loading...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah | : Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : X1/Ganjil |
Materi Pokok | : Cerita pendek |
Alokasi Waktu | : 4 x 45 Menit (2X pertemuan) |
A. Kompetensi Inti
K1 | Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya. |
K2 | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai kepingan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
K3 | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dongeng pendekal, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya ihwal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan dongeng pendekal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah |
K4 | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompe
tensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3 | |
3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca | Indikator Pencapaian Kompetensi 3.8.1 Memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek 3.8.2 Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek |
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4 | |
4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek | Indikator Pencapaian Kompetensi 4.8.1 Menentukan nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek 4.8.2 Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan |
C. Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik akseptor didik dapat memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek, menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek, menentukan nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek, dan mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan
D. Materi
Pengertian Cerpen
Cerita pendek (cerpen) yaitu dongeng fiksi yang berdasarkan wujud fisiknya berbentuk pendek.
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawaban, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
a. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawaban). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan gosip dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi perihal hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati 1. Peserta didik mendengarkan pembacaan cerpen “Robohnya Surau Kami” karya A.A. Navis. Menanya 1. Peserta didik bertanya balasan nilai-nilai dalam cerpen 2. Peserta didik memdiberi komentar nilai-nilai dalam cerpen Menalar 1. Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi nilai-nilai dalam cerpen yang dibaca dan dihubungkan dengan kehidupan. Mencoba 1. Peserta didik mencoba memilih dan menganalisis nilai-nilai dalam cerpen 2. Peserta didik mencoba menuliskan nilai-nilai dalam cerpen Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya. 2. Peserta didik yang lain mempersembahkan komentar dan masukan atas penampilan kawannya. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 70 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama akseptor didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memdiberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memdiberikan kiprah kepada akseptor didik untuk banyak membaca teks cerpen lainnya. 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan mencar ilmu mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 10 menit |
Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawaban). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan gosip dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi perihal hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati 1. Peserta didik mengamati teks cerpen yang di bawa Menanya 1. Peserta didik bertanya balasan ihwal nilai-nilai cerpen yang dibawa dengan mitra sebangku 2. Peserta didik mempersembahkan komentar ihwal nilai-nilai cerpen yang dibawa dengan mitra sebangku Menalar 1. Peserta didik berdiskusi dalam kelompok untuk menganalisis nilai-nilai yang terkandung dalam cerpen yang dibawa. Mencoba 1. Peserta didik mencoba menuliskan nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen yang dibawa.. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta didik mempresentasikan hasil karyanya 2. Peserta didik yang lain mengomentari dan memdiberi masukan. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 70 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama akseptor didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memdiberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memdiberikan kiprah kepada akseptor didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 3. Menutup kegiatan mencar ilmu mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 10 menit |
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja :lembar evaluasi presentasi
d. Portofolio :pedoman evaluasi portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila sehabis 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk kiprah tanpa tes tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan didiberikan pembelajaran pengayaan sebagai diberikut:
a. Siswa yang mencapai nilai didiberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang mencapai nilai didiberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI CERITA PENDEK
Pengertian Cerpen
Cerita pendek (cerpen) yaitu dongeng yang berdasarkan wujud fisiknya berbentuk pendek. Ukuran panjang pendeknya suatu dongeng memang relatif. Namun, pada umumnya cerpen ialah dongeng yang habis dibaca sekitar sepuluh menit atau setengah jam. Jumlah katanya sekitar 500-5000 kata. Oleh alasannya yaitu itu, cerpen sering diungkapkan dengan dongeng yang sanggup dibaca dalam sekali duduk. Cerita pendek juga umumnya bertema sederhana. Jumlah tokohnya terbatas. Jalan ceritanya sederhana dan latarnya mencakup ruang lingkup yang terbatas.
Fungsi Cerita Pendek
Cerita pendek termasuk ke dalam genre dongeng atau naratif fiksional, menyerupai halnya guakdot. Keberadaannya lebih pada kepentingan memdiberi kesenangan untuk para pembacanya. Meski demikian, dongeng pendek juga tidak terlepas dari kehadiran nilai-nilai tertentu di balik kisah yang mungkin mengharukan, meninabobokan, mencemaskan, dan yang lainnya itu. Sebuah cerpen sering kali mengandung pesan yang tersirat atau nilai yang bisa kita petik di balik sikap tokoh ataupun di antara kejadian-kejadiannya. Hal ini alasannya yaitu cerpen tidak lepas dari nilai-nilai agama, budaya, sosial, ataupun moral.
1) Nilai-nilai agama berkaitan dengan sikap benar atau salah dalam menjalankan aturan-aturan Tuhan.
2) Nilai-nilai budaya berkaitan dengan pemikiran , kebiasaan, dan hasil karya cipta manusia.
3) Nilai-nilai sosial berkaitan dengan tata laris hubungan antara sesame insan (kemasyarakatan).
4) Nilai-nilai moral berkaitan dengan perbuatan baik dan jelek yang menjadi dasar kehidupan insan dan masyarakatnya.
Memaknai atau menggali nilai-nilai tersebut kadang kala tidak gampang. Kita perlu meresapi kepingan demi kepingan ceritanya secara lebih intensif, tidak sekadar menikmatinya sebagai masukana penghibur diri.
Fungsi dongeng pendek, yaitu : (1) menulis cerpen akan memmenolong menemukan siapa diri kita; (2) menulis cerpen akan memmenolong menumbuhkan rasa percaya diri; (3) sanggup mengenal pendapat diri sendiri yang ada dalam tulisan; (4) menjadi seorang yang selalu maju; (5) menulis cerpen akan memmenolong meningkatkan kreativitas dan ilmu pengetahuan; (2) sanggup membuatkan pengalaman dengan orang lain, dan; (7) memmenolong menyalurkan emosi.
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : Sekolah Menengan Atas NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : XI / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia– Wajib
NO | WAKTU | NAMA | KEJADIAN/ PERILAKU | BUTIR SIKAP | POS/ NEG | TINDAK LANJUT |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
4 | | | | | | |
5 | | | | | | |
2 | | | | | | |
7 | | | | | | |
8 | | | | | | |
9 | | | | | | |
10 | | | | | | |
11 | | | | | | |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 3.8 | Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca |
Indikator | : | 3.8.1 | Memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek |
| | 3.8.2 | Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek |
Materi | : | Cerita pendek |
misal Tugas:
1. Lakukanlah hal-hal diberikut ini sesuai dengan instruksinya!
a. Bacalah kembali cerpen “Robohnya Surau Kami”!
b. Secara berkelompok, tunjukkanlah nilai-nilai kehidupan yang terdapat dalam cerpen itu!
c. Mungkinkah nilai-nilai tersebu engkau aktualisasikan pula dalam kehidupan sehari-hari?
d.
Laporan Diskusi Judul Cerpen : Pengarang : Sinopsis :………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….......Nilai-nilai ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. Kemungkinan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. |
Laporkanlah hasil diskusi kelompokmu itu dalam format diberikut!
2. Amatilah nilai-nilai yang berlaku di dalam kehidupan masyarakatmu!
a. Nilai-nilai apa saja yang berkembang di dalamnya? Sajikanlah sebuah dongeng yang menandakan aplikasi salah-satu dari nilai-nilai itu!
b. Adakah nilai yang engkau anggap berperihalan dengan nurani? Jelaskanlah!
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Satuan Pendidikan | : | SMA N 2 Boyolali | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 4.8 | Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek. |
Indikator | : | 4.8.1 | Menentukan nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek |
| | 4.8.2 | Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan |
Materi | : | Cerita pendek |
misal Tugas:
Kerjakan tes diberikut sesuai dengan instruksinya!
a. Berdiskusilah dan berkelompok sehabis membaca sebuah cerpen.
b. Temukannlah nilai-nilai kehidupan yang dianggap penting bagimu, baik sebagai seorang anak, pelajar, ataupun masyarakat masyarakat.
c. Sajikanlah hasil diskusi kelompokmu itu di dalam format diberikut, kemudian presentasikanlah secara bergiliran di depan kelompok lainnya untuk mereka tanggapi.
Judul cerpen :…………………………………………
Pengarang:………………………………………………
Sumber:………………………………………………….
Kebermaknaan:………………………………………….
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan : ...............................................................
No | Kategori | Skor | Alasan |
1. | 1. Apakah nilai-nilai cerita pendek yang ditulis lengkap ? | | |
2. | Apakah bahasa yang dipakai untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? | | |
Jumlah | | |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 3.8 | Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca |
Indikator | : | 3.8.1 | Memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek |
| | 3.8.2 | Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek |
Materi | : | Cerita pendek |
Tes Tertulis
Disediakan cerita pendek
1. Identifikasilah nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam dongeng pendek!
2. Kemukakan hasil identifikasimu!
RUBRIK PENILAIAN
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | Peserta didik nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam dongeng pendek dengan sangat baik | 4 |
a. Peserta didik nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam dongeng pendek dengan baik | 3 | |
b. Peserta didik nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam dongeng pendek kurang baik | 2 | |
c. Peserta didik nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam dongeng pendek tidak baik | 1 | |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
2 | Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat | 4 |
| d. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat | 3 |
| e. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat | 2 |
| f. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat | 1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan | : | SMA N 2 Boyolali | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 4.8 | Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek. |
Indikator | : | 4.8.1 | Menentukan nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek |
| | 4.8.2 | Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan |
Materi | : | Cerita pendek |
1. Lembar Soal Keterampilan
Mari latihan menyusun dongeng pendek! Langkah-langkah penyusunan dongeng pendek sebagai diberikut.
a. Menginventarisasi macam-macam kegiatan yang pernah atau sanggup dilakukan.
b. Menentukan tema kegiatan
c. Membuat kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
d. Mensistematisasikan kerangka dengan benar dan simpel dipahami pembaca.
e. Mengumpulkan bahan-bahan.
f. Mengembangkan kerangka menjadi sebuah petunjuk yang terang dan lengkap.
Buatlah sebuah dongeng pendek dengan baik dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang Dinilai | Skor |
Peserta didik menciptakan cerita pendek dengan sangat baik | 4 |
g. Peserta didik menciptakan cerita pendek dengan baik | 3 |
h. Peserta didik menciptakan cerita pendek kurang baik | 2 |
i. Peserta didik menciptakan cerita pendek tidak baik | 1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | ||
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | ||
Kelas | : | XI | ||
Materi | : | Menganalisis Cerita pendek | ||
Kompetensi dasar | : | 3.8 | Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca | |
| | 4.8 | Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek. | |
Indikator | : | 3.8.1 | Memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek | |
| | 3.8.2 | Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek | |
| | 4.8.1 | Menentukan nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek. | |
| | 4.8.2 | Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan |
Tugas I
1. Simpan setiap kiprah yang didiberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman dari setiap kiprah yang sudah didiberikan dan rangkuman dibentuk pada kertas folio bergaris.
3. Batas waktu pengumpulan kiprah yaitu di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI | SKOR MAKSIMAL |
Peserta didik menyimpan tiruana kiprah yang sudah dikerjakan dengan lengkap, dan kiprah dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan sempurna waktu | 4 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan sempurna waktu | 3 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan sempurna waktu | 2 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, namun kiprah yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan sempurna waktu | 1 |
Peserta didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang didiberikan alasannya yaitu tidak pernah mengumpulkan kiprah | 0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/ 2018 - 2019
No | Nama Peserta didik | Tugas KD | Nilai | Tanda Tangan | Ket. (Tgl Pengumpulan) | |
Peserta Didik | Guru | |||||
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kelas/ Semester | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal | Nomor Soal |
1 | 3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca | Memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek | XI/1 | Disajikan cerita pendek, akseptor didik sanggup memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek | C4 | Uraian | 1 |
2 | Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek | XI/1 | Disajikan cerita pendek, akseptor didik sanggup menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek | C5 | uraian | 2 | |
3 | 4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek | Menyusun rancangan garis besar suatu dongeng pendek | XI/1 | Disajikan cerita pendek peserta didik sanggup menyusun rancangan garis besar suatu dongeng pendek | C2 | uraian | 3 |
4 | Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan | XI/1 | Disajikan cerita pendek peserta didik sanggup mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan | C2 | uraian | 4 |
KARTU SOAL HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi Dasar | : | 3.8 Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan dongeng pendek yang dibaca. 4.8 Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam dongeng pendek |
Materi | : | Cerita pendek |
Indikator Soal Nomor 1 | : | Disajikan cerita pendek, akseptor didik sanggup memahami gosip ihwal nilai-nilai kehidupan dalam teks dongeng pendek dengan benar |
Indikator Soal Nomor 2 | : | Disajikan cerita pendek, akseptor didik sanggup menemukan nilai-nilai kehidupan dalam dongeng pendek dengan benar |
Indikator Soal Nomor 3 | : | Disajikan dongeng pendek peserta didik sanggup menyusun rancangan garis besar suatu dongeng pendek dengan benar |
Indikator Soal Nomor 4 | : | Disajikan dongeng pendek peserta didik sanggup mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan dengan baik |
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran,
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP 197207081998011001
Tag :
RPP 2018/2019
0 Komentar untuk "Rpp Teks Cerpen Kelas Xi Semester 1 Kd 3.8 Dan 4.8"