Menentukan Perbedaan Referensi Pengembangan Cerita: Pembahasan Soal Un Smp/Mts Tahun 2018

loading...


22. Bacalah kedua kutipan dongeng diberikut!

Kutipan I
Kutipan II
Kupu-kupu tersadar dari pingsannya, namun ia terkejut ketika ia tahu bahwa ia sedari tadi pingsan. Tiba-tiba Lalat hadir membawa obat-obatan. “Syukurlah kamu sudah pulih,” ungkapnya senang. Kupu-kupu terkejut lantaran yang menolongnya ialah binatang yang tadi pagi ia hina. Dia merasa berpinjaman budi padanya.  
“Mm.. Terima kasih ya Kau mau menolongku, padahal saya sudah menghinamu…, “ ungkapnya malu-malu,” Tidak apa kok, sudahlah kamu pulasan saja. Biar saya sanggup mengobati akupmu yang patah.” Kupu-kupu menurut, kemudian ia diobati oleh Lalat.
Tersebutlah di padang rumput yang indah nan damai, hiduplah sebuntut kelinci yang sangat badung. Setiap hari kerjaannya spesialuntuk mengusili penghuni padang rumput. Pada suatu hari, Si Kelinci bertemu dengan Pak Kijang. Dalam hati, Kelinci berpikir saya kerjain saja Pak Kijang, tapi bagaimana ya? Si Kelinci berpikir sangat keras dan tiba-tiba ada wangsit pembangkang hingga di kepalanya. Saya akan akal-akalan saja lari ke arah Pak Kijang sambil berteriak Pak Singa ngamuk… Pak Singa ngamuk …Hehehe…. 
Maka sambil larilah, Si Kelinci berteriak, “Pak Singa ngamuk… Pak Singa ngamuk …” Akhirnya, Pak Kijang sekeluarga lari tak beraturan tanpa arah, hingga anaknya Pak Kijang jatuh ke jurang dan tewas seketika.



Perbedaan contoh pengembangan kedua kutipan dongeng tersebut ialah dimulai dengan…


Kutipan I
Kutipan II
A
garis besar cerita
masalah yang harus diselesaikan
B
lokasi cerita
garis besar cerita
C
lokasi cerita
aksi tokoh
D
masalah yang harus diselesaikan
garis besar cerita

 Kunci jawabanan: A

Pembahasan

Kutipan I meliputi garis besar cerita, yaitu sikap dan sikap tokoh kupu-kupu yang suka menghina lalat, namun risikonya menyadari sikap dan perilakunya yang tidak benar. Ia justru ditolong oleh lalat yang selama ini dihinanya.

Kutipan II meliputi permasalahan atas sikap Si Kelinci yang pembangkang yang iseng menakut-nakuti Pak Kijang. Tindakan Si Kelinci berakibat fatal lantaran menjadikan anak Pak Kijang masuk jurang dan tewas.

Ringkasan Materi

Plot atau Alur

Plot atau alur ialah urutan insiden yang ialah dasar terciptanya sebuah cerita. Alur sanggup tampak apabila pengarang dalam menyusun dongeng antara tema pesan dan amanat saling berhubungan.

Cerita bergarak dari insiden yang lain, masing-masing peristiwa itu disusun secara runtut, utuh dan saling berhubungan. Plot ialah unsur fiksi yang penting, bahkan banyak orang menganggap sebagai unsur yang terpenting. Plot sanggup mempergampang dalam memahami suatu cerita. Tanpa adanya plot pembaca akan kesusahan dalam memahami suatu cerita.

Plot karya fiksi yang kompleks susah dipahami kekerabatan alasannya ialah tanggapan antarperistiwanya, menjadikan ceritanya susah dipahami. Dalam suatu dongeng biasanya dituliskan aneka macam insiden dalam urutan tertentu. Peristiwa yang diurutkan itulah yang disebut alur atau plot. Adapun pengertiannya berdasarkan Panuti Sudjiman (1998: 30) ialah jalinan insiden dalam karya sastra untuk mencapai imbas tertentu, kemudian ia juga mempersembahkan batasan bahwa alur ialah rangkaian insiden yang dijalin dan direka secara seksama yang menggerakkan jalan dongeng melalui rumusan ke arah titikpuncak dan penyelesaian. 

Penahapan plot sanggup diuraikan sebagai diberikut.

Tahapan plot: pertama-tengah-akhir. Tahap pertama sering disebut juga dengan tahap perkenalan. Tahap ini meliputi informasi-informasi penting yang berafiliasi dengan aneka macam hal yang akan dikisahkan diberikutnya. Tahap tengah atau tahap pertikaian menampilkan konflik atau perperihalan yang sudah mulai dimunculkan pada tahap sebelumnya. Adapun tahap simpulan atau tahap peleraian menampilkan adagan tertentu tanggapan titikpuncak. Pada cuilan ini, dimunculkan simpulan dari cerita. (b) Tahapan plot berdasarkan Richard Summers.Richard Summers membagi plot menjadi lima tahapan yaitu tahap situation (tahap penyituasian) yaitu tahap yang meliputi pengenalan tokoh serta situasi yang ada dalam cerita, tahap generating circumstances (tahap pemunculan konflik), tahap rising action (tahap peningkatan konflik), tahap climax (titikpuncak) yaitu titik intensitas puncak konflik yang dialami tokoh, tahap denouement (tahap penyelesaian). 

Dari uraian pendapat yang sudah dikemukakan, sanggup ditetapkan bahwa plot mengandung indikator-indikator diberikut: (a) plot ialah kerangka atau struktur dongeng yang ialah jalin-menjalinnya dongeng dari pertama hingga akhir, (b) dalam plot terdapat kekerabatan kausalitas (sebab akibat) dari peristiwa-peristiwa, baik dari tokoh, ruang, maupun waktu. Jalinan alasannya ialah tanggapan itu bersifat logis (masuk akal/dapat diterima nalar sehat/mungkin terjadi), (c) jalinan dongeng dalam plot dekat kaitannya dengan perjalanan dongeng tokoh-tokohnya, (d) konflik batin pelaku ialah sumber terjadinya plot dan berkaitan dengan tempat, dan waktu insiden cerita, dan (e) plot berkaitan dengan perkembangan konflik antara tokoh antagonis dengan tokoh protagonis.
BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
17. Menentukan Teknik Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
21. Menentukan Penyebab Konflik dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa  
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa  
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
  1. Pertanyaan yang jawabanannya ada pada teks
  1. Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
  1. Makna kata dalam teks
  1. Ide pokok paragraf
  1. Kalimat utama paragraf
  1. Simpulan paragraf
  1. Kalimat persetujuan dalam teks
  1. Kalimat kekerabatan alasannya ialah akibat
  1. Kalimat yang menawarkan (bukti) tabiat tokoh cerita
  1. Konflik dalam cerita
  1. Amanat cerita
  1. Kalimat yang tidak padu dalam teks
  1. Peristiwa yang tergambar dalam teks
  1. Teks laporan
  1. Urutan kalimat teks sastra
  1. Mengubah teks ke bentuk teks lain
  1. Perbaikan penulisan ejaan
  1. Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
  1. Ringkasan teks
  1. Tokoh utama cerita
  1. Konflik, penyebab konflik, dan tanggapan konflik
  1. Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
  1. Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
  1. Struktur teks resensi
  1. Pendapat pro dan kontra
  1. Jenis-jenis teks mekanisme
  1. Melengkapi teks prosedur
  1. Menyunting teks prosedur
  1. Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
  1. Keteladanan tokoh dalam teks biografi
  1. Fakta dan opini dalam teks biografi
  1. Membandingkan nilai moral dua teks fabel
  1. Membandingkan penerapan bahasa dua teks fabel
  1. Bagian-bagian teks ulasan film/drama
  1. Teknik memvariasikan kalimat
  1. Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
  1. Makna simbol dalam cerpen
  1. Menentukan cuilan alur cerpen
  1. Syarat-syarat paragraf yang baik
  1. Melengkapi kalimat dengan istilah yang sempurna
  1. Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
  1. Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
  1. Kalimat tidak efektif
  1. Alasan penerapan kata yang salah
  1. Penulisan karakter kapital
  1. Penggunaan ejaan yang tidak tepat
  1. Kesalahan penerapan tanda baca
  1. Penggunaan ejaan yang tepat
  1. Alasan ketidaktepatan penerapan tanda baca


Tag : UN SMP
0 Komentar untuk "Menentukan Perbedaan Referensi Pengembangan Cerita: Pembahasan Soal Un Smp/Mts Tahun 2018"

Back To Top