Soal Ulangan Tengah Semester/Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Sma/Ma Kelas X Dilengkapi Kunci Balasan Dan Fatwa Penilaian

loading...


SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER

BAHASA INDONESIA KELAS X

1. Setiap teks mempunyai struktur yang tidak sama dengan jenis teks yang lain. Jelaskan struktur teks laporan hasil observasi!

2. Cermatilah teks diberikut!

MAPAG PANGANTEN

Perkembangan zaman mengubah pola pikir dan olahrasa masyarakatnya. Mereka lebih cenderung menggandrungi hal-hal yang bersifat “dari luar” dan hampir meninggalkan tradisi yang kaya dengan nilai-nilai. misalnya, prosesi upacara tabiat mapag penganten yang berasal dari Jawa Barat. Rata-rata generasi muda melengahkan nama upacara ini.

Hampir setiap kawasan mempunyai prosesi upacara dalam menyambut kehadiran pengantin. Salah satu yang mengundang perhatian yaitu keseruan dari prosesi upacara tabiat “mapag penganten” yang berasal dari Jawa Barat. Prosesi ini biasanya tidak spesialuntuk ada dalam pesta pernikahan, tetapi kerap juga ditampilkan dalam menyambut kehadiran para pejabat atau tamu negara. Upacara Adat “mapag panganten” ialah salah satu ritual yang menjadi cuilan dari seluruh rangkaian upacara tabiat penyambutan dalam masyarakat Sunda. Kesenian ini melibatkan sejumlah pemain gamelan, penari, pembawa umbul-umbul, dan Ki Lengser (sering disebut “lengser” saja).

            Gamelan dalam “mapag penganten” sebagai musik pengiring upacara. Gamelan ialah kesenian yang memadukan aneka macam alat musik. Gamelan Sunda terdiri atas bonang, saron panjang, jenglong, gong, kendang, suling, dan rebab. Jumlah pemainnya sesuai dengan jumlah instrumen yang dipakai. Penamaan pemain (nagaya) sesuai dengan instrumen yang dimainkannya ditambah kata tukang. Misalnya, pemain bonang disebut tukang bonang, pemain jenglong disebut tukang jenglong, dan seterusnya.

            Untuk kelengkapan pemikat, gamelan mengiringi tarian Merak. Sesuai dengan nama tariannya, pakaian dan gerakannya menggambarkan kehidupan merak yaitu hewan sebesar ayam dengan bulunya yang halus, bermahkota di kepala dan selalu menyebarkan bulu buntut untuk menarikdanunik merak betina. Para penari menggunakan kain dan baju yang menggambarkan bentuk dan warna bulu-bulu merak menyerupai warna hijau, biru, dan hitam. Ditambah sepasang akup yang melukiskan akup atau buntut merak yang sedang dikembangkan serta mahkota motif burung merak.

            Selain musik dan tariannya, kehadiran Ki Lengser atau Mang lengser biasanya menjadi sosok yang menarikdanunik perhatian penonton atau tamu undangan. Ki Lengser, orang yang mengarahkan jalannya upacara tersebut. Begitu rombongan kedua mempelai hadir ke gedung/tempat resepsi, lengser menyambut dan mengarahkan mereka ke dingklik pelaminan dengan diiringi para penari dan pembawa umbul-umbul. Peran lengser ini dilakoni oleh seorang pria. Sosok lengser diperankan sebagai seorang kakek dengan pakaian yang dikenakan terdiri dari: baju kampret,celana pangsi dilengkapi dengan sarung yang diselendangkan, dan totopong (ikat kepala). melaluiataubersamaini menunjukkan giginya yang ompong dan gerakan tari yang lucu, kehadirannya tak pelak mengundang tawa penonton/tamu undangan.

            Upacara Mapag Panganten tidak berlangsung lama, alasannya fungsinya spesialuntuk untuk menyambut kehadiran kedua mempelai/pejabat/tamu negara dan mengantarkannya ke dingklik pelaminan. Namun meski begitu, kehadirannya kerap dinantikan dan mengundang decak kagum banyak orang. (Yeni Elvira Syofyan)

Analisislah ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi yang meliputi kata/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks.

3. Setiap teks mempunyai struktur yang tidak sama dengan teks yang lain. Jelaskan struktur teks eksposisi!

4. Permasalahan lingkungan sangat bermacam-macam dan kompleks. Tulislah teks eksposisi bertema permasalahan lingkungan.

5. Analislah kebahasaan teks eksposisi yang sudah Anda buat yang meliputi kata teknis/istilah, kata sifat, afiksasi, dan kalimat verba.



KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN
PENILAIAN TENGAH SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : X/1
Kurikulum                   : 2013
Guru Mapel                 : Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

1. Struktur teks laporan hasil observasi
Teks laporan hasil observasi disusun dengan struktur (a) pernyataan umum atau klasifikasi, (b) deskripsi bagian, dan (c) deskripsi manfaat. Pernyataan umum meliputi pembuka atau pengantar hal yang akan disampaikan. Bagian ini meliputi hal umum wacana objek yang akan dikaji, menunjukan secara garis besar pemahaman wacana hal tersebut. Deskripsi per cuilan meliputi klarifikasi detail terkena objek atau cuilan yang diklasifikasikan. Deskripsi manfaat mengatakan bahwa setiap objek yang diamati mempunyai manfaat atau fungsi dalam kehidupan.
Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menunjukan struktur teks laporan hasil observasi meliputi definisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat  dengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menunjukan struktur teks laporan hasil observasi meliputi meliputi definisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat  dengan tepat.
3
3
Peserta didik menunjukan struktur teks laporan hasil observasi meliputi definisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat  dengan kurang tepat.
2
4
Peserta didik menunjukan struktur kebahasaan teks laporan hasil observasi meliputi definisi umum, deskripsi per bagian, dan deskripsi manfaat  dengan tidak tepat.
1

Total Skor


2. Aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi

1. Kata serta Frasa Verba dan Nomina
Frasa nomina: Perkembangan zaman, prosesi upacara

Frasa verba: hampir meninggalkan, sedang dikembangkan

2. Afiksasi

meng- + ubah = mengubah

meng-I + gandrung = menggandrungi

ke-an + hadir = kehadiran
3. Kalimat Definisi dan Kalimat Deskripsi

Adat “mapag panganten” ialah salah satu ritual yang menjadi cuilan dari seluruh rangkaian upacara tabiat penyambutan dalam masyarakat Sunda.

Gamelan ialah kesenian yang memadukan aneka macam alat musik.

4. Kalimat Simpleks dan Kompleks

Simpleks: Rata-rata generasi muda melengahkan nama upacara ini.

Kompleks: Mereka lebih cenderung menggandrungi hal-hal yang bersifat “dari luar” dan hampir meninggalkan tradisi yang kaya dengan nilai-nilai.
Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi meliputi kata/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks dengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi meliputi kata/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks dengan tepat.
3
3
Peserta didik menganalisis  kebahasaan teks laporan hasil observasi meliputi kata/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks dengan kurang tepat.
2
4
Peserta didik menganalisis kebahasaan teks laporan hasil observasi meliputi kata/frasa verba dan nomina, afiksasi, kalimat definisi/deskripsi, dan kalimat simpleks/kompleks dengan tidak tepat.
1

Total Skor



3. Struktur teks eksposisi

Teks eksposisi ialah teks yang dibangun oleh pendapat atau opini. Sejalan dengan isi teks eksposisi, struktur teks eksposisi meliputi (a) tesis atau penyataan pendapat, (b) argumentasi, dan (c) penegasan ulang.
Tesis atau pernyataan pendapat yaitu cuilan pembuka dalam teks eksposisi. Bagian tersebut meliputi pendapat umum yang disampaikan penulis terhadap permasalahan yang diangkat dalam teks eksposisi.

Argumentasi ialah unsur penjelas untuk mendukung tesis yang disampaikan. Argumentasi sanggup berupa alasan logis, data hasil temuan, fakta-fakta, bahkan pernyataan para ahli. Argumen yang baik harus bisa mendukung pendapat yang disampaikan penulis atau pembicara.

Bagian terakhir yaitu penegasan ulang, yaitu cuilan yang bertujuan menegaskan pendapat pertama serta menambah rekomendasi atau masukan terhadap permasalahan yang diangkat.
Pedoman Penskoran:

No.
Uraian Jawaban/Kata kunci
Skor
1
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksposisi meliputi tesis/ pernyataaan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang/rekomendasi  dengan sangat tepat.
4
2
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksposisi meliputi tesis/ pernyataaan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang/rekomendasi    dengan tepat.
3
3
Peserta didik menjelaskan struktur teks eksposisi meliputi tesis/ pernyataaan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang/rekomendasi  dengan kurang tepat.
2
4
Peserta didik menjelaskan struktur kebahasaan teks eksposisi meliputi tesis/pernyataaan pendapat, argumentasi, dan penegasan ulang/rekomendasi  dengan tidak tepat.
1

Total Skor



4. pola teks eksposisi bertema lingkungan

Nilai Akhir : (skor nomor 1+ 2+3+4+5 ) X 5

Nilai terbaik : 20 X 5 = 100
Tag : PEMBELAJARAN
0 Komentar untuk "Soal Ulangan Tengah Semester/Penilaian Tengah Semester Bahasa Indonesia Sma/Ma Kelas X Dilengkapi Kunci Balasan Dan Fatwa Penilaian"

Back To Top