Contoh Indikator Soal Usbn Bahasa Indonesia Sma/Ma Kurikulum 2006

loading...


CONTOH INDIKATOR SOAL

UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)


Jenjang Pendidikan        :        SMA    
Mata Pelajaran               :        Bahasa Indonesia   
Program                          :        IPA/IPS  
Kurikulum                      :        2006

Kemampuan yang Diuji: Mengidentifikasi informasi tersurat
Indikator Soal: 
a. Disajikan kutipan diberita, penerima didik sanggup menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi diberita tersebut.
b. Disajikan paragraf, penerima didik sanggup menentukan kalimat fakta dengan tepat.

No
Kemampuan yang Diuji
Indikator Soal
Bentuk Soal
1 
Memaknai istilah/kata
Disajikan paragraf, penerima didik bisa memaknai kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
Pilihan Ganda
2
Mengidentifikasi informasi tersurat
Disajikan kutipan diberita, penerima didik sanggup menentukan kalimat pertanyaan sesuai isi diberita tersebut
Pilihan Ganda3
 3
Mengidentifikasi informasi tersurat
Disajikan paragraf, penerima didik sanggup menentukan kalimat fakta dengan tepat
Pilihan Ganda
4
Mengungkapkan pokok-pokok isi paragraf
Disajikan paragraf, penerima didik sanggup menentukan pokok-pokok paragraf dengan tepat.
Pilihan Ganda
5
Menemukan wangsit pokok
Disajikan paragraf, penerima didik sanggup menentukan wangsit pokok dengan tepat
Pilihan Ganda
6
Menemukan inti kalimat

Disajikan kalimat kompleks, penerima didik bisa menemukan inti kalimat tersebut dengan tepat.
Pilihan Ganda
 7
Menyimpulkan isi tersirat dalam teks
Disajikan teks nonsastra, penerima didik sanggup menyimpulkan isi teks dengan tepat (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
8
merangkum isi informasi dari beberapa paragraf
Disajikan beberapa paragraf, penerima didik bisa menentukan rangkuman isi informasi dengan tepat.
Pilihan Ganda
 9
mengomentari isi paragraf
Disajikan paragraf, penerima didik sanggup menentukan tanggapan yang sesuai dengan isi paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
10
Membandingkan paragraf induktif dan deduktif
Disajikan dua paragraf yang tidak sama (deduktif dan induktif), penerima didik sanggup menentukan perbedaan paragraf tersebut
Pilihan Ganda
11 
Menyimpulkan perbedaan atau persamaan isi
Disajikan dua buah kutipan teks diberita, penerima didik bisa menyimpulkan persamaan/ perbedaan  isi kedua teks dengan tepat.
Pilihan Ganda
12
Membandingkan penggunan bahasa dan pola penyajian beberapa jenis paragraf
Disajikan dua paragraf, penerima didik bisa menentukan perbedaan penerapan bahasa kedua paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
13
mengidentifikasi kata yang bermakna simbolik/majas/kias dalam karya sastra
Disajikan kutipan puisi/prosa , penerima didik bisa mengartikan kata simbolik dalam kutipan cerpen tersebut dengan tepat.
Pilihan Ganda
 14
mengidentifikasi tema dan ciri-ciri puisi kontemporer
Disajikan puisi kontemporer, penerima didik bisa menentukan ciri-ciri dan tema puisi tersebut dengan tepat
Pilihan Ganda
15 
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai)
Disajikan kutipan cerita, penerima didik sanggup menentukan konflik dengan tepat
Pilihan Ganda
16
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai)
Disajikan kutipan cerita, penerima didik sanggup menentukan  penyebab konflik dengan tepat
Pilihan Ganda
17
menyimpulkan isi tersirat dalam cerpen/ novel/hikayat (konflik, penyebab konflik, dan nilai-nilai)
Disajikan kutipan hikayat, penerima didik sanggup menentukan nilai moral hikayat sesuai kutipan dengan tepat
Pilihan Ganda
 18
membandingkan unsur intrinsik dan ekstrinsik novel dengan hikayat
Disajikan kutipan novel dan hikayat, penerima didik sanggup membandingkan unsur intrinsik dengan tepat
Pilihan Ganda
19
menilai keunggulan/kelemahan karya sastra
Disajikan kutipan resensi, penerima didik sanggup menentukan kalimat resensi yang menyatakan keunggulan karya dengan tepat (soal dibentuk pusat)
Pilihan Ganda
20
Membandingkan isi, pola penyajian, dan bahasa karya sastra (berdasarkan gaya, tema, unsur)
Disajikan dua buah teks kutipan cerpen, penerima didik bisa membandingkan kedua kutipan teks tersebut berdasarkan unsur intrinsik teks dengan tepat
(soal dibentuk pusat)
Pilihan Ganda
21 
membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
Disajikan kutipan cerpen, penerima didik sanggup menentukan kalimat pembuktian tabiat tokoh dengan tepat
Pilihan Ganda
22
mengaitkan isi dengan kehidupan dikala ini
Disajikan kutipan novel, penerima didik sanggup mengaitkan isi dengan kehidupan dikala ini
Pilihan Ganda
23
menentukan istilah/ kata yang tepat dalam resensi, Koreksi, atau esai
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, penerima didik bisa melengkapi pecahan rumpang dengan istilah yang tepat.
Pilihan Ganda
24
menyusun paragraf padu
Disajikan lima atau enam kalimat acak, penerima didik sanggup mengurutkan kalimat menjadi paragraf padu dengan tepat (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
 25
melengkapi paragraf eksposisi/narasi/deskripsi
Disajikan paragraf yang menggunaakan tiga kata tidak baku, penerima didik sanggup menentukan perbaikan kata tidak baku dengan tepat (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
26
Melengkapi proposal/notulen
Disajikan kutipan teks tawaran yang dirumpangkan, penerima didik bisa melengkapi pecahan yang rumpang dengan kalimat yang tepat.
Pilihan Ganda
27
memvariasikan kata yang bermakna sama
Disajikan beberapa kalimat yang mengilustrasikan kejadian tertentu, penerima didik sanggup menentukan ungkapan yang tepat sesuai dengan gambaran kejadian. (soal dari pusat)
Pilihan Ganda
28
memvariasikan kalimat yang bertujuan sama
Disajikan paragraf yang mengisahkan kejadian, penerima didik sanggup menentukan peribahasa yng sesuai dengan isi paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
29
menulis puisi gres dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Disajikan puisi yang rumpang, penerima didik bisa melengkapi dengan baris yang tepat dengan memperhatikan bait, irama, dan rima
Pilihan Ganda
30 
mengidentifikasi kesalahan penerapan kalimat
Disajikan paragraf, penerima didik sanggup menentukan kalimat tidak padu dalam paragraf dengan tepat
Pilihan Ganda
31
Menggunakan istilah dalam kalimat
Disajikan paragraf yang dirumpangkan, penerima didik bisa melengkapi pecahan rumpang dengan istilah yang tepat.
Pilihan Ganda
32
Menggunakan kata bentukan (mengisi sesuai kaidah bentukan kata)
Disajikan paragraf yang dirumpangkan tiga atau empat kata diberimbuhan, penerima didik bisa melengkapi pecahan yang rumpang dengan kata diberimbuhan yang tepat.
Pilihan Ganda
33 
Memperbaiki kesalahan penerapan kata
Disajikan paragraf yang mengandung kata-kata tidak baku, penerima didik sanggup memperbaiki kata tidak baku dengan tepat (soal dibentuk pusat)
Pilihan Ganda
34
Memperbaiki kesalahan penerapan kata
Disajikan paragraf yang mengandung kata-kata tidak baku, penerima didik sanggup memperbaiki kata tidak baku dengan tepat (soal dibentuk pusat)
Pilihan Ganda
35
Memperbaiki kesalahan penerapan kalimat
Disajikan paragraf yang mengandung kalimat tidak efektif, penerima didik sanggup menentukan perbaikan kalimat yang tidak efektif dengan tepat. (soal dibentuk pusat)
Pilihan Ganda3
 36
Memperbaiki kesalahan paragraf
Disajikan teks, penerima didik bisa menentukan perbaikan paragraf yang tidak tepat (soal dibentuk pusat)
Pilihan Ganda
37 
Mengidentifikasi kesalahan penerapan ejaan (judul, sapaan, gelar, nama kota, kata depan)
Disajikan lima penulisan judul penelitian, penerima didik sanggup menentukan pemulisan judul yang sesuai ejaan dengan tepat
Pilihan Ganda
38
Mengidentifikasi kesalahan penerapan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan tanda titik dua, penerima didik bisa menentukan kesalahan penerapan titik dua dengan tepat
Pilihan Ganda
39
Menggunakan ejaan
Disajikan paragraf yang terdapat penerapan abjad kapital, penerima didik bisa memakai abjad kapital dengan tepat
Pilihan Ganda
40
Memperbaiki kesalahan pengunaan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan tanda baca,  peserta didik bisa menentukan perbaikan tanda baca dengan tepat
Pilihan Ganda
41 
Mengidentifikasi kesalahan penerapan kata
Disajikan paragraf dengan empat kata yang digunakan secara tidak tepat, penerima didik bisa mengidentifikasi kesalahan penerapan kata/istilah dalam paragraf dengan tepat.
Uraian
42
Menggunakan ejaan dan tanda baca
Disajikan paragraf yang terdapat penerapan ejaan dan tanda baca (petik dua, koma pada kalimat langsung), penerima didik bisa memakai ejaan dan tanda baca dengan tepat (soal dibentuk pusat)
Uraian
43 
membuktikan simpulan dengan data pada karya sastra (bukti watak, seting, nilai)
Disajikan kutipan cerpen, penerima didik sanggup menentukan kalimat pembuktian tabiat tokoh, cara pendeskripsian, latar, dan nilai dongeng  dengan tepat
Uraian
44 
Menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kata, kalimat, dan paragraf
Disajikan paragraf yang terdapat kesalahan penerapan kalimat, penerima didik bisa menentukan alasan kesalahan dari segi pilihan kalimat dan memperbaiki kalimat dengan tepat.
Uraian
45 
Menentukan alasan kesalahan dari segi ejaan dan tanda baca
Disajikan paragraf yang mengandung kesalahan ejaan dan tanda baca, penerima didik sanggup menentukan alasan kesalahan dengan klarifikasi dan memperbaiki kalimat dengan tepat.
Uraian


CONTOH SOAL USBN

SOAL UJIAN SEKOLAH BERSATANDAR NASIONAL (USBN) TAHUN 2018
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KURIKULUM 2006

I.     PILIHAN GANDA

1.      Teknologi benih bibit unggul dan teknologi mulsa plastic hitam perak ialah usaha untuk
meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian. Namun, kombinasi teknologi itu memerlukan asupan pupuk kimia yang tinggi. Itu, jadi problem gres ketika pupuk kimia langka. Kelangkaan pupuk kimia dan harga tinggi sudah menjadi permasalahan rutin yang dihadapi petani setiap musim
tanam. Masalah itu, seperti tidak teratasi. Padahal, berdasarkan produsen, kapasitas produksi pupuk cukup untuk kebutuhan demam isu tanah di areal yang sudah terdata

Makna kata kombinasi dalam paragraf tersebut yaitu ….
A. jumlah yang banyak
B. campuran bebarapa hal
C. tidak sanggup dipisah
D. dugaan yang tepat
E. sambungan bebarapa hal

2.      Bacalah dengan cermat!

Kinerja industri tekstil dan produk tekstil (TPT) ternyata masih cukup bagus. Bahkan, produksi TPT naik dibandingkan dengan tahun lalu. Ekspor TPT juga meningkat.  Bukan spesialuntuk produksi dan ekspor TPT yang meningkat, melainkan investasi di sector industri TPT juga meningkat. Pasar terbesar ekspor TPT Indonesia yaitu AS dengan estimasi naik 27 persen dari Uni Eropa. 
Kalimat tanya yang sesuai dengan isi paragraf tersebut yaitu ....

A.    Apa yang mendorong kinerja TPT tetap bagus?

B.     Berapa persen kenaikan ekspor TPT ke Uni Eropa?

C.     Mengapa AS menjadi pasar terbesar ekspor TPT

D.    Bagaimana kondisi kinerja TPT Indonesia?

E.     Mengapa TPT Indonesia tertarik mengekspor ke AS?
3.  Bacalah paragraf diberikut !

(1) Sirene sebagai pecahan dari sistem peringatan dini tsunami dijalankan dengan menggunakan   teknologi   komunikasi satelit dan GSM. (2)   Begitu ada gempa,sensor yang dipasang pada sirene akan mempersembahkan data secara cepat ke Stasiun BMKG.(3) Berdasarkan data ini, dilakukan analisa untuk mengetahui terjadinya tsunami atau tidak dalam waktu 10 menit. (4) Apabila ada potensi akan terjadi tsunami, sirene pribadi dibunyikan dalam bentuk nada tertentu. (5) Dari nada itu, orang akan berjaga-jaga.

Kalimat yang meliputi fakta yaitu nomor....

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

4.      Bacalah paragraf diberikut ini!

Kemiskinan dan pengangguran menimbulkan aneka macam problem di Indonesia. Masalah yang ditimbulkan oleh kemiskinan dan pengangguran diantaranya problem sosial, ekonomi, dan budaya. Kemiskinan dan pengangguran menjadi suatu focus perhatian bagi pemerintah Indonesia. Masalah kemiskinan ini sangatlah kompleks dan bersifat multidimensional. Kemiskinan terus menjadi problem fenomenal di aneka macam belahan dunia, khususnya Indonesia, yang ialah negara berkembang. Kemiskinan sudah membuat jutaan anak tidak sanggup mengenyam pendidikan, kesusahan membiayai kesehatan, kurangnya tabungan dan investasi, serta problem lain yang menjurus ke arah tindakan kekerasan dan kejahatan.
Isi pokok paragraph tersebut yaitu ….

A.    Pengangguran menimbulkan problem gres di Indonesia

B.     Kemiskinan dan pengangguran menimbulkan aneka macam problem di Indonesia

C.     Masyarakat miskin tidak sanggup mengenyam pendidikan

D.    Kurangnya peluang kerja bagi masyarakat

E.     Penyebab timbulnya tindakan kejahatan dan kekerasan

5.      Bacalah paragraph diberikut !

Untuk menjadi wirausaha sukses  Anda perlu menemukan peluang yang tepat. Peluang usaha sanggup diperoleh di mana-mana. Anda spesialuntuk tinggal menentukan dan menentukan. Tentukan jenis usaha yang Anda sukai dan sesuai dengan bidang anda. melaluiataubersamaini demikian,Anda sanggup mempunyai dasar dalam bidang tersebut.

1)Anda harus mempelajari lampau dan mencari informasi komplemen terkena peluang usaha yang sudah Anda pilih.2) Anda harus mempelajari seluk –beluk usaha tersebut.3) Selain itu, Anda harus lebih banyak kepada orang yang sudah membuka usaha menyerupai yang Anda pilih. 4) Anda harus tahu masalah-masalah  apa saja yang menjadi kendala usaha yang Anda pilih. 5) Anda juga harus tahu cara untuk menuntaskan kendala tersebut.

Ide pokok paragraph kedua terletak pada kalimat…

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

6.  Pada salah satu adegan, tiruana siswa tercengang ketika menonton adegan kejadian di atas Hotel Yamato.

Inti kalimat tersebut yaitu ....
A. siswa tercengang
B. menonton adegan
C. adegan peristiwa
D. siswa menonton 
E. salah satu adegan

7. Cermati teks diberikut!

Kirito      :   Ada yang bisa saya menolong?
Firman    :   Eh, Kirito. Ini toko engkau?
Kirito      :   Iya, Man. Mau beli apa?
Firman    :   Ini To, saya mau beli kaos, ada yang bagus tidak?
Kirito      :   Banyak, Man. Pilih saja…
Firman    :   Coba yang itu, To. Berapa harganya?
Kirito      :   Wah, yang ini 190 ribu, Man.
Firman    :   Ah, To harga kita-kita lah!
Kirito      :   Yaah, karena mitra makanya tidak ada tawaran lagi.
Firman    :   Sembilan puluh  ribu lah, To?
Kirito      :   Seratus lima ribu lah, nanti untungnya tidak ada.
Firman    :   Aku tambahi lima ribu lagi, sembilan puluh lima ribu, ya.
Kirito      :   Sudahlah, seratus ribu, ya.
Firman    :   Ya baiklah, seratus ribu, ya.        


         Hal yang disahkan dalam kutipan teks perundingan tersebut yaitu ....

A.    penawaran baju

B.    banyak kaos

C.    harga kaos

D.    model baju

E.    pemilihan baju

8. Cermati kutipan novel diberikut!

Di sini Djepris tidak bisa berbicara sepatah kata pun. Dan Controlaur membisu sebentar kemudian berkata lagi. “Tuan berkata, ‘Orang Jawa kotor’, tetapi Tuan toh mengerti juga bila ada orang Belanda yang lebih kotor dari pada orang Jawa?”
“Orang Jawa Bodoh, kata Tuan. Sudah tentu saja, karena memang pemerintah sengaja membikin bodoh kepadanya. Mengapa Regeering tidak membuat sekolahan yang  secukupnya untuk orang Jawa atau orang Hindia. Sedang tiruana orang tahu, jikalau tanah Hindia itu yang membikin kaya tanah kita, Nederland.”
    
Rangkuman yang tepat berdasarkan kutipan tersebut yaitu …

A. Penjajah Belanda sudah berperilaku baik kepada orang Jawa, karena mau mendirikan sekolah untuk orang Jawa.

B. Penjajah Belanda sama saja dengan penjajah Jepang yaitu membuat orang Jawa menjadi bodoh.

C. Belanda dan Jepang sengaja membuat orang Jawa bodoh.

D. Orang Belanda menyampaikan bahwa orang Jawa bodoh dan kotor. Hal itu karena pemerintah Belanda tidak mau mendirikan sekolah untuk orang Jawa.

E.  Orang Belanda menyampaikan bahwa orang Jawa badannya kotor dan bodoh. Padahal tanah Hindialah yang membuat Belanda kaya.

9.  Bacalah paragraf diberikut !
Minyak bumi yaitu sumber energi yang tidak sanggup diperbarui. Cadangan minyak bumi Indonesia dikala ini spesialuntuk 8,4 milyar barel. melaluiataubersamaini laju pengurangan produksi 400 juta barel per tahun, apabila tidak ditemukan cadangan baru, diperkirakan minyak bumi Indonesia spesialuntuk tersisa untuk jangka waktu 21 tahun.
Tanggapan logis yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah…

A.    Bahan bakar minyak masih tersedia cukup untuk 35 tahun.

B.     Ketersediaan minyak bumi harus dihemat penerapannya.

C.     Produksi minyak bumi mencapai 500 juta barel per tahun.

D.    Persediaan minyak bumi Indonesia masih tersedia banyak.

E.     Cadangan minyak mentah selalu tersedia.
10. Bacalah teks beikut

Teks 1

Tenaga kerja yang diharapkan dalam persaingan bebas yaitu tenaga kerja yang mempunyai etos kerja tinggi, yaitu tenaga yang pandai, terampil, dan berkepribadian. Tenaga kerja yang arif yaitu tenaga kerja yang mempunyai kemampuan akademis memadai sesuai dengan disiplin ilmu tertentu. Terampil artinya bisa menerapkan kemampuan akademis yang dimiliki disertai kemampuan pendukung yang sesuai untuk diterapkan biar diperoleh hasil terbaik. Sementara itu, tenaga kerja yang berkepribadian yaitu tenaga kerja yang mempunyai sikap loyal, disiplin, dan jujur.

Teks 2

Salju yang turun dari langit mempersembahkan hiasan yang indah untuk bumi. Beberapa kota disulap dengan nuansa putih, menghasilkan pemandangan manis dan memikat bagi penikmat keindahan. Hawa dingginnya semakin hari menggigit kawasan-kawasan yang diberiklim subtropis dan sedang ini. INI demam isu dingin yang terjadi di negeri matahari terbit.

Perbedaan teks 1 dan 2 tersebut adalah


Teks 1
Teks 2
A
Kalimat utama di pertama paragraf
Kalimat utama di final paragraf
B
Kalimat utama di final paragraf
Kalimat utama di pertama paragraf
C
Kalimat utama di pertama paragraf
Kalimat utama di tengah paragraf
D
Kalimat utama di tengah paragraf
Kalimat utama di pertama paragraf
E
Kalimat utama final paragraf
Kalimat utama di tengah paragraf
1.  Kedua kutipan paragraf diberikut untuk soal nomor 11 dan 12.

Teks 1

Ketenaran objek wisata Kepulauan Raja. Ampat sudah diakui baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wisata paling menarikdanunik sudah didokumentasikan dalam sebuah film berjudul Edis Paradise 3. Film ini mengangkat keindahan bawah maritim Raja Ampat yang disebut Amazon Lautan Dunia. Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di sentra segitiga karang dunia.
Teks ll

Kepulauan Raja Ampat terletak di sebelah barat kepala burung Papua Barat. Sebanyak 85% wilayah kabupaten ini ialah pulau-pulau yang berjumlah lebih dari 600 pulau. Kepulauan Raja Ampat mempunyai potensi wisata alam luar biasa. Tempat wisata di Papua Barat ini sangat populer dengan wisata

bawah lautnya yang ialah salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Laut di kepulauan Raja Ampat menjadi tempat menyelam terbaik karena kelengkapan dan keragaman tumbuhan dan fauna bawah lautnya. Laut di kepulauan Raja Ampat mempunyai 75% seluruh spesies karang di dunia.

Persamaan kedua teks tersebut adalah

A. mengulas film Edis Paradise 3

B. mengulas keindahan pulau-pulau di sekitar Raja Ampat

C. mengulas keragaman tumbuhan dan fauna Raja Ampat

D. mengulas objek wisata Raja Ampat

E.  mengulas sentra segitiga karang dunia

12. Perbedaan penyajian kedua teks tersebut yaitu .


Teks 1
Teks 2
A
Dipertamai unsur kapan
Dipertamai unsur siapa
B
Dipertamai unsur apa
Dipertamai unsur di mana
C
Dipertamai unsur bagaimana
Dipertamai unsur mengapa
D
Diakhiri unsur bagaimana
Diakhiri unsur apa
E
Diakhiri unsur di mana
Diakhiri unsur siapa

13. Cermati puisi diberikut ini!

Sepuluh November

Saat itu

Api yang aben dadamu

Mengukuhkan semangat juangmu

Saat ini

Meskipun jasmanimu cacat

Jiwamu, pahlawan

Memihak yang benar

…..

Makna kata yang dicetak tebal dalam puisi di atas yaitu . . . .
A. semangat

A.  Kemarahan

B.   Cita-cita

C.   perjuangan

D.  Emosi

14. Cermati puisi kontemporer di bawah ini!

Shang Hai

ping di atas pong

pong di atas ping

ping ping bilang pong

pong pong bilang ping

mau pong? bilang ping

mau mau bilang pong

mau ping? bilang pong

mau mau bilang ping

ya pong ya ping

ya ping ya pong

tak ya pong tak ya ping

ya tak ping ya tak pong

sembilu jarakMu merancap nyaring

     karya dari  Sutardji Calzoum Bachri. 

Ciri yang menonjol puisi di atas adalah....

A.      Seringkali menyatukan beberapa kata atau kalimat bahasa Indonesia dengan kata atau kalimat bahasa abnormal ataupun bahasa daerah hingga bahasa dialek.

B.       Ada banyak terjadi pengulangan kata, frasa, atau kelompok kata sehingga membuat puisi ini tidak wajar

C.       Kekerasan/kemerduan suara sangat diperhatikan

D.      Seringkali memamaki idiom-idiom yang tidak konvensional (inkonvensional) atau yang tidak lazim

E.       Banyak terjadi kemacetan bunyinya, dan nyaris tidak sanggup dibaca dikarenakan kadang spesialuntuk tampak tanda tanya yang disejajarkan

15. Muharam tak rela, tak terima. Hidupnya nan tenteram selama puluhan tahun sebagai tukang las alumunium dandang bocor dan aneka macam peralatan dapur sehingga ia yaitu keakungan ibu-ibu terusik gara-gara gelar nan hina itu. Anak-anaknya protes karena sering diejek kawan-kawannya   di sekolah. Muharam sendiri jengkel karena nama itu selalu mengingatkannya pada kejadian tragis panjat pinang doloe, dan ia malu seisi kampung kini tahu ia buta huruf. Julukan Muharam Buku Gambar sudah membunuh karakter.Maka ketika ada kegiatan Paket A untuk membasmi buta abjad masyarakat republik usia berapa pun, Muharam kontan mendaftar, demi harga dirinya, demi martabat anak-anaknya.

Konflik yang terdapat dalam kutipan novel tersebut yaitu . . . .

  1. Mengikuti kegiatan Paket A untuk membasmi buta huruf
  2. Teringat kejadian tragis panjat pinang di kampungnya doloe
  3. Rasa malu Muharam atas julukan Muharam Buku Gambar karena beliau buta huruf
  4. Menegur orang-orang yang sudah menghina harga dirinya
  5. Anaknya malu terhadap pekerjaan ayahnya sebagai tukang las

16. “Ayo! Keluarkan teluhmu untuk mengalahkan kami!” teriak orang-orang itu.

“Dia spesialuntuk berani menyerang lewat belakang. Dia tidak berani karena kita bersatu.” Paradji spesialuntuk diam. Dia tidak mengerti mengapa siksaan ini diterimanya. Ditutupkannya matanya, bayangan tangis Nastiti terdengar dengan wajah sendu kehilangan. Suaminya meninggal sore itu. Sebuah penyakit guah menyerangnya. Paradji-lah pelakunya, pikir Nastiti. Pertama-tama Nastiti spesialuntuk bergumam sendiri dalam histeris kehilangan suaminya, lalu perkataannya semakin jelas. “Pa ra dji . . .,” katanya setangah berbisik. “Apa Nastiti?” tanya ibu-ibu lain yang berusaha menenangkan Nastiti. “Pa rad ji . . . Paradji . . . PARADJI!” teriak Nastiti akhirnya. “Kenapa Paradji?” “Suamiku disantet Paradji!” dan perkataannya didengar para lelaki di kampung hingga menyebabkan mereka berbondong-bondong menuju timur perbatasan dusun, mengganggu Paradji hingga tak bisa serius memmenolong persalinan ibu muda.

Penyebab konflik dalam kutipan cerpen tersebut yaitu . . .

A.    Paradji memmenolong persalinan seorang ibu muda

B.     Keguahan penyebab meninggalnya suami Nastiti

C.     Paradji dituduh meneluh suami Nastiti

D.    Orang-orang kampung menyerbu rumah Paradji

E.     Paradji disiksa dan diseret orang-orang kampong

17.   Bacalah penggalan hikayat diberikut.

Alkisah maka tersebutlah perkataan Batara Guru menitahkan Begawan Batara Narada dan Batara Indera. (2) Katanya, “Hai  Tuan hamba kedua, pergilah Tuan hamba kedua turun ke dunia menghidupkan Raden Samba Perwira itu karena terlalu kasihan hamba melihat ayah bundanya terlalu sangat bercintakan anaknya itu”. (3) Sesudah Begawan Batara Narada dan Batara Indera mendengar titah Batara Guru itu, Maka ia pun segera turunlah ke dunia. (4) …Hatta maka tatkala Batara Krisna melihat akan Batara Narada dan Batara Indera itu diiringkan oleh segala raja-raja hadir mendapatkan mayit Raden Samba Perwira, maka ia pun memdiberi  hormat akan Begawan Batara Narada dan Batara Indera itu. (5) Maka Barata Krisna, “Ya Tuan Hamba Begawan Batara Narada dan Adinda Tuan Batara Indera, “ apakah pekerjaan Tuan Hamba kedua ini hadir kepada hamba?”

Nilai moral yang terkandung dalam kutipan tersebut yaitu ….

A.    Orang renta yang sangat menyayangi anaknya

B.     Cinta anak kepada orang tua

C.     Ketaatan kepada kedua orang renta

D.    Ketaatan kepada pemimpin

E.     Kepatuhan harus dijunjung tinggi

18. Bacalah teks diberikut.

Teks 1

Untuk pergi gotong royong ke rimba tempat mereka mengumpulkan damar, mereka harus meninggalkan Kampung Air Jernih yang terletak di tepi Danau Bantau. Air Jernih terletak pula di tepi Sungai Air Putih yang bermuara ke danau. Di pinggir muara sungailah terletak kampung mereka. Mereka menuju hutan menyusuri tepi sungai. memudikinya, memasuki hutan, dan mendaki pegunungan-pegunungan sungai yang tak sanggup dilalui dengan bahtera karena penuh dengan kerikil besar dan karena sungai mengalir dengan derasnya turun dari pegunungan-pegunungan. Tapi ....

Teks 2

Sebelum raja hindustan itu sediakala pekerjaanya pergi berburu juga maka  pada suatu hari raja hindustan itu sedang berburu, kemudian bertemu dua buntut ular adapun ular yang betina itu terlalu baik rupanya; maka yang jantan sangat jahat rupanya. Maka pada hati baginda, “ bukan juga jodohnya ular itu karena yang jantan itu amat jahat rupanya  dan yang betina itu elok rupanya.”  maka dihunusnya pedangnya, kemudian diparangkan kepada ular jantan itu. Maka ular jantan itu matilah. Maka ular betina itu pun putus buntutnya sedikit.
Perbedaan antara teks 1 dan 2 tersebut yaitu …


Teks 1
Teks 2
A
Bertema kemasyarakatan
Bertema istana sentris
B
Bahasa melayu lama
Bahasa Indonesia baku
C
Menceritakan problem kemustahilan
Menceritakan keseharian
D
Sudut pandang orang pertama
Sudut pandang orang ketiga
E
Menggunakan alur maju
Menggunakan alur mundur


19. Cermati kutipan dongeng diberikut!

Kujumpai wajahnya yang senantiasa memancarkan cahaya yang bersumber dari surga. Sebuah wajah yang berhasil melewati usia paruh baya dengan masih bersetia menyimpan kecantikan masa lalu. Sebuah kecantikan yang tidak diciptakan dari aneka macam brand ternama produk kecantikan atau bibir yang senantiasa bergincu merah. Sama sekali tidak. Sebuah kecantikan yang susah sekali ditafsirkan oleh aneka macam pancaindra dari mana ia terbentuk. Ketika kamu memandangnya, kamu tak akan menjumpai wajah seseorang nenek, tetapi sebuah kecantikan cahaya yang serasa dipantulkan dengan suksesnya jauh ke dalam lubuk hatimu.
”Dari mana cahaya itu terbentuk?” tanya seorang karibku yang padanyalah sering kuceritakan ihwal nenek berwajah cahaya itu.
Tak ada jawabanan yang keluar dari mulutku, spesialuntuk gelengan kepala yang bisa membuat karibku mendesah kecewa.
Oleh: Rialita

         Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan kutipan tersebut yaitu …

A.    Cerpen tersebut memakai diksi yang indah dan dibuka dengan paragraf pembuka yang sangat memesona pembaca dalam angan saja.

B.    Dalam cerpen ini disajikan dengan simbol-simbol yang indah dan memikat hati si pembaca, dan mengasyikkan spesialuntuk bagi orang tertentu.

C.    Rialita menyajikan dongeng dengan sedikit obrolan sehingga membuat cerpen tersebut terasa praktis sekali dicerna oleh siapa pun pembacanya.

D.    Penggunaan diksi dalam pembuka cerpen terlalu berlebihan untuk menggambarkan tokoh dan tidak menggiring rasa penamasukan pembaca.

E.    Melalui tokoh saya dan nenek, Rialita spesialuntuk menceritakan kehidupan yang serasi antara nenek dengan cucunya.

20. Cermati kedua pantun diberikut!

I.  Tumbuh merata pohon tebu
    Ditanam oleh Abang Diding
    Banyak harta miskin ilmu
    Bagai rumah tidak berdinding       
II. Pinang muda dibelah dua
     Bersama sirih nikmat dikunyah
     Dari muda hingga usia tua
     Ajaran baik tidakboleh disanggah



         Perbedaan maksud isi pantun yang terdapat pada kedua pantun tersebut yaitu ....

           
Pantun I
Pantun II
A.
Harta tidak ada gunanya dalam kehidupan.
Dari usia muda hingga renta tidakboleh berubah.
B.
Orang yang miskin ilmu akan susah hidupnya.
Ajaran yang baik harus ada semenjak usia muda.
C.
Harta dan ilmu dua hal yang tidak sama.
Tua dan muda mempelajari ilmu pada waktu yang tidak sama.
D.
Memiliki ilmu itu sangat penting dalam kehidupan.
Siapa pun yang mempersembahkan pelajaran yang baik harus diterima.
E.
Ilmu sangat penting dibanding dengan harta dalam kehidupan.
Ajaran baik tidakboleh diubah oleh yang muda karena sudah diajarkan yang tua.

21. Perhatikan kutipan cerpen diberikut.

     (1) “Angel! Kamu bawa payung?” tegurku, seramah mungkin. (2) Gadis blasteran Inggris-Manado itu tidak menoleh. (3) Ia spesialuntuk terus memandangi hujan dengan mata birunya yang elok.  (4) Ekspresi di wajah cantiknya tak terbaca.(5) Aku mengeluarkan payung dari tasku. “Kalau mau, engkau bisa pakai punyaku,” kataku sambil menyodorkan payung. (6) Angel akhirnya menoleh, tetapi tidak menjawaban….

(Aku, Dia dan Hujan, Haqi K)

Bukti tabiat Angel yang dingin terletak pada kalimat bernomor ….

A. (1) dan (2)

B. (3) dan (4)

C. (5) dan (6)

D. (2) dan (4)

E. (2) dan (6)

22. Bacalah kutipan dongeng rakyat diberikut!

Pada zaman lampau di daerah pedalaman Kalimantan Barat, hiduplah pria yang gagah perkasa. Laki-laki itu berjulukan Bujang Beji. la bukan saja seorang yang gagah perkasa, melainkan juga mempunyai kesaktian yang luar biasa dari segala kemampuan yang dimiliki oleh insan biasa yang juga gagah berani. Bujang Beji keturunan Batara Puyanggana, yaitu makhluk perkasa penguasa bumi. Jika akan mengerjakan ladang, suku Dayak pedalaman ini akan memohon pinjaman Batara Puyanggana ini dengan cara mempersembahkan sesajian yang oleh penduduk disebut Pedarak Pegelak.

Walaupun Bujang Beji gagah perkasa dan keturunan Batara, ia mempunyai tingkah laris yang tidak terpuji. Sifat yang menonjol pada dirinya yaitu sifat kecemburuan sosial yang melampaui batas, la paling tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia, walaupun kesenangan itu diperoleh dengan cucuran keringat. Karena sifatnya yang kurang baik ini, ia diusir dari keluarganya dan turun ke dunia ini dengan bermetamorfosis menjadi pria gagah. Sesudah ia turun ke dunia, sifatnya tidak berubah, bahkan semakin menjadi-jadi.

Keterkaitan isi dongeng rakyat dengan kehidupan dikala ini dalam kutipan tersebut yaitu . ,.

A.    Seseorang yang menggantungkan ladangnya kepada orang bertubuh gagah perkasa.

B.    Seseorang yang puas dengan hasil kerja kerasnya dan hasil keringatnya sendiri.

C.    Seseorang yang mempunyai sifat iri dan tidak suka melihat orang lain senang dan bahagia.

D.    Seseorang yang diusir dari keluarganya karena mempunyai kesaktian menyesatkan.

E.    Seseorang yang mempersembahkan sesajen kepada orang yang mempunyai tubuh gagah perkasa.

23. Perhatikan paragraf diberikut!

Sepanjang Pantura mengalami abrasi pantai, bahkan ada yang merncapai 1,6 km dari    garis terluar pantai. Keadaan itu memang bukan lagi ancaman, melainkan sudah terjadi kerusakan. Penyebab erosi berat di Pantura, diantaranya pertambakan dan alih fungsi lahan mangrove sehingga mempercepat proses kerusakan pantai tersebut.

Disadur dari: http://www.pikiran –rakyat.com/,20 Oktober 2016

Kata abrasi dalam paragraf tersebut mempunyai persamaan kata…

  1. longsor
  2. runtuh
  3. kerusakan
  4. pengikisan
  5. pendangkalan

24. Cermati urutan kalimat diberikut!

(1)   Namun, ternyata pengetahuan budi daya anggrek masih sedikit sekali dimiliki oleh para petani bunga di Indonesia.
(2)   Di samping itu, ulasan ihwal metode dan cara budidaya anggrek masih terlampau sedikit termasuk dari negara asal bunga anggrek itu sendiri.
(3)   Indonesia mempunyai aneka macam macam jenis anggrek, mulai anggrek yang sering dibudidayakan   hingga anggrek hutan yang masih banyak terdapat di hutan-hutan tropis Indonesia.
(4)   Bahkan metode dan cara budidaya anggrek spesialuntuk ialah sesuatu yang bebuyutan tanpa disertai pembaruan ilmu pengetahuan.


         Urutan kalimat-kalimat tersebut biar menjadi paragraf  proses yang  padu yaitu ....

A.    (1),(3),(2), dan (4)

B.    (2),(4),(1), dan (3)

C.    (3),(1),(4), dan (2)

D.    (4),(1),(3), dan (2)

E.    (4),(2),(1), dan (3) 

25. Cermati isi paragraf narasi diberikut!

”Dari tadi Ibu perhatikan, engkau tidak banyak bicara, kenapa Nak?”
”Aduh, Bu hati saya pedih bercampur kesal, Bu. Saya sudah mencar ilmu mati-matian, tetapi saya mendapat nilai buruk juga ulangan Bahasa Indonesia.”
”Mengapa sanggup nilai jelek? Apa soalnya susah?
”…”
”Itu karena engkau ceroboh. Tidak perlu disesalkan.”
”Ya, Bu. Memang tadi saya tidak menyangka bahwa masih ada soal pada halaman diberikutnya.”
”Jadikan pembelajaran biar tidak terulang lagi ya, Reni!”



         Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut yaitu …

A.    Belajar bahasa Indonesia harus banyak membaca.

B.    Sudahlah, saya tidak mau memikirkan, nanti pusing.

C.    Tidak susah, Bu, tetapi saya tidak menjawaban soal nomor 5 dan 6.

D.    Yang penting saya semalam sudah mencar ilmu dan kini tidak menyesal.

                  E.     Makanya, saya menyesal dan kesal, Bu. Padahal sudah belajar.

26. Cermati kutipan tawaran diberikut!

Cermati topik diberikut!

Topik : Mengatasi penyusutan areal pertanian

Kalimat rumusan problem yang sesuai dengan topik tersebut yaitu ...

A. Mengapa areal pertanian banyak dijadikan daerah industri?

B. Bagaimana cara mengantisipasi penyusutan areal pertanian?

C. Siapa yang mengakibatkan susutnya areal pertanian di desa-desa?

D. Berapa banyakkah areal pertanian yang susut tahun ini?

E. Mengapa areal pertanian di kota besar dijadikan lahan pemukiman?

27. Cermati kalimat diberikut!

(1)       Tuang 2 gelas air ke dalam panci.
(2)       Kemudian, masukkan gula dan agar-agar.
(3)       Aduk hingga gula mencair.
(4)       Jerang di atas kompor sambil diaduk terus.
(5)       Bila sudah mendidih tuang pada cetakan.
         

         Konjungsi pada kalimat tercetak miring sanggup divariasikan dengan konjungsi ….

A.    sebelum

B.    seraya

C.    lalu

D.    kemudian

E.    sesudah

28. Cermati paragraf diberikut ini !

  Andini tidak disukai kawan-kawannya. Apapun hal yang dilakukan kawan-

  kawannya selalu dicelanya. Selalu ada belum sempurnanyanya. Padahal, Andini sendiri kalau

  mengerjakan sesuatu kesalahannya jauh lebih besar. Akan tetapi, Andini tidak pernah

  merasa dirinya kurang. Ketua kelas pernah menegur Andini  “............”. Walaupun

  begitu Andini tetap merasa dirinya tidak bersalah.

  Peribahasa yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut yaitu ....

A.  Kuman di seberang lautan tampak , gajah di pelupuk mata tak tampak.

B.   Dalam maritim sanggup diduga , dalam hati tiada yang tahu.

C.   Berjalan peliharakan kaki, berbicara peliharakan mulut.

D.  Kilat mutiara tak hilang dalam lumpur, tak pudar dalam pakaian.

E.   Tak layu jenjang dikeping, tak emas bungkal diasah.

29. Rindu ini membeku

[…]

Rindu yang tak pernah usai

Meski laju putaran waktu

Bergulir tak kenal henti

Larik bermajas untuk melengkapi puisi tersebut yaitu ....

A. Hentikan asa kehidupan

B. Pemandangan alam indah

C. Rembulan tampak penuh

D. Mentari di balik bukit pohon teh

E. Bagai salju di kutub utara

30. . Bacalah paragraf diberikut!

(1)Salah satu proses pembelajaran yang harus dikembangkan oleh guru-guru dalam Kurikulum 2006 atau yang juga dikenal sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu menyebarkan kreativitas siswa secara optimal. (2) Pengembangan kreativitas sangat penting  terlihat dari bergesernya  peran guru. (3) Dahulu, guru sering mendominasi kelas, tetapi kini guru harus  lebih banyak memdiberi peluang  kepada siswa untuk berperan  lebih aktif dan kreatif. (4) Membangun pemahaman yang baik kepada siswa  akan susah jikalau fisik dan psikis   mereka dalam keadaan tertekan. (5) Kreativitas siswa sanggup tumbuh  dan berkembang dengan baik apabila  ligkungan keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekolah turut menunjang.

Kalimat yang tidak padu terdapat pada nomor ....

A.  1

B.  2

C.  3

D.  4

E.   5

31. Mengingat banyaknya istilah ilmiah yang dimuat dalam novel ini, akan lebih baik jika pada cetakan diberikutnya Eliza tidak spesialuntuk mempersembahkan catatan kaki menyerupai yang sudah ada, tetapi juga menambahkan ... agar pembaca yang awam dalam masalah sains dan … lebih gampang memahami alur cerita. Selain itu, kita berharap Eliza dapat menyelam lebih jauh ke dalam samudra sains, sejarah sains, dan …. Agar kelak kita dapat menikmati novel yang lebih memukau.

Istilah yang tepat untuk mengisi bagian yang rumpang pada paragaf di atas yaitu ….

A.      glosarium, tehnologi, filsafat

B.       glosarium, teknologi, pilsafat

C.       glosarium, teknologi, filsafat

D.      glosarium, tehnologi, pilsapat

E.       glosarium, teknologi, filsapat
32. Bacalah paragraf diberikut dengan saksama!

Peran serta masyarakat seperti ... kegiatan pagar betis di lingkangan RT atau RW sudah harus ... komitmen bersama. Misalnya, setiap RT atau paling tidak tingkat RW mempunyai sebuah tim yang ... lingkungannya dari kemungkinan adanya kegiatan .... narkoba atau pos-pos kegiatan transaksi narkoba.

Kata diberimbuhan yang tepat untuk melengkapi pecahan yang rumpang dari paragraf tersebut adalah....

A.       dilakukan, dijadikan, memantau, penyalahgunaan

B.       melakukan, menjadikan, memantau, penyalahgunaan

C.       melakukan, dijadikan, dipantau, penyalahgunaan

D.       melakukan, dijadikan, memantau, penyalahgunaan

E.        melakukan, dijadikan, memantau, digunakan

33. Cermati paragraf diberikut!

Indonesia sudah bisa bersaing dalam perindustrian. Banyak produktivitas Indonesia yang sudah berkarakter. Hal ini sanggup kita lihat di pasar Indonesia, antara lain sepatu, tas, dan pakaian.



         Kata istilah yang tepat untuk memperbaiki yang bercetak miring dalam paragraf tersebut yaitu ….

A.    produksi

B.    produk

C.    produsen

D.    produser

E.    produktif

34. Bacalah teks diberikut dengan saksama!

Ancaman tanah longsor biasanya dimulai pada November seiring dengan meningkatnya intensitas hujan. Musim kering yang panjang akan mengakibatkan terjadinya penguapan air di permukaan tanah dalam jumlah besar kemudian terjadi retakan dan rekahan tanah di permukaan. Pada dikala hujan, air akan menyusup ke pecahan yang retak karena tanah cepat mengembang. Sesudah itu, terjadilah longsor.


         Konjungsi yang tepat untuk menggantikan kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut yaitu ....

A.    sesaat, sehingga

B.    maka, ketika

C.    lalu, namun

D.    sehingga, akibatnya

E.    maka, seketika

35. Cermati paragraf diberikut!

Sehebat apa pun kita, niscaya membutuhkan orang lain dalam kehidupan ini. Suatu ketika niscaya kita akan membutuhkan orang lain untuk memperbaiki sikap kita yang salah. Kita membutuhkan hikmah orang tua, teguran teman dekat, Koreksian dari atasan, atau masukan-masukan dari mana saja. Memang sewaktu kita diKoreksi atau ditegur, rasanya tidak nyaman atau rasa ingin marah. Orang lebih suka membicarakan keburukan orang lain. Tentu ada  yang sanggup mendapatkan teguran dan hikmah dari orang lain dan ada pula yang tidak mau mendapatkan teguran. Padahal jikalau beliau mau menerima, sebetulnya beliau sedang menolong dirinya sendiri dari hal-hal yang tidak baik, mungkin dari musibah.


         Perbaikan kalimat tidak padu (yang bercetak miring) pada paragraf tersebut yaitu ...

A.    Jadi, kita memuji orang lain, niscaya itu perbuatan terpuji.

B.    Seandainya kita memuji orang lain, belum tentu beliau senang.

C.    Boleh mengKoreksi seseorang jikalau sudah mengenal orang tersebut.

D.    Oleh alasannya yaitu itu, berpikirlah sebelum memuji atau mencela orang!

                  E.     Lebih banyak orang yang suka dipuji atau disanjung daripada diKoreksi.


36. Cermati paragraf diberikut!

Bahasa berkembang dan menyebar ke seluruh pelosok Nusantara dengan mediator pedagang, kemudian digunakan pada ragam puisi. Sastra Melayu yang pertama berbentuk mantra, pantun, dan syair. Sesudah itu, bermunculan pantun kilat (karmina), seloka, talibun, dan gurindam. Semuanya memakai bahasa Melayu. Sastra Melayu pada pertamanya berbentuk cerita-cerita pelipur lara dan dongeng. Dongeng itu meliputi legenda, saga, fabel, parabel, mite, dongeng jenaka, atau dongeng orang-orang malang/pandir. Ragam karya sastra Melayu ada pula yang berbentuk hikayat, tambo, dongeng berbingkai, dan wiracarita (cerita panji). Dongeng sering meliputi dongeng kerajaan (istanasentris) dan memuat banyak fantasi. Kadang-kadang dongeng tersebut di luar jangkauan nalar insan (pralogis). Jadi, sastra melayu itu yaitu sastra yang meliputi dongeng yang lucu-lucu.


         Kalimat yang tepat untuk memperbaiki simpulan paragraf tersebut yaitu ...

A.    melaluiataubersamaini demikian, sastra Melayu usang yang muncul selalu berbentuk hikmah sehari-hari kepada generasi penerus.

B.    Oleh alasannya yaitu itulah bangsa Melayu mengenal bahasa Melayu melalui goresan pena setelah dongeng Melayu dibukukan.

C.    Itu pulalah yang mengakibatkan sastra Melayu tidak ada pengarangnya, yang kita kenal dengan anonim dan tidak diketahui munculnya.

D.    Karena itu, sastra Melayu sangat dinikmati ceritanya karena bercampur fakta dengan dunia khayalan atau fiktif.

E.    Jadi, sastra Melayu itu lahir semenjak bahasa Melayu itu muncul, baik dalam aneka macam bentuk puisi usang maupun aneka macam prosa lama.

37. Cermati kalimat diberikut!

Untuk sukses dalam usaha perikanan, ia tekun membaca buku yang berjudul cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau. 
Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan yang berlaku yaitu ....

A.    Teknik merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau

B.     Teknik merawat Ikan patin dan Ikan Bandeng di air payau

C.     Teknik Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di Air Payau

D.    Teknik merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di Air Payau

E.     Teknik Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di Air Payau 

38. Penggunaan tanda baca titik dua (:) di bawah ini benar, kecuali ….

            A.      Hanya ada dua pilihan bagi para pejuang kemerdekaan: hidup atau mati.

             B.      Narasumber   :  Prof. Dr. Rahmat Effendi

Pemandu        :  Abdul Gani, M.Hum.

                        Pencatat         :  Sri Astuti Amelia, S.Pd.

             C.      Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Bahasa.

            D.      Ibu                 : "Bawa koper ini, Nak!"

Amir   : "Baik, Bu."

                        Ibu      : "Jangan lupa, letakkan baik-baik!"

             E.      Kita memerlukan: kursi, meja, dan lemari.

39. Perhatikan penerapan abjad kapital diberikut!

1)      Siti Fatimah binti Salim membaca doa dengan khusuk.

2)      Kita mengenal aneka macam macam gula, menyerupai Gula Jawa, Gula Pasir, Gula Tebu, Gula Aren, dan Gula Anggur.

3)      Orang itu menasihati anaknya, "Berhati-hatilah, Nak!"

4)      Ya, Tuhan, bimbinglah hamba-Mu ke jalan yang Engkau diberi rahmat.

5)      Soekarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan bangsa Indonesia.
       Penggunaan abjad kapital yang salah terdapat pada kalimat ….

A.    1

B.     2

C.     3

D.    4

E.     5

40. Besok pagi kata beliau mereka akan berangkat.

Perbaikan tanda baca yang tepat kalimat di atas yaitu …

A. “Besok pagi kata beliau mereka akan berangkat.”

B. “Besok pagi,” kata dia, “mereka akan berangkat.”

C. “Besok pagi,” kata dia, “Mereka akan berangkat.”

D. “Besok pagi,” Kata dia, “Mereka akan berangkat.”

E. ”Besok pagi, “ kata dia: Mereka akan berangkat.

SOAL URAIAN

Jawablah soal-soal diberikut.

41. Cermatilah teks diberikut

Pemanasan global ini sudah usang dianalisis oleh para klimathologi (ilmuwan yang mempelajari iklim) semenjak tahun 1800-an yang menyimpulkan bahwa pemanasan global terjadi karena ulah manusia. Activitas  manusia dikala ini mendukung terjadinya pemanasan global dan menimbulkan meningkatnya imbas rumah kaca. Efek rumah beling meningkatkan gerah di permukaan bumi melalui proses complex yang melibatkan sinar matahari, gas, dan partikel di atmospher.

Tentukan kata-kata yang penulisannya tidak tepat pada paragraf tersebut

42. Cermati kutipan surat lamaran diberikut!         

Lampiran: satu berkas                                                                Boyolali, 5 Maret  2018
Hal          : Lamaran Pekerjaan                                                    

Yth. Pimpinan Perusahaan
Jalan Jenderal Ahmad Yani
Boyolali

melaluiataubersamaini hormat,
Sehubungan dengan iklan yang dimuat pada harian Solopos, 1 Maret 2018, saya mengajukan lamaran pekerjaan untuk mengisi tenaga manajemen di perusahaan Bapak. Adapun identitas saya sebagai diberikut,
nama                                : ....
tempat, tanggal lahir        : ....
pendidikan                       : ....
alamat                              : ....

.............................................................................................................................................

..............................................................................................................................................

..............................................................................................................................................




        

Lanjutkan kutipan surat lamaran pekerjaan tersebut hingga selesai. Cantumkan lampiran-lampiran yang diperlukan. Gunakan ejaan dan tanda baca dengan benar!

43. Cermatilah penggalan teks diberikut.

Dalam rumahnya, Suni menunggui Heru di tengah gemericiknya hujan yang mulai turun lagi. “Tuhan, kasihanilah orang-orang miskin, anak yatim  di emper toko. Lindungilah dari hati insan yang dingin. Hangatkan yang tidak punya pakaian dengnan balaian tangan-Mu. Ingatlah  orang tak punya macam kami yang selalu menggapai-gapai rumah gedongan. Ingatlah pula …”

Tentukan watak tokoh Suni, cara pendeskripsian, latar tempat dan nilai moral yang terkandung dalam penggalan dongeng tersebut !

44. Cermatilah kalimat-kalimat diberikut.

a.  Tugas belum dewasa hari ini yaitu memmembersihkankan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik.

b.    Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker.

Jelaskan alasan kesalahan kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga menjadi kalimat efektif.

45. Cermatilah kalimat-kalimat diberikut.

     a. Doni akan hadir, kalau tidak hujan.

     b. Ayah membeli kunci Inggris untuk memperbaiki kran air yang rusak.

       Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan bahasa Indonesia.


KUNCI JAWABAN DAN PEDOMAN PENILAIAN SOAL USBN 2018
BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006

I. PILIHAN GANDA

1.      B

2.      D

3.      A

4.      B

5.      A

6.      A

7.      C

8.      D

9.      B

10.  A

11.  D

12.  B

13.  A

14.  B

15.  C

16.  B

17.  A

18.  A

19.  D

20.  E

21.  E

22.  C

23.  D

24.  C

25.  C

26.  B

27.  D

28.  A

29.  A

30.  D

31.  C

32.  D

33.  B

34.  D

35.  D

36.  E

37.  E

38.  E

39.  B

40.  B


II. URAIAN

41.  Penulisan kata yang tidak tepat yaitu klimathologi, activitas, complex, atmospher

42.  Soal dari pusat

43.  watak tokoh Suni: perhatian pada rakyat kecil

cara pendeskripsian: pikiran tokoh

latar tempat: di dalam rumah

Nilai moral: Memperhatikan/peduli kepada masyarakat bawah

44.    a. Kalimat (a) Tugas belum dewasa hari ini yaitu memmembersihkankan ruang kelas, menata meja, penyeselesaian PR, dan pemberesan alat-alat praktik.

Alasan kesalahan: tidak efektif karena tidak memenuhi syarat kesejajaran

Perbaikan: Tugas belum dewasa hari ini yaitu memmembersihkankan ruang kelas, menata meja, menuntaskan PR, dan membereskan alat-alat praktik.

b. Kalimat (b) Pengunjung yang membawa tas harap dimasukkan ke loker.

Alasan kesalahan: tidak efektif karena tidak memenuhi syarat kelogisan

Perbaikan: Tas pengunjung harap dimasukkan ke loker.

45.  a. Kalimat (a) Saya akan hadir, kalau diundang

Alasan kesalahan: Penggunaan tanda koma (,) yang tidak tepat. Tanda koma tidak digunakan jikalau induk kalimat menlampaui anak kalimat.

Perbaikan: Doni akan hadir kalau tidak hujan.

b. Kalimat (b)  Ayah membeli kunci Inggris untuk memperbaiki kran air yang rusak.

Alasan kesalahan: Huruf pertama nama diri geografi yang digunakan sebagai nama jenis tidak ditulis dengan abjad kapital.

Perbaikan: Ayah membeli kunci inggris untuk memperbaiki kran air yang rusak.


PEDOMAN PENILAIAN SOAL USBN  TAHUN 2018

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2006



I.     PILIHAN GANDA

Jumlah soal: 40

Skor terbaik setiap nomor 2

Jawaban benar: nilai 2

Jawaban salah: nilai 0

Skor terbaik keseluruhan : 2 X 40 = 80

Skor perolehan: jumlah betul X 2

II.  URAIAN

1.    Skor terbaik = 4

Menyebutkan 1 kata yang tidak baku dengan tepat = nilai 1

Menyebutkan 2 kata yang tidak baku dengan tepat = nilai 2

Menyebutkan 3 kata yang tidak baku dengan tepat  = nilai 3

Menyebutkan 4 kata yang tidak baku dengan tepat = nilai 4

2.    Skor terbaik = 4 (soal dari pusat)

3.    Skor terbaik= 4

Menentukan 1 unsur (watak/cara pendeskripsisn/latar/setting) dengan tepat = nilai 1

Menentukan 2 unsur (watak/cara pendeskripsisn/latar/setting) dengan tepat = nilai 2

Menentukan 3 unsur (watak/cara pendeskripsisn/latar/setting) dengan tepat = nilai 3

Menentukan 4 unsur (watak/cara pendeskripsisn/latar/setting) dengan tepat = nilai 4

4.    Skor terbaik = 4

a.       Menentukan alasan atau perbaikan dengan tepat = nilai 1

Menentukan alasan dan perbaikan dengan tepat = nilai 2

b.      Menentukan alasan atau perbaikan dengan tepat = nilai 1

Menentukan alasan dan perbaikan dengan tepat = nilai 2

Nilai final = skor (a + b )

5.    Skor terbaik = 4

a.       Menentukan alasan atau perbaikan dengan tepat = nilai 1

Menentukan alasan dan perbaikan dengan tepat = nilai 2

b.      Menentukan alasan atau perbaikan dengan tepat = nilai 1

Menentukan alasan dan perbaikan dengan tepat = nilai 2

Nilai final = skor (a + b )

Skor terbaik soal uraian = 4x 5 = 20

Nilai final terbaik = 80 (PG) + 20 (Uraian) = 100

Nilai akhir= Skor perolehan soal PG + Uraian


                                                           
Tag : USBN SMA
0 Komentar untuk "Contoh Indikator Soal Usbn Bahasa Indonesia Sma/Ma Kurikulum 2006"

Back To Top