loading...
SOAL NOMOR 40: MEMPERBAIKI KALIMAT
40. Cermati paragraf diberikut!
Plaza Amabarroso akan menggelar Jogja Fashion Festival (JFF) pada bulan Maret 2017. JFF ke-10 ini akan menghadirkan sesuatu yang gres yang mana berupa “Fashion Show” busana laki-laki dengan mempunyai tema Mystique Man. Peragaan busana ini akan menjadi salah satu daya tarik pada acara yang digelar untuk meramaikan ulang tahun Plaza Ambarroso. Kegiatan kali ini menampilkan peragaan busana pria. Lelaki pun mempunyai gaya busana yang tidak kalah menarikdanuniknya dengan gaya busana wanita.
Perbaikan kalimat yang dicetak miring pada paragraf tersebut ialah . . .
A. JFF ke-10 ini dihadirkan dengan sesuatu yang gres yang berupa fashion show busana laki-laki dengan tema Mystique Man.
B. JFF ke 10 ini menghadirkan sesuatu yang gres berupa fashion show busana laki-laki dengan mempunyai tema Mystique Man.
C. JFF ke sepuluh ini akan hadirkan sesuatu yang gres berupa fashion show busana laki-laki dengan tema Mystique Man.
D. JFF kesepuluh ini akan menghadirkan fashion show yang gres berupa busana laki-laki dengan tema Mystique Man.
E. JFF kesepuluh ini akan menghadirkan sesuatu yang gres berupa fashion show dengan bertema Mystique Man.
Kunci jawabanan: D
Pembahasan
Alasan pilihan jawabanan yang sempurna ialah opsi D ialah sebagai Berikut.
1. Penulisan bilangan tingkat yang sempurna ialah kesepuluh, tidak ke sepuluh.
2. Kata dengan pribadi diikuti kata benda atau kata sifat bukan verba. melaluiataubersamaini demikian, bentuk yang benar ialah dengan tema, tidak dengan bertema.
RINGKASAN MATERI
A. Penulisan Bilangan Tingkat
Penulisan bilangan tingkat sanggup dilakukan dengan cara diberikut.
Misalnya:
abad XX
abad ke-20
abad kedua puluh
Perang Dunia II
Perang Dunia Ke-2
Perang Dunia Kedua
Misalnya:
abad XX
abad ke-20
abad kedua puluh
Perang Dunia II
Perang Dunia Ke-2
Perang Dunia Kedua
B. Penggunaan kata dengan
Kata dengan dipakai untuk menandai beberapa makna. Yang pertama ialah makna ‘kealatan’.
Makna itu terdapat pada ujaran yang menyatakan adanya alat yang dipakai untuk melaksanakan sesuatu. contohnya terlihat pada kalimat yang diberikut.
(1) Pohon itu ditebang dengan gerpenghasilan mesin.(2) Mereka memadamkan api itu dengan air seadanya.
(3) melaluiataubersamaini surat itu mereka melaporkan insiden sebenarnya.
Alat yang dipakai itu tidak selalu berupa benda konkret, tetapi juga benda abnormal menyerupai yang terlihat pada dua kalimat yang diberikut.
(4) Pemindahan penduduk tidak akan dilakukan dengan kekerasan.(5) Peraturan itu ternyata sanggup dilaksanakan spesialuntuk dengan pengawasan ketat.
Yang kedua ialah makna ‘kebersamaan’. Makna itu terdapat pada ujaran yang menyatakan adanya beberapa pelaku yang mengambil bab pada insiden yang sama. Perhatikan pola diberikut.
(6) Ayah sedang bercakap-cakap dengan tamunya.
Pada kalimat itu, baik ayah maupun tamunya sama-sama aktif mengambil bab pada insiden percakapan. misal yang lain sebagai diberikut.
(7) Adikku pergi berenang dengan kawan-kawannya.
(8) Para pemberontak bersedia berunding dengan pemerintah.
(9) Ayahnya melarang beliau berkawan dengan pemabuk.
(10) Kemarin saya bertemu dengan mitra lamaku.
Yang ketiga, makna ‘kesertaan’. Makna yang menyerupai dengan ‘kebersamaan’ itu terdapat pada tuturan yang menyatakan adanya benda yang menyertai pelaku. Penyerta itu umumnya benda yang tak bernyawa. Oleh alasannya ialah itu, penyerta itu tidak ikut aktif mengambil bab dalam insiden yang ditetapkan. Berikut ini ialah contohnya.
(11) Perampok itu pergi dengan barang-barang rampasannya.
(12) Peserta pertemuan itu pulang dengan kenangan manis.
Yang keempat ialah makna ‘kecaraan’ yang terdapat pada ujaran yang menyatakan cara insiden terjadi atau cara tindakan dilakukan. Berikut ini contohnya.
(13) Pertandingan itu berjalan dengan aman.
Selain itu, ada beberapa kata yang harus diikuti oleh komplemen yang dipertamai dengan kata dengan. Makna yang terdapat pada konstruksi menyerupai itu ialah ‘kesesuaian’ atau ‘ketaksesuaian’. contohnya menyerupai diberikut.
(14) Penebaran benih dilakukan bertepatan dengan ketika mulai demam isu hujan.
Kata bertepatan memerlukan komplemen yang dipertamai dengan kata dengan. Kita tidak sanggup membuat kalimat diberikut.
(14) *Penaburan benih dilakukan bertepatan. misal yang lain disajikan diberikut ini.
(15) Peraturan itu berperihalan dengan asas keadilan.
(16) Pemdiberian amnesti itu berkenaan dengan ulang tahun raja.
(17) Mereka tidak oke dengan seruan itu.
(18) Jangan membuat baju yang tidak sama dengan pesanan.
(19) Orang tuanya sekampung dengan orang bau tanah kami.
Banyak ditemukan pola kalimat yang salah alasannya ialah tidak memakai kata dengan, menyerupai diberikut.
(20) Buatlah gambar yang sesuai contoh.
(21) Kini mereka sanggup bertemu anaknya.
Kalimat itu seharusnya berbunyi menyerupai diberikut.
(20a) Buatlah gambar yang sesuai dengan CONTOH
(21a) Kini mereka sanggup bertemu dengan anaknya.
Jika kita tidak akan memakai kata dengan pada kalimat (21) itu, kata menemui sanggup dipakai alih-alih bertemu.
(21b) Kini mereka sanggup menemui anaknya.
Ada juga pemakaian kata dengan yang tidak pada tempatnya pada ragam resmi. Berikut ini contohnya.
(22) Kami diberikan surat ini dengan staf Saudara.
(23) melaluiataubersamaini kemenangan itu mengantarkan Graf ke final.
Kalimat (22) salah kalau mengungkapkan isu bahwa surat itu didiberikan kepada staf Saudara, tetapi benar kalau mengungkapkan isu bahwa kami dan staf Saudara bantu-membantu mempersembahkan surat itu. Kalimat (23) tidak bersubjek alasannya ialah kata dengan tidak pernah mendahului subjek. Berikut ini perbaikannya.
(22a) Kami diberikan surat itu kepada staf Saudara.
(23b) Kemenangan itu mengantar Graf ke final.
(http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/petunjuk_praktis/666) .
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA
1. Kalimat Resensi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
2. Pendeskripsian Watak Tokoh Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
3. Latar Suasana Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
4. Konflik dalam Cerpen Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
3. Latar Suasana Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
4. Konflik dalam Cerpen Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
5. Keterkaitan Isi Cerpen Dengan Kehidupan Sehari-hari Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
6. Persamaan Dua Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
7. Ringkasan Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
8. Kalimat Bermajas Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
9. Nilai dalam Cerpen Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
10.: Penilaian terhadap Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
11. Opini Penulis dalam Tajuk Rencana Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
12. Keberpihakan Penulis dalam Tajuk Rencana Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
13. Keteladanan Tokoh dalam Biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
15. Kalimat Fakta Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
16. Tujuan Penulis Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
17. Kata Tidak Baku Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
18. Kalimat Tidak Padu Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
19. Kata Rujukan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
20. Kalimat Simpulan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
21. Menentukan inspirasi pokok paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
22. Makna Kata/Istilah Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
23. Jawaban dari Pertanyaan Sesuai Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
24. Makna Kata Lambang Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
25. Makna Ungkapan dalam Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
27. Memperbaiki Kata Tidak Baku Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
28. Alasan Kesalahan Penggunaan Tanda Baca Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
29. Penulisan Nama Geografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
30. Pengembangan Topik Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
31. Kata Ulang Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
32. Penulisan Judul Karangan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
33. Menyusun Esai Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
34. Kalimat Berimbuhan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
35. Melengkapi Teks Drama Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
36. Amanat Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
37. Melengkapi Pantun Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
38. Kalimat Argumen Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
39. Teks Negosiasi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa
40. Memperbaiki Kalimat Klik
Tag :
UN 2018/2019 SMA
0 Komentar untuk "Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Sma/Ma Tahun Pelajaran 2017/2018 Nomor 40: Memperbaiki Kalimat"