loading...
BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. mengidentifikasi kesalahan penerapan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
a. penulisan judul
Indikator soal: Disajikan ilustrasi berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan karakter kecil tiruana), akseptor bimbing sanggup memilih perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
b. penulisan nama geografi
Indikator soal: Disajikan paragraf yang salag satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa sanggup mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi.
1) Soal UN 2017/2018 Klik Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
2. mengidentifikasi kesalahan penerapan tanda baca
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menggunakan ejaan
2. menggunakan tanda baca
Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memperbaiki kesalahan penerapan ejaan
a. memperbaiki penulisan kata/istilah
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; akseptor bimbing sanggup memilih kata baku untuk memperbaikinya
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
b. memperbaiki kesalahan penerapan kata serapan
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata serapan yang salah penulisannya; akseptor bimbing sanggup memilih kata serapan yang baku untuk memperbaikinya
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
2. memperbaiki kesalahan penerapan tanda baca
Disajikan kalimat beberapa kalimat yang dua di antaranya terdapat kesalahan penerapan tanda baca, akseptor bimbing sanggup memilih kalimat yang salah penerapan tanda bacanya
Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
3. menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Disajikan kalimat yang memakai tanda bacanya salah, akseptor bimbing sanggup memilih kesalahan penerapan tanda baca disertai alasan yang sempurna pada kalimat tersebut.
Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa BACA BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
1. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
2. Ruang Lingkup Materi Membaca Sastra Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
3. Ruang Lingkup Materi Menulis Terbatas Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
4. Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
5. Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
Tag :
UN 2018/2019 SMA
0 Komentar untuk "Bedah Kisi-Kisi Un Sma/Ma Bahasa Indonesia Menyunting Ejaan Dan Tanda Baca: Indikator, Soal, Dan Pembahasan"