loading...
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMA/MA MAPEL BAHASA INDONESIA: PENGEMBANGAN INDIKATOR SOAL UN 2019, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN
Berikut disajikan bedah kisi-kisi ujian nasional (UN) tahun 2019 SMA/MA mata pelajaran Bahasa Indonesia yang dikembangkan dari KISI-KISI UN 2019 SMA/MA menurut Keputusan Badan Standar Nasional Pendidikan nomor: 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 Tentang Kisi-Kisi Soal Ujian Nasional untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah
BAHAN LENGKAP PERSIAPAN UN DAN USBN 2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
1. BEDAH KISI-KISI USBN SD/MI, INDIKATOR SOAL USBN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. BEDAH KISI-KISI UN SMP/MTs, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
3. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
4. BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA, INDIKATOR SOAL UN, CONTOH SOAL, PEMBAHASAN DAN RINGKASAN MATERI KLIK SMK/MAK KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
6. Soal dan Kunci Jawaban Persiapan UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
5. Bedah Kisi-Kisi UN 2019 Mapel Sastra Indonesia Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
BEDAH KISI-KISI UN 2019 SMA/MA
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Indikator Materi | Indikator Soal | No |
1. LINGKUP MATERI MEMBACA NONSASTRA | ||
Memaknai istilah/kata | Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, akseptor didik sanggup dapat menentukan makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut. | 1. |
Mengidentifikasi informasi tersurat | Disajikan sebuah paragraf yang meliputi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), akseptor didik sanggup memilih kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut. | 2. |
Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, akseptor didik sanggup memilih menjawaban pertanyaan tentang isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat. | 3. | |
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, akseptor didik sanggup memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh tersebut. | 4. | |
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, akseptor didik sanggup memilih menjawaban pertanyaan tentang isi teks. | 5. | |
Menemukan wangsit pokok | Disajikan paragraf padu, akseptor didik sanggup memilih wangsit pokok paragraf tersebut. | 6. |
Menemukan inti kalimat | Disajikan kalimat luas/majemuk, akseptor didik sanggup memilih inti kalimat tersebut dengan tepat. | 7. |
Menentukan makna rujukan | Disajikan paragraf yang memakai kata acuan, akseptor didik sanggup memilih kata/kelompok kata yang dirujuk oleh teladan tersebut dengan tepat. | 8. |
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks | Disajikan paragraf padu, akseptor didik sanggup memilih tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf dengan tepat. | 9. |
Disajikan kutipan tajuk rencana, akseptor didik sanggup memilih opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebutdengan tepat. | 10. | |
Disajikan kutipan tajuk rencana, akseptor didik sanggup memilih pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebutdengan tepat. | 11. | |
Menentukan kalimat utama | Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat, akseptor didik sanggup memilih kalimat utama paragraf tersebut dengan tepat. | 12. |
Menentukan kalimat penjelas | Disajikan satu kalimat utama dan lima kalimat penjelas, akseptor didik sanggup memilih tiga kalimat penjelas yang mendukung kalimat utama | 13. |
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi | Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, akseptor didik sanggup memilih perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut dengan tepat. | 14. |
Mengomentari isi teks | Disajikan kutipan teks, akseptor didik sanggup memilih kalimat penilaian terhadap isi teks dengan tepat. | 15. |
2. LINGKUP MATERI MEMBACA SASTRA | ||
Mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra | Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, akseptor didik sanggup memilih makna kata berlambang dalam teks dengan tepat. | 16. |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang berupa ungkapan/makna kias dengan tepat. | 17. | |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang berupa majas dengan tepat. | 18. | |
Memaknai isi tersurat dalam karya sastra | Disajikan sebait gurindam, akseptor didik sanggup memilih maksud isi atau amanat yang terkandung dalam bait gurindam tersebut dengan tepat | 19. |
Disajikan paragraf kutipan cerpen/novel, akseptor didik sanggup memilih pendeskripsian tabiat tokoh dengan tepat. | 20. | |
Menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, lantaran konflik, akhir konflik, amanat, nilai -nilai) | Disajikan kutipan cerpen/novel, siswa bisa memilih konflik dengan tepat. | 21. |
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), akseptor didik sanggup memilih amanat yang terkandung dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat. | 22. | |
Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), akseptor didik sanggup memilih pernyataan yang memperlihatkan nilai-nilai tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut yang ditemukan dalam kehidupan ketika inidengan tepat. | 23. | |
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur) | Disajikan dua buah teks penggalan cerpen, siswa bisa memilih persamaan/perbedaan kedua penggalan teks tersebut menurut unsur intrinsik teks dengan tepat | 24. |
Membuktikan final dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai) | Disajikan kutipan cerpen/novel (yang di dalamnya tergambar: tabiat tokoh, nilai, dan amanat), akseptor didik sanggup memilih pernyataan pembuktian tabiat tokoh tertentu dalam kutipan cerpen/novel tersebut dengan tepat. | 25. |
Disajikan kutipan cerpen/novel, akseptor didik sanggup memilih latar (suasana, waktu, atau tempat) sesuai kutipan dengan tepat. | 26. | |
Disajikan penggalan cerpen/ novel, akseptor didik sanggup memilih hal yang diungkapkan dalam teks, yang sanggup ditemukan dalam kehidupan ketika ini dengan tepat. | 27. | |
Menilai keunggulan/kelemahan karya sastra | Disajikan kutipan teks cerpen/novel karya pengarang Indonesia yang menggambarkan keunggulan/kelemahan cerita, akseptor didik sanggup memilih kalimat resensi berupa keunggulan/kelemahan cerpen sesuai kutipan yang tersaji dengan tepat. | 28. |
Disajikan sebuah puisi atau kutipan cerpen/novel, akseptor didik sanggup memilih kalimat esai yang sesuai dengan isi puisi tersebut | 29. | |
Meringkas isi karya sastra | Disajikan kutipan cerpen/novel, akseptor didik sanggup memilih kalimat berupa ringkasan kutipan tersebut dengan tepat. | 30. |
3. LINGKUP MATERI MENULIS TERBATAS | ||
melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa | Disajikan teks meliputi gambaran bencana yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan ungkapan yang tepat | 31. |
Disajikan teks meliputi gambaran bencana yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan peribahasa yang tepat | 32. | |
Melengkapi unsur teks eksposisi | Disajikan paragraf yang dirumpangkan kalimat simpulannya, akseptor didik sanggup memilih kalimat final untuk melengkapinya dengan tepat. | 33. |
Melengkapi unsur teks deskripsi | Disjaikan paragraf yang dirumpangkan salah satu kalimatnya; akseptor didik sanggup melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat deskripsi yang tepat. | 34. |
Melengkapi unsur teks argumentasi | Disajikan sebuah kalimat pendapat tentang sesuatu, akseptor didik sanggup memilih kalimat argumentasi yang logis untuk mendukung pendapat tersebut (satu atau dua kalimat argumen pendukung) | 35. |
Melengkapi unsur teks ulasan | Disajikan penggalan teks ulasan yang dirumpangkan, siswa bisa melengkapi bab yang rumpang dengan kalimat yang tepat. | 36. |
Melengkapi teks prosedur | Disajikan paragraf proses yang dirumpangkan satu kalimatnya, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya. | 37. |
Melengkapi paragraf Induktif | Disajikan paragraf induktif yang dirumpangkan kalimat simpulannya, akseptor didik sanggup memilih kalimat final yang padu untuk melengkapinya | 38. |
Melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama) | Disajikan puisi usang berupa pantun (bersajak ab, ab dan isinya nasihat) yang salah satu larik bab isi dirumpangkan, akseptor didik sanggup memilih larik yang sempurna untuk melengkapinya | 39. |
Disajikan kutipan teks drama yang dirumpangkan satu dialog/kalimatnya, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang sempurna untuk melengkapinya. | 40. | |
Menggabungkan kalimat (mengurutkan kalimat acak) | Disajikan kalimat acak (kalimat didiberi nomor dan diurut ke bawah), akseptor didik sanggup memilih urutan yang sempurna untuk dijadikan paragraf padu | 41. |
Memvariasikan kalimat yang bertujuan sama | Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan bencana tertentu, siswa sanggup memilih peribahasa yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian. | 42. |
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan bencana tertentu, siswa sanggup memilih ungkapan yang sempurna sesuai dengan gambaran kejadian. | 43. | |
Disajikan kutipan teks yang salah satu kalimatnya meliputi pernyataan perintah/masukan, siswa sanggup memilih kalimat yang memiliki tujuan sama dalam bentuk kalimat lain (tanya) yang tepat. | 44. | |
4. MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF | ||
Mengidentifikasi kesalahan penerapan kata/istilah | Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, siswa bisa mengidentifikasi kesalahan penerapan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat. | 45. |
Mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf | Disajikan paragraf yang terdapat kalimat tidak padu, siswa bisa mengidentifikasi kalimat padu dalam paragraf tersebut dengan tepat. | 46. |
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata) | Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga kata diberimbuhannya dalam kalimat (diberimbuhan me- dan pe- pada kata dasar yang dipertamai abjad k, p, t, s), akseptor didik sanggup memilih kata diberimbuhan yang sempurna untuk melengkapinya | 47. |
Disajikan paragraf naratif yang dirumpangkan tiga kata ulangnya, akseptor didik sanggup memilih kata ulang yang sempurna untuk melengkapinya | 48. | |
Mengisi dengan konjungsi yang sesuai | Disajikan paragraf yang belum lengkap kata penghubung temporal (urutan waktu), akseptor didik sanggup memilih kata penghubung yang sempurna untuk melengkapinyanya. | 49. |
Memperbaiki kesalahan penerapan kalimat | Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya tidak efektif, akseptor didik sanggup memilih cara perbaikan kalimat tersebut dengan tepat. | 50. |
Memperbaiki kesalahan paragraf | Disajikan paragraf deskripsi yang memakai tiga frasa adjektiva yang salah (tiga frasa), akseptor didik sanggup memilih frasa adjektiva yang sempurna untuk memperbaikinya. | 51. |
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya rancu/tidak padu, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang padu untuk memperbaikinya | 52. | |
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat dalam paragraf | Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya memakai kata tidak baku, akseptor didik sanggup memilih kata tidak baku dalam kalimat dengan disertai alasan yang tepat | 53. |
5. MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA | ||
Mengidentifikasi kesalahan penerapan ejaan (judul, sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas) | Disajikan gambaran berupa paragraf yang memuat judul buku dalam salah satu kalimatnya, tetapi penulisan judul buku tersebut salah (dengan abjad kecil tiruana), akseptor didik sanggup memilih perbaikan penulisan judul buku tersebut yang sesuai ejaan bahasa Indonesia yang berlaku | 54. |
Disajikan paragraf yang salah satu kalimatnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi, siswa sanggup mengidentifikasi kalimat yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan nama geografi. | 55. | |
Menggunakan tanda baca | Disajikan kalimat beberapa kalimat yang dua di antaranya terdapat kesalahan penerapan tanda baca, akseptor didik sanggup memilih kalimat yang salah penerapan tanda bacanya | 56. |
Memperbaiki kesalahan penerapan ejaan | Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan frasa/gabungan kata, siswa bisa memilih perbaikan frasa/gabungan kata dengan tepat. | 57. |
Disajikan paragraf yang di dalamnya terdapat 3 kata yang tidak baku; akseptor didik sanggup memilih kata baku untuk memperbaikinya | 58. | |
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan kata serapan/ istilah, siswa bisa memilih perbaikan kata serapan dengan tepat. | 59. | |
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca | Disajikan kalimat yang memakai tanda bacanya salah, akseptor didik sanggup memilih kesalahan penerapan tanda baca disertai alasan yang sempurna pada kalimat tersebut | 60. |
CATATAN: SOAL UN SEBANYAK 50 SOAL, TANDA MERAH BERSIFAT PILIHAN VARIASI SOAL
INDIKATOR, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN SOAL
PERSIAPAN UN 2019
INDIKATOR, CONTOH SOAL, DAN PEMBAHASAN SOAL
PERSIAPAN UN 2019
I. Lingkup Materi Membaca Nonsastra
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. memaknai istilah/kata dalam paragraf
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. mengidentifikasi informasi tersurat
a. mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. mengidentifikasi jawabanan tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
c. memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh dalam teks biografi
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menemukan wangsit pokok
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. menemukan inti kalimat
Soal UN 2016/2017 Klik Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
3. menentukan makna rujukan
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
4. menyimpulkan isi tersirat dalam teks
a. menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. opini penulis editorial
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
c. keberpihakan penulis editorial
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
5. menentukan kalimat utama
Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
6. Menentukan kalimat penjelas
Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks
2. menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks
Soal UN 2016/2017 Klik Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
3. membandingkan penerapan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (diberita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
4. mengomentari isi teks
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
5. menunjukkan bukti suatu final
II. Lingkup Materi Membaca Sastra
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
- mengidentifikasi dan memaknai kata simbolik/majas/kias dalam karya sastra
a. mengartikan kata simbolik
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. mengartikan ungkapan
Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
c. mengidentifikasi kalimat yang bermajas
Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. memaknai isi tersurat dalam karya sastra
a. memilih maksud gurindam
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. menentukan cara pendeskripsian tabiat tokoh
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
- menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/novel (konflik, lantaran konflik, akhir konflik, amanat, nilai-nilai)
a. memilih konflik, lantaran konflik, akhir konflik
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. menentukan amanat
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
c. memilih nilai
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. menganalisis korelasi antarbagian karya sastra
3. membuktikan final dengan data pada karya sastra (bukti watak, setting, nilai)
a. Soal UN 2017/2018
Bukti Latar Suasana Cerita Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017
Menentukan kalimat yang memperlihatkan tabiat tokoh
Menentukan kalimat yang menyatakan latar tempat
4. mengaitkan isi dengan kehidupan ketika ini
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
5. menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
6. meringkas isi karya sastra
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
III. Lingkup Materi Menulis Terbatas
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
Indikator materi: melengkapi kalimat/paragraf dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa
a. melengkapi bab yang rumpang dengan ungkapan
Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Melengkapi Paragraf dengan peribahasa
Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. melengkapi unsur teks (eksposisi, deskripsi, argumentasi, narasi, ulasan biografi, prosedur)
a. melengkapi unsur teks eksposisi
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. melengkapi unsur teks deskripsi
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
c. melengkapi unsur teks argumentasi
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
d. melengkapi unsur teks ulasan
1) Soal UN 2017/2018
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
e. melengkapi teks prosedur
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. melengkapi teks sastra (prosa, puisi, drama)
a. melengkapi pantun (soal UN 2017/2018) Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
Melengkapi larik pantun (soal UN 2016/2017)
b. melengkapi teks drama (soal UN 2017/2018) Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
3. menggabungkan kalimat
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
4. mengurutkan unsur teks
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memvariasikan kata yang bermakna sama
2. memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
3. menggabungkan beberapa kalimat dengan konjungsi yang sesuai
4. memvariasikan unsur teks
5. mengubah bentuk teks lain
Pengembangan Topik Cerita Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
IV. Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. mengidentifikasi kesalahan penerapan kata/istilah
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
- mengidentifikasi kesalahan penerapan konjungsi
- mengidentifikasi kesalahan penerapan kalimat efektif
- mengidentifikasi kalimat tidak padu dalam paragraf
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. memakai kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
Menggunakan kata ulang
2. mengisi dengan konjungsi yang sesuai
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memperbaiki kesalahan penerapan kalimat
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. memperbaiki kesalahan paragraf
3. menentukan alasan dari segi pilihan kata/kalimat dalam paragraf
Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
V. Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. mengidentifikasi kesalahan penerapan ejaan (judul sapaan/gelar, nama geografi, nama diri, kata tugas)
a. penulisan judul
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. penulisan nama geografi
1) Soal UN 2017/2018 Klik Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. mengidentifikasi kesalahan penerapan tanda baca
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menggunakan ejaan
2. menggunakan tanda baca
Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. memperbaiki kesalahan penerapan ejaan
a. memperbaiki kesalahan penerapan frasa/gabungan
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
b. memperbaiki penulisan kata/istilah
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
c. memperbaiki kesalahan penerapan kata serapan
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
2. memperbaiki kesalahan penerapan tanda baca
Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
3. menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
BACA CONTOH SOAL PERSIAPAN UJIAN NASIONAL DAN KUNCI JAWABAN KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
BACA CONTOH SOAL PERSIAPAN UJIAN NASIONAL DAN KUNCI JAWABAN KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=bedah-kisi-kisi-usbn-2019-sdmi-mata
Tag :
UN 2018/2019 SMA
0 Komentar untuk "Bedah Kisi-Kisi Un 2019 Sma/Ma Mapel Bahasa Indonesia: Pengembangan Indikator Soal Un 2019, Teladan Soal, Dan Pembahasan"