Merancang Pernyataan Umum Dan Tahapan-Tahapan Dalam Teks Prosedur

loading...

Merancang Pernyataan Umum dan Tahapan-Tahapan dalam Teks Prosedur
Teks mekanisme mempunyai dua bab utama berupa pernyataan umum dan tahapan-tahapan atau langkah-langkah. Berikut disajikan teladan teks mekanisme dan klarifikasi pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks. 
misal teks wawancara
Kiat Berwawancara Kerja 
Bagi perusahaan, wawancara ialah peluang untuk menggali kualifkasi calon pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya tanggapan antara pewawancara dengan calon.
Agar praktis dipahami oleh kawan bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga biar kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga bunyi biar terang terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri, sementara bunyi yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan.
Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara biar kita sanggup memerikan jawabanan yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, tidakboleh melakukannya terlalu sering alasannya ialah justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
Bahasa tubuh pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal ibarat mengangguk atau perilaku tubuh yang agak condong ke depan menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, alasannya ialah kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja. 
Singkatnya, akan lebih baik jikalau kita bisa menampilkan perilaku yang antusias secara ekspresi maupun nonverbal. Oleh alasannya ialah itu, hindari bahasa tubuh yang sanggup diartikan negatif, ibarat menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Teknik berbicara yang percaya diri namun tidak terkesan sombong sanggup menarikdanunik minat pewawancara.
Pada dikala berbicara, hindari uraian yang panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan terserius, namun tetap menarikdanunik. Kita dibutuhkan bisa menunjukkan bahwa kita ialah orang yang tepat untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan atau pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengKoreksi atasan atau rekan kerja sebelumnya alasannya ialah ini menunjukkan perilaku yang tidak professional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba menyampaikan sesuatu yang berdasarkan kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan mempersembahkan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut spesialuntuklah karangan. Tunjukkan bahwa kita bisa mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
Pewawancara biasanya mempersembahkan peluang kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di final wawancara. Gunakanlah peluang ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa ingin tahu kita tentang lingkup dan deskripsi kiprah posisi yang dilamar, peluang pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, alasannya ialah bersikap pasif dan menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai kita di mata pewawancara.
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang tepat menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan terkena penghasilan dan tuntidakboleh. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang bisa memilih nominal penghasilan yang ia harapkan, alasannya ialah dianggap sanggup melaksanakan evaluasi atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka peluang untuk negosiasi.
melaluiataubersamaini persiapan matang dan unjuk diri yang baik dikala wawancara, kita sudah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).
Pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja”.


Langkah-Langkah Merancang Pernyataan Umum dan Tahapan-Tahapan dalam Teks Prosedur
Dalam setiap kegiatan mekanisme menjadi pengingat bagi setiap orang untuk mematuhi tahapan biar kegiatan sanggup dilaksanakan dengan benar. melaluiataubersamaini mematuhi tahapan melaksanakan suatu kegiatan maka kemungkinan keberhasilan melaksanakan kegiatan tersebut lebih besar.
Berikut disajikan langkah-langkah merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
1. Menentukan macam atau jenis teks mekanisme yang akan dirancang

Terdapat tiga kategori pembahasan pada isi suatu teks mekanisme kompleks.

a. Teks yang mengambarkan bagaimana sesuatu bekerja atau kode secara manual. Teks ini meliputi mencakup cara-cara memakai alat, benda, ataupun perangkat lain yang sejenis. Misalnya, cara memakai komputer atau cara mengendarai kendaraan beroda empat secara otomatis (matic).

b. Teks yang menginformasikan acara tertentu dengan peraturannya. Teks ini meliputi cara-cara melaksanakan suatu aktivitas. Misalnya, cara-cara melamar pekerjaan, cara membaca buku secara efektif, atau cara-cara berolahraga untuk penderita sakit jantung.

c. Teks mekanisme yang berafiliasi dengan sifat atau kebiasaan manusia. Teks ini meliputi kebiasaan-kebiasaan atau sifat-sifat tertentu. Misalnya, cara-cara menikmati hidup atau cara-cara melepaskan kebosanan.
2. Menentukan topik teks prosedur

Pilihlah topik yang kita kuasai dan bermanfaa untuk pembaca. Dibandingkan dengan topik-topik tentang politik, hukum, dan kriminal, topik tentang pendidikan tentu lebih kita kuasai alasannya ialah hampir setiap hari kita berada di lingkungan pendidikan. Topik tentang kehidupan cukup umur sanggup pula kita pilih alasannya ialah kita sendiri masih berusia remaja.

Berikut beberapa jenis topik yang berkaitan dengan dunia pendidikan dan keremajaan.

Pendidikan
Keremajaan
1. Teknik berguru kelompok yang efektif
1. Tips menghindari pergaulan bebas
2. Langkah-langkah berdiskusi yang benar
2. Kiat jitu biar diakung kawan
3. Teknik sehat untuk menjadi sang juara
3. Langkah-langkah terbebas tawuran
4. Kiat cepat mengingat pelajaran
4. Teknik sehat menurunkan berat badan
5. Tips mengintip sekolah unggulan
5. Langkah-langkah menuju cukup umur penuh percaya diri


3. Menyusun rancangan pernyataan umum dan langkah-langkah atau tahapan-tahapan

a. Tujuan ialah pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada teladan teks berjudul “menjadi pribadi yang penuh percaya diri”, penlampauan yang dimaksud berupa pengertian pribadi yang penuh percaya diri dan manfaat bagi cukup umur dalam kehidupannya.

b. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang dimasukankan kepada pembaca terkait dengan topik “menjadi pribadi yang penuh percaya diri”. 
Perhatikanlah kerangka karangan diberikut untuk topik “menjadi pribadi yang penuh percaya
diri”.
Tujuan: Pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada teladan teks berjudul “menjadi pribadi yang penuh percaya diri”, penlampauan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan manfaat bagi suatu perusahaan

Pengertian percaya diri ialah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memdiberi keyakinan berpengaruh pada dirinya untuk berbuat atau melaksanakan sesuatu tindakan.

Manfaat percaya diri ialah salah satu aspek kepribadian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Orang yang percaya diri yakin atas kemampuan mereka sendiri serta mempunyai pengharapan yang realistis, bahkan ketika cita-cita mereka tidak terwujud, mereka tetap berpikiran positif, sanggup menerimanya, dan menganggap tiruana permasalahan niscaya ada jalan keluarnya.

Langkah-langkah atau tahapan-tahapan menimbulkan diri pribadi yang penuh percaya diri ialah sebagai Berikut. 
1) Menerima apa adanya
2) Mengenali belum sempurnanya dan kelebihan diri
3) Keyakinan pada diri sendiri
4) Selalu bersyukur

5) Banyak tersenyum secara tulus


BACA JUGA POSTINGAN TERBARU PERSIAPAN UN 2018/2019

PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 

10. Nomor 10: Penilaian terhadap Isi Teks Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pembahasaan-soal-un-tahun-2018-bahasa

Tag : PEMBELAJARAN
0 Komentar untuk "Merancang Pernyataan Umum Dan Tahapan-Tahapan Dalam Teks Prosedur"

Back To Top