loading...
BEDAH KISI-KISI UN 2019 BAHASA INDONESIA SMK/MAK: INDIKATOR SOAL, SOAL DAN PEMBAHASAN
Berikut disajikan kisi-kisi soal tes kemampuan dan pemahaman ujian nasional (UN) tahun 2019 SMK/MAK mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMK/MAK menurut Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah
BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2019 SMK/MAK
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Indikator Materi | Indikator Soal | No |
1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA | ||
memaknai istilah | Disajikan teks guakdot, penerima didik memilih makna istilah yang terdapat dalam teks guakdot tersebut | 1. |
menemukan inspirasi pokok | Disajikan kutipan teks dongeng sejarah, penerima didik sanggup memilih inspirasi pokok teks dongeng sejarah tersebut. | 2. |
menyimpulkan isi tersirat dalam teks nonsastra (tujuan, maksud kalimat, pandangan penulis, keberpihakan, sebab-akibat) | Disajikan pernyataan khusus laporan hasil observasi, penerima didik sanggup memilih pernyataan umum yang tepat. | 3. |
Disajikan teks negosiasi, penerima didik sanggup memilih isi teks tersebut | 4. | |
Disajikan kutipan teks dongeng ulang biografi seorang tokoh, penerima didik sanggup memilih pernyataan yang sesuai dengan isi teks dongeng ulang tersebut. | 5. | |
Disajikan teks eksplanasi kompleks, penerima didik sanggup memilih isi teks yang sempurna sesuai dengan teks eksplanasi kompleks tersebut. | 6. | |
Disajikan teks guakdot, penerima didik sanggup memilih makna teks guakdot tersebut. | 7. | |
Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima didik sanggup memilih opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat | 8. | |
Disajikan kutipan tajuk rencana, penerima didik sanggup memilih keberpihakan penulis dalam kutipan tersebut dengan tepat | 9. | |
menemukan inti kalimat | Disajikan kalimat luas/majemuk, penerima didik sanggup memilih inti kalimat tersebut dengan tepat. | 10. |
menciptakan ringkasan teks | Disajikan sebuah teks, penerima didik sanggup memilih ringkasan teks | 11. |
mengomentari pendapat yang terdapat pada teks | Disajikan kutipan teks diberita (1 paragraf), penerima didik sanggup memilih balasan logis terhadap isi diberita tersebut. | 12. |
menunjukkan bukti dari simpulan | Disajikan teks, penerima didik sanggup memilih bukti kalimat final dari teks | 13. |
menunjukkan kekerabatan antarbagian teks | Disajikan dua teks guakdot singkat, penerima didik sanggup memilih perbandingan isi teks guakdot tersebut. | 14. |
MEMBACA SASTRA | ||
menentukan kata yang bermakna konotatif/kias dalam karya sastra | Disajikan kutipan teks dongeng pendek yang di dalamnya terdapat ungkapan, penerima didik sanggup memilih makna ungkapan yang terdapat dalam kutipan teks dongeng pendek tersebut. | 15. |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih makna kata berlambang dalam teks dengan tepat. | 16. | |
menentukan majas dalam karya sastra | Disajikan kutipan teks dongeng pendek, penerima didik sanggup memilih majas yang terdapat dalam teks dongeng pendek tersebut. | 17. |
mengidentifikasi unsur karya sastra | Disajikan teks cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih tahapan alurnya. | 18. |
Disajikan kutipan teks dongeng pendek, penerima didik sanggup memilih latar daerah yang sesuai dengan kutipan dongeng pendek tersebut | 19. | |
Disajikan teks pantun, penerima didik sanggup memilih tema yang sesuai dengan teks pantun tersebut. | 20. | |
Disajikan kutipan novel, penerima didik sanggup memilih unsur intrinsik yang secara umum dikuasai dalam kutipan novel tersebut. | 21. | |
menentukan isi tersurat dalam karya sastra | Disajikan kutipan novel, penerima didik sanggup memilih nilai pendidikan yang terdapat dalam kutipan novel tersebut. | 22. |
menyimpulkan isi tersirat dalam karya sastra | Disajikan kutipan teks dongeng pendek, penerima didik sanggup memilih amanat yang sesuai dengan kutipan dongeng pendek tersebut. | 23. |
menentukan bukti watak, latar | Disajikan kutipan teks dongeng pendek, penerima didik sanggup memilih ciri teks dongeng pendek tersebut (watak, konflik, tema). | 24. |
mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini | Disajikan penggalan cerpen/ novel, penerima didik sanggup memilih hal yang diungkapkan dalam teks, yang sanggup ditemukan dalam kehidupan ketika ini dengan tepat | 25. |
menilai keunggulan/ kelemahan karya sastra | Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, penerima didik sanggup memilih kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat. | 26. |
membandingkan contoh karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) | Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa bisa memilih persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut menurut unsur intrinsik teks dengan tepat | 27. |
meringkas isi karya sastra | Disajikan kutipan cerpen/novel, penerima didik sanggup memilih kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat. | 28. |
MENULIS TERBATAS | ||
melengkapi dengan kata/istilah yang sempurna sesuai konteks | Disajikan kutipan teks diberita (1 paragraf) yang dirumpangkan, penerima didik sanggup memilih istilah yang sempurna untuk melengkapi penggalan yang rumpang dengan sempurna . | 29. |
melengkapi unsur teks (eksposisi, negosiasi, deskripsi, biografi) | Disajikan gagasan utama teks eksposisi, penerima didik sanggup memilih gagasan penjelas yang tepat | 30. |
Disajikan teks perundingan yang rumpang, penerima didik sanggup memilih orientasi yang terdapat dalam teks tersebut. | 31. | |
Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; penerima didik sanggup melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat. | 32. | |
Disjaikan teks biografi yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; penerima didik sanggup melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat. | 33. | |
melengkapi unsur karya sastra usang (pantun) | Disajikan teks pantun yang rumpang, penerima didik sanggup melengkapinya dengan kalimat (larik) yang tepat. | 34. |
melengkapi unsur ulasan | Disajikan teks ulasan rumpang, penerima didik sanggup melengkapi dengan kalimat yang tepat | 35. |
melengkapi unsur teks mekanisme (langkah) | Disajikan kalimat-kalimat petunjuk yang belum lengkap, penerima didik sanggup melengkapinya dengan kalimat yang tepat. | 36. |
mengurutkan insiden dalam cerita | Disajikan kutipan teks dongeng pendek yang diacak, penerima didik sanggup memilih urutan teks dongeng pendek tersebut | 37. |
mengurutkan langkah-langkah dalam teks prosedur/petunjuk | Disajikan kalimat-kalimat teks mekanisme kompleks yang diacak, penerima didik sanggup memilih urutan teks mekanisme kompleks tersebut | 38. |
Disajikan teks eksposisi (5-7 kalimat) yang disusun secara acak, penerima didik sanggup mengurutkan menjadi teks eksposisi yang tepat. | 39. | |
memvariasikan kata(sinonim) | Disajikan teks laporan hasil observasi (1 paragraf) yang memakai kata bersinonim, penerima didik sanggup memilih sinonim kata tertejmtu yang terdapat dalam paragraf tersebut | 40. |
memvariasikan kalimat | Disajikan teks iklan, penerima didik sanggup memilih makna ungkapan yang terdapat dalam teks iklan tersebut. | 41. |
Disajikan kutipan teks, penerima didik sanggup memilih makna peribahasa dalam teks tersebut | 42. | |
menyusun paragraf dari beberapa data | Disajikan data laporan hasil observasi yang belum lengkap dalam sebuah tabel, penerima didik sanggup melengkapinya dengan data yang tepat | 43. |
menyusun final dari beberapa data | Disajikan data-data laporan hasil observasi berupa kalimat-kalimat simpleks, penerima didik sanggup memilih kalimat kompleks berupa final dari data-data tersebut. | 44. |
MENYUNTING KATA, KALIMAT, PARAGRAF | ||
mengidentifikasi kesalahan penerapan kata | Disajikan kutipan teks ekspalansi kompleks, penerima didik sanggup memilih dua kata tidak baku yang terdapat dalam teks tersebut. | 45. |
mengidentifikasi kesalahan penerapan konjungsi | Disajikan paragraf dengan tiga-empat konjungsi yang dipakai secara tidak tepat, penerima didik bisa mengidentifikasi kesalahan penerapan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat. | 46. |
mengidentifikasi kesalahan penerapan kalimat | Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa bisa mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat. | 47. |
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak efektif, siswa bisa mengidentifikasi kalimat tidak efektif dalam paragraf tersebut dengan tepat. | 48. | |
menggunakan istilah dalam kalimat | Disajikan teks (1 paragraf) yang dirumpangkan, penerima didik sanggup melengkapinya dengan istilah yang tepat. | 49. |
menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) | Disajikan matriks yang rumpang, penerima didik sanggup melengkapi dengan kata berbentuk verba dan nomina menurut kata dasar yang terdapat dalam matriks. | 50. |
menggunakan kalimat (mengisi kalimat yang sesuai) | Disajikan teks eksposisi (1 paragraf) yang dirumpangkan, penerima didik sanggup melengkapinya dengan kalimat yang tepati | 51. |
memperbaiki kesalahan penerapan kalimat (kalimat rancu, ambigu, pemborosan, tidak logis, tidak lengkap) | Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa bisa memperbaiki kalimat tidak padu dalam paragraf tersebut dengan tepat. | 52. |
memperbaiki kesalahan penerapan kalimat dalam paragraf | Disajikan kutipan teks ekspalanasi kompleks, penerima didik sanggup memilih perbaikan kalimat tidak efektif menjadi kalimat efektif dalam kutipan teks tersebut. | 53. |
memperbaiki kesalahan penerapan kata | Disajikan kutipan teks dongeng ulang biografi seorang tokoh, penerima didik sanggup memilih perbaikan penulisan kata yang sesuai dengan PUEBI. | 54. |
MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA | ||
mengidentifikasi kesalahan penerapan ejaan | Disajikan kutipan teks, penerima didik sanggup mengidentifikasi kesalahan penerapan ejaan | 55. |
mengidentifikasi kesalahan penerapan tanda baca | Disajikan kutipan teks eksplanasi kompleks, penerima didik sanggup memilih kesalahan penerapan tanda baca teks eksplanasi kompleks tersebut. | 56. |
menggunakan ejaan | Disajikan kutipan teks editorial / opini yang rumpang, penerima didik sanggup memilih kata yang penulisannya sesuai PUEBI untuk melengkapi teks editorial tersebut. | 57. |
menggunakan tanda baca | Disajikan sebuah teks tanpa tanda baca, penerima didik sanggup memakai tanda baca sesuai PUEBI. | 58. |
memperbaiki Kesalahan penerapan ejaan | Disajikan kutipan teks dongeng ulang biografi seorang tokoh, penerima didik sanggup memilih perbaikan penulisan kata yang sesuai dengan PUEBI. | 59. |
memperbaiki kesalahan penerapan tanda baca | Disajikan kutipan teks yang terdapat kesalahan penerapan tanda baca, penerima didik sanggup memilih perbaikan penerapan tanda baca yang sesuai dengan PUEBI. | 60. |
Catatan: Jumlah soal tes kemampuan dan pemahaman/ ujian nasional (UN) sebanyak 50 soal. Indikator dengan warna merah artinya sebagai variasi soal.
BACA RINGKASAN MATERI DAN PEMBAHASAN SOAL UN 2016/2017
1. Menentukan isi teks guakdot
2. Menentukan makna kata/istilah
3. Membandingkan isi teks
4. Menentukan interpretasi teks guakdot
5. Menentukan urutan teks eksposisi
6. Melengkapi teks eksplanasi
7. Menggunakan kata penghubung
8. Menggunakan pronomina/kata ganti
9. Menggunakan kata bentukan
10. Membaca matriks/tabel
11. Menggunakan tanda baca
12. Memvariasikan kata
13. Mengurutkan teks prosedur
14. Menentukan inti kalimat
15. Menentukan isi teks negosiasi
16. Melengkapi teks negosiasi
17. Menentukan kalimat santun dalam teks negosiasi
18. Mengurutkan insiden dalam cerpen
19. Menentukan tabiat tokoh cerita
20. Menentukan amanat cerita
21. Menentukan latar cerita
22. Menentukan majas dalam cerpen
23. Menentukan makna ungkapan
24. Menentukan makna peribahasa
25. Menentukan kalimat sumbang/tidak padu dalam teks
26. Menentukan tema pantun
27. Melengkapi pantun
28. Menentukan isi teks biografi
29. Mengidentifikasi kata baku dan tidak baku
30. Menentukan fungsi teks biografi
31. Menggunakan konjungsi dengan sempurna
32. Memakai tanda baca dengan tepat
33. Menentukan kata tidak baku dalam teks
34. Menyunting kalimat
35. Menentukan struktur teks ulasan film
36. Menggunakan kata bentukan dengan tepat
37. Kalimat simpleks dan kompleks
38. Unsur intrinsik teks drama
39. Ide pokok paragraf
40. Meringkas teks
41. Perbaikan penerapan tanda baca
42. Kalimat simpulan
43. Tanggapan logis terhadap isi teks
44. Ungkapan dalam teks iklan
45. Teks Ulasan film
46. Melengkapi teks petunjuk kerja/teks prosedur
47. Penggunaan ejaan yang tidak tepat
48. Opini penulis dalam tajuk rencana
49. Fakta dan opini
50. Unsur Intrinsik dan ekstrinsik novel
Tag :
UN 2018/2019 SMK
0 Komentar untuk "Bedah Kisi-Kisi Un 2019 Bahasa Indonesia Smk/Mak: Indikator Soal, Soal Dan Pembahasan"