Persiapan Un 2019 Sma/Ma: Kisi-Kisi, Soal, Pembahasan, Dan Ringkasan Bahan Ujian Nasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sma/Ma Aktivitas Ipa/Ips

loading...

Berikut disajikan kisi-kisi, soal, dan pembahasan untuk persiapan UN tahun pelajaran 2018/2019
mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA yang terdiri atas lima ruang lingkup materi, yaitu 
membaca nonsastra, membaca sastra, menulis terbatas, menyunting kata, kalimat, dan paragraf, dan

menyunting ejaan dan tanda baca.
KISI-KISI UN, SOAL, DAN PEMBAHASAN BAHASA INDONESIA SMA/MA

A. RUANG LINGKUP MATERI: MEMBACA NONSATRA


2.        Mengidentifikasi informasi tersurat


b.        Informasi tersurat pada bacaan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal

c.         Keistimewaan dan keteladanan tokoh dalam teks biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal

d.        Mengidentifikasi Informasi Tersurat dalam Teks Biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal




6.        Menyimpulkan isi tersirat dalam teks


b.        Opini redaksi dalam tajuk rencana Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal

c.       Pihak yang dituju dalam tajuk rencana Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal


8.        Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal


B. RUANG LINGKUP MATERI: MEMBACA SASTRA

1.        Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra



2.        Memaknai isi tersurat dalam karya sastra



3.        Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, alasannya konflik, jawaban konflik, amanat, nilai -nilai)




4.        Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal

5.        Membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)



c.       Kaitan isi novel dengan kehidupan masa sekarang Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal

6.      Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra

a.         Kalimat keunggulan/ kelemahan dongeng Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal 



C. RUANG LINGKUP MATERI: MENULIS TERBATAS

1.        Melengkapi unsur teks eksposisi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal  

2.        Melengkapi unsur teks deskripsi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal

3.        Melengkapi unsur teks argumentasi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal

4.        Melengkapi unsur teks ulasan


6.        Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama) Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal

7.        Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak) Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal  

8.        Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama


D. RUANG LINGKUP MATERI: MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF

1.        Mengidentifikasi kesalahan penerapan kata/istilah Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal


2.        Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf  Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal

3.        Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)



4.        Mengisi dengan konjungsi yang sesuai Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal  

5.        Memperbaiki kesalahan penerapan kalimat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal

6.        Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal  

E. RUANG LINGKUP MATERI: MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA

1.        Mengidentifikasi kesalahan penerapan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas) Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal


3.        Menggunakan ejaan

4.        Memperbaiki kesalahan penerapan ejaan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal


5.        Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal  

SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 DAN PEMBAHASAN
BAHASA INDONESIA SMA/MA IPA/IPS




1.      Cermatilah kutipan novel diberikut ini!
Belajar apaan?” Sam memandang Ali dengan pertanyaan.
“Belajar berbakti. Belajar berbakti kepada orang yang sudah membesarkanku.”
“God wil angry if you not it, is’t it?”
Ali berdehem seraya tersenyum lebar, tetapi tampak ibarat menahan galak tawa.” Ini mah kewajiban yang sanggup dilakukan nanti.”
And God will give you a heaven if you do it?”
“berbakti kepada orangtua mutlak harus dilakukan, Sam. Jasa orangtua tak terbalaskan hingga kapan pun.”

Kalimat resensi berupa kelemahan sesuai dengan kutipan novel tersebut ialah . . .
A.     Novel ini sebagian memakai bahasa abnormal sehingga susah memahami isi dongeng .
B.     Novel ini tidak disukai oleh pembaca lantaran banyak memakai bahasa asing.
C.     Pengarang kurang terperinci mendeskripsikan tabiat tokoh sehingga susah dipahami.
D.     Pembaca novel tidak tertarik membaca novel berbahasa canmpuran.
E.      Novel ini tidak menggambarkan perteman dekatan dua remaja.

Cermati kutipan diberikut untuk menjawaban soal nomor 2 dan 3!
       Bagi nenek, wibawa harus terus dijaga biar orang di luar griya mau menghargainya. Kenyataannya? Memang nenek bisa mengatur keluarga. Bahkan Ida Bagus Tugur, suaminya, takkan berkutik spesialuntuk dengan batuk kecil. Anehnya, nenek spesialuntuk pintar membaca kesalahan-kesalahan yang dibentuk suaminya. Tapi dia tidak lihai membaca kesalahan anak keakungannya, anak lelaki satu-satunya yang teramat dia kagumi dan terlalu sering membuat perkara itu.

2.      Pendeskripsian tabiat tokoh nenek yang keras kepala dalam kutipan tersebut diungkapkan melalui . . .
A.     situasi sekitar tokoh
B.     gambaran fisik tokoh
C.     tingkah laris tokoh
D.     ungkapan tokoh lain
E.      uraian pengarang

3.      Pembuktian latar suasana  tidak nyaman dalam kutipan tersebut ialah . . .
A.     Nenek selalu mempermasalahkan suaminya.
B.     Nenek selalu menjaga wibawanya.
C.     Nenek tidak bisa mengatur keluarga.
D.     Cucu nenek sering membuat masalah.
E.      Suami nenek tidak berkutik dengan batuk kecil. 
Cermati kutipan cepen diberikut untuk menjawaban soal nomor 4 dan 5!                                            Satu jam silam, kami melongo dan terhanyut dalam angan masing-masing. Persoalan yang kami hadapi saat ini benar-benar di luar batas kemampuan. Tapi saya yakin bahwa Tuhan tidak memdiberi cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya. Namun, Ranti Istriku, tetap ngotot dan terus-menerus mendesakku. Kami masih tetap terdiam, saya berdiri dan berjalan ke sana-ke mari. “Jangan mondar-mandir, Mas, cepat cari jalan keluar, kepalaku rasanya mau copot, lagi pula perkara ini tidak bisa menunggu, harus segera cari pinjaman lantaran kalau hujan turun dengan lebat takutmya rumah ini akan rubuh.”
4.      Konflik dalam kutipan cerpen tersebut ialah . . .
A.     saling ngotot tidak mau mengalah
B.     istri tidak sabar
C.     susah mencari jalan keluar
D.     butuh pinjaman uang
E.      suami mengalah kepada keadaan

5.      Keterkaitan isi cerpen dengan kehidupan sehari-hari ialah . . .
A.     Suami biasanya tidak peduli dengan perkara rumah tangga.
B.     Seorang istri menuntut suami untuk mencari penghasilan tambahan.
C.     Istri lebih emosional dalam mengatasi permasalahan daripada suami.
D.     Perlu pinjaman dana yang besar untuk memperbaiki rumah.
E.      Selalu ada jalan bila kita berusaha untuk memperbaiki rumah yang rubuh.
 Cermati teks diberikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 7!                                                  Teks 1                                                                                                                                     Seorang kakek hidup serumah bersama anak, menantu, dan cucu berusia 6 tahun. Keluarga itu biasa makan malam bersama. Si kakek yang sudah pikun sering mengacaukan segalanya. Tangan bergetar dan mata rabunnya membuat kakek susah menyantap makanan. Sendok dan garpu kerap jatuh.                                                             Saat si kakek meraih gelas, sering susu tumpah membasahi taplak. Anak dan menantunya menjadi gusar. Suami-istri itu kemudian menempatkan sebuah meja kecil di sudut ruangan, daerah sang kakek makan sendirian. Mereka mempersembahkan mangkuk melamin yang tidak simpel pecah. Saat keluarga sibuk dengan piring masing-masing, sering terdengar ratap kesedihan dari sudut ruangan. Namun, suami-istri itu jusrtu mengomel biar si kakek tak menghamburkan kuliner lagi.                                                                           
       Sang cucu yang berusia 6 tahun mengamati tiruana kejadian di dalam diam.                            
        Suatu hari si ayah memerhatikan anaknya sedang membuat replika mainan kayu.     “Sedang apa, Sayang?” tanya ayah pada anaknya. “Aku sedang membuat meja buat ayah dan ibu. Persiapan buat ayah dan ibu jikalau saya besar nanti.” Ayah anak kecil itu pribadi terdiam.                                                                                                                                        Ia berjanji dalam hati, mulai hari itu, kakek akan kembali diajak makan di meja yang sama. Tak kan ada lagi omelan ketika piring jatuh, makan tumpah, atau taplak ternoda kuah.                                  
       Teks 2                                                                                                             
        Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono, dua orang mahasiswa sedang bercengkrama-bincang.                                                                                                       
       “Saya heran pada dosen ilmu politik, kalau ngajar selalu duduk, tidak pernah mau berdiri,” kata Tono kepada Udin. Udin ogah-ogahan menjawaban pertanyaan Tono. Udin beranggapan bahwa perkara yang dibicarakan Tono itu tidak penting.                                 Namun, Tono tetap meminta biar Udin mau menerka teka-tekinya.                                   “Barangkali saja, ia capek atau kakinya tidak berpengaruh berdiri,” jawaban Udin merasa jengah. Ternyata jawabanan Udin masih juga salah. Menurut Tono, dosen yang juga pejabat itu tidak bersedia berdiri alasannya takut kursinya diambil orang lain.”                                     Mendengar pernyataan Tono, Udin menanyakan apa kekerabatan antara menjadi dosen dan pejabat.                                                                                                   
       “Ya, kalau dia berdiri, takut kursinya diduduki orang lain.” ungkap Tono.
6.      Persamaan kedua teks cerita tersebut ialah . . .
A.     menggunakan sudut pandang orang ketiga
B.     menguraikan tabiat tokoh kakek dan dosen yang lugu
C.     konflik wacana masa depan tokoh kakek dan dosen
D.     latar dongeng di rumah tokoh utama
E.      tema cerita wacana kesabaran tokoh
   
7.       Ringkasan isi dongeng pada teks 2 adalah  . . .
A.     Di kantin sebuah universitas, Udin dan Tono dua orang mahasiswa sedang bercengkrama-bercengkrama.
B.     Mendengar pertanyaan Tono, Udin menanyakan apa hubungan  antara menjadi dosen, kalau dia tidak mau berdiri ketika mengajar.
C.     Teka-teki Tono wacana dosen Udin yang enggan berdiri kalau sedang mengajar di kelas Tono.
D.     Udin menerka teka-teki Tono, bahwa dosennya barangkali saja capek atau kakinya tidak berpengaruh berdiri.
E.      Tono meminta biar Udin menerka teka-tekinya wacana alasannya dosen ilmu politiknya yang kalau mengajar selalu duduk.

Cermati kutipan cerpen diberikut untuk menjawab soal nomor 8 dan 9!                         (1) Matahari sedang mencium lembah-lembah pegunungan ketika aku terbangun di pagi itu. (2) Aku terpaku menikmati pemandangan desa yang sungguh menawan, takkan kutemukan tiruana ini di hiruk pikuknya kota. (3) penduduk desa yang masih bersahaja, saling senyum dan bertegur sapa. (4) Mereka bahu-membahu turun ke sungai. (5) Sungai yang airnya masih jernih, jauh dari tercemar. 
9.      Nilai sosial dalam kutipan cerpen tersebut ialah . . .
A.     Pemandangan alam desa yang sangat indah di pagi hari.
B.     Pepegununganan yang masih diselimuti awan.
C.     Kehidupan desa yang bersahaja dengan penduduknya yang ramah.
D.     Sungai-sungai di desa yang masih jauh dari pencemaran.
E.      Hiruk pikuk kota yang tidak ditemukan di desa. 
10.  Cermati teks diberikut!
       Manchester kaya akan museum. Salah satunya ialah Imperial War Museum North yang berhasil mengalahkan daya tarik Museum London dengan sumbangan teknologi interaktifnya. Sementara itu,  Manchester Art Gallery yang baru-baru ini mengalami pemugaran dan ekspansi hampir dua kali lipat luas sebelumnya, dikenal dengan karya-karya seni Pra-Raphaclite, seni dujungatif ibarat kaca, perkakas logam, porselen, perak, dan perabot lainnya. Hal terbaru yang membuat fenomena museum di Manchester makin berpengaruh ialah dibukanya Museum Sepak bola Nasional. Bangunan beling segitiga ini menyimpan koleksi seragam sepak bola hingga Piala Dunia yang ditanhadirani serta memorabilia lainnya. Tapi keunggulan utamanya ialah dalam membuktikan sejarah sepak bola dan pentingnya sepak bola di mata penggemarnya.

Penilaian terhadap isi teks tersebut ialah . . .
A.     Manchester ialah sebuah kota yang dipenuhi dengan museum yang mempunyai sejarah bertaraf internasional dari aneka macam bidang.
B.     Manchester memang populer dengan aspek sepak bolanya yang dipelopori oleh kesebelasan populer Manchester United.
C.     Meskipun namanya Museum Sepak Bola Nasional, tetapi isinya ialah sejarah sepak bola dan kesebelasan sepak bola sedunia.
D.     Perluasan dan pemugaran museum sebagai masukana pengetahuan mutlak dibutuhkan bila sebuah negara ingin diakui negara lain.
E.      Kecuali museum seni dan museum olahraga, Manchester juga mempunyai museum perang yang sangat lengkap melebihi museum di London.
Cermati kutipan tajuk rencana untuk menjawaban soal nomor 11 dan 12! 
Harga BBM resmi dinaikkan sebesar dua ribu rupiah pada Senin, 17 November 2014. Kenaikan BBM ini memicu reaksi dari banyak pihak. Kenaikan BBM ini otomatis memengaruhi seluruh harga yang ada di masyarakat, mulai dari harga sembako hingga tarif angkutan umum. Bukan  spesialuntuk para ibu rumah tangga yang mencicipi dampak kenaikan BBM tersebut, pedagang hingga para pelajar pun mencicipi imbas dari kenaikannya. Ibu rumah tangga sekarang harus pandai-pandai mengatur keuangan keluarga biar tetap cukup hingga simpulan bulan dengan kondisi harga yang semakin mencekik. Para pelajar pun, baik yang memakai kendaraan pribadi maupun yang memakai angkutan umum untuk ke sekolah, harus mulai mengirit uang jajan mereka.
Kenaikan BBM memang sudah tersebar luas. Hal tersebut membuat masyarakat menjadi gundah dan mengambil tindakan dengan cara menaikkan harga sembako. Saat BBM naik, agresi protes dari mahasiswa pun tak sanggup ditahan lagi.
11.      Opini penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut adalah . . .
A.  Kenaikan BBM memicu keresahan banyak pihak.
B.   Ibu rumah tangga yang mencicipi dampak kenaikan BBM.
C.   Harga BBM resmi dinaikkan sebesar dua ribu rupiah.
D.  Aksi protes dari mahasiswa pun tak sanggup ditahan lagi.
E.   Kenaikan BBM mesti disadari demi kesejahterahan rakyat.

12.  Keberpihakan penulis dalam kutipan tajuk rencana tersebut kepada . . .
A.  ibu rumah tangga
B.   pelajar.
C.   pemerintah.
D.  masyarakat.
E.   pedagang.

13.  Cermati kutipan biografi!
Januari 1935, Hatta dan kawan-kawannya datang di Tanah Merah, Boven Digoel (Papua). Desember 1935, Kapten Wiarda, pengganti van Langen, memdiberitahukan bahwa daerah pengasingan Hatta dan Sjahrir dipindah ke Bandguaira. Januari 1936 keduanya berangkat ke Bandguaira. Mereka bertemu Dr. Tjipto Mangunkusumo dan Mr. Iwa Kusumasumantri. Di Bandguaira, Hatta dan Sjahrir sanggup bergaul bebas dengan penduduk setempat dan memdiberi pelajaran kepada belum dewasa setempat dalam bidang sejarah, tata buku, politik, dan lain-lain.

Hal yang sanggup diteladani dari tokoh Hatta  dalam kutipan tersebut ialah . . .
A.  Bersama kawan-kawannya pergi ke Tanah Merah.
B.   Pindah dari Boven ke Bandguaira Januari 1936.
C.   Bertemu Dr. Tjipto Mangkunkusumo di Bandguaira.
D.  Bergaul bebas bersama penduduk di mana pun berada.
E.   Memdiberi pelajaran kepada belum dewasa di Bandguaira.

14.  Cermatilah kalimat-kalimat diberikut!
Kalimat utama: memotret insan ialah sebuah seni tertinggi dalam fotografi.
Kaliamat penjelas :
(1)   Diperlukan kamera khusus yang harganya mahal lantaran kamera tersebut mempunyai ketajaman serius yang baik.
(2)   Dalam foto jurnalis, memotret insan memerlukan waktu dan sudut pemotretan yang sesuai.
(3)   Ada waktu yang tidak bisa ditawar ketika menekan tombol rana untuk merekam ekspresi atau gestur badan yang khas.
(4)   Ada sudut pemotretan tertentu untuk merekam insan dengan sebaik-baiknya sesuai rencana pemotretan.
(5)   Memotret insan hendaknya memotret model yang elok atau tampan dan menyesuaikan dengan situasi.
            Kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama terdapat pada nomor . . .                                       A. (1), (2), dan (3)                                                                                                                                B. (1), (2), dan (4) 
                C. (2), (3), dan (4)                                                                                                       
                D. (2), (3), dan (5)                                                                                                       
                 E. (3), (4), dan (5)       
       Cermati paragraf diberikut untuk menjawaban soal nomor 15 s.d. 17!                     (1) Udara yang dihirup makhluk hidup mempunyai kadar oksigen 21 persen. (2) kadar      tersebut harus tetap terpelihara. (3) Namun setiap tahun, dunia industri akan menghabiskan kira-kira 41 persen oksigen untuk menggerakan roda perindustriannya. (4) kalau dituliskan dalam bilangan nyata, oksigen dihabiskan oleh industri kurang lebih 400 ton setiap menit yang akan diambil dari udara tanpa pengembalian. (5) meskipun bilangan itu cukup besar, keadaan itu belum hingga membuat kita sesak nafas.   
15.  Kalimat fakta dalam paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor . . .
A.  (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.  (4)
E.   (5)

16.   Tujuan penulisan paragraf tersebut ialah . . .
A.  Mengimbau biar perindurtrian menjaga keseimbangan penerapan oksigen.
B.   Menggambarkan betapa besar penerapan oksigen oleh industri.
C.   Menginformasikan kebutuhan jumlah oksigen yang oleh perindustrian.
D.  Mengingatkan perindustrian biar menghemat oksigen.
E.   Menginformsikan bahwa perindustrian sudah boros dalam penerapan oksigen.

17.  Kata tidak baku paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor . . .
A.  (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.  (4)
E.   (5)

18.  Cermati paragraf diberikut!                                                                                                   (1) Lagi-lagi gaya hidup yang tidak sehat dituduh sebagai salah satu biang keladi          menurunnya fungsi otak. (2) kebiasaan makan kuliner yang salah sanggup disebut sebagai contoh. (3) Apalagi, maraknya kuliner yang “enak-enak” berkadar gula, garam, dan lemak tinggi yang dijajakan membuat kita kerap tak kuasa menahan diri. (4) Hal ini sanggup kita lakukan dengan pengecekan gula darah, kadar asam urat, dan tensi ke laboratorium. (5) akibatnya, aliaran darah ke otak terhambat oleh pengerasan dan penyempitan pembuluh darah.

Kalimat tidak padu pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat nomor . . .
A.  (1)
B.   (2)
C.   (3)
D.  (4)
E.   (5)

Cermati paragraf diberikut ini untuk menjawaban soal nomor 19 dan 20!
       Satuan paling utama dalam sistem metrik ialah meter. Satuan panjang ini  adalah satu persepuluh juta jarak antara jarak antara Paris dan Kutub Utara. Pada era ke-20, meter, sejalan dengan pengukuran-pengukuran lainnya dalam satu sistem metrik, sudah diperbaharui sehingga cukup akurat untuk pengukuran ilmiah yang sangat cermat. Sekarang meter didefinisikan dalam ukuran gelombang-geolombang dari jenis sinar laser tertentu. 

19.  Kata ini  yang bercetak miring merujuk pada kata . . .
A.  meter
B.   metrik
C.   satuan
D.  utama
E.   sistem

20.  Kalimat kesimpulan yang sesuai paragraf tersebut adalah...
A.  Selain itu, meter dipakai untuk mengukur satu persepuluh jarak daerah tertentu.
B.   Dapat dikatakan, sistem metrik sejalan dengan pengukuran lainnya dalam satu sistem metrik.
C.    Oleh alasannya itu, meter dipakai sebagai satuan paling utama dalam sistem metrik.
D.  Jadi, metrik yang sudah diperbaharui pada era ke-20 sudah cukup akurat dan cermat.
E.   Akibatnya, meter didefinisikan dalam ukuran gelombang untuk jenis sinar laser tertentu. .                                                                           
Bacalah paragraf diberikut untuk menjawaban soal nomor 21 s.d 23                                     Pemerintah kota (Pemkot) Salatiga bersama Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan PT  Pertamina MOR IV berkoordinasi terkait penambahan stok hingga dua kali lipat elpiji tiga kilogram pada Juni 2016. Upaya tersebut sebagai langkah antisipasi dini supaya tidak terjadi kelangkaan elpiji di Kota Salatiga. Selama Ramadan hingga menjelang Idulfitri diperkirakan kelangkaan elpiji tidak akan terjadi. Bulan sebelumnya, stok elpiji melon di Kota Salatiga spesialuntuk 2.240 tabung. Per Juni 2016 stok elpiji tiga kilogram bertambah menjadi 4.480.
21.   Ide pokok paragraf tersebut ialah . . .
A.  kerjasama pemerintah Salatiga dengan Pemprov Jawa Tengah
B.   upaya menggulangi kelangkaan elpiji di Kota Salatiga
C.   stok elpiji di Kota Salatiga
D.  penambahan stok elpiji per Juni 2016
E.   stok elpiji melon di Kota Salatiga

22.  Makna kata bercetak miring pada paragraf tersebut ialah perhitungan . . .
A.  perihal hal-hal yang belum terjadi.
B.   perihal hal-hal yang sudah terjadi.
C.   rata-rata yang terjadi.
D.  rata-rata setiap bulan.
E.   permintaan yang akan hadir.

23.  Bagaimana Kota Salatiga mengantisipasi kelangkaan elpiji menjelang lebaran . . .
A.  Stok elpiji ditambah dua kali lipat di Pemprov Jawa Tengah.
B.   Mulai Juni 2016 stok elpiji di Kota Salatiga akan ditambah dua kali lipat.
C.   Pemesan elpiji pemerintah Salatiga ditambah dua kali lipat.
D.  Pemerintah bekerja sama dengan pemasok.
E.   Mengurangi penggunanaan elpiji di lingkungan rumah tangga.  
  Cermati kutipan cerpen diberikut untuk menjawaban soal nomor 24 dan 25!                       Ayah mengamatiku dari atas ke bawah. Ia berdiri dari dingklik daerah duduknya, kemudian             berkata, “Kau ialah tangan kananku, Nak! Raihlah bintang di langit sana ketika masih        muda. Jangan spesialuntuk genjrang-genjring  di sepanjang hari, heh?”                                 
       saya tidak tahu mengapa kamu membuang waktumu dengan sia-sia. Ayah meraih dan merenggut gitar dari tanganku. Lalu melempar gitarku ke gudang perkakas lainnya.  
24.  Makna kata bintang  pada kutipan tersebut adalah melambangkan . . .
A.  bekerja sangat keras
B.   cita-cita yang tinggi
C.   kesuksesan belajar
D.  kemuliaan tujuan
E.   keindahan hidup
25.  Maksud kelompok kata tangan tangan dalam kutipan tersebut ialah . . .
A.  orang kepercayaan
B.   tangan sebelah kanan
C.   pembawa bahagia
D.  seorang penyelamat
E.   tangan yang kuat


PEMBAHASAN LENGKAP SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA NOMOR 1-50

Sebagai persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun 2019, diberikut disajikan pembahasan lengkap soal UN tahun 2017/2018 nomor 1-50 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA. Pembahasan soal tersebut sanggup dibaca pada tautan-tautan sebagai diberikut. Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal



Kisi-Kisi/Materi, Soal, dan Pembahasan Soal UN Tahun 2018


5. Keterkaitan Isi Cerpen melaluiataubersamaini Kehidupan Sehari-hari Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal









14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal 












26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal 












38. Kalimat Argumen untuk Mendukung Kalimat Pendapat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal 





43. Memperbaiki Penulian Kata Serapan yang Tidak Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal 





48. Perbaikan Kalimat Tidak Efektif dan Alasan Perbaikan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal 

49. Mengurutkan Kalimat Acak Menjadi Paragraf Padu Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=memaknai-istilah-ringkasan-materi-soal 





0 Komentar untuk "Persiapan Un 2019 Sma/Ma: Kisi-Kisi, Soal, Pembahasan, Dan Ringkasan Bahan Ujian Nasional Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sma/Ma Aktivitas Ipa/Ips"

Back To Top