Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Tahun 2017/2018 Sma/Ma Nomor 42: Kalimat Akhir Akibat

loading...

42. Bacalah teks diberikut!

Pemuda harus kembali mengambil tugas dalam membawa arah bangsa ini kembali ke relnya. Budaya korupsi yang ketika ini sudah mengakar harus dihentikan. Bangsa ini membutuhkan cowok yang sadar akan ancaman laten korupsi dan terkikisnya nilai-nilai kebangsaan. Pemuda harus menjadi pencetus pergerakan melawan korupsi. . . .

Kalimat simpulan jawaban yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut ialah . . . 
A. Indonesia akan menjadi bangsa besar dan bermartabat.
B. Korupsi harus diberantas hingga seakar-akarnya.
C. Pemerintah harus segera mengambil kebijakan.
D. Pelaku korupsi harus dieksekusi seberat-beratnya.
E. Pemuda harus berguru dengan giat.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kalimat simpulan ialah pendapat terakhir yang didapatkan dari uraian yang sudah disampaikan sebelumnya. Simpulan sanggup diperoleh dari keseluruhan isi bacaan yang ada pada paragraf. Kata akibat mempunyai arti sesuatu yang ialah simpulan atau hasil suatu bencana (perbuatan, keputusan) (https://kbbi.web.id/akibat).
Kalimat simpulan jawaban yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut ialah Indonesia akan menjadi bangsa besar dan bermartabat (opsi A). Hal ini, menurut isi pernyataan-pernyataan sebelumnya yang meliputi upaya pemberantasan budaya korupsi. Jika korupsi sanggup terkikis (sebab), Indonesia akan menjadi bangsa besar dan bermartabat (akibat).
RINGKASAN MATERI
MENYUSUN KALIMAT SIMPULAN PARAGRAF 
Kalimat simpulan ialah kalimat yang meliputi opini atau pendapat simpulan atas data-data yang ada dalam teks. Rumusan kalimat simpulan bukan berupa salah satu kalimat dalam teks.
Langkah-langkah menyusun kalimat simpulan paragraf

  1. Identifikasilah hal-hal penting dalam teks.
  2. Buatlah opini atau pendapat yang meliputi beberapa aspeki keseluruhan hal penting tersebut.
Mengidentifikasi kalimat simpulan paragraf

  1. Perhatikan ciri khusus kalimat simpulan dalam paragraf contohnya kata jadi, oleh lantaran itu, dengan demikian, dan sebagainya
  2. Perhatikan isi kalimat/pernyataan. Kalimat simpulan meliputi opini atau pendapat simpulan yang meliputi keseluruhan isi paragraph.
CONTOH 
Data kriminalitas memperlihatkan bahwa sebanyak 5987 kasus kejahatan menimpa anak-anak. Hal ini tentu menyita perhatian publik. Pasalnya sebanyak 2007 anak terlibat dalam tindak kejahatan, sementara sisanya sebagai korban. Kasus kejahatan ini meliputi pencurian, pembegalan, narkoba, dan seks. Meningkatnya kasus kejahatan yang melibatkan belum dewasa tentu menyita perhatian masyarakat. Pendidikan huruf yang digadang-gadang sanggup membentuk huruf anak sesuai dengan huruf bangsa pun belum terang terlihat. Pakar psikologi anak mengambarkan bahwa pendidikan huruf anak ialah tanggung jawaban orang dewasa, meliputi pendidikan orang tua, masyarakat / lingkungan, dan juga sekolah. Oleh lantaran itu, pendidikan anak ialah tanggung jawaban bersama bukan spesialuntuk satu pihak. (anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengertian-kesimpulan-cara-menentukan-dan-contohnya)             
misal Soal Menentukan Kesimpulan dari Paragraf
Cermatilah paragraf diberikut!
      Banyak iklan yang mengatakan jasa untuk menurunkan berat badan. Ada yang melalui tusuk jarum, sedot lemak, minum jamu, atau minum teh hijau. Jenis diet pun bermacam-macam. Ada diet macan yang lebih mementingkan konsumsi daging. Ada diet buah-buahan membatasi makan nasi dan masakan berkarbohidrat tinggi. Beragam kiat sanggup dilakukan untuk menurunkan berat tubuh ....
Simpulan yang sempurna untuk melengkapi paragraf tersebut ialah ....
A.Kita tidak akan mengalami kesusahan untuk menurunkan berat tubuh dan merawat kecantikan.
B.Kaum perempuan berlomba-lomba melaksanakan diet dengan banyak sekali cara biar terlihat cantik.
C.Biaya yang diharapkan untuk menurunkan berat tubuh tidaklah mahal jika dilakukan dengan berolahraga.
D.Para remaja di kota-kota besar sering kesusahan untuk melaksanakan diet di salon atau dokter.
E.Banyaknya iklan penawaran diet membingungkan konsumen untuk menentukan cara yang efektif.
Jawaban: E
Pembahasan:
Kalimat-kalimat sebelumnya mengambarkan wacana majemuk iklan yang mengatakan jasa menurunkan berat badan. melaluiataubersamaini demikian, kesimpulannya ialah “banyaknya iklan penawaran itu, sanggup membingungkan konsumen untuk memilihnya”.
(anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengertian-kesimpulan-cara-menentukan-dan-contohnya)  


PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 









































0 Komentar untuk "Pembahasan Soal Un Bahasa Indonesia Tahun 2017/2018 Sma/Ma Nomor 42: Kalimat Akhir Akibat"

Back To Top