Rpp Teks Cerpen Kelas Xi Semester 1 Kd 3.8 Dan 4.8

loading...


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
: Cerita pendek
Alokasi Waktu
: 4 x 45 Menit (2X pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
K1
Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai kepingan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dongeng pendekal, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan dongeng pendekal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompe
tensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8.1   Memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek
3.8.2   Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.8.1  Menentukan nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek
4.8.2  Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan

C.    Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik akseptor didik dapat memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek, menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek, menentukan nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek, dan mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan
D.    Materi
Pengertian Cerpen
Cerita pendek (cerpen) yaitu dongeng fiksi yang berdasarkan wujud fisiknya berbentuk pendek.
E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan                : Saintifik
2.      Model Pembelajaran : Active Learning
3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawaban, penugasan
G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.      Sumber Belajar :
a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.       Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.       Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawaban).
3.       Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari
4.       Peserta didik mendiskusikan gosip dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi perihal hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mendengarkan pembacaan cerpen “Robohnya Surau Kami” karya A.A. Navis.
Menanya
1.      Peserta didik bertanya balasan nilai-nilai dalam cerpen
2.      Peserta didik memdiberi komentar nilai-nilai dalam cerpen
Menalar
1.      Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang).
2.      Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi nilai-nilai dalam cerpen yang dibaca dan dihubungkan dengan kehidupan.
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba memilih dan menganalisis nilai-nilai dalam cerpen
2.      Peserta didik mencoba menuliskan nilai-nilai dalam cerpen
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya.
2.      Peserta didik yang lain mempersembahkan komentar dan masukan atas penampilan kawannya.

Literasi


Rasa ingin tahu




Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)



Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama akseptor didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memdiberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memdiberikan kiprah kepada akseptor didik untuk banyak membaca teks cerpen lainnya.
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan mencar ilmu mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.        Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.        Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawaban).
3.        Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari
4.        Peserta didik mendiskusikan gosip dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi perihal hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Mengamati
1.      Peserta didik mengamati teks cerpen yang di bawa
Menanya
1.      Peserta didik bertanya balasan ihwal nilai-nilai cerpen yang dibawa dengan mitra sebangku
2.      Peserta didik mempersembahkan komentar ihwal nilai-nilai cerpen yang dibawa dengan mitra sebangku
Menalar
1.      Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menganalisis nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen yang dibawa.
Mencoba
1.      Peserta didik mencoba menuliskan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen yang dibawa..
Mengomunikasikan/menyajikan
1.      Peserta didik mempresentasikan hasil karyanya
2.      Peserta didik yang lain mengomentari dan memdiberi masukan.


Literasi





Rasa ingin tahu







Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)

Kreativitas (Creativity)


Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama akseptor didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memdiberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memdiberikan kiprah kepada akseptor didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.      Menutup kegiatan mencar ilmu mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

H.    Penilaian
1.       Teknik Penilaian:
a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan
b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis
c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2.       Bentuk Penilaian:       
a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja
c.       Unjuk kerja          :lembar evaluasi presentasi
d.      Portofolio             :pedoman evaluasi portofolio
3.       Remedial
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila sehabis 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk kiprah tanpa tes tertulis kembali.
4.      Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan didiberikan pembelajaran pengayaan sebagai diberikut:
a.       Siswa yang mencapai nilai  didiberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.      Siswa yang mencapai nilai  didiberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.


LAMPIRAN: MATERI CERITA PENDEK
Pengertian Cerpen
Cerita pendek (cerpen) yaitu dongeng yang berdasarkan wujud fisiknya berbentuk pendek. Ukuran panjang pendeknya suatu dongeng memang relatif. Namun, pada umumnya cerpen ialah dongeng yang habis dibaca sekitar sepuluh menit atau setengah jam. Jumlah katanya sekitar 500-5000 kata. Oleh alasannya yaitu itu, cerpen sering diungkapkan dengan dongeng yang sanggup dibaca dalam sekali duduk. Cerita pendek juga umumnya bertema sederhana. Jumlah tokohnya terbatas. Jalan ceritanya sederhana dan latarnya mencakup ruang lingkup yang terbatas.
Fungsi Cerita Pendek
Cerita pendek termasuk ke dalam genre dongeng atau naratif fiksional, menyerupai halnya guakdot. Keberadaannya lebih pada kepentingan memdiberi kesenangan untuk para pembacanya. Meski demikian, dongeng pendek juga tidak terlepas dari kehadiran nilai-nilai tertentu di balik kisah yang mungkin mengharukan, meninabobokan, mencemaskan, dan yang lainnya itu. Sebuah cerpen sering kali mengandung pesan yang tersirat atau nilai yang bisa kita petik di balik sikap tokoh ataupun di antara kejadian-kejadiannya. Hal ini alasannya yaitu cerpen tidak lepas dari nilai-nilai agama, budaya, sosial, ataupun moral.
1)      Nilai-nilai agama berkaitan dengan sikap benar atau salah dalam menjalankan aturan-aturan Tuhan.
2)      Nilai-nilai budaya berkaitan dengan pemikiran , kebiasaan, dan hasil karya cipta manusia.
3)      Nilai-nilai sosial berkaitan dengan tata laris hubungan antara sesame insan (kemasyarakatan).
4)      Nilai-nilai moral berkaitan dengan perbuatan baik dan jelek yang menjadi dasar kehidupan insan dan masyarakatnya.
Memaknai atau menggali nilai-nilai tersebut kadang kala tidak gampang. Kita perlu meresapi kepingan demi kepingan ceritanya secara lebih intensif, tidak sekadar menikmatinya sebagai masukana penghibur diri.
Fungsi dongeng pendek, yaitu : (1) menulis cerpen akan memmenolong menemukan siapa diri kita; (2) menulis cerpen akan memmenolong menumbuhkan rasa percaya diri; (3) sanggup mengenal pendapat diri sendiri yang ada dalam tulisan; (4) menjadi seorang yang selalu maju; (5) menulis cerpen akan memmenolong meningkatkan kreativitas dan ilmu pengetahuan; (2) sanggup membuatkan pengalaman dengan orang lain, dan; (7) memmenolong menyalurkan emosi.


INTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Nama Satuan pendidikan        : Sekolah Menengan Atas NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran                       : 2018/2019
Kelas/Semester                        : XI / 1
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia– Wajib

NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
POS/
NEG
TINDAK LANJUT
1






2






3






4






5






2






7






8






9






10






11









INSTRUMEN PENUGASAN 1

Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
3.8 
Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca
Indikator
:
3.8.1  
Memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek


3.8.2  
Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek
Materi
:
Cerita pendek

misal Tugas:
1.      Lakukanlah hal-hal diberikut ini sesuai dengan instruksinya!
a.       Bacalah kembali cerpen “Robohnya Surau Kami”!
b.      Secara berkelompok, tunjukkanlah nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam cerpen itu!
c.       Mungkinkah nilai-nilai tersebu engkau aktualisasikan pula dalam kehidupan sehari-hari?
d.     
Laporan Diskusi
Judul Cerpen :
Pengarang     :
Sinopsis        :………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......Nilai-nilai
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Kemungkinan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….
Laporkanlah hasil diskusi kelompokmu itu dalam format diberikut!













2.      Amatilah nilai-nilai yang berlaku di dalam kehidupan masyarakatmu!
a.       Nilai-nilai apa saja yang berkembang di dalamnya? Sajikanlah sebuah dongeng yang menandakan aplikasi salah-satu dari nilai-nilai itu!
b.      Adakah nilai yang engkau anggap berperihalan dengan nurani? Jelaskanlah!






INSTRUMEN PENUGASAN 2

Satuan Pendidikan
:
SMA N 2  Boyolali
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
4.8
Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek.
Indikator
:
4.8.1  
Menentukan nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek


4.8.2  
Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan
Materi
:
Cerita pendek

misal Tugas:
Kerjakan tes diberikut sesuai dengan instruksinya!
a.       Berdiskusilah dan berkelompok sehabis membaca sebuah cerpen.
b.      Temukannlah nilai-nilai kehidupan yang dianggap penting bagimu, baik sebagai seorang anak, pelajar, ataupun masyarakat masyarakat.
c.       Sajikanlah hasil diskusi kelompokmu itu di dalam format diberikut, kemudian presentasikanlah secara bergiliran di depan kelompok lainnya untuk mereka tanggapi.
Judul cerpen :…………………………………………
Pengarang:………………………………………………
Sumber:………………………………………………….
Kebermaknaan:………………………………………….


RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………
Kelas                                                   : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................

No
Kategori
Skor
Alasan
1.
1. Apakah nilai-nilai cerita pendek yang ditulis lengkap ?


2.
Apakah bahasa yang dipakai untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD?


Jumlah



Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang




INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
3.8 
Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca
Indikator
:
3.8.1  
Memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek


3.8.2  
Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek
Materi
:
Cerita pendek

Tes Tertulis
Disediakan cerita pendek
1.      Identifikasilah nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam dongeng pendek!
2.      Kemukakan hasil identifikasimu!

RUBRIK PENILAIAN
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam dongeng pendek dengan sangat baik
4
a.                      Peserta didik nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam dongeng pendek dengan baik
3
b.                      Peserta didik nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam dongeng pendek kurang baik
2
c.                      Peserta didik nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam dongeng pendek tidak baik
1
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
2
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat
4

d.                     Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat
3

e.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat
2

f.                       Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat
1


INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan
:
SMA N 2  Boyolali
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
4.8
Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek.
Indikator
:
4.8.1  
Menentukan nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek


4.8.2  
Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan
Materi
:
Cerita pendek

1.      Lembar Soal Keterampilan
Mari latihan menyusun dongeng pendek! Langkah-langkah penyusunan dongeng pendek sebagai diberikut.
a.       Menginventarisasi macam-macam kegiatan yang pernah atau sanggup dilakukan.
b.      Menentukan tema kegiatan
c.       Membuat kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
d.      Mensistematisasikan kerangka dengan benar dan simpel dipahami pembaca.
e.       Mengumpulkan bahan-bahan.
f.       Mengembangkan kerangka menjadi sebuah petunjuk yang terang dan lengkap.
Buatlah sebuah dongeng pendek dengan baik dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang Dinilai
Skor
Peserta didik menciptakan cerita pendek dengan sangat baik
4
g.                      Peserta didik menciptakan cerita pendek dengan  baik
3
h.                      Peserta didik menciptakan cerita pendek kurang baik
2
i.                        Peserta didik menciptakan cerita pendek tidak baik
1


INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO

Satuan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Materi
:
Menganalisis Cerita pendek
Kompetensi dasar
:
3.8 
Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca



4.8
Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek.

Indikator
:
3.8.1  
Memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek



3.8.2  
Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek



4.8.1
Menentukan nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek.



4.8.2
Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan

Tugas I
1.             Simpan setiap kiprah yang didiberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2.             Buat rangkuman dari setiap kiprah yang sudah didiberikan dan rangkuman dibentuk pada kertas folio bergaris.
3.             Batas waktu pengumpulan kiprah yaitu di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
Peserta didik menyimpan tiruana kiprah yang sudah dikerjakan dengan lengkap, dan kiprah dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan sempurna waktu
4
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan sempurna waktu
3
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan sempurna waktu
2
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, namun kiprah yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan sempurna waktu
1
Peserta didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang didiberikan alasannya yaitu tidak pernah mengumpulkan kiprah
0

LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

Jenis Tugas                            :
Kelas                                       : XI
Semester/ Tahun Pelajaran  : 1/ 2018 - 2019

No
Nama Peserta didik
Tugas KD
Nilai
Tanda Tangan
Ket.
(Tgl Pengumpulan)
Peserta Didik
Guru

























































KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program             :  XI
Semester                      :  1 (dua)
Kurikulum                   :  2013

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca
Memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek
XI/1
Disajikan cerita pendek, akseptor didik sanggup memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek
C4
Uraian
1
2
Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek
XI/1
Disajikan cerita pendek, akseptor didik sanggup menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek
C5
uraian
2
3
4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek
Menyusun rancangan garis besar suatu dongeng pendek
XI/1
Disajikan cerita pendek peserta didik sanggup menyusun rancangan garis besar suatu dongeng pendek
C2
uraian
3
4
Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan
XI/1
Disajikan cerita pendek peserta didik sanggup mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan
C2
uraian
4


KARTU  SOAL HOTS



Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester          : XI  / 1 (satu)

Kurikulum                 : 2013



Kompetensi Dasar
:
3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca.
4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek
Materi
:
Cerita pendek
Indikator Soal Nomor 1
:
Disajikan cerita pendek, akseptor didik sanggup memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek dengan benar
Indikator Soal Nomor 2
:
Disajikan cerita pendek, akseptor didik sanggup menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek dengan benar
Indikator Soal Nomor 3
:
Disajikan dongeng pendek peserta didik sanggup menyusun rancangan garis besar suatu dongeng pendek dengan benar
Indikator Soal Nomor 4
:
Disajikan dongeng pendek peserta didik sanggup mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan dengan baik





Boyolali,     2 Juli 2018

Mengetahui,

 Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                            Guru Mata Pelajaran,









     Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                          Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

NIP 196505041989031014                                    NIP 197207081998011001






0 Komentar untuk "Rpp Teks Cerpen Kelas Xi Semester 1 Kd 3.8 Dan 4.8"

Back To Top