Bedah Kisi-Kisi Un 2019 Sma/Ma Mapel Bahasa Indonesia: Pengembangan Indikator Soal Un 2019, Teladan Soal, Dan Pembahasan

loading...



BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMA/MA MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN

Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA menurut Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah




BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata

2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata

3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata

4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 


5. Bedah Kisi-Kisi UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata 

6. Soal dan Kunci Jawaban Persiapan UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata


BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMA/MA

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

Indikator Materi
Indikator Soal
No

1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA
Memaknai istilah/kata
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, akseptor didik sanggup dapat menentukan makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.
1.       
Mengidentifikasi informasi tersurat
Disajikan sebuah paragraf yang meliputi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), akseptor didik sanggup memilih kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut.       
2.       
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, akseptor didik sanggup memilih menjawaban pertanyaan tentang isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat.
3.       
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, akseptor didik sanggup memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh tersebut.
4.       
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, akseptor didik sanggup memilih menjawaban pertanyaan tentang isi teks.
5.       
Menemukan wangsit pokok
Disajikan paragraf padu, akseptor didik sanggup memilih wangsit pokok paragraf tersebut.
6.       
Menemukan inti kalimat

Disajikan kalimat luas/majemuk, akseptor didik sanggup memilih inti kalimat tersebut  dengan tepat.
7.       
Menentukan makna rujukan
Disajikan paragraf yang memakai kata acuan, akseptor didik sanggup memilih kata/kelompok kata yang dirujuk oleh teladan tersebut dengan tepat.
8.       
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
Disajikan paragraf padu, akseptor didik sanggup memilih tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf dengan tepat.
9.       
Disajikan kutipan tajuk rencana, akseptor didik sanggup memilih opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat.
10.   
Disajikan kutipan tajuk rencana, akseptor didik sanggup memilih pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebutdengan tepat.
11.   
Menentukan kalimat utama
Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat, akseptor didik sanggup memilih kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat.
12.   
Menentukan kalimat penjelas
Disajikan satu kalimat utama dan lima kalimat penjelas, akseptor didik sanggup memilih tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama
13.   
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, akseptor didik sanggup memilih perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut dengan tepat.
14.   
Mengomentari isi teks

Disajikan kutipan teks, akseptor didik sanggup memilih kalimat penilaian terhadap isi  teks dengan tepat.
15.   
2. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, akseptor didik sanggup memilih makna kata berlambang dalam teks dengan tepat.
16.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang berupa ungkapan/makna kias dengan tepat.
17.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang berupa majas dengan tepat.
18.   
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra
Disajikan sebait gurindam, akseptor didik sanggup memilih maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat
19.   
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, akseptor didik sanggup memilih pendeskripsian tabiat tokoh dengan tepat.
20.   
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, lantaran konflik, akhir konflik, amanat, nilai -nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa bisa memilih konflik dengan tepat.
21.   
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), akseptor didik sanggup memilih amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
22.   
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), akseptor didik sanggup memilih pernyataan yang memperlihatkan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan ketika inidengan tepat.
23.   
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa bisa memilih persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut menurut unsur intrinsik teks dengan tepat
24.   
Membuktikan final dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), akseptor didik sanggup memilih pernyataan pembuktian tabiat tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat.
25.   
Disajikan kutipan cerpen/novel, akseptor didik sanggup memilih latar (suasana, waktu, atau tempat) sesuai kutipan dengan tepat.
26.   
Disajikan penggalan cerpen/ novel, akseptor didik sanggup memilih hal yang diungkapkan dalam teks, yang sanggup ditemukan dalam kehidupan ketika ini dengan tepat.
27.   
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, akseptor didik sanggup memilih kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat.
28.   
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, akseptor didik sanggup memilih kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut
29.   
Meringkas isi karya sastra
Disajikan kutipan cerpen/novel, akseptor didik sanggup memilih kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat.
30.   
3. LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS
melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
Disajikan teks meliputi gambaran bencana yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan ungkapan yang tepat
31.   
Disajikan teks meliputi gambaran bencana yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan peribahasa yang tepat
32.   
Melengkapi unsur teks eksposisi
Disajikan paragraf yang dirumpangkan kalimat simpulannya, akseptor didik sanggup memilih kalimat final untuk melengkapinya dengan tepat.
33.   
Melengkapi unsur teks deskripsi
Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; akseptor didik sanggup melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat.
34.   
Melengkapi unsur teks argumentasi
Disajikan sebuah kalimat pendapat tentang sesuatu, akseptor didik sanggup memilih kalimat argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung)
35.   
Melengkapi unsur teks ulasan
Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
36.   
Melengkapi teks prosedur
Disajikan paragraf proses   yang dirumpangkan satu kalimatnya, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya.
37.   
Melengkapi paragraf Induktif
Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan kalimat simpulannya, akseptor didik sanggup memilih kalimat final yang padu untuk melengkapinya
38.   
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
Disajikan puisi usang berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik bab isi dirumpangkan, akseptor didik sanggup memilih larik yang sempurna untuk melengkapinya
39.   
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya.
40.   
Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak)
Disajikan kalimat acak (kalimat didiberi nomor dan diurut ke bawah), akseptor didik sanggup memilih urutan yang sempurna untuk dijadikan paragraf padu
41.   
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan bencana tertentu, siswa sanggup memilih peribahasa yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian.
42.   
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan bencana tertentu, siswa sanggup memilih ungkapan yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian.
43.   
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya meliputi pernyataan perintah/masukan, siswa sanggup memilih kalimat yang memiliki tujuan sama dalam bentuk kalimat lain (tanya) yang tepat.
44.   
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF
Mengidentifikasi kesalahan penerapan kata/istilah
Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penerapan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
45.   
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa bisa mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat.
46.   
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata diberimbuhannya dalam kalimat (diberimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang dipertamai abjad k, p, t, s), akseptor didik sanggup memilih kata diberimbuhan yang sempurna untuk melengkapinya
47.   
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, akseptor didik sanggup memilih kata ulang yang sempurna untuk melengkapinya
48.   
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai
Disajikan paragraf yang belum lengkap  kata penghubung temporal (urutan waktu), akseptor didik sanggup memilih kata penghubung yang sempurna untuk melengkapinyanya.
49.   
Memperbaiki kesalahan penerapan kalimat
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, akseptor didik sanggup memilih cara perbaikan kalimat tersebut dengan tepat.
50.   
Memperbaiki kesalahan paragraf
Disajikan paragraf deskripsi yang memakai tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), akseptor didik sanggup memilih frasa adjektiva yang sempurna untuk memperbaikinya.        
51.   
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang padu untuk memperbaikinya         
52.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf
Disajikan paragraf yang  salah satu kalimatnya memakai kata tidak baku, akseptor didik sanggup memilih kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat
53.   
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA
Mengidentifikasi kesalahan penerapan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
Disajikan gambaran berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan abjad kecil tiruana), akseptor didik sanggup memilih perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku
54.   
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa sanggup mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi.
55.   
Menggunakan tanda baca
Disajikan kalimat beberapa kalimat yang  dua di antaranya terdapat kesalahan penerapan tanda baca, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang salah penerapan tanda bacanya
56.   
Memperbaiki kesalahan penerapan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan frasa/gabungan kata, siswa bisa memilih perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat.
57.   
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; akseptor didik sanggup memilih kata baku untuk memperbaikinya
58.   
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan kata serapan/ istilah, siswa bisa memilih perbaikan kata serapan  dengan tepat.
59.   
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Disajikan kalimat yang memakai tanda bacanya salah, akseptor didik sanggup memilih kesalahan penerapan tanda baca  disertai alasan yang sempurna pada kalimat tersebut           
60.   

CATATAN: SOAL UN SEBANYAK 50 SOAL, TANDA MERAH BERSIFAT PILIHAN VARIASI SOAL

INDIKATOR, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN SOAL
PERSIAPAN UN 2019




I. Lingkup Materi Membaca Nonsastra

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.    memaknai istilah/kata dalam paragraf


2.    mengidentifikasi informasi tersurat

a. mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf



b. mengidentifikasi jawabanan tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana



c. memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh dalam teks biografi



B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.    menemukan wangsit pokok



2.    menemukan inti kalimat


3.    menentukan makna rujukan



4.    menyimpulkan isi tersirat dalam teks

a. menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis



b. opini penulis editorial



c. keberpihakan penulis editorial



5.    menentukan kalimat utama


6. Menentukan kalimat penjelas


C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.    membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks

2.    menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks


3.    membandingkan penerapan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (diberita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)

4.    mengomentari isi teks



5.    menunjukkan bukti suatu final

 

II. Lingkup Materi Membaca Sastra

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

  1. mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
a. mengartikan kata simbolik



b. mengartikan ungkapan


c. mengidentifikasi kalimat  yang bermajas


2.      memaknai isi tersurat dalam karya sastra 

a. memilih maksud gurindam



b. menentukan cara pendeskripsian tabiat tokoh



B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

  1. menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, lantaran konflik, akhir konflik, amanat, nilai-nilai)
a. memilih konflik, lantaran konflik, akhir konflik



b. menentukan amanat



c. memilih nilai



C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.      membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)



2.      menganalisis korelasi antarbagian karya sastra

3.      membuktikan final dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)

a. Soal UN 2017/2018


b. Soal UN 2016/2017

Menentukan kalimat yang memperlihatkan tabiat tokoh


Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat


4.      mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini



5.      menilai keunggulan/kelemahan karya sastra



6.      meringkas isi karya sastra





III. Lingkup Materi Menulis Terbatas

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

Indikator materi: melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa

a. melengkapi bab yang rumpang dengan ungkapan 


b. Melengkapi Paragraf dengan peribahasa 


B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.      melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)

a.       melengkapi unsur teks eksposisi



b.      melengkapi unsur teks deskripsi



c.       melengkapi unsur teks argumentasi



d.      melengkapi unsur teks ulasan

1) Soal UN 2017/2018


e.       melengkapi teks prosedur



2.      melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)


Melengkapi larik pantun (soal UN 2016/2017)



3.      menggabungkan kalimat



4.      mengurutkan unsur teks

C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.      memvariasikan kata yang bermakna sama

2.      memvariasikan kalimat yang bertujuan sama


3.      menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai

4.      memvariasikan unsur teks

5.      mengubah bentuk teks lain



IV. Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.                  mengidentifikasi kesalahan penerapan kata/istilah



  1. mengidentifikasi kesalahan penerapan konjungsi
  2. mengidentifikasi kesalahan penerapan kalimat efektif
  3. mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf



B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1. memakai kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)



Menggunakan kata ulang
2. mengisi dengan konjungsi yang sesuai



C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.    memperbaiki kesalahan penerapan kalimat



2.    memperbaiki kesalahan paragraf

3.    menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf



V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca

A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.    mengidentifikasi kesalahan penerapan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)

a.       penulisan judul



b.      penulisan nama geografi

2.    mengidentifikasi kesalahan penerapan tanda baca

B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.    menggunakan ejaan

2.    menggunakan tanda baca


C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.    memperbaiki kesalahan penerapan ejaan

a.    memperbaiki kesalahan penerapan frasa/gabungan



b.    memperbaiki penulisan kata/istilah



c.    memperbaiki kesalahan penerapan kata serapan



2.    memperbaiki kesalahan penerapan tanda baca


3.    menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca

0 Komentar untuk "Bedah Kisi-Kisi Un 2019 Sma/Ma Mapel Bahasa Indonesia: Pengembangan Indikator Soal Un 2019, Teladan Soal, Dan Pembahasan"

Back To Top