Bedah Kisi-Kisi Usbn 2019 Sd/Mi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2018/2019

loading...






BEDAH KISI-KISI USBN 2019 SD/MI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian sekolah berstandar nasional (USBN) yang dikembangkan dari Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2018/2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia menurut surat Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0297/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019 tanggal 26 November 2018  


BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata

2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata

3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata

4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 
BEDAH KISI-KISI USBN 2019 SD/MI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Indikator Materi
Indikator Soal
No
MEMBACA  NONSASTRA
1.menentukan makna kata/istilah pada teks
Disajikan paragraf, siswa bisa meentukan makna kata/istilah dalam paragraf dengan tepat

  1.  
2.Menentukan antonim/sinonim
Disajikan paragraf, siswa bisa meentukan makna sinonim/antonim dalam paragraf dengan tepat

  1.  
Disajikan kalimat yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa bisa memilih sinonim/antonim kata yang dicetak miring dengan tepat

  1.  

3.menggali info tersurat teks
Disajikan paragraf, siswa bisa mengidentifikasi kalimat jawabanan dari kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat.

  1.  
Disajikan paragraf, siswa bisa mengidentifikasi kalimat tanya (dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana) yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat.

  1.  
Disajikan teks laporan, siswa bisa memilih pernyataan yang yaitu isi laporan dengan tepat

  1.  
4.menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)
Disajikan paragraf, siswa bisa memilih kalimat utama paragraf dengan tepat

  1.  
5.menentukan inspirasi pokok teks
5. Disajikan paragraf, siswa bisa menemukan inspirasi pokok  paragraf dengan tepat.

  1.  

6.menggali info tersirat teks
6. Disajikan paragraf, siswa bisa menyimpulkan isi paragraf dengan tepat.

  1.  

7.Menentukan pernyataan sesuai isi teks
Disajikan paragraf, siswa bisa memilih pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf

  1.  
8.Mengidentifikasi jenis teks
Disajikan sebuah teks (deskripsi/narasi), siswa bisa memilih jenis teks dengan tepat

  1.  
9.memprediksi
kejadian menurut isi teks
Disajikan sebuah teks yang meliputi sebuah kondisi/peristiwa, siswa bisa memilih insiden menurut isi teks

  1.  
10.              membandingkan isi teks
Disajikan dua teks, siswa bisa memilih persamaan/perbedaan isi dua teks dengan sempurna

  1.  

11.              melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks
Disajikan cuilan teks meliputi data-data/informasi dan tabel yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi tabel sesuai dengan data/informasi pada  teks dengan tepat.

  1.  

MEMBACA SASTRA


12.              Menentukan info tersurat pada karya sastra
Disajikan teks drama, siswa bisa memilih pernyataan yang sesuai dengan isi teks drama dengan tepat.

  1.  
Disajikan teks cerita, siswa bisa memilih pernyataan yang sesuai dengan isi teks dongeng dengan tepat

  1.  
Disajikan bait pantun, siswa bisa memilih maksud/isi pantun dengan sempurna

  1.  
13.              menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, tabiat tokoh)
Disajikan kutipan dongeng , siswa bisa memilih tokoh utama pada kutipan dengan tepat

  1.  
Disajikan kutipan dongeng , siswa bisa memilih tabiat tokoh pada kutipan dengan tepat

  1.  
Disajikan kutipan dongeng , siswa bisa memilih latar pada kutipan dengan tepat

  1.  
14.              menentukan makna kata/simbol/kias
Disajikan teks syair , siswa bisa memilih makna kata pada syair dengan tepat

  1.  
Disajikan kutipan cerpen, siswa bisa memilih makna kata simbol/kias pada kutipan  dengan tepat

  1.  
15.              menggali info tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bab teks )
Disajikan kutipan drama/dialog, siswa bisa memilih topik/tema dalam kutipan dengan  dengan tepat.

  1.  
Disajikan teks cerita, siswa bisa memilih selesai dongeng dengan tepat

  1.  
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya dicetak miring, siswa bisa memilih makna bab teks/kalimat dengan tepat

  1.  
16.              menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)
Disajikan kutipan teks sastra, siswa bisa memilih konflik dalam kutipan teks dengan tepat.

  1.  

Disajikan kutipan teks pantun, siswa bisa memilih amanat dengan tepat.

  1.  

Disajikan kutipan teks cerita, siswa bisa memilih amanat dengan tepat.

  1.  

Disajikan kutipan teks sastra, siswa bisa memilih tema  dengan tepat.

  1.  
17.              Memprediksi insiden menurut isi cerita
Disajikan dua kutipan teks sastra sejenis (fabel), siswa bisa membandingkan perbedaan isi (nilai) dua kutipan dengan tepat.

  1.  
18.              menentukan nilai-nilai cerita
Disajikan kutipan cerita, siswa bisa memilih nilai (moral) dalam kutipan teks dengan tepat

  1.  

19.              menentukan
keteladanan tokoh cerita
Disajikan teks cerita/biografi, siswa bisa memilih hal-hal yang sanggup diteladani dari tokoh pada kutipan teks dengan tepat

  1.  
MENULIS TERBATAS
20.              Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan istilah/kata dengan tepat

  1.  
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan ungkapan dengan tepat

  1.  
Disajikan kalimat/teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan peribahasa dengan tepat

  1.  
21.              menyusun banyak sekali petunjuk (menggunakan/menciptakan sesuatu)
Disajikan lima kalimat eksposisi secara acak, siswa mampu  mengurutkan kalimat sehingga tersusun paragraf deskripsi dengan tepat.

  1.  

Disajikan lima kalimat mekanisme secara acak, siswa bisa mengurutkan kalimat sehingga tersusun teks mekanisme dengan tepat.

  1.  

22.              menyusun banyak sekali teks (deskripsi, narasi)
Disajikan gambar, siswa bisa menyusun kalimat deskripsi dengan tepat.

  1.  
Disajikan ilustrasi, siswa bisa menyusun teks narasi sesuai gambaran dengan tepat

  1.  
23.              melengkapi banyak sekali jenis teks (laporan, iklan, pidato)
Disajikan teks laporan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi teks tersebut dengan kalimat yang tepat

  1.  
Disajikan teks iklan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan kata/kalimat dengan tepat

  1.  
Disajikan teks pidato yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi dengan kalimat dengan tepat

  1.  
24.              melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
Disajikan cuilan teks yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan kata bentukan (kata diberimbuhan) dengan tepat.

  1.  
MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA
25.              Memperbaiki penulisan/penerapan istilah/kata
Disajikan kalimat/teks yang salah satu penulisan kata tidak tepat, siswa bisa memperbaiki penulisan kata/istilah dengan tepat.

  1.  
26.              memperbaiki tata kalimat dalam paragraf
Disajikan sebuah paragraf dengan salah satu kalimatnya dicetak miring dan tata kalimatnya tidak sempurna , siswa bisa memperbaiki tata kalimat tersebut dengan tepat

  1.  
27.              Menunjukkan kesalahan penerapan ejaan
Disajikan kalimat/paragraf yang salah satu kata tidak tepat, siswa bisa menawarkan penulisan kata (huruf Kapital) yang tidak tepat.

  1.  
28.              Menunjukkan kesalahan penerapan tanda baca
Disajikan kalimat/paragraf yang salah penerapan tanda baca, siswa bisa menawarkan penerapan tanda baca (titik, titik dua, koma) yang salah dengan sempurna

  1.  
29.              menggunakan ejaan
Diajikan kalimat yang dirumpangkan, siswa bisa mengisi bab rumpang dengan kata yang penulisannya tepat.

  1.  
30.              menggunaan tanda baca
Disajikan teks surat langsung yang kalimatnya didiberi nomor, siswa bisa memilih tanda baca yang sempurna pada kalimat tersebut.

  1.  
31.              Memperbaiki kesalahan penerapan ejaan
Disajikan kalimat yang salah satu katanya ditulis dengan salah, siswa bisa memperbaiki sesuai ejaan bahasa Indonesia yang tepat.

  1.  
32.              Memperbaiki penerapan kesalahan penerapan tanda baca
Disajikan kalimat/ paragraf yang terdapat kesalahan penerapan tanda baca, siswa bisa memilih perbaikan penerapan tanda baca dengan tepat.

  1.  


BAHAN PERSIAPAN USBN SD/MI TAHUN 2019: KISI-KISI SOAL, RINGKASAN MATERI, SOAL DAN KUNCI JAWABAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

A.    Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra

  1. menentukan makna kata/istilah pada teks


  1. menentukan antonim/sinonim


  1. menggali info tersurat teks


  1. menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas)


  1. menentukan inspirasi pokok teks


  1. menggali info tersirat teks


  1. menentukan pernyataan sesuai isi teks


  1. mengidentifikasi jenis teks


  1. memprediksi insiden menurut isi teks


  1. membandingkan isi teks


  1. melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran menurut isi teks


B. RUANG LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA

  1. Menentukan info tersurat pada karya sastra

a. Menentukan info tersurat pada karya sastra puisi


b. Menentukan info tersurat pada karya sastra prosa


c. Menentukan info tersurat pada karya sastra drama


  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, tabiat tokoh)


  1. Menentukan makna kata/simbol/kias


  1. Menggali info tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bab teks )


  1. Menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema)


  1. Memprediksi insiden menurut isi cerita


  1. Menentukan nilai-nilai cerita


  1. Menentukan keteladanan tokoh cerita


C. RUANG LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS

  1. Melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa


  1. Menyusun banyak sekali petunjuk (menggunakan/menciptakan sesuatu)


  1. Menyusun banyak sekali teks (deskripsi, narasi)


  1. Melengkapi banyak sekali jenis teks (laporan, iklan, pidato)


  1. Melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan


  1. Memperbaiki penulisan/penerapan istilah/kata


  1. Memperbaiki tata kalimat dalam paragraf


D. RUANG LINGKUP MATERI MENYUNTING KATA/ISTILAH, FRASE, KALIMAT, PARAGRAF, EJAAN, DAN TANDA BACA

  1. menunjukkan kesalahan penerapan ejaan


  1. menunjukkan kesalahan penerapan tanda baca


29.menggunakan ejaan


30.menggunaan tanda baca


31.memperbaiki kesalahan penerapan ejaan


32.memperbaiki kesalahan penerapan tanda baca



Tag : USBN SD
0 Komentar untuk "Bedah Kisi-Kisi Usbn 2019 Sd/Mi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Tahun Pelajaran 2018/2019"

Back To Top