loading...
BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA MEMBACA NONSASTRA: INDIKATOR, SOAL, DAN PEMBAHASAN
I. Lingkup Materi Membaca Nonsastra
A. Level Kognitif Pengetahuan dan Pemahaman ( Mengidentifikasi, Memaknai)
1. memaknai istilah/kata dalam paragraf
Indikator Soal: Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, akseptor latih sanggup makna/arti istilah yang bercetak miring dalam paragraf tersebut.
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
2. mengidentifikasi informasi tersurat
a. mengidentifikasi kalimat fakta/opini dalam paragraf
Indikator Soal: Disajikan sebuah paragraf yang meliputi pernyataan opini dan fakta (satu atau dua kalimat fakta), akseptor latih sanggup memilih kalimat yang berupa fakta dalam paragraf tersebut.
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
b. mengidentifikasi jawabanan tersurat dalam paragraf dengan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, atau bagaimana
Indikator Soal: Disajikan sebuah paragraf yang salah satu kalimatnya tidak padu, akseptor latih sanggup memilih menjawaban pertanyaan wacana isi paragraf dengan kata tanya mengapa atau bagaimana dengan tepat.
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
c. memilih isi teks pada paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia)
Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, akseptor latih sanggup memilih menjawaban pertanyaan wacana isi teks.
d. memilih hal yang sanggup diteladani dari tokoh dalam teks biografi
Indikator Soal: Disajikan paragraf kutipan biografi tokoh (Sastrawan Indonesia) yang memuat keteladanan tokoh, akseptor latih sanggup memilih menjawaban pertanyaan wacana isi teks.
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
B. Level Kognitif Aplikasi ( Menginterpretasi, Menggunakan)
1. menemukan ilham pokok
Indikator soal: Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penerapan kata tidak baku, akseptor latih sanggup memilih ilham pokok paragraf tersebut.
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
2. menemukan inti kalimat
Disajikan kalimat luas/majemuk, akseptor latih sanggup memilih inti kalimat tersebut
Soal UN 2016/2017 Klik Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
3. menentukan makna rujukan
Indikator soal: Disajikan paragraf yang memakai kata acuan, akseptor latih sanggup memilih kata/kelompok kata yang dirujuk oleh pola tersebut
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
4. menyimpulkan isi tersirat dalam teks
a. menyimpulkan maksud/tujuan/pendapat penulis
Indikator soal: Disajikan paragraf padu yang di dalamnya ada penerapan kata tidak baku, akseptor latih sanggup memilih tujuan penulis menyajikan hal yang diungkapkan dalam teks/paragraf.
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
b. opini penulis editorial
Indikator soal: Disajikan kutipan tajuk rencana, akseptor latih sanggup memilih opini penulis yang terdapat dalam kutipan tersebut
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
c. keberpihakan penulis editorial
Indikator soal: Disajikan kutipan tajuk rencana, akseptor latih sanggup memilih pihak yang dituju oleh penulis dalam kutipan tersebut
1) Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
2) Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
5. menentukan kalimat utama/penjelas
Indikator soal: Disajikan paragraf padu (teks laporan hasil observasi) minimal lima kalimat dan salah satu kalimatnya memakai istilah yang sudah lazim dipakai, akseptor latih sanggup memilih kalimat utama paragraf tersebut.
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
b. Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
C. Level Kognitif Penalaran ( Membandingkan, Menunjukkan bukti, Menganalisis Menanggapi/ Mengomentari, Merefleksi, Mengevaluasi, Memvariasikan)
1. membandingkan isi, pola penyajian, dan atau bahasa teks
2. menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi teks
Disajikan dua kutipan teks ulasan/artikel, akseptor latih sanggup memilih perbedaan/persamaan penyajian atau isi teks tersebut.
Soal UN 2016/2017 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
3. membandingkan penerapan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis teks (diberita, eksposisi, prosedur, editorial, ulasan/resensi)
4. mengomentari isi teks
Indikator: Disajikan kutipan teks, akseptor latih sanggup memilih kalimat penilaian terhadap isi teks dengan tepat.
a. Soal UN 2017/2018 Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
5. menunjukkan bukti suatu simpulan
BACA BEDAH KISI-KISI UN SMA/MA BAHASA INDONESIA
1. Ruang Lingkup Materi Membaca Nonsastra Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
2. Ruang Lingkup Materi Membaca Sastra Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
3. Ruang Lingkup Materi Menulis Terbatas Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
4. Ruang Lingkup Materi Menyunting Kata, Kalimat, dan Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
5. Ruang Lingkup Materi Menyunting Ejaan dan Tanda Baca Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=zuhri-indonesia-pembahasan-soal-un_38
Tag :
UN 2018/2019 SMA
0 Komentar untuk "Bedah Kisi-Kisi Un Sma/Ma Bahasa Indonesia Membaca Nonsastra: Indikator, Soal, Dan Pembahasan"