Rpp Bahasa Indonesia Kelas Xii Semester 2 Kd 3.14 Dan 4.14 Buku Pengayaan

loading...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 
Sekolah                       : SMA ……
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester            : XII / Genap
Materi Pokok              : Nilai-nilai dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
Alokasi Waktu            : 2 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit




A.    Kompetensi Inti

·         KI-:  Menghayati dan mengamalkan aliran agama yang dianutnya.  

·         KI-2:Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawaban, responsif, dan pro-aktif dalam diberinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, tempat regional, dan tempat internasional”.

·         KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah

·         KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan


B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator
3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
·    Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan
·    Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku drama
4.14 Menulis refleksi wacana nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
·    Menyusun laporan yang meliputi refleksi nilai-nilai dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi yang dibaca.
·    Mempresentasikanlaporan buku yang ditulisnya


C.    Tujuan Pembelajaran

Melalui acara pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model pembelajaran inovasi (Discovery Learning),  peserta didik sanggup mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan, mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku drama, menyusun laporan yang meliputi refleksi nilai-nilai dalam kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi yang dibaca, mempresentasikanlaporan buku yang ditulisnya dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawaban, bersikap berteman dekat/ komunikatif selama proses pembelajaran.

D.    Materi Pembelajaran

·         Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)

·         Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)


E.     Metode Pembelajaran

Model Pembelajaran         : Discovery Learning

Metode                              : Tanya jawaban, wawancara, diskusi dan bermain peran


F.     Media Pembelajaran

Media :

·         Worksheet atau lembar kerja (siswa)

·         Lembar penilaian

·         LCD Proyektor


Alat/Bahan :

·         Penggaris, spidol, papan tulis

·         Laptop & infocus


G.    Sumber Belajar

1. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

2. Suherli, dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi  Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

3. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi  Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran

1 . Pertemuan Pertama (4 x 45 Menit)
Kegiatan Penlampauan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengpertamai acara pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memdiberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menerangkan wacana materi :
Ø Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemdiberian Acuan
v Memdiberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. @aminyusuf
v Memdiberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 150 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemdiberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik didiberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
Ø Pemdiberian contoh-contoh materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
v Mendengar
Pemdiberian materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran terkena materi :
Ø Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru mempersembahkan peluang pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawaban melalui acara belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan wacana materi :
Ø Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawaban pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya balasan dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sudah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bantu-membantu mengulas teladan dalam buku paket terkena materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
v Mengumpulkan informasi
Mencatat tiruana informasi wacana materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sudah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi perihal materi :
Ø Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi wacana data dari Materi :
Ø Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
v Mengolah informasi dari materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan menolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal terkena materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang tidak sama hingga kepada yang berperihalan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menunjukan wacana materi :
Ø Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bantu-membantu mengulas jawabanan soal-soal yang sudah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization
(menarikdanunik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana materi :
Ø Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi wacana materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang dilakukan dan akseptor didik lain didiberi peluang  untuk menjawabannya.  
CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi :
Ø Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
v Menjawaban pertanyaan wacana materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang sudah disediakan.
v Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran wacana materi Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang gres dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang gres diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
v Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran Nilai-nilai yang terdapat dalam buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.


2 . Pertemuan Kedua (4 x 45 Menit)
Kegiatan Penlampauan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengpertamai acara pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memdiberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menerangkan wacana materi :
Ø Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemdiberian Acuan
v Memdiberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
v Memdiberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 150 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemdiberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik didiberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
Ø Pemdiberian contoh-contoh materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
v Mendengar
Pemdiberian materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global wacana materi pelajaran terkena materi :
Ø Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru mempersembahkan peluang pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawaban melalui acara belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan wacana materi :
Ø Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi komplemen wacana apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk berbagi kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawaban pertanyan yang sudah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca aneka macam rujukan dari aneka macam sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman wacana materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya balasan dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sudah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bantu-membantu mengulas teladan dalam buku paket terkena materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
v Mengumpulkan informasi
Mencatat tiruana informasi wacana materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sudah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi perihal materi :
Ø Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk berbagi sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui aneka macam cara yang dipelajari, berbagi kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi wacana data dari Materi :
Ø Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
v Mengolah informasi dari materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan menolongan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal terkena materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari aneka macam sumber yang mempunyai pendapat yang tidak sama hingga kepada yang berperihalan untuk berbagi sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam menunjukan wacana materi :
Ø Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bantu-membantu mengulas jawabanan soal-soal yang sudah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization
(menarikdanunik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk berbagi sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal wacana materi :
Ø Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi wacana materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang dilakukan dan akseptor didik lain didiberi peluang  untuk menjawabannya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis wacana materi :
Ø Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi)
v Menjawaban pertanyaan wacana materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang sudah disediakan.
v Bertanya wacana hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang sudah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran wacana materi Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang gres dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) yang gres diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa untuk materi pelajaran Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi).
v Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran Laporan hasil pembacaan buku pengayaan (nonfiksi) dan buku drama (fiksi) kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.


I.         Penilaian Hasil Pembelajaran

1.      Teknik Penilaian (terlampir)

a.    Sikap

-        Penilaian Observasi

Penilaian observasi menurut pengamatan sikap dan sikap akseptor didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan pribadi dilakukan oleh guru. Berikut teladan instrumen evaluasi sikap

No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Amin
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...

  
Keterangan :

   BS : Bekerja Sama

   JJ : jujur

   TJ : Tanggun Jawab

   DS : Disiplin


Catatan :

1. Aspek sikap dinilai dengan kriteria:

100 = Sangat Baik

75    = Baik

50    = Cukup

25    = Kurang

2. Skor terbaik = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400

3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00   = Baik (B)

25,01 – 50,00   = Cukup (C)

00,00 –  25,00  = Kurang (K)

5. Format di atas sanggup diubah sesuai dengan aspek sikap yang ingin dinilai


-        Penilaian Diri

Seiring dengan bergesernya sentra pembelajaran dari guru kepada akseptor didik, maka akseptor didik didiberikan peluang untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun biar evaluasi tetap bersifat adil, maka guru hendaknya menerangkan terlebih lampau tujuan dari evaluasi diri ini, memilih kompetensi yang akan dinilai, kemudian memilih kriteria evaluasi yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih lampau. Berikut misal format evaluasi :

No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan peluang untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100



Catatan :

1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50

2. Skor terbaik = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor terbaik dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50 

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00   = Baik (B)

25,01 – 50,00   = Cukup (C)

00,00 –  25,00  = Kurang (K)

5. Format di atas sanggup juga dipakai untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan


-        Penilaian Teman Sebaya

Penilaian ini dilakukan dengan meminta akseptor didik untuk menilai kawannya sendiri. Sama halnya dengan evaluasi hendaknya guru sudah menerangkan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga memilih format penilaiannya. Berikut misal format evaluasi mitra sebaya :

Nama yang diamati      : ...

Pengamat                : …


No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau mendapatkan pendapat kawan.
100

450
90,00
SB
2
Memdiberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah ketika didiberi Koreksi.
100

5
...

50


Catatan :

1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100

2. Skor terbaik = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500

3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor terbaik dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00

4. Kode nilai / predikat :

75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)

50,01 – 75,00   = Baik (B)

25,01 – 50,00   = Cukup (C)

00,00 –  25,00  = Kurang (K)

-        Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)

b.   Pengetahuan

-        Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)

-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan

Praktek Monolog atau Dialog

Penilaian Aspek Percakapan

No
Aspek yang Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur






-        Penugasan (Lihat Lampiran)

Tugas Rumah

a.  Peserta didik menjawaban pertanyaan yang terdapat pada buku akseptor didik

b.  Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka sudah mengerjakan kiprah rumah dengan baik

c.  Peserta didik mengumpulkan jawabanan dari kiprah rumah yang sudah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.

c.    Keterampilan

-        Penilaian Unjuk Kerja

misal instrumen evaluasi unjuk kerja sanggup dilihat pada instrumen evaluasi ujian keterampilan berbicara sebagai diberikut:

Instrumen Penilaian

No
Aspek yang Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penerapan tata bahasa




4
Pelafalan






Kriteria evaluasi (skor)

100    = Sangat Baik

75      = Baik

50      = Kurang Baik

25      = Tidak Baik

Teknik mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor terbaik dikali skor ideal (100)

Instrumen Penilaian Diskusi

No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawaban pertanyaan




3
Kemampuan mengolah kata




4
Kemampuan menuntaskan masalah






Keterangan :

100    = Sangat Baik

75      = Baik

50      = Kurang Baik

25      = Tidak Baik

-        Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)

-        Penilaian Produk (Lihat Lampiran)

-        Penilaian Portofolio

Kumpulan tiruana kiprah yang sudah dikerjakan akseptor didik, menyerupai catatan, PR, dll

Instrumen Penilain

No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4







2.      Instrumen Penilaian (terlampir)

a.    Pertemuan Pertama

b.    Pertemuan Kedua

c.    Pertemuan Ketiga

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan

a.      Remedial

Bagi akseptor didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa mempersembahkan soal komplemen contohnya sebagai diberikut :

1)      Jelaskan wacana Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!

2)      Jelaskan wacana Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!

3)      Jelaskan wacana Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!

CONTOH PROGRAM REMIDI


Sekolah                           :  ……………………………………………..

Kelas/Semester               :  ……………………………………………..

Mata Pelajaran                :  ……………………………………………..

Ulangan Harian Ke         :  ……………………………………………..

Tanggal Ulangan Harian :  ……………………………………………..

Bentuk Ulangan Harian  :  ……………………………………………..

Materi Ulangan Harian   :  ……………………………………………..

(KD / Indikator)             :  ……………………………………………..

KKM                              :  ……………………………………………..


No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Sesudah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst








b.      Pengayaan

Guru mempersembahkan pesan yang tersirat biar tetap rendah hati, sebab sudah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru mempersembahkan soal pengayaan sebagai diberikut :

1)      Membaca buku-buku wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.

2)      Mencari informasi secara online wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

3)      Membaca surat kabar, majalah, serta diberita online wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara

4)      Mengamati pribadi wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.


Mengetahui,                                                                     ………….., ……………

Kepala Sekolah                                                                Guru Mata Pelajaran



…………………..                                                           …………………………

UNDUH FILE WORD RPP BUKU PENGAYAAN KLIK https://drive.google.com/open?id=1F3FwIrzVEGjkq6MfNs4_ebdn76wL3HFR

BACA DAN UNDUH RPP KELAS XII Sekolah Menengan Atas SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI


RPP Kuriikulum 2013 edisi revisi dilengkapi lampiran materi dan penilaian, berorientasi HOTS, berbagi 4C, Literasi, PPK



3. RPP TEKS KRITIK DAN ESAI KD 3.12, 4.12, 3.13, DAN 4.13 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=rpp-bahasa-indonesia-teks-artikel-kelas

0 Komentar untuk "Rpp Bahasa Indonesia Kelas Xii Semester 2 Kd 3.14 Dan 4.14 Buku Pengayaan"

Back To Top