loading...
25. Bacalah kutipan kisah diberikut!
Motorku melaju dengan cepat, bunyi ayah dan bundaku masih saja terdengar di telingaku. Aku menambah kecepatan motorku. Aku melewati tikungan yang jalannya licin, sehingga saya tergelincir. Motorku masih di atas, tetapi badanku jatuh ke bawah, menyerupai masuk jurang. Tidak begitu dalam, tetapi susah untukku naik ke atas lantaran jurang itu berbentuk sudut 90 derajat. Aku sungguh takut. Aku menangis. Di sini sangat petang, petang sekali. Keunggulan kutipan kisah tersebut yakni ….
A. selesai kisah mengejutkan sehingga mempersembahkan kesan mendalam
B. isi ceritanya menginspirasi pembaca untuk berhati-hati
C. banyak memakai kiasan
D. selesai kisah simpel ditebak oleh pembaca
(Soal UN tahun 2018 Bahasa Indonesia SMP/MTs)
Pembahasan
Keunggulan yakni keadaan (lebih) unggul; keutamaan; kepandaian (kecakapan, kebaikan, kekuatan, dan sebagainya) yang lebih daripada yang lain (https://kbbi.web.id/unggul).
Pernyataan tentang keunggulan buku yakni pernyataan tentang keutamaan, kebaikan, dan kekuatan buku yang lebih daripada yang lain.
Pernyataan yang menyatakan keunggulan pada buku teks tersebut yakni isi ceritanya menginspirasi pembaca untuk berhati-hati (opsi B) dalam mengendarai motor. Kita dilarang mengendarai motor dengan kecepatan tinggi lantaran sanggup mengalami kecelakaan dan berakibat fatal menyerupai yang terdapat dalam kisah tersebut.
RINGKASAN MATERI
RESENSI BUKU
A. Pengertian Resensi
Resensi berasal dari Bahasa Latin yaitu revidere atau recensie (Belanda) yang artinya yakni menimbang, melihat kembali, atau menilai.
Dalam KBBI, resensi yakni ulasan dari sebuah buku. Makara resensi ialah ulasan singkat/tulisan terkena isi suatu buku, novel, majalah, drama ataupun film yang biasanya disiarkan oleh media-media sosial. Orang yang melaksanakan resensi disebut peresensi. Orang yang melaksanakan resensi harus adil.
Tujuan meresensi buku antara lain mengajak para pembaca untuk berdiskusi lebih lanjut tentang duduk masalah yang diangkat dalam buku, mempersembahkan pemahaman dan informasi terhadap buku, mempersembahkan pertimbangan kepada pembaca, dan mempersembahkan jawabanan /informasi atas pertanyaan yang sering dilontarkan pembaca terhadap buku. Berikut yakni ciri-ciri teks resensi.
B. Struktur
1. Judul resensi
Judul resensi ialah identitas suatu karya tulis sama halnya dengan judul buku. misal: The Coke Machine, Kebenaran Kotor di Balik Minuman Ringan Favorit Dunia
2. Identitas buku, meliputi: judul buku, nama pengarang, nama penerbit, ketebalan buku, tahun terbit, dan nomor edisi.
misal: 1. Identitas buku
Judul buku : Hujan Kepagian Pengarang : Nugroho Notosusanto Penerbit : Balai Pustaka Tahun Terbit : 2011 Jumlah Halaman : vi+62 halaman |
3. Penlampauan , meliputi latar belakang pengarang, keahlian, sikap-sikap, dan karya-karya yang dihasilkan olehnya. Biasanya kita bisa menemukan informasi terkena pengarang pada pecahan pertama atau selesai pada buku.
Edy Karsono ialah pengarang dari buku berjudul Pantai dan Kehidupannya yang mengungkapkan bahwa pantai itu keuntungannya bukan spesialuntuk sebagai kawasan berekreasi, berbagai manfaat-manfaat pantai yang sangat penting bagi manusia. contohnya saja dalam bidang ekonomi, pantai sangat bermanfaa bagi penduduk sekitarnya untuk mencari nafkah sebagai nelayan. |
4. Inti/isi resensi, meliputi ulasan utama tentang buku/novel.
Kumpulan cerpen Hujan Kepagian terdiri atas 6 buah cerita. Cerpen tersebut mengisahkan tentang kesaksian tentang revolusi kemerdekaan. Perlu diketahui bahwa tidak banyak karya sastra menampilkan kisah-kisah di revolusi, yang kisahnya dialami sendiri oleh pengarangnya. Perang yang diceritakan dalam cerpen tidak spesialuntuk dilihat dari sudut insiden yang berkaitan dengan tindakan-tindakan serba heroik para pelakunya. Dalam buku Hujan Kepagian ini juga bisa dilihat banyak sisi yang lebih manusiawi. Pengarangnya sendiri juga terlibat eksklusif dalam usaha kemerdekaan ketika menjadi anggota tentara pelajar. |
5. Keunggulan , meliputi ulasan tentang kelebihan buku.
Keunggulan Isi Buku · Organisasi Buku : Pengalaman-pengalaman selama revolusi ini sangat menarikdanunik. Dalam buku ini antara satu peristiwa dengan insiden lainnya terdapat keterkaitan sehingga bisa menarikdanunik pembaca. · Isi Buku : Dilihat dari isinya ceritanya sangat unik, menarikdanunik sehingga layak untuk dibaca. · Bahasa : Dilihat dari segi bahasa yang dipakai pengarang sederhana, akan tetapi memikat. Kalimat- kalimat dalam paragraf disusun secara runtut sehingga simpel dipahami. |
6. Kekurangan, meliputi ulasan yang berkaitan dengan kelemahan-kelemahan buku.
Kelemahan Isi Buku Kelemahan buku ini yakni kebiasaan pengarang memakai beberapa kosakata Belanda,sehingga pembaca kurang memahami arti kata tersebut. |
7. Penutup, meliputi simpulan/pandangan penulis atas buku atau novel.
Kesimpulan : Buku kumpulan cerpen “Hujan Kepagian” ini cukup menarikdanunik, lantaran buku ini menceritakan kesaksian tentang revolusi kemerdekaan. Dan spesialuntuk sedikit karya sastra yang menampilkan kisah-kisah di sekitar revolusi yang dialami oleh si pengarang. Selain itu, buku ini juga memilliki amanat yang mengajak kita generasi muda untuk tetap berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa ini dan selalu berbuat baik. |
(oleh: Supriyadi)
BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.
PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.
1. Menentukan Makna Istilah Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
3. Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
4. Kalimat Hubungan Perperihalan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
5. Ide Pokok Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
6. Kalimat Utama Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
7. Kalimat Simpulan Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
8. Ringkasan Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
9. Perbandingan Penggunaan Bahasa Dua Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
10. Pola Pengembangan Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
11. Menentukan Makna Ungkapan Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
12. Menentukan Pernyataan yang Sesuai Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
13. Menentukan Keistimewaan Tokoh dalam Teks Biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
14. Menentukan Keteladanan Tokoh dalam Teks Biografi Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
15. Menentukan Tokoh Utama Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
16. Menentukan Latar Suasana Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
17. Menentukan Teknik Penggambaran Watak Tokoh Dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
18. Menentukan Makna Kata Simbolik Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
19. Menentukan Amanat Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
20. Menentukan Nilai Moral dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
21. Menentukan Penyebab Konflik dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
22. Menentukan Perbedaan Pola Pengembangan Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
23. Menentukan Perbedaan Penggunaan Bahasa dalam Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
24. Menentukan Isi dan Nilai Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
25. Menentukan Keunggulan Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMP/MTs. MAPEL BAHASA INDONESIA KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa
RINGKASAN MATERI, SOAL DAN PEMBAHASAN, KISI-KISI SOAL UJI COBA UN 2017/2018 SMP/MTs.
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
BACA DI BLOG:
- Pertanyaan yang jawabanannya ada pada teks
- Pernyataan yang sesuai dengan isi teks
- Makna kata dalam teks
- Ide pokok paragraf
- Kalimat utama paragraf
- Simpulan paragraf
- Kalimat persetujuan dalam teks
- Kalimat hubungan alasannya akibat
- Kalimat yang mengatakan (bukti) tabiat tokoh cerita
- Konflik dalam cerita
- Amanat cerita
- Kalimat yang tidak padu dalam teks
- Peristiwa yang tergambar dalam teks
- Teks laporan
- Urutan kalimat teks sastra
- Mengubah teks ke bentuk teks lain
- Perbaikan penulisan ejaan
- Perbaikan kalimat (kalimat efektif)
- Ringkasan teks
- Tokoh utama cerita
- Konflik, penyebab konflik, dan akhir konflik
- Amanat tersirat dan tersurat dalam cerita
- Kalimat yang menyatakan keunngulan buku
- Struktur teks resensi
- Pendapat pro dan kontra
- Jenis-jenis teks mekanisme
- Melengkapi teks prosedur
- Menyunting teks prosedur
- Keistimewaan tokoh dalam teks biografi
- Keteladanan tokoh dalam teks biografi
- Fakta dan opini dalam teks biografi
- Membandingkan nilai moral dua teks fabel
- Membandingkan penerapan bahasa dua teks fabel
- Bagian-bagian teks ulasan film/drama
- Teknik memvariasikan kalimat
- Pemakaian tanda titik dua (:) dan koma (,)
- Makna simbol dalam cerpen
- Menentukan pecahan alur cerpen
- Syarat-syarat paragraf yang baik
- Melengkapi kalimat dengan istilah yang sempurna
- Melengkapi kalimat dengan kata bentukan
42.Menentukan makna istilah/kata dalam kalimat
- Melengkapi kalimat dengan kata penghubung
- Kalimat tidak efektif
- Alasan penerapan kata yang salah
- Penulisan abjad kapital
- Penggunaan ejaan yang tidak tepat
- Kesalahan penerapan tanda baca
- Penggunaan ejaan yang tepat
- Alasan ketidaktepatan penerapan tanda baca
Tag :
UN SMP
0 Komentar untuk "Soal Memilih Keunggulan Dongeng Disertai Pembahasan"