loading...
PENETAPAN INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Kompetnsi inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, esni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah faktual dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
No | Kompetensi Dasar | Indikator | |
1. | 3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan ekspresi dan tulis. | 3.1.1. Menentukan isi pokok dalam teks laporan hasil observasi. 3.1.2. Menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. | |
2. | 4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi menurut interpretasi baik secara ekspresi maupun tulis. | 4.1.1 Menafsirkan teks laporan hasil observasi menurut struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi. 4.1.2 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi | |
3. | 3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi | 3.2.1. Mengidentifikasi isi dalam teks laporan hasil observasi. 3.2.2. Mengidentifikasi struktur dalam teks laporan hasil observasi. 3.2.3. Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. | |
4. | 4.2 Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik ekspresi maupun tulis. | 4.2.1 Menyusun garis besar isi teks laporan hasil observasi 4.2.2 Menyusun teks laporan hasil observasi 4.2.3 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi yang sudah disusun.. | |
5. | 3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca | 3.3.1. Menggali struktur (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. 3.3.2. Menggali isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. 3.3.3. Menggali kebahasaan (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. | |
6. | 4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara ekspresi dan / tulis. | 4.3.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan dari suatu permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi 4.3.2 Mempresentasikan teks eksposisi yang sudah disusun. | |
7. | 3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. | 3.4.1. Menemukan struktur teks eksposisi yang dibaca. 3.4.2. Menumukan kebahasaan teks yang dibaca. 3.4.3. Membandingkan dua teks eksposisi | |
8. | 4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. | 4.4.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan aspek kebahasaan. 4.4.2 Mempresentasikan teks eksposisi yang sudah disusun. | |
9. | 3.5. Mengevaluasi teks guakdot dari aspek makna tersirat. | 3.5.1. Menilai isi tersirat dalam teks guakdot 3.5.2. Menilai aspek makna tersirat dalam teks guakdot | |
10. | 4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks guakdot baik ekspresi maupun tulis | 4.5.1 Menyusun kembali teks guakdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks guakdot yang dibaca 4.5.2 Mempresentasikan eks guakdot yang sudah disusun. | |
11. | 3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks guakdot. | 3.6.1. Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian teks) guakdot 3.6.2. Mengidentifikasi kebahasaan guakdot | |
12. | 4.6 Menciptakan kembali teks guakdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik ekspresi maupun tulis | 4.6.1 Menyusun teks guakdot dengan memerhatikan struktur dan aspek kebahasaan. 4.6.2 Mempresentasikan teks guakdot yang sudah disusun. | |
13. | 3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam kisah rakyat (hikayat) baik ekspresi maupun tulis. | 3.7.1. Mendata pokok-pokok isi dalam hikayat. 3.7.2. Mendata karakteristik dalam hikayat. 3.7.3. Mendata nilai-nilai dalam hikayat. | |
14. | 4.7 Menceritakan kembali isi kisah rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. | 4.7.1 Menyusun teks eksposisi menurut pokok-pokok isi dalam hikayat. 4.7.2 Menyusun teks eksposisi menurut pokok-pokok nilai-nilai dalam hikayat. 4.7.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi, teks eksposisi yang sudah disusun | |
15. | 3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan kisah rakyat dan cerpen. | 3.8.1. Menjelaskan perbedaan dan persamaan isi dalam cerpen dan kisah rakyat. 3.8.2. Menjelaskan perbedaan dan persamaan nilai-nilai dalam cerpen dan kisah rakyat. | |
16. | 4.8 Mengembangkan kisah rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. | 4.8.1 Menyusun kembali isi kisah rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. 4.8.2 Mempresesntasikan teks cerpen yang disusun.. | |
17. | 3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan kisah rakyat dan cerpen. | 3.9.1 mengungkapkan butir-butir penting dari buku pengayaan nonfiksi yang dibaca 3.9.2 mengungkapkan butir-butir penting dari satu novel yang dibaca | |
18. | 4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. | 4.9.1 Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar. 4.9.2 Mempresentasikan ikhtisar yang dilaporkan. | |
19. | 3.10. Mengevaluasi pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks perundingan ekspresi maupun tertulis. | 3.10.1. Menilai masalah, bagaimana cara memberikan pengajuan dalam bernegosiasi. 3.10.2. Menilai masalah, bagaimana cara memberikan penawaran dalam bernegosiasi. 3.10.3. Menilai masalah, bagaimana cara memberikan pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. | |
20. | 4.10 Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan epilog dalam teks perundingan secara ekspresi atau tulis. | 4.10.1 Mengungkapkan cara pengajuan dalam bernegosiasi. 4.10.2 Mengungkapkan cara penawaran dalam bernegosiasi. 4.10.3 Mengungkapkan cara pencapaian persetujuan dalam bernegosiasi. 4.10.4 Memdiberikan jawaban hasil kerja mitra atau kelompok lain secara ekspresi berupa belum sempurnanya dan kelebihan dilihat dari kejelasan isi dan kalimat | |
21. | 3.11. Menganalisis isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan teks negosiasi. | 3.11.1. Menentukan struktur: orientasi (pengajuan, penawaran, dan persetujuan), 3.11.2. Menentukan struktur: permasalahan (pengajuan, penawaran, dan persetujuan), 3.11.3. Menentukan cirri kebahasaan (pasangan tuturan dan kesantunan) dalam teks negosiasi. | |
22. | 4.11 Mengkonstruksikan teks perundingan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran, persetujuan, penutup) dan kebahasaan. | 4.11.1 Menyusun teks perundingan dengan memerhatikan struktur teks. 4.11.2 Menyusun teks perundingan dengan memerhatikan aspek kebahasaan. 4.11.3 Mempresentasikan teks perundingan yang sudah disusun. | |
23. | 3.12. Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak dan tamat dari debat untuk menemukan esensi dari debat. | 3.12.1. Mengidentifikasi permasalahan dari simulasi debat yang menjadikan pro dan kontra yang diperankan oleh akseptor didik.. 3.12.2. Mengidentifikasi tamat dari simulasi debat yang menjadikan pro dan kontra yang diperankan oleh akseptor didik. | |
24. | 4.12 Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan tamat dari debat secara ekspresi untuk menawarkan esensi dari debat. | 4.12.1 Melaksanakan debat 4.12.2 Mengevaluasi pelaksanaan debat. | |
25. | 3.13. Menganalisis isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan). | 3.13.1. Mengidentifikasi isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa pihak, dan simpulan). 3.13.2. Memdiberikan jawaban (kelebihan dan belum sempurnanya) terhadap pihak-pihak pelaku debat.. | |
26. | 4.13 Mengembangkan permasalahan/isu dari banyak sekali sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat. | 4.13.1 Melaksanakan debat. 4.13.2 Mengevaluasi pelaksanaan debat. | |
27. | 3.14. Menilai hal yang sanggup diteladani dari teks biografi | 3.14.1. Mengidentifikasi insiden (antara lain: perjalanan pendidikan, karier, perjuangan) dalam biografi tokoh. | |
28. | 4.14 Mengungkapkan kembali hal-hal yang sanggup diteladani dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi yang dibaca secara tertulis. | 4.14.1 Menyampaikan kembali hal-hal yang sanggup diteladani dari insiden yang tertuang dalam dalam teks biografi 4.14.2 Memdiberikan komentar secara ekspresi terhadap hasil kerja mitra atau kelompok lain. 4.14.3 Memdiberikan komentar secara tertulis terhadap hasil kerja mitra atau kelompok lain. | |
29. | 3.15. Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi. | 3.15.1. Mendata pokok-pokok isi biografi dalam teks biografi. 3.15.2. Mendata ciri kebahasaan dalam teks biografi. | |
30. | 4.15 Menceritakan kembali isi teks biografi baik ekspresi maupun tulis | 4.15.1 Menulis teks biografi tokoh dengan memerhatikan isi (antara lain: perjalanan, pendidikan, karier, perjuangan) 4.15.2 Memdiberikan jawaban secara ekspresi terhadap isi teks (biografi) yang ditulis kawan | |
31. | 3.16. Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca. | 3.16.1. Mendata suasana dalam puisi yang didengar dan atau dibaca. 3.16.2. Mendata tema dalam puisi yang didengar dan atau dibaca. 3.16.3. Mendata makna dalam puisi yang didengar dan atau dibaca. | |
32. | 4.16 Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo) | 4.16.1 Memusikalisasikan dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan vokal 4.16.2 Memusikalisasikan dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan ekspresi 4.16.3 Memusikalisasikan dan menanggapi salah satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan memerhatikan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo). | |
33. | 3.17. Menganalisis unsur pembangun puisi. | 3.17.1. Mendata kata-kata yang menawarkan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense); dalam puisi. 3.17.2. Mendata kata-kata yang menawarkan rasa (feeling), nada, dan amanat dalam puisi. | |
34. | 4.17 Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan) | 4.17.1 Menulis puisi dengan memerhatikan diksi, imaji, diksi, kata konkret, gaya bahasa, rima/irama, tipografi, tema/makna (sense). 4.17.2 Menulis puisi dengan memerhatikan rasa (feeling), nada, dan amanat 4.17.3 Mempresentasikan puisi yang sudah ditulis | |
35. | 3.18. Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca. | 3.18.1. Menganalisis kelebihan buku yang dibaca 3.18.2. Menganalisis belum sempurnanya buku yang dibaca | |
36. | 4.18 Mempresentasikan replikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi. | 4.18.1 Menyusun resensi buku nonfiksi yang dibaca.dengan memerhatikan unsur-unsur resensi 4.18.2 Mempresentasikan dan menanggapiresensi yang ditulis |
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041998031014 NIP 197207081998011001
Tag :
RPP 2018/2019
0 Komentar untuk "Indikator Pencapaian Kompetensi (Ipk) Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas X"