Pembahasan Soal Un 2017/2018 Bahasa Indonesia Sma/Ma Nomor 46: Melengkapi Teks Prosedur

loading...

MELENGKAPI TEKS PROSEDUR

46.  Cermati teks mekanisme kompleks diberikut!

Proses Pembuatan Kartu Pelajar di Sekolah.

(1)   Datanglah ke kantor TU di sekolah Anda!

(2)   mintalah blangko untuk kartu pelajar kepada petugas yang berjaga!

(3)   ….

(4)   Sesudah blangko selesai Anda isi serahkan kepada petugas yang berjaga!

(5)   Sesudah itu Anda akan memasuki ruang pengambilan foto!

(6)   Sesudah berfoto kartu pelajar akan selesai kurang lebih 2 minggu.

            Kalimat yang sempurna untuk melengkapai teks tersebut yaitu . . .                                             
A.  Anda boleh memfotokopi blangko yang sudah diisi.                                                                   
B.  Isilah blangko dengan data yang benar dan jujur!                                                                  
C.  Tempelkan foto di kawasan yang sudah disediakan.                                                                    
D.  Pergilah ke kepala sekolah untuk meminta tanda tangan!    
E.   Cermati kelengkapan format dalam blangko!

Kunci Jawaban: B

Pembahasan
Teks mekanisme yaitu teks yang mencakupkan tujuan dan langkah melaksanakan atau membuat sesuatu yang disajikan dengan urutan-urutan tertentu. 
Teknik memilih kalimat untuk melengkapi teks mekanisme yang rumpang yaitu dengan mencermati isi kalimat sebelum dan sesudahnya. Berdasarkan isi kalimat sebelum dan sehabis bab rumpang pada teks di atas, kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks yaitu Isilah blangko dengan data yang benar dan jujur! (jawabanan B). Kalimat sebelum bab rumpang yaitu meminta blangko. Langkah diberikutnya yang sempurna yaitu mengisi blangko. Kemudian, menyerahkan blangko yang sudah diisi kepada petugas, dan seterusnya. 
RINGKASAN MATERI
MELENGKAPI TEKS PROSEDUR

A.    Pengertian teks prosedur

Teks mekanisme yaitu teks yang mencakupkan tujuan dan langkah melaksanakan atau membuat sesuatu dengan urutan-urutan tertentu.

B.     Ciri-Ciri Teks Prosedur
Ciri-ciri teks mekanisme antara lain sebagai diberikut.

  • Umumnya memakai kalimat perintah atau imperatif.
  • Memakai kata kerja aktif.
  • Adanya penerapan konjungsi guna mengurutkan kegiatan, menyerupai kemudian, sehabis itu, kemudian, dan selanjutnya.
  • Ada istilah wacana waktu, tempat, dan cara secara akurat.
  • Teks mekanisme terdiri dari 3 bab yaitu bab tujuan teks mekanisme / mekanisme, material, dan langkah-langkah
C.    Struktur Teks Prosedur Kompleks

 Teks mekanisme mempunyai tiga struktur sebagai diberikut.

  • Bagian tujuan, mencakupkan tujuan dari pembuatan teks mekanisme tersebut atau hasil selesai yang akan dicapai jikalau kita melaksanakan tahapan pada teks mekanisme tersebut.
  • Bagian materi dan alat/material, mencakupkan bahan-bahan, alat-alat, atau material yang diperlukan. Bagian ini bersifat opsional.
  • Bagian langkah-langkah, bab ini mencakupkan langkah-langkah yang urut dan harus ditempuh untuk memperoleh hasil sesuai dengan tujuan teks prosedur. 
D.    Tips melengkapi teks prosedur

1.      Cermati jenis teks dan tujuan teks. Teks mekanisme teks yang mencakupkan tujuan dan langkah melaksanakan atau membuat sesuatu dengan urutan-urutan tertentu.

2.      Cermati isi kalimat sebelum dan sehabis bab yang rumpang. Isi kalimat pada teks mekanisme yaitu urutan langkah-langkah melaksanakan atau membuat sesuatu.

3.      Pilihlah kalimat yang bekerjasama dengan kalimat sebelum dan sehabis bab yang rumpang. Kalimat-kalimat tersebut pada umumnya mengatakan urutan kecerdikan berpikir.

E.       misal teks prosedur

7 Langkah cepatdangampang Membuat Paspor Baru

Teknik membuat paspor kini ini sanggup dilakukan online maupun hadir pribadi ke kantor imigrasi. Semua orang niscaya akan membutuhkan paspor, terlebih mereka yang sering ke bepergian. Karena paspor ialah sebuah dokumen resmi yang wajib kita bawa bila kita bepergian keluar negeri. paspor hijau yang dimiliki oleh masyarakat negara biasa dan paspor biru yang dimiliki oleh para diplomat atau pejabat negara. Masa berlaku paspor yaitu 5 tahun semenjak masa diterbitkan dan kita wajib untuk memperpanjang paspor 6 bulan sebelum masa berlaku paspor habis atau kita akan dikenakan denda bila melebihi 6 bulan sebelum masa berlaku habis. Untuk menghindari memakai calo, kita harus mengetahui betul cara membuat paspor.

Teknik Membuat Paspor

  1. Datang lampau ke kantor imigrasi. Bisa hadir ke kantor imigrasi yang tertera pada KTP kita atau hadir saja ke kantor imigrasi terdekat.
  2. Kemudian anda beli formulir permintaan. Formulir seruan ada di loket yang sudah disediakan, isi dengan lengkap formulir tersebut sesuai dokumen yang anda miliki dan bpertamaah dokumen yang asli.
  3. Serahkan formulir yang sudah diisi ke loket pendaftaran.
  4. Sesudah itu ambil tanda terima dan aktivitas foto serta pengambilan sidik jari. Untuk pengambilan sidik jari dan aktivitas foto sanggup hadir pada hari diberikutnya jikalau nomor antrian anda masih lama.
  5. Apabila anda sudah foto dan mengambil sidik jari, maka anda akan hingga pada tahap wawancara dengan mengatakan dokumen asli.
  6. Sesudah tahap wawancara selesai, langkah selanjutnya yaitu membayar buku paspor dan menanhadirani buku paspor serta minta info kapan aktivitas pengambilan paspor yang sudah selesai.
  7. Pada ketika tanggal yang sudah ditentukan, kita sanggup hadir kembali ke kantor imigrasi untuk mengambil paspor yang sudah jadi. Biasanya dalam waktu seminggu paspor gres anda sudah selesai dan sanggup diambil. (anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=cara-menciptakan-paspor
0 Komentar untuk "Pembahasan Soal Un 2017/2018 Bahasa Indonesia Sma/Ma Nomor 46: Melengkapi Teks Prosedur"

Back To Top