Pedoman Dan Pola Deskripsi Pencapaian Perilaku Pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi

loading...


RAMBU-RAMBU DAN CONTOH DESKRIPSI PENCAPAIAN SIKAP PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

A. Rambu-Rambu Deskripsi Pencapaian Sikap
Rambu-rambu deskripsi pencapaian sikap pada kurikulum 2013 edisi revisi tahun 2017 yaitu sebagai Berikut.
1. Sikap yang ditulis yaitu sikap spritual dan sikap sosial yang merepresentasikan ketercapaian sikap pada KI-1 dan KI-2.
2. Substansi sikap spiritual yaitu hal-hal yang berkaitan dengan menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya.
3. Substansi sikap sosial yaitu hal-hal yang berkaitan dengan menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, tanggungjawaban, peduli, santun, responsif dan pro-aktif. Sikap tersebut mengatakan sikap sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
4. Hasil evaluasi pencapaian sikap dalam bentuk predikat dan deskripsi.
5. Predikat dalam evaluasi sikap bersifat kualitatif, yakni: Sangat Baik, Baik, Cukup, dan Kurang.
6. Predikat tersebut ditentukan menurut judgement isi deskripsi oleh pendidik.
7. Apabila akseptor didik tidak ada catatan apapun dalam jurnal, sikap akseptor didik tersebut diasumsikan BAIK.
8. Deskripsi sikap terdiri atas sikap yang sangat baik dan/atau sikap kurang baik yang memerlukan pelatihan dan pembimbingan.
9. Deskripsi sikap memakai kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya: ... tetapi masih perlu peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu bimbingan dalam hal ...
10. Deskripsi sikap sebut perkembangan sikap/perilaku akseptor didik yang sangat baik dan/atau baik dan yang mulai/sedang berkembang.
11. Deskripsi sikap spiritual “dijiwai” oleh deskripsi pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti, sedangkan deskripsi mata pelajaran lainnya menjadi penguat.
12. Deskripsi sikap sosial “dijiwai” oleh deskripsi pada mata pelajaran PPKn, sedangkan deskripsi mata pelajaran lainnya menjadi penguat.
13. Sikap dikembangkan selama satu semester, deskripsi nilai/perkembangan sikap akseptor didik didasarkan pada sikap akseptor didik pada masa tamat semester. Oleh sebab itu, sebelum deskripsi sikap tamat semester dirumuskan, guru mata pelajaran, guru BK, dan wali kelas harus mengusut jurnal secara keseluruhan sampai tamat semester untuk melihat apakah sudah ada catatan yang mengatakan bahwa sikap akseptor didik tersebut sudah menjadi sangat baik, baik, atau mulai berkembang.
14. Apabila akseptor didik mempunyai catatan sikap KURANG baik dalam jurnal dan akseptor didik tersebut belum mengatakan adanya perkembangan positif, deskripsi sikap akseptor didik tersebut didiskusikan dalam rapat dewan guru pada tamat semester. Rapat dewan guru memilih janji wacana predikat dan deskripsi sikap KURANG yang harus dituliskan, dan juga janji tindak lanjut pelatihan akseptor didik tersebut. Tindak lanjut pelatihan sikap KURANG pada akseptor didik sangat bergantung pada kondisi sekolah, guru dan keterlibatan orang tua/wali anakdidik.
B. misal Predikat dan Deskripsi Penilaian Sikap
Tabel 1. misal Predikat dan Deskripsi Penilaian Sikap Spiritual

Predikat
Deskripsi
Baik
Selalu bersyukur dan berdoa sebelum melaksanakan acara serta mempunyai toleransi pada agama yang tidak sama; ketaatan diberibadah mulai berkembang.


Tabel 2. misal Predikat dan Deskripsi Penilaian Sikap Sosial

Predikat
Deskripsi
Sangat
Baik
Memiliki sikap santun, disiplin, dan tanggung tanggapan yang baik, sangat responsif dalam pergaulan serta mempunyai kepedulian sangat tinggi.


Predikat
Deskripsi
Cukup
Memiliki sikap santun, kurang peduli, percaya diri, kurang disiplin, dan tanggungjawaban mulai meningkat. Perlu pendampingan dan pembinaan
secara intensif.


Catatan:

Kriteria evaluasi sikap dibentuk oleh sekolah diubahsuaikan dengan peraturan dan karakteristik satuan pendidikan sebagai acuan untuk memilih nilai tamat predikat dan deskripsi sikap akseptor didik pada rapor.

Rujukan

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah. 2017. Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengan Atas Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah


RAMBU-RAMBU/PEDOMAN PENYUSUNAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENCAPAIAN SIKAP, NILAI PENGETAHUAN, DAN NILAI KETERAMPILAN  PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

A. Rambu-Rambu Pencapaian Sikap

1. Deskripsi sikap terdiri atas sikap yang sangat baik dan/atau sikap kurang baik yang memerlukan pelatihan dan pembimbingan.

2. Deskripsi sikap memakai kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya: ... tetapi masih perlu peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu bimbingan dalam hal ...


B. Pedoman Deskripsi pengetahuan

Pedoman: Deskripsi pengetahuan meliputi kompetensi yang sangat baik dikuasai oleh akseptor didik dan/atau kompetensi yang masih perlu ditingkatkan.


A. Pedoman Deskripsi Nilai Keterampilan

Deskripsi nilai keterampilan menurut nilai KD yang menonjol menurut pencapaian KD pada KI-4 selama satu semester.





0 Komentar untuk "Pedoman Dan Pola Deskripsi Pencapaian Perilaku Pada Kurikulum 2013 Edisi Revisi"

Back To Top