Bedah Kisi-Kisi Un Sma/Ma Bahasa Indonesia Menyunting Ejaan Dan Tanda Baca: Indikator, Soal, Dan Pembahasan

loading...



BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca


A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.    mengidentifikasi kesalahan penerapan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)

a.       penulisan judul

Indikator soal: Disajikan ilustrasi berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan karakter kecil tiruana), akseptor bimbing sanggup memilih perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku       



b.      penulisan nama geografi

Indikator soal: Disajikan paragraf yang salag satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa sanggup mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi.


2.    mengidentifikasi kesalahan penerapan tanda baca 

B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.    menggunakan ejaan

2.    menggunakan tanda baca


C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.    memperbaiki kesalahan penerapan ejaan

a.    memperbaiki penulisan kata/istilah

Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; akseptor bimbing sanggup memilih kata baku untuk memperbaikinya



b.    memperbaiki kesalahan penerapan kata serapan

Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata serapan yang salah penulisannya; akseptor bimbing sanggup memilih kata serapan yang baku untuk memperbaikinya



2.    memperbaiki kesalahan penerapan tanda baca

Disajikan kalimat beberapa kalimat yang  dua di antaranya terdapat kesalahan penerapan tanda baca, akseptor bimbing sanggup memilih kalimat yang salah penerapan tanda bacanya


3.    menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca

Disajikan kalimat yang memakai tanda bacanya salah, akseptor bimbing sanggup memilih kesalahan penerapan tanda baca  disertai alasan yang sempurna pada kalimat tersebut.   
    
          Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa



















BACA BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
1. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa 
4. Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik   anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa
5. Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasan-soal-un-smama-bahasa



0 Komentar untuk "Bedah Kisi-Kisi Un Sma/Ma Bahasa Indonesia Menyunting Ejaan Dan Tanda Baca: Indikator, Soal, Dan Pembahasan"

Back To Top