loading...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah | : Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : X1/Ganjil |
Materi Pokok | : Ceramah |
Alokasi Waktu | : 6 x 45 Menit (2X pertemuan) |
A. Kompetensi Inti
K1 | Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya. |
K2 | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai potongan dari solusi atas aneka macam permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
K3 | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, ceramahal, dan metakognitif menurut rasaingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan ceramahal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah |
K4 | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3 | |
3.5 Mengidentifikasi gosip berupa permasalahan faktual yang disajikan dalam ceramah | Indikator Pencapaian Kompetensi 3.5.1 Memahami gosip dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca. 3.5.2 Menemukan gosip dan permasaahan faktual dalam teks ceramah. |
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4 | |
4.5 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan faktual sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah | Indikator Pencapaian Kompetensi 4.5.1 Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah.. 4.5.2 Menemukan kalimat beragam bertingkat dalam teks ceramah |
C. Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik penerima didik memahami gosip dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca, menemukan gosip dan permasaahan actual dalam teks ceramah menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah, dan menemukan kalimat majemuk bertingkat dalam teks ceramah. dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawaban, bersikap berteman dekat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi
Pengertian ceramah
Perbedaan ceramah dengan pidato dan khotbah
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawaban, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
a. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawaban). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan gosip dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi perihal hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati 1. Peserta didik mengamati teks ceramah 2. Peserta didik mengidentifikasi teks ceramah bersama-sama Menanya 1. Peserta didik bertanya balasan wacana gosip dan permasalahan dalam teks ceramah 2. Peserta didik memdiberi komenatar wacana gosip dan permasalahan dalam teks ceramah Menalar 1. Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 3. Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi wacana gosip dan permasalahan dalam teks ceramah 2. Peserta didik secara berkelompok mencari pola ceramah lain dari aneka macam sumber. 3. Peserta didik berdiskusi wacana perbedaan ceramah, khutbah dan pidato Mencoba 1. Peserta didik mencoba memilih dan menganalisis gosip dan permasalahan dalam teks ceramah 4. Peserta didik mencoba membedakan ceramah, khutbah dan pidato Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya. 2. Peserta didik yang lain mempersembahkan komentar dan masukan atas penampilan kawannya. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 70 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama penerima didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memdiberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memdiberikan kiprah kepada penerima didik untuk banyak membaca atau menonton ceramah lainnya. 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan berguru mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 10 menit |
Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawaban). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan gosip dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi perihal hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 15 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati 1. Peserta didik mengamati video ceramah, pidato dan khutbah 2. Peserta didik mengidentifikasi video tersebut mana yang termasuk ceramah, pidato dan khutbah Menanya 1. Peserta didik bertanya balasan wacana video 3. Peserta didik memdiberi komentar terhadap video tersebut mana yang termasuk ceramah, pidato dan khutbah Menalar 1. Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta didik berdiskusi untuk menelaah bagian-bagian penting dari video ceramah yang disajikan 3. Peserta didik mengidentifikasi kalimat beragam yang dipakai dalam video. Mencoba 1. Peserta didik mencoba menuliskan bagian-bagian penting dari video ceramah yang disajikan 2. Peserta didik mencoba menuliskan kalimat beragam yang dipakai dalam video. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya. 2. Peserta didik yang lain mempersembahkan komentar dan masukan atas penampilan kawannya. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 150 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama penerima didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memdiberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memdiberikan kiprah kepada penerima didik untuk membawa pola lain dari teks ceramah 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan berguru mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 15 menit |
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja :lembar evaluasi presentasi
d. Portofolio :pedoman evaluasi portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk kiprah tanpa tes tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan didiberikan pembelajaran pengayaan sebagai diberikut:
a. Siswa yang mencapai nilai didiberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang mencapai nilai didiberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI CERAMAH
Pengertian Ceramah
Ceramah yaitu pembicaraan di depan umum yang meliputi penyampaian suatu informasi, pengetahuan, dan sebagainya. Yang menyampiakna ceramah orang-orang yang menguasai di bidangnya dan yang mendengarkan biasanya melibatkan banyak orang. Medianya bisa pribadi ataupun melalui masukana komunikasi, ibarat lewat televisi, radio, dan media lainnya..
Selain itu, ada pula yang disebut dengan pidato dan khotbah. Untuk memahami kedua hal tersebut, cermatilah perbedaan di antara keduanya.
1. Pidato, yaitu pembicaraan di depan umum yang cenderung bersifat persuasive, yakni meliputi seruan ataupun dorongan pada khalayak untuk berbuat sesuatu.
2. Khotbah yaitu pembicaraan di depan umum yang meliputi penyampaian pengetahuan keagamaan atau praktik diberibadah dan ajakan-ajakan untuk memperkuat keislaman.
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : Sekolah Menengan Atas NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : XI / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia– Wajib
NO | WAKTU | NAMA | KEJADIAN/ PERILAKU | BUTIR SIKAP | POS/ NEG | TINDAK LANJUT |
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
2 | ||||||
7 | ||||||
8 | ||||||
9 | ||||||
10 | ||||||
11 |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 3.5 | Mengidentifikasi gosip berupa permasalahan faktual yang disajikan dalam ceramah |
Indikator | : | 3.5.1 | Memahami gosip dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca. |
3.5.2 | Menemukan gosip dan permasaahan actual dalam teks ceramah. | ||
Materi | : | Ceramah |
misal Tugas:
Jawablah pertanyaan diberikut dengan benar dan jelas! | |
1. | Apa manfaat kalau engkau mendengarkan ceramah? |
2. | Apa manfaat kalau engkau menyajikan ceramah? |
3. | Kapan dan di mana saja peluang mendengarkan ceramah itu sanggup kita ikuti? |
4. | Bagaimana persamaan dan perbedaan antara ceramah dengan pidato serta khotbah? |
5. | Informasi/pengetahuan apa saja yang sanggup engkau peroleh dari teks ceramah di atas? Jelaskan! |
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Satuan Pendidikan | : | SMA N 2 Boyolali | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 4.5 | Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan faktual sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah |
Indikator | : | 4.5.1 | Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah. |
4.5.2 | Menemukan kalimat beragam bertingkat dalam teks ceramah | ||
Materi | : | Ceramah |
misal Tugas:
1. Kerjakanlah tes diberikut sesuai dengan instruksinya!
a. Bacalah teks ceramah.
b. Secara berkelompok, tandailah bagian-bagian penting dari teks tersebut.
c. Buatlah simpulan wacana isi teks itu secara keseluruhan!
No | Bagian-bagian Penting |
Simpulan ……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….. |
2. Lengkapilah kalimat-kalimat beragam di bawah ini dengan kata penghubung yang tepat!
a. Kak Agus memdiberi minuman pada seorang kakek…sedang duduk di bawah pohon rambutan itu.
b. Mereka memperkirakan…hari ini akan hujan dengan sangat lebat.
c. Dia menyampaikan tidak punya uang…aku tahu bahwa ia itu gres penghasilanan.
d. Minggu depan ibu ingin berwisata ke Jakarta … kami ingin ke Yogyakarta.
e. Bu Marini akan memdiberi tahu suaminya…meneleponnya nanti malam.
3. Berdiskusilah dalam kelompok! Temukanlah contoh-contoh kalimat beragam dalam salah satu teks ceramah di atas. Jelaskan pula jenis dari kalimat-kalimat beragam tersebut.
Jenis Kalimat | Kalimat Majemuk Bertingkat | Jenis Kalimat |
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan : ...............................................................
No | Kategori | Skor | Alasan |
1. | 1. Apakah ceramah yang ditulis lengkap ? | ||
2. | Apakah bahasa yang dipakai untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? | ||
3. | Apakah ceramah yang ditulis lengkap menggunakan kalimat majemuk? | ||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 3.5 | Mengidentifikasi gosip berupa permasalahan faktual yang disajikan dalam ceramah |
Indikator | : | 3.5.1 | Memahami gosip dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca. |
3.5.2 | Menemukan gosip dan permasaahan actual dalam teks ceramah. | ||
Materi | : | Ceramah |
Tes Tertulis
Disediakan dua ceramah
1. Identifikasilah gosip berupa permasalahan faktual yang disajikan dalam ceramah
2. Tuliskan permasalahan faktual yang disajikan dalam ceramah
3. Kemukakan komentarmu terhadap ceramah tersebut
Tertulis (soal HOTS)
1. Identifikasilah ceramah dengan memperhatikan isi, dan gosip yang disampaikan dalam ceramah!
2. Buatlah rancangan ceramah dengan memuat isi dan informasi!
3. Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan kawan-kawanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | Peserta didik mengidentifikasi isi ceramah dengan sangat tepat | 4 |
a. Peserta didik mengidentifikasi isi ceramah dengan tepat | 3 | |
b. Peserta didik mengidentifikasi isi ceramah dengan kurang tepat | 2 | |
c. Peserta didik mengidentifikasi isi ceramah dengan tidak tepat | 1 | |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
2 | Peserta didik menulis gosip ceramah sangat tepat | 4 |
d. Peserta didik menulis informasi ceramah tepat | 3 | |
e. Peserta didik menulis informasi ceramah kurang tepat | 2 | |
f. Peserta didik menulis informasi ceramah tidak tepat | 1 | |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
3 | Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat | 4 |
g. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat | 3 | |
h. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat | 2 | |
i. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat | 1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan | : | SMA N 2 Boyolali | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 4.5 | Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan faktual sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah |
Indikator | : | 4.5.1 | Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah. |
4.5.2 | Menemukan kalimat beragam bertingkat dalam teks ceramah | ||
Materi | : | Ceramah |
1. Lembar Soal Keterampilan
1. Buatlah sebuah teks ceramah dengan memperhatikan isi dan informasinya.
2. Rubrik Penilaian
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | Peserta didik menciptakan ceramah dengan memperhatikan isi dan informasinya sudah sangat baik | 4 |
j. Peserta didik menciptakan ceramah dengan memperhatikan isi dan informasinya sudah baik | 3 | |
k. Peserta didik menciptakan ceramah dengan memperhatikan isi dan informasinya sudah kurang baik | 2 | |
l. Peserta didik menciptakan ceramah dengan memperhatikan isi dan informasinya sudah tidak baik | 1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | ||
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | ||
Kelas | : | XI | ||
Materi | : | Menganalisis Ceramah | ||
Kompetensi dasar | : | 3.5 | Mengidentifikasi gosip berupa permasalahan faktual yang disajikan dalam ceramah | |
4.5 | Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan faktual sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah | |||
Indikator | : | 3.5.1 | Memahami gosip dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca. | |
3.5.2 | Menemukan gosip dan permasaahan actual dalam teks ceramah. | |||
4.5.1 | Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah. | |||
4.5.2 | Menemukan kalimat beragam bertingkat dalam teks ceramah |
Tugas I
1. Simpan setiap kiprah yang didiberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman dari setiap kiprah yang sudah didiberikan dan rangkuman dibentuk pada kertas folio bergaris.
3. Batas waktu pengumpulan kiprah yaitu di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI | SKOR MAKSIMAL |
Peserta didik menyimpan tiruana kiprah yang sudah dikerjakan dengan lengkap, dan kiprah dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan sempurna waktu | 4 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan sempurna waktu | 3 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan sempurna waktu | 2 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, namun kiprah yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan sempurna waktu | 1 |
Peserta didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang didiberikan alasannya yaitu tidak pernah mengumpulkan kiprah | 0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/ 2018 - 2019
No | Nama Peserta didik | Tugas KD | Nilai | Tanda Tangan | Ket. (Tgl Pengumpulan) | |
Peserta Didik | Guru | |||||
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kelas/ Semester | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal | Nomor Soal |
1 | 3.5 Mengidentifikasi gosip berupa permasalahan faktual yang disajikan dalam ceramah | Memahami gosip dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca. | XI/1 | Disajikan ceramah, penerima didik sanggup memahami gosip dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca. | C4 | Uraian | 1 |
2 | Menemukan gosip dan permasaahan actual dalam teks ceramah. | XI/1 | Disajikan ceramah, penerima didik sanggup menemukan gosip dan permasaahan actual dalam teks ceramah. | C5 | uraian | 2 | |
3 | 4.5 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan faktual sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah | Menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah. | XI/1 | Disajikan ceramah peserta didik sanggup menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah. | C2 | uraian | 3 |
4 | Menemukan kalimat beragam bertingkat dalam teks ceramah | XI/1 | Disajikan ceramah peserta didik sanggup menemukan kalimat beragam bertingkat dalam teks ceramah | C5 | uraian | 4 | |
5 | Mengomentari ceramah | XI/1 | Disajikan video perihal ceramah peserta didik dapat membedakan antara ceramah, pidato, dan khotbah. | C2 | uraian | 5 |
KARTU SOAL HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi Dasar | : | 3.5 Mengidentifikasi gosip berupa permasalahan faktual yang disajikan dalam ceramah 4.5 Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan faktual sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah |
Materi | : | Ceramah |
Indikator Soal Nomor 1 | : | Disajikan ceramah, penerima didik sanggup memahami gosip dan permasalahan yang didengar atau yang dibaca |
Indikator Soal Nomor 2 | : | Disajikan ceramah, penerima didik sanggup menemukan gosip dan permasaahan actual dalam teks ceramah. |
Indikator Soal Nomor 3 | : | Disajikan ceramah peserta didik sanggup menelaah bagian-bagian penting dalam teks ceramah. |
Indikator Soal Nomor 4 | : | Disajikan ceramah peserta didik sanggup menemukan kalimat beragam bertingkat dalam teks ceramah. |
Indikator Soal Nomor 5 | : | Disajikan video perihal ceramah peserta didik dapat membedakan antara ceramah, pidato, dan khotbah. |
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran,
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP 197207081998011001
Tag :
RPP 2018/2019
0 Komentar untuk "Rpp Bahasa Indonesia Teks Ceramah Kd 3.5 Dan 4.5 Kelas Xi Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019"