Melengkapi Teks Drama

loading...

PEMBAHASAN SOAL UN 2017/2018 NOMOR 35: MELENGKAPI TEKS DRAMA
35. Cermati kutipan teks drama diberikut!

(1) Parminem : “Begini, Bu. Di sini saya sebagai produsen nasi bungkus dari agenda Ibu Menteri. Saya kemari alasannya saya mengharapkan sejumlah uang dari Ibu.”

(2) Ibu Menteri            : “ Perasaan, saya bukanlah bendahara dari agenda itu. Kaprikornus eksklusif saja engkau meminta uang kepada Pemmenolong Menteri yang sudah merangkap menjadi ketua, sekretaris, dan bendahara.”

(3) Parminem : “(duduk di kursi/lantai dan  badannya lemas)” Tapi saya sudah mencarinya kemana-mana. Dari pagi, saya sudah siap-siap di kamar mandi umum, daerah Bu Pemmenolong Menteri membuang air kecil. Tapi nyatanya nihil.” (memendam kekecewaan mendalam)

(4) Ibu Menteri            : “ . . .”

(5) Parminem : “Hah ... duh biyung! Nasib, nasib. Ya sudahlah Bu, saya mau pergi doloe. Permisi.” (meninggalkan panggung).

Kalimat yang sempurna untuk melengkapi teks tersebut yaitu . . .                                            

A. Mungkin, itu sudah nasibmu. Sekali lagi, saya tidak sanggup memmenolong. Itu bukan lagi urusan menteri menyerupai aku.
B. Menurut data memori yang ada dalam  otak aku, rasanya saya belum pernah berjumpa dengan engkau.                                                               
C. Baiklah,  nanti kutemui Bu Pemmenolong Menteri. Kusampaikan masalahmu kepadanya.
D. Kalau cuma masalah uang, saya sanggup memdiberimu kini juga
E. Jangan resah. Besok problem ini kita selesaikan bersama.
Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Kutipan drama mengulas masalah pembayaran uang nasi bungkus agenda menteri. Kalimat untuk melengkapi  isi drama haruslah sesuai dengan kalimat sebelum dan sesudahnya. Kalimat sebelumnya  menyatakan jawabanan/tanggapan Ibu Menteri atas pernyataan Parminem. Kalimat sesudahnya menyatakan kekecewaan/rasa frustasi Parminem. Jadi, obrolan dialog Ibu Menteri meliputi pernyataan yang tidak sanggup memmenolong permasalahan yang dihadapi Parminem. Kalimat sempurna terdapat pada pilihan jawabanan A. Pilihan jawabanan B juga tidak sesuai bila dipakai untuk menjawaban pernyataan Parminem. Sementara itu, kalimat pada pilihan jawabanan C, D, dan E meliputi kesediaan Ibu Menteri untuk memmenolong permasalahan sehingga tidak sesuai tanggapan Parminem yang frustasi dan kecewa.
RINGKASAN MATERI
MELENGKAPI TEKS DRAMA
Teks/naskah drama mempunyai ciri khas berbentuk cakapan atau dialog. Dialog yang ditulis oleh pengarang naskah drama yaitu obrolan yang akan diucapkan di atas panggung.
Dalam obrolan terdapat beberapa hal yang mesti diperhatikan :

1.    Dialog harus mencerminkan percakapan sehari-hari, alasannya drama ialah mimetik (tiruan) dari kehidupan sehari-hari.

2.    Ragam bahasa yang dipakai dalam obrolan drama yaitu bahasa verbal yang komunikatif dan bukan ragam bahasa tulis.

3.    Diksi (pilihan kata) yang dipakai dalam drama harus berafiliasi dengan konflik dan plot. Misalnya, pada pertama dongeng disajikan dialog-dialog panjang, tetapi menjelang titikpuncak dialognya sudah agak pendek.

4.    Dialog dalam naskah drama juga harus bersifat estetis, artinya mempunyai bahasa yang indah.

5.    Dialog harus sanggup mewakili tokoh yang dibawakan, baik budbahasa secara psikologis, sosiologis, maupun fisiologis.

Dialog drama terkadang disajikan tidak lengkap atau rumpang. Untuk melengkapi obrolan drama sanggup dilakukan dengan cara sebagai Berikut.

1.    Pahami isi drama

2.    Temukan kata kunci yang sanggup dijadikan jembatan untuk menghubungkan maksud cerita.

3.    Perhatikan kalimat sebelum dan setelah kalimat rumpang. Kalimat untuk melengkapi obrolan yang rumpang yaitu kalimat yang sesuai dengan kalimat sebelum dan sesudahnya.


BAHAN LES/PERSIAPAN UJIAN NASIONAL (UN) TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 










14. Kalimat Utama dan Kalimat Penjelas dalam Paragraf Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa












26. Melengkapi Teks dengan Ungkapan yang Tepat Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa









35. Melengkapi Teks Drama Klik
0 Komentar untuk "Melengkapi Teks Drama"

Back To Top