Pembahasan Soal Un Tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia Smp Nomor 13 Bahan Memilih Keistimewaan Tokoh Pada Teks Biografi

loading...


Menentukan Keistimewaan Tokoh pada Teks Biografi
13. Bacalah teks diberikut! 
Nama NH. Dini ialah kependekan dari Nurhayati Sri Hardini. Nh. Dini dilahirkan pada tanggal 29 Februari 1936 di Semarang. Ayahnya, Salyowijoyo, seorang pegawai perusahaan kereta api. Ibunya berjulukan Kusaminah. Bakat menulis Dini tampak semenjak berusia sembilan tahun. Dini bercita-cita menjadi dokter hewan. Namun, ia tidak sanggup mewujudkan keinginan itu lantaran orang tuanya tidak bisa membiayainya. Ia spesialuntuk sanggup mencapai pendidikannya hingga sekolah menengah atas jurusan sastra. Dini menambah pengetahuan di bidang lain, yaitu menari Jawa dan memainkan gamelan. Meskipun demikian, ia lebih berserius pada aktivitas menulis. Hasil karyanya yang berupa puisi dan cerpen dimuat dalam majalah Budaya dan Gadjah Mada di Yogyakarta (1952). Pada tahun 1955, ia memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio dalam Festival Sandiwara Radio di seluruh Jawa Tengah. 
Keistimewaan tokoh pada teks tersebut ialah …
A. Anak seorang pegawai perusahaan kereta api dan ibu rumah tangga.
B. Dini bercita-cita menjadi dokter binatang ternama semenjak kecil.
C. Dini mempunyai talenta menulis semenjak berusia sembilan tahun
D. Dini memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio se-Jawa Tengah.
Kunci Jawaban: D
Pembahasan
Keistmewaan seseorang ialah sesuatu yang khas dan tdak tiruana orang memilikinya. Keistimewaan pada teks tersebut ialah Dini memenangkan sayembara penulisan naskah sandiwara radio se-Jawa Tengah (opsi D) lantaran sanggup memenangkan sayembara atau lomba ialah sesuatu yang luar biasa atau istimewa.

RINGKASAN MATERI
Menentukan Keistimewaan dan Keteladanan Tokoh pada Teks Biografi
Teks biografi ialah teks yang meliputi kehidupan seorang tokoh untuk diambil nilai kehidupannya baik pandangannya maupun perilakunya.
Keistmewaan seseorang ialah sesuatu yang khas dan tdak tiruana orang memilikinya. Sedangkan Keteladanan seorang tokoh ialah sifat/perilaku baik yang layak ditiru. 
misal Soal Menentukan Keistimewaan dan Keteladanan Tokoh pada Teks Biografi
Bacalah teks diberikut.    
     Nama orisinil Pangeran Diponegoro ialah Raden Mas Ontowiryo. Beliau termasuk garis keturunan Sultan Hamengku Buwono III. Ketika sultan ingin mengangkatnya menjadi raja, dia menolak dan menentukan meninggalkan keraton. Hal ini disebabkan dia merasa tidak berhak sebagai anak dari seorang selir, bukan permaisuri. Hal ini tidak sama dengan kebanyakan orang pada umumnya yang menginginkan menjadi raja walaupun bukan haknya.
    Diponegoro juga lebih tertarik pada kehidupan religius dan merakyat sehingga lebih suka tinggal di Tegalrejo, kediaman nenek buyutnya, Ratu Ageng Tegalrejo, permaisuri HB I. Lebih dari itu, Pangeran Diponegoro juga tidak suka akan campur tangan Belanda yang terlalu besar dalam keraton. (www.pahlawanindonesia.com) 

1. Keistimewaan tokoh tersebut ialah … .
A. anak seorang selir raja
B. tertarik pada kehidupan religius
C. membenci campur tangan Belanda
D. keturunan Sultan Hamengkubuwono III
2. Sikap yang patut diteladani dari tokoh tersebut ialah …
A. menolak menjadi raja
B. meninggalkan keraton
C. kehidupannya yang merakyat
D. tinggal bersama nenek buyutnya

Tag : UN SMP
0 Komentar untuk "Pembahasan Soal Un Tahun 2017/2018 Bahasa Indonesia Smp Nomor 13 Bahan Memilih Keistimewaan Tokoh Pada Teks Biografi"

Back To Top