loading...
RPP KELAS XI SEMESTER 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah | : | SMA …………. |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : | XI / Genap |
Tahun Pelajaran | : | 2018 / 2019 |
Materi Pokok | : | Karya Ilmiah |
Alokasi Waktu | : | 4 Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit |
A. Kompetensi Inti
· KI-1: Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya.
· KI-2: Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawaban, responsif, dan pro-aktif dalam diberinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Indikator
Kompetensi Dasar Pengetahuan | Kompetensi Dasar Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca | 4. 4.1. 4.2. 4.3. 4.4. 4.5. 4.6. 4.7. 4.8. 4.9. 4.10. 4.11. 4.12. 4.13. 4.14. Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah |
IPK Pengetahuan | IPK Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. 3.14.1. Menentukaninformasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca. 3.14.2. Merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah. | 4.14.1. Mempresentasikanmenanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas. |
Kompetensi Dasar Pengetahuan | Kompetensi Dasar Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. 3.15. Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah | 4. 4.1. 4.2. 4.3. 4.4. 4.5. 4.6. 4.7. 4.8. 4.9. 4.10. 4.11. 4.12. 4.13. 4.14. 4.15. Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan |
IPK Pengetahuan | IPK Keterampilan |
1. 2. 3. 3.1. 3.2. 3.3. 3.4. 3.5. 3.6. 3.7. 3.8. 3.9. 3.10. 3.11. 3.12. 3.13. 3.14. 3.15. 3.15.1. Mengumpulkan dan mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan disusun dalam bentuk karya ilmiah. 3.15.2. Menulis karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. | 4.15.1. Mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilaikarya ilmiah hasil kerja dalam diskusi kelas. |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui pendekatan saintifik dengan memakai model pembelajaran sintesis pedagoge genre, problem based learning dan CLIL, penerima didik sanggup memilih informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca, merancang karya ilmiah sesuai dengan unsur-unsur dan isi karya ilmiah, mengidentifikasi data berkenaan dengan informasi yang akan disusun dalam bentuk karya ilmiah, menulis karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan, dan mempresentasikan, menanggapi, merevisi,menilai karya ilmiah hasil kerja dalam diskusi kelas dengan rasa syukur, ingin tahu, kerja keras, tanggung jawaban, bersikap berteman dekat/ komunikatif, serta sanggup bekerja sama.
D. Materi Pembelajaran
Fakta
Topik : Karya Ilmiah
· isi dalam karya ilmiah;
Konsep
Unsur Kebahasaan
· unsur-unsur karya ilmiah
· kebahasaan karya ilmiah
Prinsip
Fungsi Sosial
· tujuan dan esensi karya ilmiah; d
· penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
· kalimat baku
Prosedur
Sturktur
· menciptakan karya ilmiah.
· menyusun karya ilmiah
E. Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah )/ projek
F. Media Pembelajaran
Media/Alat :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Audio: kaset dan CD.
Ø Audio-cetak: kaset atau CD audio yang dilengkapi dengan teks.
Ø Proyeksi visual diam: OUT dan film bingkai.
Ø Proyeksi audio visual: film dan bingkai (slide) bersuara.
Ø Audio visual gerak: VCD, DVD, dan W.
Ø Visual gerak: film bisu.
Ø Objek fisik: Benda nyata, model, dan spesimen.
Ø Komputer.
Ø Cetak: buku, modul, brosur, leaflet, dan gambar.
Bahan :
Ø Spidol / kapur berwarna
G. Sumber Belajar
1. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
2. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke – 1 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemdiberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengpertamai acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yakni : unsur kebahasaan proposal
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memdiberikan citra tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menerangkan tentang materi unsur-unsur karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemdiberian Acuan - Memdiberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memdiberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru mempersembahkan peluang pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawaban melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi unsur-unsur karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi unsur-unsur karya ilmiah Ø pemdiberian contoh-contoh materi unsur-unsur karya ilmiah untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi unsur-unsur karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemdiberian materi unsur-unsur karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global tentang materi pelajaran terkena materi unsur-unsur karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai penyesuaian dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi unsur-unsur karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan unsur-unsur karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah unsur-unsur karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah unsur-unsur karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana unsur-unsur karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi unsur-unsur karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi unsur-unsur karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawaban pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi unsur-unsur karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali referensi dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi unsur-unsur karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi unsur-unsur karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya balasan dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi unsur-unsur karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas tumpuan dalam buku paket terkena materi unsur-unsur karya ilmiah mencatat tiruana informasi tentang materi unsur-unsur karya ilmiah yang sudah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi unsur-unsur karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi perihal materi unsur-unsur karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi unsur-unsur karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi unsur-unsur karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan menolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal terkena materi unsur-unsur karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang tidak sama hingga kepada yang berperihalan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan tentang materi : unsur-unsur karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas jawabanan soal-soal yang sudah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi perihal materi unsur-unsur karya ilmiah berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : unsur-unsur karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi unsur-unsur karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi unsur-unsur karya ilmiah yang dilakukan dan penerima didik lain didiberi peluang untuk menjawabannya.
- Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal unsur-unsur karya ilmiah
- Menjawaban pertanyaan tentang unsur-unsur karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang sudah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi unsur-unsur karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi unsur-unsur karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarikdanunik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran unsur-unsur karya ilmiah yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran unsur-unsur karya ilmiah yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran unsur-unsur karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran unsur-unsur karya ilmiah
- Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran unsur-unsur karya ilmiah kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran unsur-unsur karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 2 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemdiberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengpertamai acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yakni : unsur-unsur karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memdiberikan citra tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menerangkan tentang materi isi dalam karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemdiberian Acuan - Memdiberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memdiberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru mempersembahkan peluang pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawaban melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi isi dalam karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi isi dalam karya ilmiah Ø pemdiberian contoh-contoh materi isi dalam karya ilmiah untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi isi dalam karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemdiberian materi isi dalam karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global tentang materi pelajaran terkena materi isi dalam karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai penyesuaian dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi isi dalam karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan isi dalam karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah isi dalam karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah isi dalam karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana isi dalam karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi isi dalam karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi isi dalam karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawaban pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi isi dalam karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali referensi dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi isi dalam karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi isi dalam karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya balasan dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi isi dalam karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas tumpuan dalam buku paket terkena materi isi dalam karya ilmiah mencatat tiruana informasi tentang materi isi dalam karya ilmiah yang sudah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi isi dalam karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi perihal materi isi dalam karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi isi dalam karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi isi dalam karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan menolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal terkena materi isi dalam karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang tidak sama hingga kepada yang berperihalan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan tentang materi : isi dalam karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas jawabanan soal-soal yang sudah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi perihal materi isi dalam karya ilmiah berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : isi dalam karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi isi dalam karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi isi dalam karya ilmiah yang dilakukan dan penerima didik lain didiberi peluang untuk menjawabannya.
- Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal isi dalam karya ilmiah
- Menjawaban pertanyaan tentang isi dalam karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang sudah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi isi dalam karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi isi dalam karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarikdanunik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran isi dalam karya ilmiah yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran isi dalam karya ilmiah yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran isi dalam karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran isi dalam karya ilmiah
- Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran isi dalam karya ilmiah kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran isi dalam karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 3 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemdiberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengpertamai acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yakni : isi dalam karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memdiberikan citra tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menerangkan tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemdiberian Acuan - Memdiberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memdiberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru mempersembahkan peluang pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawaban melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi tujuan dan esensi karya ilmiah Ø pemdiberian contoh-contoh materi tujuan dan esensi karya ilmiah untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi tujuan dan esensi karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemdiberian materi tujuan dan esensi karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global tentang materi pelajaran terkena materi tujuan dan esensi karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai penyesuaian dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan tujuan dan esensi karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah tujuan dan esensi karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah tujuan dan esensi karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana tujuan dan esensi karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi tujuan dan esensi karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi tujuan dan esensi karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawaban pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali referensi dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya balasan dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas tumpuan dalam buku paket terkena materi tujuan dan esensi karya ilmiah mencatat tiruana informasi tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sudah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi tujuan dan esensi karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi perihal materi tujuan dan esensi karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan menolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal terkena materi tujuan dan esensi karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang tidak sama hingga kepada yang berperihalan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan tentang materi : tujuan dan esensi karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas jawabanan soal-soal yang sudah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi perihal materi tujuan dan esensi karya ilmiah berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : tujuan dan esensi karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi tujuan dan esensi karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang dilakukan dan penerima didik lain didiberi peluang untuk menjawabannya.
- Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal tujuan dan esensi karya ilmiah
- Menjawaban pertanyaan tentang tujuan dan esensi karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang sudah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi tujuan dan esensi karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarikdanunik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah
- Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran tujuan dan esensi karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 4 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemdiberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengpertamai acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yakni : tujuan dan esensi karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memdiberikan citra tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menerangkan tentang materi menciptakan karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemdiberian Acuan - Memdiberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memdiberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru mempersembahkan peluang pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawaban melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi menciptakan karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi membuat karya ilmiah Ø pemdiberian contoh-contoh materi membuat karya ilmiah untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi membuat karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemdiberian materi membuat karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global tentang materi pelajaran terkena materi menciptakan karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai penyesuaian dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi menciptakan karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan membuat karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah membuat karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah membuat karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana membuat karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi membuat karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi membuat karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawaban pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi membuat karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali referensi dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi membuat karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi membuat karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya balasan dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi membuat karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas tumpuan dalam buku paket terkena materi membuat karya ilmiah mencatat tiruana informasi tentang materi membuat karya ilmiah yang sudah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi menciptakan karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi perihal materi menciptakan karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi menciptakan karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi menciptakan karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan menolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal terkena materi menciptakan karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang tidak sama hingga kepada yang berperihalan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan tentang materi : menciptakan karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas jawabanan soal-soal yang sudah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi perihal materi menciptakan karya ilmiah berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : menciptakan karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi menciptakan karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi menciptakan karya ilmiah yang dilakukan dan penerima didik lain didiberi peluang untuk menjawabannya.
- Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal menciptakan karya ilmiah
- Menjawaban pertanyaan tentang menciptakan karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang sudah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi menciptakan karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi menciptakan karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarikdanunik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran menciptakan karya ilmiah yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran menciptakan karya ilmiah yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran menciptakan karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran menciptakan karya ilmiah
- Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran menciptakan karya ilmiah kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran membuat karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 5 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemdiberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengpertamai acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yakni : menciptakan karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memdiberikan citra tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menerangkan tentang materi kebahasaan karya ilmiah
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemdiberian Acuan - Memdiberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memdiberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru mempersembahkan peluang pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawaban melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi kebahasaan karya ilmiah “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi kebahasaan karya ilmiah Ø pemdiberian contoh-contoh materi kebahasaan karya ilmiah untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi kebahasaan karya ilmiah dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemdiberian materi kebahasaan karya ilmiah oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global tentang materi pelajaran terkena materi kebahasaan karya ilmiah, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai penyesuaian dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi kebahasaan karya ilmiah yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan kebahasaan karya ilmiah? Ø Terdiri dari apakah kebahasaan karya ilmiah tersebut? Ø Seperti apakah kebahasaan karya ilmiah tersebut? Ø Bagaimana kebahasaan karya ilmiah itu bekerja? Ø Apa fungsi kebahasaan karya ilmiah? Ø Bagaimanakah materi kebahasaan karya ilmiah itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawaban pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi kebahasaan karya ilmiah yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali referensi dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi kebahasaan karya ilmiah yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi kebahasaan karya ilmiah yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya balasan dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi kebahasaan karya ilmiah yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas tumpuan dalam buku paket terkena materi kebahasaan karya ilmiah mencatat tiruana informasi tentang materi kebahasaan karya ilmiah yang sudah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi kebahasaan karya ilmiah sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi perihal materi kebahasaan karya ilmiah dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi kebahasaan karya ilmiah yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi kebahasaan karya ilmiah yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan menolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal terkena materi kebahasaan karya ilmiah
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang tidak sama hingga kepada yang berperihalan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan tentang materi : kebahasaan karya ilmiah, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas jawabanan soal-soal yang sudah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi perihal materi kebahasaan karya ilmiah berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : kebahasaan karya ilmiah
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi kebahasaan karya ilmiah dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi kebahasaan karya ilmiah yang dilakukan dan penerima didik lain didiberi peluang untuk menjawabannya.
- Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal kebahasaan karya ilmiah
- Menjawaban pertanyaan tentang kebahasaan karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang sudah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi kebahasaan karya ilmiah yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kebahasaan karya ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarikdanunik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran kebahasaan karya ilmiah yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran kebahasaan karya ilmiah yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran kebahasaan karya ilmiah.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran kebahasaan karya ilmiah
- Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran kebahasaan karya ilmiah kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran kebahasaan karya ilmiah berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 6 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemdiberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengpertamai acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yakni : kebahasaan karya ilmiah
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memdiberikan citra tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menerangkan tentang materi kalimat baku
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemdiberian Acuan - Memdiberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memdiberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru mempersembahkan peluang pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawaban melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi kalimat baku “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi kalimat baku Ø pemdiberian contoh-contoh materi kalimat baku untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi kalimat baku dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemdiberian materi kalimat baku oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global tentang materi pelajaran terkena materi kalimat baku, untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai penyesuaian dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi kalimat baku yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan kalimat baku? Ø Terdiri dari apakah kalimat baku tersebut? Ø Seperti apakah kalimat baku tersebut? Ø Bagaimana kalimat baku itu bekerja? Ø Apa fungsi kalimat baku? Ø Bagaimanakah materi kalimat baku itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawaban pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi kalimat baku yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali referensi dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi kalimat baku yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi kalimat baku yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya balasan dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi kalimat baku yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas tumpuan dalam buku paket terkena materi kalimat baku mencatat tiruana informasi tentang materi kalimat baku yang sudah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi kalimat baku sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi perihal materi kalimat baku dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi kalimat baku yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi kalimat baku yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan menolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal terkena materi kalimat baku
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang tidak sama hingga kepada yang berperihalan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan tentang materi : kalimat baku, antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas jawabanan soal-soal yang sudah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi perihal materi kalimat baku berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : kalimat baku
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi kalimat baku dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi kalimat baku yang dilakukan dan penerima didik lain didiberi peluang untuk menjawabannya.
- Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal kalimat baku
- Menjawaban pertanyaan tentang kalimat baku yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang sudah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi kalimat baku yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi kalimat baku yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarikdanunik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran kalimat baku yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran kalimat baku yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran kalimat baku.
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran kalimat baku
- Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran kalimat baku kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran kalimat baku berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 7 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemdiberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengpertamai acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yakni : kalimat baku
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memdiberikan citra tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menerangkan tentang materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemdiberian Acuan - Memdiberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memdiberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru mempersembahkan peluang pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawaban melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) Ø pemdiberian contoh-contoh materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemdiberian materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global tentang materi pelajaran terkena materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) , untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai penyesuaian dalam membaca dan menulis (Literasi) CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) ? Ø Terdiri dari apakah penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) tersebut? Ø Seperti apakah penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) tersebut? Ø Bagaimana penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) itu bekerja? Ø Apa fungsi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) ? Ø Bagaimanakah materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawaban pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali referensi dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya balasan dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas tumpuan dalam buku paket terkena materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) mencatat tiruana informasi tentang materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sudah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi perihal materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan menolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal terkena materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang tidak sama hingga kepada yang berperihalan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan tentang materi : penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) , antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas jawabanan soal-soal yang sudah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi perihal materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang dilakukan dan penerima didik lain didiberi peluang untuk menjawabannya.
- Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Menjawaban pertanyaan tentang penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang sudah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarikdanunik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) .
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul) berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
Pertemuan Ke – 8 Materi : Karya Ilmiah |
KEGIATAN PEMBELAJARAN | Waktu | Sintak Model Pembelajaran | 90 menit | KEGIATAN PENDAHULUAN | 15 menit | Stimulation (stimullasi/ pemdiberian rangsangan) | Guru : Orientasi - Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran penerima didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis penerima didik dalam mengpertamai acara pembelajaran.
Apersepsi - Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman penerima didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, yakni : penerapan EYD (penomoran bab, penulisan judul)
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi - Memdiberikan citra tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
- Apabila materi / tema / projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka penerima didik dibutuhkan sanggup menerangkan tentang materi menyusun karya ilmiah.
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
Pemdiberian Acuan - Memdiberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
- Memdiberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
- Pembagian kelompok belajar
- Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
| Problem Statemen (pertanyaan/ identifikasi masalah) | KEGIATAN LITERASI Guru mempersembahkan peluang pada penerima didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawaban melalui acara belajar, · Melihat (tanpa atau dengan alat) Menayangkan gambar/foto/video tentang materi menyusun karya ilmiah. “Apa yang kalian pikirkan tentang foto/gambar tersebut?” Ø lembar kerja materi menyusun karya ilmiah. Ø pemdiberian contoh-contoh materi menyusun karya ilmiah. untuk sanggup dikembangkan penerima didik, dari media interaktif, dsb - Membaca (dilakukan di rumah sebelum acara pembelajaran berlangsung),
membaca materi menyusun karya ilmiah. dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan lingkungan pemdiberian materi menyusun karya ilmiah. oleh guru · Menyimak, penjelasan pengantar acara secara garis besar/global tentang materi pelajaran terkena materi menyusun karya ilmiah., untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi. · Menulis Peserta didik menulis resume tentang apa yang sudah dibaca, diamati dan didengarkan sebagai penyesuaian dalam membaca dan menulis (Literasi)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) · Mengajukan pertanyaan tentang materi menyusun karya ilmiah. yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk menyebarkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan mencar ilmu sepanjang hayat. Misalnya : Ø Apa yang dimaksud dengan menyusun karya ilmiah.? Ø Terdiri dari apakah menyusun karya ilmiah. tersebut? Ø Seperti apakah menyusun karya ilmiah. tersebut? Ø Bagaimana menyusun karya ilmiah. itu bekerja? Ø Apa fungsi menyusun karya ilmiah.? Ø Bagaimanakah materi menyusun karya ilmiah. itu berperan dalam kehidupan sehari-hari dan karir masa depan penerima didik?
| KEGIATAN INTI | 60 menit | Data Collection (pengumpulan data) | KEGIATAN LITERASI Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawaban pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan: - Mengamati obyek/kejadian,
mengamati dengan seksama materi menyusun karya ilmiah. yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya - Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca banyak sekali referensi dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman tentang materi menyusun karya ilmiah. yang sedang dipelajari menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi menyusun karya ilmiah. yang sedang dipelajari - Wawancara/tanya balasan dengan nara sumber
mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi menyusun karya ilmiah. yang tekah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru
COLLABORATION (KERJASAMA) Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk: Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas tumpuan dalam buku paket terkena materi menyusun karya ilmiah. mencatat tiruana informasi tentang materi menyusun karya ilmiah. yang sudah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi menyusun karya ilmiah. sesuai dengan pemahamannya
| Data Processing (pengolahan Data) | COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara : · Saling tukar informasi perihal materi menyusun karya ilmiah. dengan ditanggapi aktif oleh penerima didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk menyebarkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, menyebarkan kebiasaan mencar ilmu dan mencar ilmu sepanjang hayat. - Berdiskusi tentang data dari materi menyusun karya ilmiah. yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam acara sebelumnya.
- Mengolah informasi dari materi menyusun karya ilmiah. yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan menolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
- Peserta didik mengerjakan beberapa soal terkena materi menyusun karya ilmiah.
| KEGIATAN PENUTUP | 15 menit | Verification (pembuktian) | CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK) dan COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI) Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi untuk menyimpulkan hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara : - Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang tidak sama hingga kepada yang berperihalan untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menandakan tentang materi : menyusun karya ilmiah., antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong mengulas jawabanan soal-soal yang sudah dikerjakan oleh penerima didik.
- Menyampaikan hasil diskusi perihal materi menyusun karya ilmiah. berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk menyebarkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
- Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang mteri : menyusun karya ilmiah.
- Mengemukakan pendapat atas presentasi yang dilakukan tentanag materi menyusun karya ilmiah. dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
- Bertanya atas presentasi tentang materi menyusun karya ilmiah. yang dilakukan dan penerima didik lain didiberi peluang untuk menjawabannya.
- Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal menyusun karya ilmiah.
- Menjawaban pertanyaan tentang menyusun karya ilmiah. yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau lembar kerja yang sudah disediakan.
- Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi menyusun karya ilmiah. yang akan selesai dipelajari
- Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi menyusun karya ilmiah. yang terdapat pada buku pegangan penerima didik atau pada lembar lerja yang sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
| Generalizatio (menarikdanunik kesimpulan) | CREATIVITY (KREATIVITAS) Peserta didik : - Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran menyusun karya ilmiah. yang gres dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran menyusun karya ilmiah. yang gres diselesaikan.
- Mengagendakan materi atau kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru : - Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran menyusun karya ilmiah..
- Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek /produk /portofolio /unjuk kerja pada materi pelajaran menyusun karya ilmiah.
- Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran menyusun karya ilmiah. kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik
| CATATAN : | Selama pembelajaran menyusun karya ilmiah. berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam menumbuhkembangkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kecintaan kepada sesama manusia, bersahaja, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah, tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan, tanah air, dan bangsa Indonesia, serta kemampuan untuk membuat sesuatu yang gres yang sangat bernilai dan mempunyai kegunaan bagi dirinya dan orang lain. (Karakter Kepramukaan, Kebangsaan, dan Kewirausahaan)
| |
I. Penilaian
Sikap
Jurnal
LEMBAR PENILAIAN SIKAP - JURNAL
Nama Siswa : ………………..
Kelas : ………………
No. | Hari/Tanggal | Sikap/Perilaku | Ket. |
Positif | Negatif |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kesimpulan : …………………………………………………………………………………………………………
Penilaian Sikap - Jurnal |
Nama Peserta Didik : …………...........................................…….. Kelas : …………...........................................…….. Aspek yang diamati : …………...........................................……..
No | Hari/tanggal | Kejadian | Keterangan / Tindak Lanjut | 1 |
|
|
| …. |
|
|
| Nilai jurnal memakai skala Sangat Baik (SB)= 100, Baik (B) = 75, Cukup (C) = 50, dan Kurang (K) = 25
|
Pengetahuan
- Tertulis Pilihan Ganda (lihat lampiran)
- Tertulis Uraian (lihat lampiran)
- Tes Lisan / Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
25 | 50 | 75 | 100 |
1 | Intonasi |
|
|
|
|
|
|
|
2 | Pelafalan |
|
|
|
|
3 | Kelancaran |
|
|
|
|
4 | Ekspresi |
|
|
|
|
5 | Penampilan |
|
|
|
|
6 | Gestur |
|
|
|
|
- Penugasan (lihat lampiran)
Tugas Rumah
a) Peserta didik menjawaban pertanyaan yang terdapat pada buku penerima didik
b) Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka sudah mengerjakan kiprah rumah dengan baik
c) Peserta didik mengumpulkan jawabanan dari kiprah rumah yang sudah dikerjakan untuk mendapat penilaian
Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
misal instrumen evaluasi unjuk kerja sanggup dilihat pada instrumen evaluasi ujian keterampilan berbicara sebagai diberikut:
Instrumen Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan |
|
|
|
|
2 | Keserasian pemilihan kata |
|
|
|
|
3 | Kesesuaian penerapan tata bahasa |
|
|
|
|
4 | Pelafalan |
|
|
|
|
Kriteria evaluasi (skor)
100 = Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak Baik
Teknik mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor terbaik dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi |
|
|
|
|
2 | Kemampuan menjawaban pertanyaan |
|
|
|
|
3 | Kemampuan mengolah kata |
|
|
|
|
4 | Kemampuan menuntaskan masalah |
|
|
|
|
Keterangan :
100 = Sangat Baik 50 = Kurang Baik
75 = Baik 25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek (lihat lampiran)
Membuat skema sekolah, jadwal acara sekolah, dll
- Penilaian Produk (lihat lampiran)
- Penilaian Portofolio
Kumpulan tiruana kiprah yang sudah dikerjakan penerima didik, ibarat catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 |
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
Mengetahui, ………., …………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
……………. ………….
UNDUH FILE WORD RPP KARYA ILMIAH KLIK https://drive.google.com/open?id=1__BqNSZC6i2KGHFdLF1ElHvG6xHJ0RhP
0 Komentar untuk "Rpp Teks Karya Ilmiah Kelas Xi Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi"