loading...
BAHAN LENGKAP PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII: KISI-KISI, SOAL, PEMBAHASAN, RINGKASAN MATERI
1. Kisi-Kisi Soal Kelas X Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
2. Kisi-Kisi Soal Kelas XI Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
3. Kisi-Kisi Soal Kelas XII Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
4. Soal Kelas X Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
5. Soal Kelas XI Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
6. Soal Kelas XII Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
7. Pembahasan/Ringkasan Materi Kelas X Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
8. Pembahasan/Ringkasan Materi Kelas XI Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
9. Pembahasan/Ringkasan Materi Kelas XII Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
BAHASA INDONESIA KELAS XI
A. KISI-KISI (KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR)
1. KD 3.1 Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
Indikator Disajikan gambaran wacana teks prosedur, penerima didik bisa pertanda struktur teks mekanisme dengan tepat
2. KD 3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
Indikator Disajikan teks prosedur, penerima didik bisa menganalisis kebahasaan teks mekanisme mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, kalimat/pernyataan persuasif dengan tepat.
3. KD 3.3 Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi mulut dan tulis
Indikator Disajikan gambaran wacana teks eksplanasi, penerima didik bisa pertanda struktur teks eksplanasi dengan tepat.
4. KD 4.4 Memproduksi teks eksplanasi secara mulut atau tulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
Indikator Disajikan gambaran insiden alam (banjir), penerima didik bisa menyusun teks eksplanasi bertema insiden alam (banjir) dengan tepat.
5. KD 3.4 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
Indikator Disajikan gambaran teks eksplanasi insiden alam (banjir), penerima didik bisa menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, dan konjungsi kronologis atau kausalitas dengan tepat.
UNDUH FILE KISI-KISI SOAL KLIK https://drive.google.com/open?id=1Lo0g1PKQ-H-sJiFq486-L6XI2hqjGo3Q
B. SOAL
1. Setiap teks mempunyai struktur yang tidak sama dengan jenis teks yang lain. Jelaskan struktur teks prosedur!
2. Cermatilah teks diberikut!
Kiat Berwawancara Kerja
Bagi perusahaan, wawancara ialah peluang untuk menggali kualifkasi calon pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan sifat erusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya balasan antara pewawancara dengan calon.
Agar mudah dipahami oleh kawan bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga semoga kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga bunyi semoga terang terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri, sementara bunyi yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan.
Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara semoga kita sanggup memerikan jawabanan yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, tidakboleh melakukannya terlalu sering lantaran justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
Bahasa badan pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal ibarat mengangguk atau perilaku badan yang agak condong ke depan menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, lantaran kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.
Singkatnya, akan lebih baik bila kita bisa menampilkan perilaku yang antusias secara verbal maupun nonverbal. Oleh lantaran itu, hindari bahasa badan yang sanggup diartikan negatif, ibarat menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Teknik berbicara yang percaya diri namun tidak terkesan sombong sanggup menarikdanunik minat pewawancara.
Pada ketika berbicara, hindari uraian yang panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan terserius, namun tetap menarikdanunik. Kita diperlukan bisa menunjukkan bahwa kita yaitu orang yang sempurna untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan atau pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengKoreksi atasan atau rekan kerja sebelumnya lantaran ini menunjukkan perilaku yang tidak professional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba menyampaikan sesuatu yang berdasarkan kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan mempersembahkan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut spesialuntuklah karangan. Tunjukkan bahwa kita bisa mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
Pewawancara biasanya mempersembahkan peluang kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di final wawancara. Gunakanlah peluang ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa ingin tahu kita wacana lingkup dan deskripsi kiprah posisi yang dilamar, peluang pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, lantaran bersikap pasif dan menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai kita di mata pewawancara.
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang sempurna menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan terkena penghasilan dan tuntidakboleh. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang bisa memilih nominal penghasilan yang ia harapkan, lantaran dianggap sanggup melaksanakan evaluasi atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka peluang untuk negosiasi.
melaluiataubersamaini persiapan matang dan unjuk diri yang baik ketika wawancara, kita sudah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).
Analisislah ciri kebahasaan teks mekanisme yang mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan kalimat/pernyataan persuasif.
3. Setiap teks mempunyai struktur yang tidak sama dengan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksplanasi!
4. Peristiwa banjir ialah salah satu peritiwa alam. Susunlah teks eksplanasi bertema banjir. Kembangkan tulisanmu dengan memakai pola alasannya akhir atau hubungan kausalitas.
5. Analislah kebahasaan teks eksplanasi yang sudah Anda buat yang mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, dan kata penghubung dan kausalitas.
PEMBAHASAN MATERI
1. MATERI PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
2. MATERI PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
BACA JUGA
1. MATERI PEMBELAJARAN TEKS PROSEDUR KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
2. MATERI PEMBELAJARAN TEKS EKSPLANASI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
BAHASA INDONESIA KELAS XI
1. Setiap teks mempunyai struktur yang tidak sama dengan jenis teks yang lain. Jelaskan struktur teks prosedur!
2. Cermatilah teks diberikut!
Teknik Melakukan Belanja Online yang Aman
Belanja online ialah tren di kalangan masyarakat ketika ini. Dari orang renta hingga yang muda pernah melakukannya, tetapi banyak juga orang yang pernah tertipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawaban. Untuk menghindari insiden tersebut, silakan ikuti mekanisme dari kami ini.
Pertama, sebelum melaksanakan belanja online yang harus kalian miliki yaitu laptop atau smartphone dan koneksi internet. Kedua, usahakan transaksi melalui website terpecaya ibarat bukalapak, tokopedia, shopee, blibli dan sebagainya. Usahakan tidakboleh membeli barang melalui sosial media, lantaran penipu biasanya berkeliaran di sana. Kecuali latar penjualan mereka cantik ibarat renan store, dan sebagainya. Kali ini saya mengulas melalui jalur shopee lantaran lebih aman. Di samping itu, banyak promonya.
Ketiga, masuk ke halaman website shopee.co.id atau bisa diunduh aplikasinya di app store buat perangkat apple dan play store buat perangkat android. Keempat, silahkan cari barang yang ingin dibeli kemudian baca deskripsi, kalau ada kata-kata ( bila barang masih ada di katalog dan masih bisa di klik beli, berarti stok barang masih ada, bila bertanya ketersediaan barang melalui fitur chat tidak akan kami balas). Kalau tidak ada kata-kata ibarat itu di deskripsi barangnya, Anda wajib menanyakan ketersediaan barang dan variannya.
Kelima, kalau tiruananya sudah oke, tinggal klik beli, biasanya kita bisa memasukkan arahan promo, untuk potongan harga atau gratis ongkos kirim. Jika tidak ada, bisa dilewatkan. Keenam, klik checkout, kemudian masukkan alamat rumah atau tempat barang mau diantar, kemudian klik lanjut. Ketujuh, silahkan isi deskripsi atau catatan kepada penjual, biasanya saya isi dengan model atau varian semoga tidak terjadi salah kirim ibarat salah warna atau salah variannya.
Kedelapan, pilihlah kurir atau jasa pengirimannya. Kalau estimasi waktu dari Jakarta ke solo sekitar 3-6 hari tergantung jasa kurirnya dan estimasi dari luar negeri biasanya bisa 2 ahad hingga 1 bulan atau lebih, tergantung waktu lamanya transit barang di antarnegara. Kesembilan, klik metode pembayaran, metode pembayaran bisa dipilih melalui transfer bank, pembayaran indomart dan sebagainya. Kesepuluh, klik lanjutkan, nanti akan keluar arahan pembayaran, tinggal masukkan arahan pembayaran beserta harganya, kemudian tunggu sekitar 10 menit, nanti akan ada pesan bahwa barang sudah dibayar, tinggal tunggu konfirmasi dari penjual
Kesebelas, tinggal tunggu penjual mengkonfirmasi barang dan akan didiberi nomor resi yang tujuannya untuk mengecek posisi barang ada di mana, setelah barang sampai, klik pesanan sudah datang dan tidakboleh lupa kasih rating dan masukan buat penjual semoga bisa diperbaiki.
Nah itu tadi cara berbelanja online yang aman, dan caranya pun sangat mudah dan praktis. dan juga kita tidak perlu susah-susah mencari barang yang kita inginkan di toko biasa dan harganya juga lebih murah dibanding toko biasa. (dikutip dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/3218022/biar-tak-tertipu-ini-kiat-aman-belanja-online dengan perubahan seperlunya).
Analisislah ciri kebahasaan teks mekanisme yang mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan kalimat/pernyataan persuasif.
3. Setiap teks mempunyai struktur yang tidak sama dengan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksplanasi!
4. Peristiwa banjir ialah salah satu peritiwa alam. Susunlah teks eksplanasi bertema banjir. Kembangkan tulisanmu dengan memakai pola alasannya akhir atau hubungan kausalitas.
5. Analislah kebahasaan teks eksplanasi yang sudah Anda buat yang mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, dan kata penghubung dan kausalitas.
KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN
PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI/1
Kurikulum : 2013
Guru Mapel : Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
1. Struktur teks prosedur
Teks mekanisme dibuat oleh ungkapan wacana tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang.
a. Tujuan ialah pengantar wacana topik yang akan dijelaskan dalam teks.
b. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang dimasukankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan.
c. Penegasan ulang berupa impian ataupun manfaat apabila petunjuk-petunjuk itu dijalankan dengan baik.
Pedoman Penskoran:
No. | Uraian Jawaban/Kata kunci | Skor |
1 | Peserta didik pertanda struktur teks mekanisme mencakup tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang dengan sangat tepat. | 4 |
2 | Peserta didik pertanda struktur teks mekanisme mencakup tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang dengan tepat. | 3 |
3 | Peserta didik pertanda struktur teks mekanisme mencakup tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang dengan kurang tepat. | 2 |
4 | Peserta didik pertanda struktur teks mekanisme mencakup tujuan, langkah-langkah, dan penegasan ulang dengan tidak tepat. | 1 |
Total Skor |
2. Analisis ciri kebahasaan teks prosedur
Analisis kebahasaan teks mekanisme berjudul Teknik Melakukan Belanja Online yang Aman sebagai diberikut.
a. Banyak memakai kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata kerja imperatif dibuat oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.
Bentuk dasar | Imbuhan/Partikel | Bentukan Kata |
usaha | -kan | usahakan |
masuk | -lah | masuklah |
sila | -kan | silakan |
masuk | -kan | masukkan |
pilih | -lah | pilihlah |
lanjut | -kan | lanjutkan |
b. Banyak memakai kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahasnya. Berkenaan dengan dilema belanja online, dipakai istilah-istilah belanja online pula, contohnya transaksi, smartphone, internet, promo, transfer, rating, dan sebagainya.
c. Banyak memakai konjungsi penambahan
misal : Kali ini saya mengulas melalui jalur shopee lantaran lebih aman. Di samping itu, banyak promonya.
d. Banyak memakai pernyataan persuasif. Berikut yaitu pola kalimatnya.
1) Untuk menghindari insiden tersebut, silakan ikuti mekanisme dari kami ini.
2) Sebelum melaksanakan belanja online, yang harus kalian miliki yaitu laptop atau smartphone dan koneksi internet.
Pedoman Penilaian
No. | Uraian Jawaban/Kata kunci | Skor |
1 | Peserta didik menganalisis kebahasaan teks mekanisme mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan pernyataan persuasif dengan sangat tepat. | 4 |
2 | Peserta didik menganalisis kebahasaan teks mekanisme mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan pernyataan persuasif dengan tepat. | 3 |
3 | Peserta didik menganalisis kebahasaan teks mekanisme mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan pernyataan persuasif dengan kurang tepat. | 2 |
4 | Peserta didik menganalisis kebahasaan teks mekanisme mencakup kata kerja imperatif, kata teknis, konjungsi penambahan, dan pernyataan persuasif dengan tidak tepat. | 1 |
Total Skor |
3. Struktur teks eksplanasi
Teks eksplanasi dibuat oleh bagian-bagian diberikut.
a. Identifikasi fenomena (phenomenon identifcation), mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya. Bagian ini disebut juga dengan pernyataan umum.
b. Penggambaran rangkaian insiden (explanation sequence), memerinci proses insiden yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
1) Rincian yang berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.
2) Rincian yang berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan alasannya akibat.
a. Identifikasi fenomena (phenomenon identifcation), mengidentifikasi sesuatu yang akan diterangkan. Hal itu bisa terkait dengan fenomena alam, sosial, budaya, dan fenomena-fenomena lainnya. Bagian ini disebut juga dengan pernyataan umum.
b. Penggambaran rangkaian insiden (explanation sequence), memerinci proses insiden yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa.
1) Rincian yang berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.
2) Rincian yang berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan hubungan alasannya akibat.
Bagian ini disebut juga dengan deretan penjelas.
c. Ulasan (review), berupa komentar atau evaluasi wacana konsekuensi atas insiden yang dipaparkan sebelumnya. Bagian ini disebut juga dengan interpretasi.
c. Ulasan (review), berupa komentar atau evaluasi wacana konsekuensi atas insiden yang dipaparkan sebelumnya. Bagian ini disebut juga dengan interpretasi.
Pedoman Penskoran:
No. | Uraian Jawaban/Kata kunci | Skor |
1 | Peserta didik menjelaskan struktur teks eksplanasi mencakup identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan review (ulasan) dengan sangat tepat. | 4 |
2 | Peserta didik menjelaskan struktur teks eksplanasi mencakup identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan review (ulasan) dengan tepat. | 3 |
3 | Peserta didik menjelaskan struktur teks eksplanasi mencakup identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan review (ulasan) dengan kurang tepat. | 2 |
4 | Peserta didik menjelaskan struktur kebahasaan teks eksplanasi mencakup identifikasi fenomena, rangkaian peristiwa, dan review (ulasan) dengan tidak tepat. | 1 |
Total Skor |
4. misal teks eksplanasi
Proses Terjadinya Banjir
Banjir yaitu insiden terjadinya air yang terkena daratan dan sanggup mengakibatkan kerusakan fisik pada daratan tersebut dan sanggup membuat kerugian sosial dan ekonomi pada lingkungan sekitar yang terkena banjir.
Secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari kawasan hulu pada satu kawasan tangkapan. Secara nonilmiah banjir sanggup terjadi lantaran ulah manusia.
Proses terjadinya banjir secara alamiah itu seperti,turunnya hujan jatuh ke permukaan bumi dan tertahan oleh tumbuh-tumbuhan setelah itu masuk ke permukaan tanah mengalir ke tempat yang lebih rendah setelah itu terjadi penguapan dan keluar ke permukaan daratan. Banjir yang terjadi secara almiah sanggup menjadi bancana bagi insan bila banjir itu terkena insan dan mengakibatkan kerugian bagi manusia.
Sedangkan proses terjadinya banjir secara non alamiah lantaran ulah insan seperti,memmembuang sampah tidak pada tempatnya dan mengakibatkan aliran air tidak lancar sehingga air tersebut terapung di tempat pemmembuangannya semakin usang semakin menguap setelah itu tinggi dan keluar sehingga terkena daratan dan mengakibatkan banjir.
Proses banjir itu sanggup terjadi secara alamiah dan lantaran ulah manusia. Manusia sanggup mengalami kerugian lantaran banjir itu lantaran mereka mendiami tempat tinggal yang secara alamiah ialah dataran banjir. Kaprikornus bila insan bertempat tinggal di dataran yang sering terkena banjir bukan banjirlah yang menhadiri insan tapi manusialah yang menhadiri banjir.
Secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari kawasan hulu pada satu kawasan tangkapan. Secara nonilmiah banjir sanggup terjadi lantaran ulah manusia.
Proses terjadinya banjir secara alamiah itu seperti,turunnya hujan jatuh ke permukaan bumi dan tertahan oleh tumbuh-tumbuhan setelah itu masuk ke permukaan tanah mengalir ke tempat yang lebih rendah setelah itu terjadi penguapan dan keluar ke permukaan daratan. Banjir yang terjadi secara almiah sanggup menjadi bancana bagi insan bila banjir itu terkena insan dan mengakibatkan kerugian bagi manusia.
Sedangkan proses terjadinya banjir secara non alamiah lantaran ulah insan seperti,memmembuang sampah tidak pada tempatnya dan mengakibatkan aliran air tidak lancar sehingga air tersebut terapung di tempat pemmembuangannya semakin usang semakin menguap setelah itu tinggi dan keluar sehingga terkena daratan dan mengakibatkan banjir.
Proses banjir itu sanggup terjadi secara alamiah dan lantaran ulah manusia. Manusia sanggup mengalami kerugian lantaran banjir itu lantaran mereka mendiami tempat tinggal yang secara alamiah ialah dataran banjir. Kaprikornus bila insan bertempat tinggal di dataran yang sering terkena banjir bukan banjirlah yang menhadiri insan tapi manusialah yang menhadiri banjir.
Pedoman Penskoran:
No. | Uraian Jawaban/Kata kunci | Skor |
1 | a. Peserta didik menulis teks eksplanasi sangat sesuai dengan kerangka, struktur, dan kebahasaan. | 4 |
2 | b. Peserta didik menulis teks eksplanasi sesuai dengan kerangka, struktur, dan kebahasaan. | 3 |
3 | c. Peserta didik menulis teks eksplanasi kurang sesuai dengan kerangka, struktur, dan kebahasaan. | 2 |
4 | d. Peserta didik menulis teks eksplanasi tidak sesuai dengan kerangka, struktur, dan kebahasaan. | 1 |
Total Skor |
5. Analisis kebahasaan teks eksplanasi
a. Banyak memakai kata teknis atau peristilahan, sesuai dengan topik yang dibahasnya.
misal: hujan lokal, propagasi limpasan
b. Banyak memakai konjungsi kausalitas ataupun kronologis.
Konjungsi kausaltias, antara lain, sebab, karena, oleh alasannya itu, oleh lantaran itu, sehingga.
misal kalimat: Secara non ilmiah banjir sanggup terjadi lantaran ulah manusia.
c. Banyak memakai kata bermakna denotatif.
misal
Banjir : insiden terjadinya air yang terkena daratan
Hujan : titik-titik air yang berjatuhan dari udara lantaran proses pendinginan
d. Banyak memakai kata kerja pasif. Seperti kata disebabkan, terkena, dan sebagainya.
misal kalimat: Secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari kawasan hulu pada satu kawasan tangkapan.
Pedoman Penskoran:
No. | Uraian Jawaban/Kata kunci | Skor |
1 | Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan sangat tepat. | 4 |
2 | Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan tepat. | 3 |
3 | Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan kurang tepat. | 2 |
4 | Peserta didik menganalisis kebahasaan teks eksplanasi mencakup kata teknis, kata bermakna denotatif, kata kerja pasif, konjungsi kausalitas dengan tidak tepat. | 1 |
Total Skor |
Nilai Akhir : (skor nomor 1+ 2+3+4+5 ) X 5
Nilai terbaik : 20 X 5 = 100
BACA JUGA
KISI-KISI DAN SOAL PENILAIAN TENGAH (PTS) SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019
BAHASA INDONESIA SMA/MA KELAS X, XI, XII KURIKULUM 2013
1. KISI-KISI DAN SOAL Perguruan Tinggi Swasta KELAS X KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
2. KISI-KISI DAN SOAL Perguruan Tinggi Swasta KELAS XI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
3. KISI-KISI DAN SOAL Perguruan Tinggi Swasta KELAS XII KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
BAHAN LENGKAP PERSIAPAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KELAS X, XI, XII: KISI-KISI, SOAL, PEMBAHASAN, RINGKASAN MATERI
1. Kisi-Kisi Soal Kelas X Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
2. Kisi-Kisi Soal Kelas XI Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
3. Kisi-Kisi Soal Kelas XII Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
4. Soal Kelas X Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
5. Soal Kelas XI Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
6. Soal Kelas XII Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
7. Pembahasan/Ringkasan Materi Kelas X Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
8. Pembahasan/Ringkasan Materi Kelas XI Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
9. Pembahasan/Ringkasan Materi Kelas XII Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=kisi-kisi-soal-penilaian-akhir-semester
Tag :
PEMBELAJARAN
0 Komentar untuk "Soal Uts/Pts Bahasa Indonesia Kelas Xi Sma/Ma Kurikulum 2013 Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019"