loading...
BEDAH KISI-KISI USBN 2019 SD/MI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang dikembangkan dari Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia menurut surat Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019 tanggal 26 November 2018
1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
BEDAH KISI-KISI USBN 2019 SD/MI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Indikator Materi | Indikator Soal | No | |
MEMBACA NONSASTRA | |||
1.menentukan makna kata/istilah pada teks | Disajikan paragraf, siswa bisa meentukan makna kata/istilah dalam paragraf dengan tepat | | |
2.Menentukan antonim/sinonim | Disajikan paragraf, siswa bisa meentukan makna sinonim/antonim dalam paragraf dengan tepat | | |
Disajikan kalimat yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa bisa memilih sinonim/antonim kata yang dicetak miring dengan tepat | | ||
3.menggali info tersurat teks | Disajikan paragraf, siswa bisa mengidentifikasi kalimat jawabanan dari kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat. | | |
Disajikan paragraf, siswa bisa mengidentifikasi kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat. | | ||
Disajikan teks laporan, siswa bisa memilih pernyataan yang yaitu isi laporan dengan tepat | | ||
4.menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas) | Disajikan paragraf, siswa bisa memilih kalimat utama paragraf dengan tepat | | |
5.menentukan inspirasi pokok teks | 5. Disajikan paragraf, siswa bisa menemukan inspirasi pokok paragraf dengan tepat. | | |
6.menggali info tersirat teks | 6. Disajikan paragraf, siswa bisa menyimpulkan isi paragraf dengan tepat. | | |
7.Menentukan pernyataan sesuai isi teks | Disajikan paragraf, siswa bisa memilih pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf | | |
8.Mengidentifikasi jenis teks | Disajikan sebuah teks (deskripsi/narasi), siswa bisa memilih jenis teks dengan tepat | | |
9.memprediksi kejadian menurut isi teks | Disajikan sebuah teks yang meliputi sebuah kondisi/peristiwa, siswa bisa memilih insiden menurut isi teks | | |
10. membandingkan isi teks | Disajikan dua teks, siswa bisa memilih persamaan/perbedaan isi dua teks dengan sempurna | | |
11. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks | Disajikan cuilan teks meliputi data-data/informasi dan tabel yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi tabel sesuai dengan data/informasi pada teks dengan tepat. | | |
MEMBACA SASTRA | |||
12. Menentukan info tersurat pada karya sastra | Disajikan teks drama, siswa bisa memilih pernyataan yang sesuai dengan isi teks drama dengan tepat. | | |
Disajikan teks cerita, siswa bisa memilih pernyataan yang sesuai dengan isi teks dongeng dengan tepat | | ||
Disajikan bait pantun, siswa bisa memilih maksud/isi pantun dengan sempurna | | ||
13. menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, tabiat tokoh) | Disajikan kutipan dongeng , siswa bisa memilih tokoh utama pada kutipan dengan tepat | | |
Disajikan kutipan dongeng , siswa bisa memilih tabiat tokoh pada kutipan dengan tepat | | ||
Disajikan kutipan dongeng , siswa bisa memilih latar pada kutipan dengan tepat | | ||
14. menentukan makna kata/simbol/kias | Disajikan teks syair , siswa bisa memilih makna kata pada syair dengan tepat | | |
Disajikan kutipan cerpen, siswa bisa memilih makna kata simbol/kias pada kutipan dengan tepat | | ||
15. menggali info tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bab teks ) | Disajikan kutipan drama/dialog, siswa bisa memilih topik/tema dalam kutipan dengan dengan tepat. | | |
Disajikan teks cerita, siswa bisa memilih selesai dongeng dengan tepat | | ||
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa bisa memilih makna bab teks/kalimat dengan tepat | | ||
16. menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema) | Disajikan kutipan teks sastra, siswa bisa memilih konflik dalam kutipan teks dengan tepat. | | |
Disajikan kutipan teks pantun, siswa bisa memilih amanat dengan tepat. | | ||
Disajikan kutipan teks cerita, siswa bisa memilih amanat dengan tepat. | | ||
Disajikan kutipan teks sastra, siswa bisa memilih tema dengan tepat. | | ||
17. Memprediksi insiden menurut isi cerita | Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), siswa bisa membandingkan perbedaan isi (nilai) dua kutipan dengan tepat. | | |
18. menentukan nilai-nilai cerita | Disajikan kutipan cerita, siswa bisa memilih nilai (moral) dalam kutipan teks dengan tepat | | |
19. menentukan keteladanan tokoh cerita | Disajikan teks cerita/biografi, siswa bisa memilih hal-hal yang sanggup diteladani dari tokoh pada kutipan teks dengan tepat | | |
MENULIS TERBATAS | |||
20. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa | Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan istilah/kata dengan tepat | | |
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan ungkapan dengan tepat | | ||
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan peribahasa dengan tepat | | ||
21. menyusun banyak sekali petunjuk (menggunakan/menciptakan sesuatu) | Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, siswa mampu mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf deskripsi dengan tepat. | | |
Disajikan lima kalimat mekanisme secara acak, siswa bisa mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks mekanisme dengan tepat. | | ||
22. menyusun banyak sekali teks (deskripsi, narasi) | Disajikan gambar, siswa bisa menyusun kalimat deskripsi dengan tepat. | | |
Disajikan ilustrasi, siswa bisa menyusun teks narasi sesuai gambaran dengan tepat | | ||
23. melengkapi banyak sekali jenis teks (laporan, iklan, pidato) | Disajikan teks laporan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat | | |
Disajikan teks iklan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan kata/kalimat dengan tepat | | ||
Disajikan teks pidato yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan kalimat dengan tepat | | ||
24. melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan | Disajikan cuilan teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan kata bentukan (kata diberimbuhan) dengan tepat. | | |
MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA | |||
25. Memperbaiki penulisan/penerapan istilah/kata | Disajikan kalimat/teks yang salah satu penulisan kata tidak tepat, siswa bisa memperbaiki penulisan kata/istilah dengan tepat. | | |
26. memperbaiki tata kalimat dalam paragraf | Disajikan sebuah paragraf dengan salah satu kalimatnya dicetak miring dan tata kalimatnya tidak sempurna , siswa bisa memperbaiki tata kalimat tersebut dengan tepat | | |
27. Menunjukkan kesalahan penerapan ejaan | Disajikan kalimat/paragraf yang salah satu kata tidak tepat, siswa bisa menawarkan penulisan kata (huruf Kapital) yang tidak tepat. | | |
28. Menunjukkan kesalahan penerapan tanda baca | Disajikan kalimat/paragraf yang salah penerapan tanda baca, siswa bisa menawarkan penerapan tanda baca (titik, titik dua, koma) yang salah dengan sempurna | | |
29. menggunakan ejaan | Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa bisa mengisi bab rumpang dengan kata yang penulisannya tepat. | | |
30. menggunaan tanda baca | Disajikan teks surat langsung yang kalimatnya didiberi nomor, siswa bisa memilih tanda baca yang sempurna pada kalimat tersebut. | | |
31. Memperbaiki kesalahan penerapan ejaan | Disajikan kalimat yang salah satu katanya ditulis dengan salah, siswa bisa memperbaiki sesuai ejaan bahasa Indonesia yang tepat. | | |
32. Memperbaiki penerapan kesalahan penerapan tanda baca | Disajikan kalimat/ paragraf yang terdapat kesalahan penerapan tanda baca, siswa bisa memilih perbaikan penerapan tanda baca dengan tepat. | |
BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2019: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
A. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra
- menentukan makna kata/istilah pada teks
- menentukan antonim/sinonim
- menggali info tersurat teks
- menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
- menentukan inspirasi pokok teks
- menggali info tersirat teks
- menentukan pernyataan sesuai isi teks
- mengidentifikasi jenis teks
- memprediksi insiden menurut isi teks
- membandingkan isi teks
- melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks
B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
- Menentukan info tersurat pada karya sastra
a. Menentukan info tersurat pada karya sastra puisi
b. Menentukan info tersurat pada karya sastra prosa
c. Menentukan info tersurat pada karya sastra drama
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, tabiat tokoh)
- Menentukan makna kata/simbol/kias
- Menggali info tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bab teks )
- Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
- Memprediksi insiden menurut isi cerita
- Menentukan nilai-nilai cerita
- Menentukan keteladanan tokoh cerita
C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
- Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
- Menyusun banyak sekali petunjuk (menggunakan/menciptakan sesuatu)
- Menyusun banyak sekali teks (deskripsi, narasi)
- Melengkapi banyak sekali jenis teks (laporan, iklan, pidato)
- Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
- Memperbaiki penulisan/penerapan istilah/kata
- Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
- menunjukkan kesalahan penerapan ejaan
- menunjukkan kesalahan penerapan tanda baca
29.menggunakan ejaan
30.menggunaan tanda baca
31.memperbaiki kesalahan penerapan ejaan
32.memperbaiki kesalahan penerapan tanda baca
Tag :
USBN SD
0 Komentar untuk "Bedah Kisi-Kisi Usbn 2019 Sd/Mi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2018/2019"