loading...
PROGRAM TAHUNAN | |||
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI | |||
TAHUN PELAJARAN 2018/2019 | |||
Semester | Kompetensi Dasar | Jumlah Jam | |
1 | 3.1. | Mengonstruksi info berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur | 2 |
4.1. | Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis | 4 | |
3.2. | Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur | 2 | |
4.2. | Mengembangkan teks mekanisme dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan | 4 | |
3.3. | Mengidentifikasi info (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi verbal dan tulis | 2 | |
4.3. | Mengkonstruksi info (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara verbal dan tulis | 4 | |
3.4. | Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi | 2 | |
4.4. | Memproduksi teks eksplanasi secara verbal atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan | 4 | |
3.5. | Mengidentifikasi info berupa permasalahan faktual yang disajikan dalam ceramah | 2 | |
4.5. | Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan faktual sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah | 4 | |
3.6. | Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah | 2 | |
4.6. | Mengkonstruksi ceramah wacana permasalahan faktual dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat | 4 | |
3.7. | Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | 2 | |
4.7. | Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) | 2 | |
3.8. | Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan kisah pendek yang dibaca | 2 | |
4.8. | Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam kisah pendek | 4 | |
3.9. | Menganalisis unsur-unsur pembangun kisah pendek dalam buku kumpulan kisah pendek | 2 | |
4.9. | Mengkonstruksi sebuah kisah pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen | 4 | |
3.10. | Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | 2 | |
4.10. | Mempertunjukkan kesan eksklusif terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat | 4 | |
3.11. | Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | 2 | |
4.11. | Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca | 4 | |
JUMLAH | 64 | ||
2 | 3.12 | Mengidentifikasi gugusan penting yang ada dalam tawaran aktivitas atau penelitian yang dibaca | 2 |
4.12 | Melengkapi info dalam tawaran secara verbal biar lebih efektif | 4 | |
3.13 | Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan suatu proposal | 2 | |
4.13 | Merancang sebuah tawaran karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan | 4 | |
3.14 | Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca | 2 | |
4.14 | Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah | 4 | |
3.15 | Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah | 2 | |
4.15 | Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan | 4 | |
3.16 | Membandingkan isi banyak sekali resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi | 2 | |
4.16 | Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi | 4 | |
3.17 | Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang tidak sama | 2 | |
4.17 | Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku kumpulan kisah pendek atau novel yang sudah dibaca | 4 | |
3.18 | Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik dalam drama yang dibaca atau ditonton | 2 | |
4.18 | Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan | 4 | |
3.19 | Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton | 2 | |
4.19 | Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan | 4 | |
3.20 | Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca | 2 | |
4.20 | Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian | 4 | |
JUMLAH | 54 | ||
Boyolali, 2 Juli 2018 | |||
Mengetahui | |||
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Indonesia, | |||
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd. | |||
NIP 196505041989031014 NIP 197207081998011001 |
UNDUH FILE KLIK https://drive.google.com/open?id=1ZDyMo5kY96W5gsKXDkGnuIoJ8u8oXsMq
Tag :
RPP 2018/2019
0 Komentar untuk "Program Tahunan (Prota) Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas Xi Tahun Pelajaran 2018/2019"