak mau memaksakan kehendak kepada para pembaca.
C.      Secara tidak langsung, novel ini memdiberi keleluasaan kepada pembaca akan makna priyayi dengan penafsiran luas.
D.      Makna   priyayi   diungkapkan   secara jelas   dan   gamblang   kcpada   pembaca sehingga pembaca bisa menangkap tafsirannya.
E.   Sosok   dan   makna   priyayi   tidak   dijelaskan   sehingga   pembaca   lidak   mau memaknainya, tidak menjadi dilema indicator.
22.    Cermati ilustrasi diberikut!
Cerita pendek Senyum Karyamin karya Ahmad Tohari sekaligus menjadi judul kumpulan cerpen. Tokohnya ialah Karyamin, seorang tukang batu, karyamin selalu tersenyum dalam situasi apa pun. Dalam novel Ronggang Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari dikisahkan tokoh Srintil dan Rasus dari masyarakat desa yang masih berpengaruh memegang tradisi setempat.
Kalimat resensi yang menyatakan keunggulan menurut ilustrasi tersebut ialah ....

  1. Ahmad Tohari sangat jeli dalam mengangkat kehidupan masyarakat kecil menjadi dongeng menarikdanunik.
  2. Ahmad Tohari memahami dengan baik budbahasa dan tradisi masyarakat desa yang diceriterakannya.
  3. Ahmad Tohari banyak mengangkat kisah-kisah kehidupan menjadi sebuah cerpen.
  4. Ahmad Tohari ialah pengarang cerpen yang khususnya mengangkat masyarakat kecil.
  5. Ahmad Tohari selalu mengangkat kisah kehidupan masyarakat desa kelahirannya.
23.    Bacalah dongeng diberikut dengan saksama!
Pada suatu hari, tinggallah seorang Raja dengan permaisurinya di sebuah Istana megah. Sang Raja sangat kecewa terhadap istrinya yang selingkuh. Ia pun menaruh dendam yang sangat dalam terhadap permaisurinya, bahkan terhadap tiruana wanita. Setiap perempuan dianggapnya tidak berbudi. Permaisuri dibunuhnya untuk melampiaskan dendamnya itu. Setiap perempuan yang mati, dibunuh olehnya. Sesudah hampir habis perempuan terbunuh oleh Raja yang kejam itu, sampailah giliran anak mentrinya. Sang mentri sangat sedih, lantaran bila ia tidak sanggup mencarikan perempuan untuk Raja, berarti ia akan dibunuh dan bila ia tidak mempersembahkan anak wanitanya, berarti anak wanitanya akan dibunuh. Melihat ayahnya yang sedih, putrinya yang berjulukan Syahrazat mengusulkan supaya beliau saja yang diserahkan pada Raja dan biarlah ayahnya menjalankan kiprah menyerupai biasa. Karena desakan putrinya itu, maka dengan berat hati mentri itu menyerahkan anaknya kepada Raja. 
Sesudah putri Syahrazat dinikahi Raja menjelang subuh, segeralah Raja mengeluarkan keris mautnya untuk menghabisi nyawa Syahrazat. melaluiataubersamaini sopan dan tabah, Syahrazat memohon kepada Raja, semoga sebelum ia dibunuh, ia diperbolehkan memberikan sebuah cerita. Permintaanya untuk menceritakan dikabulkan oleh Raja. Lalu Syahrazat pun menceritakan dengan sungguh-sungguh, sehingga menjelang pagi dongeng itu belum selesai dan Raja mengusulkan supaya dongeng itu dilanjutkan malam diberikutnya. Di dalam dongeng yang disampaikan oleh putri Syahrazat terdapat dongeng lagi. Cerita itu sangat menarikdanunik, sehingga Raja selalu mengusulkan supaya dongeng itu dilanjutkan malam diberikutnya. Demikianlah malam demi malam keadaan itu berlangsung selama 1001 malam. Cerita yang disampaikan itu meliputi hal yang ajaib dan perbandingan suatu hal. Lama kelabuaan Raja itu sadar atas kesalahannya yang menganggap bahwa tiruana perempuan itu tidak baik. Selama 1001 malam itu , lahirlah anak Raja atas perkawinanya dengan putri Syahrazat. Raja sangat akung kepada putranya dan kemudian mumutuskan akan menjadikan putri Syahrazat sebagai permaisurinya. Kemudian mereka hidup dengan bahagia.
Abstraksi dongeng tersebut ialah ….
A.    Sang raja kecewa lantaran istrinya melaarikan diri dari kerajaan. Sang Raja dendam kepada istrinya sehingga dibunuhlah istrinya. Syahrazat, putri mentri kerajaan dinikahi sang Raja. Syahrazat berpikir sedemikian rupa semoga dirinya sanggup menyadarkan Raja dan tidak membunuh wanita, yaitu dengan cara memberikan dongeng pada malam hari hingga menjelang pagi. Cerita didiberikan kepada raja selama 1001 malam hingga pasangan Raja dan Syahrazat melahirkan anak. Raja sangat akung kepada putranya dan kemudian mumutuskan akan menjadikan putri Syahrazat sebagai permaisurinya. Kemudian mereka hidup dengan bahagia.
B.     Sang raja kecewa lantaran istrinya selingkuh. Sang Raja dendam kepada istrinya dan setiap perempuan sehingga dibunuhlah istri dan setiap wanita. Syahrazat, putri mentri kerajaan dinikahi sang Raja. Syahrazat berpikir sedemikian rupa semoga dirinya sanggup menyadarkan Raja dan tidak membunuh wanita, yaitu dengan cara memberikan dongeng pada malam hari hingga menjelang pagi. Cerita didiberikan kepada raja selama 1001 malam hingga pasangan Raja dan Syahrazat melahirkan anak. Raja sangat akung kepada putranya dan kemudian mumutuskan akan menjadikan putri Syahrazat sebagai permaisurinya. Kemudian mereka hidup dengan bahagia.
C.     Sang raja kecewa lantaran istrinya selalu membangkang kepada raja. Sang Raja dendam kepada istrinya dan setiap perempuan sehingga dibunuhlah istri dan setiap wanita. Syahrazat, putri mentri kerajaan dinikahi sang Raja. Syahrazat berpikir sedemikian rupa semoga dirinya sanggup membunuh Raja setelah beliau memberikan dongeng kepada raja. Cerita didiberikan kepada raja selama 1001 malam hingga pasangan Raja dan Syahrazat melahirkan anak. Raja sangat akung kepada putranya dan kemudian mumutuskan akan menjadikan putri Syahrazat sebagai permaisurinya. Kemudian mereka hidup dengan bahagia.
D.    Sang raja kecewa lantaran istrinya selingkuh. Sang Raja dendam kepada istrinya dan setiap perempuan sehingga dibunuhlah istri dan setiap wanita. Syahrazat, putri mentri kerajaan dinikahi sang Raja. Syahrazat berpikir sedemikian rupa semoga dirinya sanggup menyadarkan Raja dan tidak membunuh wanita, yaitu dengan cara memberikan dongeng pada malam hari hingga menjelang pagi. Cerita didiberikan kepada raja selama 1001 malam hingga pasangan Raja dan Syahrazat melahirkan anak. Raja tidak mengasihi putranya dan kemudian mumutuskan akan menjadikan putri Syahrazat sebagai permaisurinya. Kemudian mereka hidup dengan bahagia.
E.     Sang raja kecewa lantaran istrinya selingkuh. Sang Raja dendam kepada istrinya dan setiap perempuan sehingga dibunuhlah istri dan setiap wanita. Syahrazat, putri mentri kerajaan dinikahi sang Raja. Syahrazat berpikir sedemikian rupa semoga dirinya sanggup menyadarkan Raja dan tidak membunuh wanita, yaitu dengan cara memberikan dongeng pada malam hari hingga menjelang pagi. Cerita didiberikan kepada raja selama 1001 malam hingga pasangan Raja dan Syahrazat melahirkan anak. Raja tidak mengasihi putranya dan kemudian mumutuskan mengembalikan Syahrazat kepada menteri kerajaan.
24.    Cermat paragraph diberikut!
Salah satu cara untuk lebih memperkenalkan . . . batik cimahi ialah dengan mendirikan sentra petes dan . . . batik berjulukan "Lembur Batik Cimahi", di Jalan Pesantren, Kelurahan Cibabat, Kota Cimahi. Pemkot Cimahi sebagai kawan kerja ingin memproyeksikan . . . masyarakat dengan membatik yang digambarkan melalui ciri khas Cimahi yang ke depannya lebih dikenal masyarakat di luar Cimahi.
Kata serapan yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah....
A.   eksis, gallery, kreatif
B.   eksistensi, gallery, kreatif
C.   eksistensi, galleri, kreativ
D.   eksistensi, galeri, kreativitas
E.   eksistensi, galleri, kreativitas
25.    Cermati paragraph diberikut!
Tahukah Anda manfaat berolahraga? Olahraga ialah acara atau kegiatan yang mempunyai kegunaan bagi tubuh. ( ….) Banyak olahraga sederhana sanggup kita lakukan setiap hari, menyerupai berjalan kaki, berlari, push up dan sit up, senam, atau bersepeda. Sedikitnya kita harus melaksanakan olah raga sepuluh menit setiap hari semoga peredaran
darah menjadi lancar dan tubuh ,menjadi sehat.
Kalimat  yang tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi tersebutadalah...
A.   Banyak manfaat olahraga kalau kita rutin melakukan.
B.    melaluiataubersamaini berolahraga, tubuh kita akan sehat dan bugar setiap hari. 
C.    Berotahraga juga sanggup membuat pulas kita nyenyak.
D.   Olahraga bisa menjaga kesehatan dan mencegah aneka macam macam penyakit. 
E.    Olahraga yang dilakukan dengin teratur, akan meningkatkan fungsi hornion-hormon dalam tubuh.
26.    Bacalah paragraf diberikut dengan saksama!
Pantai pasir padi menyajikan pemandangan pantai yang memesorna. Lautnya yang membiru dan berpasir putih membersihkan memanjang sejauh mata memandang. melaluiataubersamaini ombak maritim yang tenang, wisatawan dapat  berjemur, mandi, atau berenang di pantai ini. [ . . . ] Dua pulau ini terletak lebih kurang 2 mil dari bibir pantai.
Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf deskripsi tersebut ialah ….
A.   Di Pulau panjang wisatawan bisa melihat kesibukan para nelayan. 
B.    Wisatawan sanggup membeli dan menikmati hasil tangkapan ikan. 
C.    Pulau Semajun ialah pulau kecil yang tidak berpenghuni.
D.   Para wisatawan akan selalu kembali menikmati pemandangan pantai yang indah. 
E.    Wisatawan juga sanggup berlayar menuju Pulau panjang atau pulau Semajun.
27.    Cermati dongeng diberikut!
Sebagai penjaga surau, Kakek tidak menerima apa-apa. la hidup dari sedekah yang dipungutnya sekali se-Jumat. Sekali enam bulan ia menerima seperempat dari hasil pemunggahan ikan mas dari kolam itu. Dan sekali setahun orang-orang mengantarkan fitrah ld kepadanya. Tapi sebagai garin ia tak begitu dikenal. (…) Karena ia begitu hebat dengan pekerjaannya itu, orang-orang perempuan ying minta tolong mengasahkan pisau atau gunting, memdiberinya sambal sebagai imbalan. Orang Iaki-laki yang minta tolong, memdiberinya imbalan rokok, adakala uang. Tapi yang paling sering diterimanya ialah ucapan terima kasih dan sedikit senyuman.
Dikutip dari: A.A. Navis, Robohnya Surau Kami,

Jakarta,Gramedja. 1 992

Kalimat tepat untuk melengkapi dongeng rumpang tersebut adalah...
A.   Orang-orang menyukai kakek. 
B.   Kakek sangat tekun bekerja. 
C.   la lebih dikenal sebagai pengasah pisau. 
D.   Banyak orang bersimpati kepada kakek. 
E.    Hidup kakek banyak dimenolong orang.
28.    Cermatilah obrolan diberikut!
Bapak  :    Siapa yang hadir, Bu? (sesudah kawannya pergi)
Ibu      :    Teman kerja ibu, tadi ada pinjaman honor.
Bapak  :    Tadi kan sudah ketemu di kantor?
Ibu      :    Minta klarifikasi wacana pinjaman honor.
Bapak  :    Kok ke Ibu, Ibu kan bukan bendahara?
Ibu      :    Dia kan tidak selalu terima dengan pinjaman yang ada. Padahal, nggak ikut kerja.
Bapak  :    ….
Ibu      :    Ya, begitulah, ia selalu menilai pekerjaan dengan uang.
Kalimat yang tepat untuk melengkapi kepingan rumpang obrolan tersebut ialah ….
A.      Dia selalu petang mata dalam bertindak.
B.       Semua mengenal beliau sebagai pekerja yang ulet.
C.       Ia termasuk karyawan yang sangat berpengalaman. 
D.      Wow, beliau memang mata duitan.
E.       Pekerjaan beliau memang terlalu banyak.

29.    Cermati pantun yang dirumpangkan diberikut ini!

(1)     Mak Inah berkumur-kumur
(2)     ….
(3)     Orang muda tidakboleh takabur
(4)     ….

Larik yang tepat untuk melengkapi baris (2) dan (4) pantun tersebut ialah ….
A.      (2)               Rumah papan beratap talang
       (4)   Rela kakanda bersama hilang
B.       (2)               Merpati terbang sekawan
       (4)   Lamun Tuan dari pangkuan
C.       (2)               Kena getah daun labu
       (4)   Cobaan Allah siapa yang tahu
D.      (2)               Siraut pembelah rotan
       (4)   Adat dibaginya delapan
E.    (2)   Wanita muda memasak sayur
       (4)   Biar hidup jadi teratur
30.    Cermati kutipan diberikut!

Salah satu film yang disutradarai Hanung Bramantyo ialah Soekarno. Kekuatan utama dalam tilm Soekarno ialah sejarah yang terperinci dan tidak banyak orang tahu. Film Soekarno tidak sama dengan film lndonesia lainnya. t. . . .l Riset tersebut bisa memunculkan kepuasan bagi penonton yang melihat film Soekarno dari sisi selarahnya. Selain itu, film Soekarno bisa membuka wawasan masyarakat lndonesia terkena sisi lain Soekarno. Film Soekarno ialah gerbang bagi belum dewasa dan dewasa untuk membaca kembali buku dan teks sejarah lainnya.
Kalimat tepat untuk melengkapi resensi rumpang tersebutadalah...
A.   Tidak menyerupai film lndonesia lain yang diproduksi tanpa melalui riset mendalam.
B.    Pembuatan film Soekarno spesialuntuk diadaptasi dengan selera masyarakat lndonesia.
C.    Kemunculan film Soekarno ditunggu-tunggu masyarakat lndonesia dan internasional.
D.   Film Soekarno dibentuk sesuai hasil riset cukup mendalam wacana insiden yang dialami Soekarno.
E.    Karakter dan penokohan setiap pemain dalam film Soekarno sangat kuat.
31.    Perhatikan mekanisme diberikut!
Mengambil Uang Melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM)
1)        Masukkan kartu ATM Bank pada slot Card ATM.
2)        Pilih bahasa pengantar, yaitu bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.
3)        Masukkan PIN Anda.
4)        Pilih sajian penarikan.
5)        Di layar akan tampil pilihan nominal penarikan. Pilih salah satu besar nominal terbaik RP1.500.00,00 untuk denominasi pecahan Rp50.000,00.
6)        Tekan tombol BENAR kalau nominal yang dipilih benar dan tekan SALAH kalau nominal yang dipilih salah.
7)        Jika transaksi berhasil, uang tunai akan keluar. Uang segera diambil lantaran lebih dari 30 detik uang akan ditelan mesin ATM.
8)        Tekan SELESAI kalau mengakhiri transaksi. Selanjutnya, akan keluar struk transaksi dan kartu ATM Anda.
Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi mekanisme tersebut ialah .....
A.      Jika akan mengambil uang, pilih sajian penarikan.
B.       Untuk mengakhiri transaksi tekan SELESAI.
C.       Anda sanggup mengambil uang di mesin ATM sesuai keinginan.
D.      Pada sajian tercantum dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
E.       Uang yang keluar segera diambil lantaran setelah 30 detik akan tertelan mesin ATM.
32.    Bacalah kalimat-kalimat diberikut!
(1)   Sayuran ini juga ialah sumber vitamin A yang sangat baik.
(2)   Bayam ialah sumber vitamin K yang baik. 
(3)   Vitamin K juga turut berperan dalam banyak proses yang terjadi pada tubuh.
(4)   Selain mempunyai kegunaan untuk organ penglihatan pada malam hari, vitamin A juga bermanfaa untuk kekebalan tubuh, pembentukan serta pemeliharaan sel-sel kulit, jalan masuk pencernaan, dan selaput kulit.
(5)   Vitamin ini berperan besar dalam pengaktifan banyak jenis protein yang terlibat dalam proses pembekuan darah.
Agar menjadi paragraf yang padu, urutan kalimat yang tepat ialah ….
A.   (2)-(3)-(4)-(5)-(1)          
B.   (2)-(4)-(3)-(5)-(1)          
C.   (2)-(5)-(3)-(1)-(4)
D.   (4)-(1)-(3)-(5)-(1)
E.    (4)-(3)-(2)-(5)-(1)
33.    Bacalah dengan cermat!

Ada bermacam-macam objek wisata yang sanggup kita kunjungi di Puncak Dieng. Salah satunya Telaga Warna. Telaga Warna ialah salah satu objek wisata andalan. Telaga ini cukup menarikdanunik dibandingkan dengan telaga-telaga lain. Warna telaga akan berubah-ubah kalau diterpa sinar matahari, bisa biru, hijau, kadang warnanya juga pekat dan sesekali kuning kemerah-merahan. Udara hambar dan panorama indah di sekitarnya semakin menambah eksotis telaga warna yang penuh legenda ini.         
      Kata bercetak miring para paragraf tersebut sanggup divariasikan dengan kata ….

  1. Rumah, unggulan, terkena, pemandangan
  2. Rumah, permguan, terkena, pemandangan
  3. tempat, unggulan, terkena, pemandangan
  4. tempat, unggulan, terhalang, pemandangan
  5. tempat, unggulan, terkena, cuaca
34.    Bacalah dengan saksama paragraf diberikut!

Sudah usang Ainun ingin mempunyai sebuah telepon genggam lantaran hampir tiruana kawan sekelasnya sudah memiliki. Suatu hari, pada ketika hari ulang tahunnya, beliau sedang berkhayal mengkhayalkan ayahnya masih hidup, tentu beliau akan mendapatkan hadiah dan tentu hadiahnya telepon genggam, menyerupai doloe setiap beliau ulang tahun, ayahnya selalu memdiberi hadiah yang diinginkannya, tetapi itu spesialuntuk khayalan lantaran ayahnya sudah …. Saat dalam lamunannya, tiba-tiba beliau tersentak dengan bunyi teriakan Pak Pos, “pooos”. Dia segera menuju pagar dan mengambil bungkusan dari tangan Pak Pos dan menanhadirani bukti tanda terima. Dia membaca alamat yang tertera di bungkusan, “Om Malik”. Rupanya dari Omnya yang tinggal di Surabaya. Cepat-cepat dibukanya, Ainun berteriak histeris kegirangan, “telepon genggam”, ya Tuhan, Engkau Maha Pengasih”. Akhirnya saya punya telepon genggam juga. Kata peribahasa . ..

Ungkapan dan peribahasa yang tepat untuk melengkapi kepingan selesai paragraf pertama dan kedua tersebut ialah …

  1. - berkalang tanah
- pucuk dicinta ulam pun tiba

  1. - berbantal tanah
- tak kayu jenjang di keping

  1. - basi tanah
- dalam maritim diduga dalam hati tiada yang tahu

  1. - masuk tanah
- lantaran hati mati, lantaran mata buta

  1. - terhimpit tanah
      - tak lari pegunungan dikejar.
35.    Perhatikan kalimat-kalimat diberikut!
1)           Tulislah nama dan nomor pada tempat yang sudah disediakan.
2)           Periksalah lembar soal dan lembar balasan untuk mengetahui kalau ada belum sempurnanya atau kerusakan.
3)           Kerjakan soal yang lebih praktis terlebih lampau.
4)           Bacalah petunjuk dan soal dengan cermat.
5)           Sebelum meninggalkan ruangan, periksa sekali lagi hasil pekerjaan Anda.
6)           Tinggalkan ruangan dengan tertib.
7)           Berdoalah semoga didiberi kegampangan dalam mengerjakan soal.
Urutan mekanisme mengerjakan soal Ujian Nasional yang tepat ialah ….
A.    7)-1)-2)-3)-4)-5)-6)
B.     7)-1)-2)-3)-5)-4)-6)
C.     7)-2)-1)-4)-3)-5)-6)
D.    7)-4)-1)-2)-3)-5)-6)
E.     7)-4)-3)-2)-1)-5)-6)
36.    Penggunaan konjungsi antarkalimat tampak pada kalimat-kalimat diberikut, kecuali ….
A.    Kera, tumbuh-tumbuhan, ikan, dan bunga ialah pola benda hidup. Sementara itu, kaca, air, plastik, baja, dan oksigen ialah pola benda mati.

B.     Tumbuh-tumbuhan tidak mempunyai otak, jantung, paru-paru, dan darah, tetapi hidup. Selain itu, tumbuh-tumbuhan sanggup melaksanakan sesuatu yang sangat penting yang tidak sanggup dilakukan oleh binatang.

C.     Tidak tiruana tumbuh-tumbuhan mempunyai bunga. Oleh lantaran itu, tumbuh-tumbuhan sanggup dikelompokkan menjadi tumbuh-tumbuhan berbunga dan tumbuh-tumbuhan tidak berbunga.

D.    Benda hidup sanggup dikelompokkan lagi menjadi hewan dan tumbuh-tumbuhan. Pengelompokan itu dilakukan lantaran keduanya tidak sama dalam beberapa hal.

E.     Berlian ialah benda nonkonduktor (tidak sanggup menghantarkan arus listrik), sedangkan grafit ialah benda konduktor (dapat menghantarkan arus listrik). Akan tetapi, baik berlian maupun grafit mempunyai titik leleh dan titik didih yang tinggi.
37.    Bacalah dengan cermat!
Ada bermacam-macam obyek wisata yang sanggup kita kunjungi di Puncak Dieng. Salah satunya Telaga Warna. Telaga Warna ialah salah satu obyek wisata andalan. Telaga ini cukup menarikdanunik dibandingkan dengan telaga-telaga lain. Warna telaga akan berubah-rubah kalau diterpa sinar matahari, bisa biru, hijau, kadang warnanya juga pekat dan sesekali kuning kemerah-merahan. Udara hambar dan panorama indah di sekitarnya semakin menambah eksotika telaga warna yang penuh legenda ini.
Penulisan kata baku yang tepat sesuai EyD untuk perbaikan kata yang bercetak miring dalam paragraf tersebut ialah ….
A.      objek, objek, menggubah-gubah, eksotis
B.       objek, objek, berubah-ubah, eksotik
C.       objec, objec, mengubah-rubah, eksotisme
D.      objek, objek, berrubah-ubah, eksotis
E.       object, object, mengobah-obah, eksotik
38.    Cermatilah paragraf diberikut ini !

Kebiasaan membaca bermanfaa bagi kecerdasan otak. Membaca tidak selalu dari Buku atau media cetak. Perkembangan teknologi memungkinkan acara membaca dilakukan melalui dunia maya. Perangkat teknologi tersebut mempersembahkan andil besar bagi sebagian besar orang-orang yang gemar membaca.




Kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut tidak efektif karena....

A.      Penggunaan unsur kalimat secara berlebihan.

B.       Kesalahan penempatan unsur predikat kalimat.

C.       Ketidaklengkapan Unsur subyek kalimat.

D.      Ketidaktepatan penempatan unsur subyek kalimat.

E.       Ketidaktepatan penempatan unsur keterangan kalimat.

39.    Bacalah teks diberikut dengan tepat!
Mengingat banyaknya istilah ilmiah yang dimuat dalam novel ini, akan lebih baik jika pada cetakan diberikutnya Eliza tidak spesialuntuk mempersembahkan catatan kaki menyerupai yang sudah ada, tetapi juga menambahkan ... agar pembaca yang awam dalam masalah sains dan … lebih gampang memahami alur cerita. Selain itu, kita berharap Eliza dapat menyelam lebih jauh ke dalam samudra sains, sejarah sains, dan …. Agar kelak kita dapat menikmati novel yang lebih memukau.


Istilah yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada paragaf di atas ialah ….

A.      glosarium, tehnologi, filsafat

B.       glosarium, teknologi, pilsafat

C.       glosarium, teknologi, filsafat

D.      glosarium, tehnologi, pilsapat

E.       glosarium, teknologi, filsapat

40.    Bacalah paragraf diberikut dengan saksama!

Peran serta masyarakat seperti ... kegiatan pagar betis di lingkangan RT atau RW sudah harus ... komitmen bersama. Misalnya, setiap RT atau paling tidak tingkat RW mempunyai sebuah tim yang ... lingkungannya dari kemungkinan adanya kegiatan .... narkoba atau pos-pos kegiatan transaksi narkoba.

Kata diberimbuhan yang tepat untuk melengkapi kepingan yang rumpang dari paragraf tersebut adalah....

A.       dilakukan, dijadikan, memantau, penyalahgunaan

B.       melakukan, menjadikan, memantau, penyalahgunaan

C.       melakukan, dijadikan, dipantau, penyalahgunaan

D.       melakukan, dijadikan, memantau, penyalahgunaan

E.       melakukan, dijadikan, memantau, digunakan

41.    Perhatikan paragraf diberikut!

Andi pergi ke bioskop lantaran ingin menonton film Ayat-Ayat Cinta, padahal novel Ayat-Ayat Cinta sudah pernah Andi baca. Andi pun mengantre tiket bersama kawannya dan ikut berdesak-desakan dengan pengunjung lain. Sesudah mendapatkan tiket, Andi pun menonton film Ayat-Ayat Cinta yang sangat didambakanya. Sesudah menonton film tersebut, Andi menyadari bahwa film dan novelnya sangat tidak sama.

Perbaikan kalimat tidak efektif dalam kalimat bercetak miring tersebut ialah ...

A.       Andi pergi ke bioskop lantaran ingin menonton film Ayat-Ayat Cinta, padahal ia sudah pernah membaca novel Ayat-Ayat Cinta.

B.       Andi pergi ke bioskop lantaran ingin menonton film Ayat-Ayat Cinta, padahal Andi sudah pernah membacanya.

C.       Andi pergi ke bioskop lantaran ingin menonton film Ayat-Ayat Cinta, padahal novel itu sudah pernah membacanya.

D.       Andi pergi ke bioskop lantaran ingin menonton film Ayat-Ayat Cinta, padahal novel Ayat-Ayat Cinta pernah beliau bacanya.

E.        Andi pergi ke bioskop lantaran ingin menonton film Ayat-Ayat Cinta, padahal novel itu sudah pernah Andi baca.

42.    Cermati kalimat diberikut!
Adapun di dalam karya tulis ini akan mengulas alternatif sumber energi di mana lebih efektif dan efisien.
Kalimat dalam karya tulis di atas sanggup diperbaiki menjadi . . .
A.    Di dalam karya tulis ini akan mengulas alternatif sumber energi yang lebih efektif.
B.    Karya tulis ini akan mengulas alternatif sumber energi yang lebih efektif dan efisien.
C.    Dalam karya tulis ini akan mengulas energi alternatif yang lebih efektif dan efisien.
D.    Karya tulis ini akan dibahas energi alternatif yang lebih efektif dan efisien.
E.    Adapun dalam karya tulis ini dibahas energi alternatif yang lebih efektif dan efisien.
43.    Bacalah dengan saksama!
Latar Belakang masalah: “Pelestarian Hutan dan Lingkungan”
Pemecahan masalah:
(1)   Upaya pelestarian lingkungan selama ini menawarkan banyak keberhasilan dan tidak sedikit yang mengalami kendala dalam mencapai tujuan.
(2)   Upaya pelestarian yang sudah dilaksanakan kurang dirasakan manfaat/kegunaan, baik secara jangka menengah maupun jangka Panjang.
(3)   Kurangnya kepedulian dan pengetahuan serta informasi yang terang dan menyeluruh wacana manfaat pelestarian.
(4)   Masyarakat secara sadar dan bertanggung balasan harus menjaga potensi alam dan mencegah faktor-faktor yang menhadirkan kerusakan.
(5)   Masyarakat didiberi pengetahuan wacana manfaat pelestarian hutan bagi lingkungan dan aneka macam aspek kehidupan.
(6)   Secara global, hutan ialah paru-paru dunia yang sanggup mengurangi pemanasan suhu bumi, mencegah kekeenteng, mencegah banjir dan longsor ketika isu terkini hujan.
Kalimat pemecahan dilema yang sesuai dengan latar belakang dilema ialah nomor …
A.    (1) dan (2)
B.     (3) dan (4)
C.     (4) dan (5)
D.    (5) dan (6)
E.     (4) dan (6)
44.    Bacalah paragraf diberikut dengan saksama!
     Memelihara secara terus-menerus dan merawat secara teratur ialah pekerjaan yang tidak enteng. Pekerjaan tersebut jauh lebih susah  bila dibandingkan … membangun… mengadakan. Banyak orang sanggup membangun gedung bertingkat … tidak banyak orang yang sanggup memeliharanya dengan baik.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi kepingan yang rumpang dalam paragraf di atas ialah …
A.    dengan, bahkan, tetapi
B.     dengan, atau, tetapi
C.     dengan, maupun, tetapi
D.    dengan, serta, akan tetapi
E.     daripada, dan, tetapi
45.    Perhatikan judut-judul karya ilmiah diberikuit!
1)     Ketuhanan sebagai Dasar Reformasi dan Menjalin Kebersamaan serta Keutuhan Bangsa
2)   Bahasa dan Sastra sebagai ldentitas Bangsa dalam proses Globalisasi
3)   Kearifan Lokal yang Terkandung Dalam Sastra Mistik Jawa
4)   Peranan Keluarga Remaja dalam Mencegah Kebadungan Remaja
5)   Peran lbadah puasa Dalam Membentuk Kepribadian
Kesalahan penulisan judul karya ilmiah terdapat padanomor….
A.    1) dan 2) 
B.     2) dan 3) 
C.     3) dan 4) 
D.    3) dan 5) 
E.     4) dan 5)
46.    Penggunaan tanda baca titik dua (:) di bawah ini benar, kecuali ….
            A.      Hanya ada dua pilihan bagi para pejuang kemerdekaan: hidup atau mati.
             B.      Narasumber    :  Prof. Dr. Rahmat Effendi 
Pemandu        :  Abdul Gani, M.Hum. 
                        Pencatat         :  Sri Astuti Amelia, S.Pd.
             C.      Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Bahasa.
            D.      Ibu      : "Bawa koper ini, Nak!" 
Amir   : "Baik, Bu." 
                        Ibu      : "Jangan lupa, letakkan baik-baik!"
             E.      Kita memerlukan: kursi, meja, dan lemari.
47.    Penggunaan tanda hubung (-) yang salah terdapat pada ….
A.     Kini ada cara yang gres untuk meng- 
       ukur gerah.
B.     P-3-K 
C.     se-Indonesia
D.     di-back up
E.     11-11-2013
48.    Perhatikan penerapan tanda petik diberikut!
1.       "Merdeka atau mati!" seru Bung Tomo dalam pidatonya.
2.       "Kerjakan kiprah ini sekarang!" perintah atasannya. "Besok akan dibahas dalam rapat."
3.       Makalah "Pembentukan Insan Cerdas Kompetitif" menarikdanunik perhatian akseptor seminar.
4.       Dilarang mempersembahkan "amplop" kepada petugas!
5.       Annisa membaca buku “Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan”.
Penggunaan tanda petik yang salah ditunjukkan nomor ….
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4
E.     5
49.    Perhatikan penerapan karakter capital diberikut!
1)       Siti Fatimah binti Salim membaca doa dengan khusuk.
2)       Kita mengenal aneka macam macam gula, menyerupai Gula Jawa, Gula Pasir, Gula Tebu, Gula Aren, dan Gula Anggur.
3)       Orang itu menasihati anaknya, "Berhati-hatilah, Nak!"
4)       Ya, Tuhan, bimbinglah hamba-Mu ke jalan yang Engkau diberi rahmat.
5)       Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.
       Penggunaan karakter kapital yang salah terdapat pada kalimat ….
A.    1
B.     2
C.     3
D.    4
E.     5
50.    Perhatikan penerapan ejaan diberikut!
1)       Dia menamatkan pendidikan S2 dua tahun yang lalu.
2)       Begitu dimarahi wajah anak itu kemerah-merahan.
3)       Temui petugas itu dan serahkan KTP-mu!
4)       Arahan itu diikuti gubernur se-Indonesia.
5)       Nenek dilahirkan pata tahun 1930-an.
Ejaan yang salah ditunjukkan kalimat nomor ….

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5

PEMBAHASAN LENGKAP SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50











14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 












26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 












38. Kalimat Argumen untuk Mendukung Kalimat Pendapat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 





43. Memperbaiki Penulian Kata Serapan yang Tidak Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 





48. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 

49. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa 





0 Komentar untuk "Soal Persiapan Un Bahasa Indonesia Sma/Ma"

Back To Top