loading...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah | : Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali |
Mata Pelajaran | : Bahasa Indonesia |
Kelas/Semester | : X1/Ganjil |
Materi Pokok | : Teks ceramah |
Alokasi Waktu | : 6 x 45 Menit (2X pertemuan) |
A. Kompetensi Inti
K1 | Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya. |
K2 | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai belahan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
K3 | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, ceramahal, dan metakognitif menurut rasaingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan ceramahal pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah |
K4 | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3 | |
3.6 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah | Indikator Pencapaian Kompetensi 3.6.1 Mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah. 3.6.2 Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah |
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4 | |
4.6 Mengkonstruksi ceramah wacana permasalahan nyata dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat | Indikator Pencapaian Kompetensi 4.6.1 Menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah 4.6.2 Menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi. |
C. Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik penerima didik sanggup mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah, mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah, memilih aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah, dan memberikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gestur, ekspresi, dan intonasi dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawaban, bersikap berteman dekat/ komunikatif selama proses pembelajaran.
D. Materi
Struktur Teks Ceramah
· Pembukaan
· Isi
· Penutup
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawaban, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
a. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berafiliasi dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawaban). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi perihal hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati 1. Peserta didik mengamati pola teks ceramah yang dibawa. 2. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah. Menanya 3. Peserta didik bertanya tanggapan wacana struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah. 4. Peserta didik memdiberi komentar terhadap struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah. Menalar 1. Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah. Mencoba 1. Peserta didik mencoba memilih dan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah. 5. Peserta didik mencoba menuliskan struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya. 2. Peserta didik yang lain mempersembahkan komentar dan masukan atas penampilan kawannya. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 70 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama penerima didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memdiberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memdiberikan kiprah kepada penerima didik untuk banyak membaca teks ceramah lainnya. 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan berguru mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 10 menit |
Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berafiliasi dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawaban). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan informasi dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi perihal hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 15 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati 1. Peserta didik mengamati teks ceramah 2. Peserta didik mengidentifikasi aspek-aspek yang perlu disunting dalam teks ceramah yang disajikan Menanya 1. Peserta didik bertanya tanggapan wacana aspek-aspek yang perlu disunting dalam teks ceramah yang disajikan Menalar 1. Peserta didik memilih aspek-aspek yang perlu disunting dalam teks ceramah yang disajikan Mencoba 1. Peserta didik mencoba menuliskan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah yang disajikan Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta memberikan hasil suntingan | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 150 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama penerima didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memdiberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memdiberikan kiprah kepada penerima didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 3. Menutup kegiatan berguru mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 15 menit |
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja :lembar evaluasi presentasi
d. Portofolio :pedoman evaluasi portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila sehabis 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk kiprah tanpa tes tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan didiberikan pembelajaran pengayaan sebagai diberikut:
a. Siswa yang mencapai nilai didiberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang mencapai nilai didiberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI TEKS CERAMAH
Bagian-bagian teks ceramah mencakup pembukaan, isi, penutup.
1. Pembukaan
Berupa pengenalan isu, masalah, ataupun pandangan pembicara wacana topic yang akan dibahasnya. Bagian ini sama dengan isi dalam teks eksposisi, yang disebut dengan isu.
2. Isi
Berupa rangkaian argument pembicara berkaitan dengan penlampauan atau tesis. Pada belahan ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argument-argumen pembicara.
3. Penutup
Berupa penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya.
Menentukan topic yang sanggup dijadikan materi ceramah adalah:
a. pengalaman pribadi,
b. hobi dan keterampilan,
c. pengalaman dalam pekerjaan,
d. pelajaran sekolah atau kuliah,
e. pendapat pribadi,
f. peristiwa hangat dan pembicara public,
g. masalah keagamaan,
h. problem pribadi,
i. biografi tokoh terkenal, dan
j. minat khalayak
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : Sekolah Menengan Atas NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : XI / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia– Wajib
NO | WAKTU | NAMA | KEJADIAN/ PERILAKU | BUTIR SIKAP | POS/ NEG | TINDAK LANJUT |
1 | | | | | | |
2 | | | | | | |
3 | | | | | | |
4 | | | | | | |
5 | | | | | | |
2 | | | | | | |
7 | | | | | | |
8 | | | | | | |
9 | | | | | | |
10 | | | | | | |
11 | | | | | | |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 3.6 | Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah |
Indikator | : | 3.6.1 | Mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah. |
| | 3.6.2 | Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah |
Materi | : | Teks ceramah |
misal Tugas:
1. Berkelompoklah dan diskusikanlah struktur teks wacana sikap berbahasa para siswa.
Jelaskanlah belahan yang ialah tesis, rangkaian argument, dan penegasannya.
Bagian-bagian Teks | Isi Teks | Penjelasan |
pembukaan | | |
isi | | |
Penutup | | |
2. Bacakanlah laporan kerja kelompokmu di depan kelompok lain!
Tugas
1. Cermatilah kembali sebuah teks ceramah yang sudah engkau baca/simak
Secara berkelompok, identifikasilah kaidah-kaidah yang ada pada teks tersebut
Catatlah jadinya dalam format laporan ibarat diberikut.
Topik :………………………….
Penceramah:…………………….
Tempat/waktu:…………………..
Kaidah Kebahasaan | misal |
Kata ganti orang pertama | |
Kata ganti orang kedua (sapaan) | |
Kata sambung alasannya ialah akibat | |
Kata sambung temporal | |
Kata-kata teknis | |
Kata-kata mental | |
Kata-kata persuasive | |
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Satuan Pendidikan | : | SMA N 2 Boyolali | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 4.6 | Mengkonstruksi ceramah wacana permasalahan nyata dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat |
Indikator | : | 4.6.1 | Menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah |
| | 4.6.2 | Menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi. |
Materi | : | Teks ceramah |
misal Tugas:
Susunlah kerangka untuk topik ceramah yang sudah engkau rumuskan.
Topik:…………………………. | |
Pembukaan (tesis, pengenalan isu) | |
Isi (rangkaian argument) | |
Penutup (penegasan) | |
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan : ...............................................................
No | Kategori | Skor | Alasan |
1. | 1. Apakah teks ceramah yang ditulis lengkap ? | | |
2. | 3. Apakah terdapat uraian wacana struktur ceramah? | | |
3. | Apakah bahasa yang dipakai untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? | | |
Jumlah | | |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 3.6 | Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah |
Indikator | : | 3.6.1 | Mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah. |
| | 3.6.2 | Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah |
Materi | : | Teks ceramah |
Tes Tertulis
Disediakan teks ceramah
1. Identifikasilah struktur dan aspek kebahasaan dalam teks ceramah
2. Kemukakan hasil identifikasimu terhadap struktur dan aspek kebahasaan teks ceramah tersebut
Tertulis (soal HOTS)
a. Identifikasilah teks ceramah dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan dalam teks ceramah!
b. Buatlah rancangan teks ceramah dengan memuat struktur dan aspek kebahasaannya!
c. Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan kawan-kawanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks ceramah dengan sangat tepat | 4 |
a. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks ceramah dengan tepat | 3 | |
b. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks ceramah dengan kurang tepat | 2 | |
c. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks ceramah dengan tidak tepat | 1 | |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
3 | Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat | 4 |
| d. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat | 3 |
| e. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat | 2 |
| f. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat | 1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan | : | SMA N 2 Boyolali | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 4.6 | Mengkonstruksi ceramah wacana permasalahan nyata dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat |
Indikator | : | 4.6.1 | Menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah |
| | 4.6.2 | Menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi. |
Materi | : | Teks ceramah |
1. Lembar Soal Keterampilan
Mari latihan menyusun teks ceramah! Langkah-langkah penyusunan teks ceramah sebagai diberikut.
a. Menginventarisasi macam-macam kegiatan yang pernah atau sanggup dilakukan.
b. Menentukan tema kegiatan
c. Membuat kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
d. Mensistematisasikan kerangka dengan benar dan simpel dipahami pembaca.
e. Mengumpulkan bahan-bahan.
f. Mengembangkan kerangka menjadi sebuah petunjuk yang terperinci dan lengkap.
Buatlah sebuah teks ceramah dengan baik dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang Dinilai | Skor |
Peserta didik menciptakan teks ceramah dengan sangat baik | 4 |
g. Peserta didik menciptakan teks ceramah dengan baik | 3 |
h. Peserta didik menciptakan teks ceramah kurang baik | 2 |
i. Peserta didik menciptakan teks ceramah tidak baik | 1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | ||
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | ||
Kelas | : | XI | ||
Materi | : | Menganalisis Teks ceramah | ||
Kompetensi dasar | : | 3.6 | Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah | |
| | 4.6 | Mengkonstruksi ceramah wacana permasalahan nyata dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat | |
Indikator | : | 3.6.1 | Mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah. | |
| | 3.6.2 | Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah | |
| | 4.6.1 | Menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah | |
| | 4.6.2 | Menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi. |
Tugas I
1. Simpan setiap kiprah yang didiberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman dari setiap kiprah yang sudah didiberikan dan rangkuman dibentuk pada kertas folio bergaris.
3. Batas waktu pengumpulan kiprah ialah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI | SKOR MAKSIMAL |
Peserta didik menyimpan tiruana kiprah yang sudah dikerjakan dengan lengkap, dan kiprah dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan sempurna waktu | 4 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan sempurna waktu | 3 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan sempurna waktu | 2 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, namun kiprah yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan sempurna waktu | 1 |
Peserta didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang didiberikan lantaran tidak pernah mengumpulkan kiprah | 0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas :
Semester/ Tahun Pelajaran : / 2018 - 2019
No | Nama Peserta didik | Tugas KD | Nilai | Tanda Tangan | Ket. (Tgl Pengumpulan) | |
Peserta Didik | Guru | |||||
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
| | | | | | |
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kelas/ Semester | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal | Nomor Soal |
1 | 3.6 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah | Mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah | XI/1 | Disajikan teks ceramah, penerima didik sanggup mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah | C4 | Uraian | 1 |
2 | Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah | XI/1 | Disajikan teks ceramah, penerima didik sanggup mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah | C5 | uraian | 2 | |
3 | 4.6 Mengkonstruksi ceramah wacana permasalahan nyata dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat | Menentukan aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah | XI/1 | Disajikan teks ceramah peserta didik sanggup memilih aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah | C2 | uraian | 3 |
4 | Menyampaikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi. | XI/1 | Disajikan teks ceramah peserta didik sanggup memberikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi. | C5 | uraian | 4 | |
5 | | Mengomentari teks ceramah | XI/1 | Disajikan penampilan siswa membaca teks ceramah, penerima didik dapat mempersembahkan solusi terhadap pertanyaan teks ceramah dengan benar | C2 | uraian | 5 |
KARTU SOAL HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi Dasar | : | 3.6 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah 4.6 Mengkonstruksi ceramah wacana permasalahan nyata dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat |
Materi | : | Teks ceramah |
Indikator Soal Nomor 1 | : | Disajikan teks ceramah, penerima didik sanggup mengidentifikasi isi dan struktur dalam teks ceramah dengan benar |
Indikator Soal Nomor 2 | : | Disajikan teks ceramah, penerima didik sanggup mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah dengan benar |
Indikator Soal Nomor 3 | : | Disajikan teks ceramah peserta didik sanggup memilih aspek-aspek yang disunting dalam teks ceramah dengan benar. |
Indikator Soal Nomor 4 | : | Disajikan teks ceramah peserta didik sanggup memberikan hasil suntingan teks ceramah teks ceramah dengan memperhatikan penguasaan materi. vokal, gesture, ekspresi, dan intonasi dengan benar. |
Indikator Soal Nomor 5 | : | Disajikan penampilan siswa membaca teks ceramah, penerima didik dapat mempersembahkan solusi terhadap pertanyaan teks ceramah dengan benar |
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran,
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP 197207081998011001
Tag :
RPP 2018/2019
0 Komentar untuk "Rpp Teks Ceramah Kd 3.6 Dan 4.6 Kelas Xi Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019"