loading...
S I L A B U S
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 2 Boyolali
Kelas/Semester : X/1
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Alokasi Waktu : 64 x 45 menit
Kompetnsi inti
1. Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawaban, responsif, dan pro-aktif dalam diberinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah nyata dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Pembelajaran | IPK | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan ekspresi dan tulis. | Isi pokok laporan hasil observasi: · pernyataan umum; · hal yang dilaporkan; · deskripsi bagian; · deskripsi manfaat; dan · maksud isi teks (tersirat dan tersurat). | · Menentukan isi pokok, hal-hal yang dilaporkan, dan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. · Menafsirkan teks laporan hasil observasi menurut struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi. · Mempresentasikan dan menanggapi teks laporan hasil observasi | 3.1.1. Menentukan isi pokok dalam teks laporan hasil observasi. 3.1.2. Menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 8 x 45’ | · Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. · Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. · Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya · Internet · Alam sekitar dan sumber lain yang relevan |
4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi menurut interpretasi baik secara ekspresi maupun tulis. | 4.1.1 Menafsirkan teks laporan hasil observasi menurut struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi. 4.1.2 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi | Produk, Praktik (Penilaian Praktik) | ||||
3.2. Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik ekspresi maupun tulis | Isi pokok teks laporan hasil observasi: · pernyataan umum; · deskripsi bagian; · deskripsi manfaat; dan · kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat). | · Mengidentifikasi isi, struktur, dan ciri kebahasaan. · isi, ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. · Menyusun kembali teks laporan hasil observasi yang dibaca dengan memerhatikan isi, struktur, dan ciri kebahasaan. · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks laporan hasil observasi yang sudah disusun. | 3.2.1. Mengidentifikasi isi dalam teks laporan hasil observasi. 3.2.2. Mengidentifikasi struktur dalam teks laporan hasil observasi. 3.2.3. Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 8 x 45’ | |
4.2 Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca | 4.2.1 Menyusun garis besar isi teks laporan hasil observasi 4.2.2 Menyusun teks laporan hasil observasi 4.2.3 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi yang sudah disusun.. | Produk, Praktik (Penilaian Praktik), portofolio | ||||
3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca | Isi teks eksposisi: · pernyataan tesis; · argumen; · pernyataan ulang; dan · kebahasaan. Komentar terhadap: · Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumenuntuk mendukung tesis). | · Menggali struktur, isi, (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), dan kebahasaan dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. · Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan. · Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksposisi yang sudah disusun. | 3.3.1. Menggali struktur (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. 3.3.2. Menggali isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. 3.3.3. Menggali kebahasaan (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 8 x 45’ | |
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara ekspresi dan / tulis. | 4.3.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan dari suatu permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi 4.3.2 Mempresentasikan teks eksposisi yang sudah disusun. | Produk, Praktik, portofolio | ||||
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. | Struktur teks eksposisi: · pernyataan tesis (pendapat wacana suatu permasalahan); · argumen (data, fakta, dan pendapat untuk menguatkan tesis); dan · pernyataan ulang.* Kebahasaan: · kalimat nominal dan · kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: · deduksi dan · induksi | · Menggali struktur dan aspek kebahasaan dalamteks eksposisi yang dibaca. · Menyusun kembali teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan. · Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks eksposisi yang sudah disusun. | 3.4.1. Menemukan struktur teks eksposisi yang dibaca. 3.4.2. Menumukan kebahasaan teks yang dibaca. 3.4.3. Membandingkan dua teks eksposisi | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 8 x 45’ | |
4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. | 4.4.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan aspek kebahasaan. 4.4.2 Mempresentasikan teks eksposisi yang sudah disusun. | Produk, Praktik | ||||
3.5. Mengevaluasi teks guakdot dari aspek makna tersirat. | Isi teks guakdot: · peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur guakdot: · peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan. | · Menilai isi dan aspek makna tersirat dalam teks guakdot · Menyusun kembali teks guakdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks guakdot yang dibaca · Mempresentasikan, mengomentari,dan merevisi teks guakdot yang sudah disusun. | 3.5.1. Menilai isi tersirat dalam teks guakdot 3.5.2. Menilai aspek makna tersirat dalam teks guakdot | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 8 x 45’ | |
4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks guakdot baik ekspresi maupun tulis | 4.5.1 Menyusun kembali teks guakdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks guakdot yang dibaca 4.5.2 Mempresentasikan eks guakdot yang sudah disusun. | Produk, Praktik | ||||
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks guakdot. | · Isi guakdot · Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik. · Sindiran. · Unsur humor. · Kata dan Frasa idiomatis | · Mengidentifikasi struktur(bagian-bagian teks) guakdot dan kebahasaan . · Menyusun kembali teks guakdot dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan. · Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi teks guakdot yang sudah disusun. | 3.6.1. Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian teks) guakdot 3.6.2. Mengidentifikasi kebahasaan guakdot | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.6 Menciptakan kembali teks guakdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik ekspresi maupun tulis | 4.6.1 Menyusun teks guakdot dengan memerhatikan struktur dan aspek kebahasaan. 4.6.2 Mempresentasikan teks guakdot yang sudah disusun. | Portofolio, praktik | ||||
3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam kisah rakyat (hikayat) baik ekspresi maupun tulis. | · Karakeristik hikayat. · Isi hikayat. · Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan penddikan). | · Mendata pokok-pokok isi, karakteristik, dan nilai-nilai dalam hikayat. · Menyusunteks eksposisi menurut pokok-pokok isi, dan nilai-nilai dalam hikayat. · Mempresentasikan, menanggapi,dan merevisi,teks eksposisi yang sudah disusun | 3.7.1. Mendata pokok-pokok isi dalam hikayat. 3.7.2. Mendata karakteristik dalam hikayat. 3.7.3. Mendata nilai-nilai dalam hikayat. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.7 Menceritakan kembali isi kisah rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. | 4.7.1 Menyusun teks eksposisi menurut pokok-pokok isi dalam hikayat. 4.7.2 Menyusun teks eksposisi menurut pokok-pokok nilai-nilai dalam hikayat. 4.7.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi, teks eksposisi yang sudah disusun | Proyek, praktik | ||||
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan kisah rakyat dan cerpen. | · Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat. · Gaya bahasa. · Kata arkais (kuno). | · Menjelaskan persamaan dan perbedaan isi dannilai-nilai dalam cerpen dan kisah rakyat. · Menyusun kembali isi kisah rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. · Mempresesntasikan, menanggapi, dan merevisiteks cerpen yang disusun. | 3.8.1. Menjelaskan perbedaan dan persamaan isi dalam cerpen dan kisah rakyat. 3.8.2. Menjelaskan perbedaan dan persamaan nilai-nilai dalam cerpen dan kisah rakyat. | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.8 Mengembangkan kisah rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. | 4.8.1 Menyusun kembali isi kisah rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. 4.8.2 Mempresesntasikan teks cerpen yang disusun.. | Produk, Praktik (Penilaian Praktik) | ||||
3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan kisah rakyat dan cerpen. | · Ikhtisar | Laporan Hasil Membaca Buku · Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar. · Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi ikhtisar yang dilaporkan. | 3.9.1 mengungkapkan butir-butir penting dari buku pengayaan nonfiksi yang dibaca 3.9.2 mengungkapkan butir-butir penting dari satu novel yang dibaca | Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja) | 6 x 45’ | |
4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. | 4.9.1 Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar. 4.9.2 Mempresentasikan ikhtisar yang dilaporkan. | Produk, Proyek |
Mengetahui
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia,
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP 197207081998011001
UNDUH FILE WORD SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 KLIK https://drive.google.com/open?id=1_GkHhS-8fVVvP-QI8TBg9YTeykYuZ7Zq
BACA DAN UNDUH SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS X SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=silabus-bahasa-indonesia-smasmk-kelas-x
Tag :
RPP 2018/2019
0 Komentar untuk "Silabus Bahasa Indonesia Sma/Smk Edisi Tahun 2018 Kelas X Semester 1: Pengembangan Oleh Guru Menurut Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 (7 Kolom)"