Bedah Kisi-Kisi Un Sma/Ma Bahasa Indonesia Membaca Nonsastra: Indikator, Soal, Dan Pembahasan

loading...




BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MEMBACA NONSASTRA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN

I. Lingkup Materi Membaca Nonsastra
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi,  Memaknai)

1.    memaknai istilah/kata dalam paragraf

Indikator Soal: Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, akseptor latih sanggup makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.



2.    mengidentifikasi informasi tersurat

a. mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf

Indikator Soal: Disajikan sebuah paragraf yang meliputi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), akseptor latih sanggup memilih kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut. 



b. mengidentifikasi jawabanan tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana

Indikator Soal: Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, akseptor latih sanggup memilih menjawaban pertanyaan wacana isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat.



c. memilih isi teks pada paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia)

Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, akseptor latih sanggup memilih menjawaban pertanyaan wacana isi teks.


d. memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh dalam teks biografi

Indikator Soal: Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, akseptor latih sanggup memilih menjawaban pertanyaan wacana isi teks.



B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi,  Menggunakan)

1.    menemukan ilham pokok

Indikator soal: Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penerapan kata tidak baku, akseptor latih sanggup memilih ilham pokok paragraf tersebut.



2.    menemukan inti kalimat

Disajikan kalimat luas/majemuk, akseptor latih sanggup memilih inti kalimat tersebut


3.    menentukan makna rujukan

Indikator soal: Disajikan paragraf yang memakai kata acuan, akseptor latih sanggup memilih kata/kelompok kata yang dirujuk oleh pola tersebut



4.    menyimpulkan isi tersirat dalam teks

a. menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis

Indikator soal: Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penerapan kata tidak baku, akseptor latih sanggup memilih tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf.



b. opini penulis editorial

Indikator soal: Disajikan kutipan tajuk rencana, akseptor latih sanggup memilih opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebut



c. keberpihakan penulis editorial

Indikator soal: Disajikan kutipan tajuk rencana, akseptor latih sanggup memilih pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebut



5.    menentukan kalimat utama/penjelas

Indikator soal: Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, akseptor latih sanggup memilih kalimat utama paragraf tersebut.



C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)

1.    membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks

2.    menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks

Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, akseptor latih sanggup memilih perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut.


3.    membandingkan penerapan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (diberita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)

4.    mengomentari isi teks

Indikator: Disajikan kutipan teks, akseptor latih sanggup memilih kalimat penilaian terhadap isi  teks dengan tepat.

5. menunjukkan bukti suatu simpulan 












BACA BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA





4. Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik   anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38

5. Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
0 Komentar untuk "Bedah Kisi-Kisi Un Sma/Ma Bahasa Indonesia Membaca Nonsastra: Indikator, Soal, Dan Pembahasan"

Back To Top