Pengantar Pembelajaran Bahasa Indonesia Sma/Smk Tahun Pelajaran 2018/2019

loading...

Pengantar Pembelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK Tahun Pelajaran 2018/2019
Pada pertemuan pertama atau aktivitas sebelum pembahasan materi pembelajaran, guru perlu menyampaiakan hal-hal sebagai diberikut.

1. Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia
2. Ruang Lingkup atau Jenis-Jenis Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia
3. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar 
4. Metode Pembelajaran
5. Teknik Penilaian
6. Kriteria Ketuntasan Minimal.

 Tujuan Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK 
Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan penerima didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara verbal maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan insan Indonesia. melaluiataubersamaini pembelajaran
bahasa Indonesia, penerima didik sanggup menguasai pengetahuan, keterampilan berbahasa, dan perilaku positif terhadap bahasa dan sastra Indonesia. Hal tersebut yaitu dasar bagi penerima didik untuk memahami dan merespons situasi lokal, regional, nasional, dan global.

Peserta didik sanggup menyebarkan potensinya sesuai dengan kemampuan, kebutuhan, dan minatnya, serta sanggup menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya kesastraan dan hasil intelektual bangsa sendiri. 
Mata pelajaran Bahasa Indonesia juga bertujuan biar penerima didik mempunyai kemampuan sebagai diberikut.
1. Berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku, baik secara verbal maupun tulis.
2. Menghargai dan besar hati memakai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
3. Memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan sempurna dan kreatif untuk aneka macam tujuan.
4. Menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual, serta kematangan emosional dan sosial.
5. Menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus kebijaksanaan pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan berbahasa.
6. Menghargai dan membanggakan sastra Indonesia sebagai khasanah budaya dan intelektual manusia.
(Sumber: Pedoman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Depdikbud, 2016)

JENIS-JENIS TEKS DI SMA/MA/SMK
KURIKULUM 2013 (REVISI)

No.
Kelas X
Kelas XI
Kelas XII
1
Laporan hasil observasi
Prosedur
Surat lamaran pekerjaan
2.
Eksposisi
Eksplanasi
Teks sejarah
3.
Anekdot
Ceramah
Editorial
4.
Hikayat
Cerpen
Novel
5.
Negosiasi
Proposal
Artikel
6.
Debat
Karya ilmiah
Esai
7.
Biografi
Resensi

8.
Puisi
Drama


(sumber permendikbud nomor 24 tahun 2016 dan Silabus Bahasa Indonesia SMA/SMK/MA/MAK versi 2016 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan)

KOMPETENSI INTI BAHASA INDONESIA SMA/SMK

Kelas X
Kelas XI
Kelas XII

KI 1 Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya

KI 1 Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya

KI 1 Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya
KI 2 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan  pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 2 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan  pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 2  Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan  pengetahuan pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 3  Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 3  Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya  perihal ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah

KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan
KI 4 Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah aneh terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara berdikari serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia SMA/SMK

Kelas x
Kelas XI
Kelas XII
3.1      Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan verbal dan tulis.
3.1         Mengorganisasikan informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
3.1         Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca.
4.1      Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi menurut interpretasi baik secara verbal maupun tulis.


4.1         Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis.
4.1         Menyajikan tamat sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan dalam bentuk visual

3.2    Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi

3.2         Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
3.2         Memformulasikan unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
4.2    Mengonstruksi teks laporan hasil observasidengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan.




4.2         Mengembangkan teks mekanisme dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
4.2         Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan.
3.3    Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
3.3         Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi verbal dan tulis

3.3         Mengidentifikasi informasi, yang mencakup beberapa aspek orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam kisah sejarah verbal atau tulis
4.3    Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara verbal dan / tulis.
4.3         Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara verbal dan tulis
4.3         Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi kisah sejarah dalam sebuah teks eksplanasi

3.4    Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
3.4         Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks  eksplanasi

3.4         Menganalisis kebahasaan  cerita atau novel sejarah
4.4    Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
4.4         Memproduksi teks eksplanasi secara verbal atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
4.4         Menulis kisah sejarah eksklusif dengan memerhatikan kebahasaan


3.5        Mengevaluasi teks guakdot dari aspek makna tersirat.

3.5         Mengidentifikasi unsur-unsur ceramah, kebahasan, isi informasi berupa permasalahan konkret yang disajikan dalam ceramah
3.5         Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan tamat terhadap suatu isu) dalam teks editorial

4.5        Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks guakdot.
4.5         Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan konkret sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah
4.5         Menyeleksi ragam informasi sebagai materi teks editorial

3.6      Menganalisis struktur dan kebahasaan teks guakdot.
3.6         Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
3.6         Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks editorial
4.6      Menciptakan kembali teks guakdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan.
4.6         Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan konkret dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat.
4.6         Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan .
3.7      Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam kisah rakyat (hikayat) baik verbal maupun tulis.
3.7         Menemukan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
3.7         Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan kisah pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
.
4.7    Menceritakan kembali isi kisah rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.


4.7         Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
4.7         Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik
3.8    Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan kisah rakyat dan cerpen.

3.8         Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan kisah pendek yang dibaca
3.8    Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca


4.8    Mengembangkan kisah rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.8         Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam kisah pendek
4.8    Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang
3.9    Menyebutkan butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan kisah rakyat dan cerpen.

3.9         Menganalisis  unsur-unsur pembangun kisah pendek dalam buku kumpulan kisah pendek
3.9     Menganalisis  isi dan kebahasaan novel
4.9    Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
4.9         Mengkonstruksi sebuah kisah pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen.














4.9     Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan.
3.10     Mengevaluasi  pengajuan, penawaran dan persetujuan dalam teks perundingan verbal maupun tertulis.
3.10      Menemukan  butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca

3.10     Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
4.10     Menyampaikan pengajuan, penawaran, persetujuan dan epilog dalam teks perundingan secara verbal atau tulis.

4.10      Mempertunjukkan kesan eksklusif terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
4.10     Menyusun opini dalam bentuk artikel
3.11     Menganalisis  isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan teks  negosiasi.

3.11     Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.

3.11      Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah

4.11     Mengkonstruksikan teks perundingan dengan memerhatikan isi, struktur (orientasi, pengajuan, penawaran,  persetujuan,  penutup) dan kebahasaan.

4.11     Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca.
4.11     Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan
3.12     Menghubungkan permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak dan tamat dari debat untuk menemukan esensi dari debat.
3.12     Menentukan informasi penting yang ada dalam proposal aktivitas atau penelitian yang dibaca
3.12     Membandingkan Koreksi sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis
4.12     Mengonstruksi permasalahan/isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan tamat dari debat secara verbal untuk mengatakan esensi dari debat.
4.12     Melengkapi informasi dalam proposal secara verbal supaya lebih efektif
4.12     Menyusun Koreksi dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis
3.13     Menganalisis  isi debat (permasalahan/ isu, sudut pandang dan argumen beberapa  pihak, dan simpulan).

3.13     Menganalisis isi, sistematika, dan kebahasaan  suatu proposal

3.13     Menganalisis  sistematika dan kebahasaan Koreksi dan esai
4.13     Mengembangkan permasalahan/isu dari aneka macam sudut pandang yang dilengkapi argumen dalam berdebat.
4.13     Merancang sebuah proposal karya ilmiah dengan memerhatikan informasi, tujuan, dan esensi karya ilmiah yang diperlukan
4.13     Mengonstruksi sebuah Koreksi atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan
3.14     Menilai hal yang sanggup diteladani dari teks biografi
3.14     Mengidentifikasi informasi, tujuan dan esensi sebuah karya ilmiah yang dibaca
3.14     Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
4.14     Mengungkapkan kembali hal-hal yang sanggup diteladani  dari tokoh yang terdapat dalam teks biografi  yang dibaca secara tertulis.

4.14     Merancang informasi, tujuan, dan esensi yang harus disajikan dalam karya ilmiah
4.14     Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
3.15          Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi.


3.15     Menganalisis sistematika dan kebahasaan karya ilmiah


4.15          Menyusun teks biografi tokoh
4.15     Mengonstruksi sebuah karya ilmiah dengan memerhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan.
3.16          Mengidentifikasi suasana, tema, dan makna beberapa puisi yang terkandung  dalam antologi puisi yang diperdengarkan atau dibaca.
3.16     Membandingkan isi aneka macam resensi untuk menemukan sistematika sebuah resensi
4.16          Mendemonstrasikan (membacakan atau memusikalisasikan) satu puisi dari antologi puisi atau kumpulan puisi dengan  memerhatikan vokal, ekspresi, dan intonasi (tekanan dinamik dan tekanan tempo)
4.16     Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi
3.17      Menganalisis  unsur pembangun puisi.


3.17     Menganalisis kebahasaan resensi setidaknya dua karya yang tidak sama.

4.17      Menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya.
4.17     Mengkonstruksi sebuah resensi dari buku  kumpulan kisah pendek atau novel yang sudah dibaca.
3.18         Menganalisis isi dari minimal satu buku fiksi dan satu buku nonfiksi yang sudah dibaca.
3.18     Mengidentifikasi alur cerita, babak demi babak, dan konflik  dalam drama yang dibaca atau ditonton
4.18      Mereplikasi isi buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk resensi.
4.18     Mempertunjukkan salah satu tokoh dalam drama yang dibaca atau ditonton secara lisan

3.19     Menganalisis isi dan kebahasaan drama yang dibaca atau ditonton
4.19     Mendemonstrasikan sebuah naskah drama dengan memerhatikan isi dan kebahasaan
3.20     Menganalisis pesan dari dua buku fiksi (novel dan buku kumpulan puisi) yang dibaca
3      
4      
4.20     Menyusun ulasan terhadap pesan dari dua buku kumpulan puisi yang dikaitkan dengan situasi kekinian

 Unduh Lampiran Permendikbud Nomor 24 tahun 2016 Klik https://drive.google.com/open?id=1L5wnIApkE5fcrdz5POFYPA_hwu3uD0zg
Unduh Silabus Bahasa Indonesia SMA/SMK Klik (3 Kolom) https://drive.google.com/open?id=1Dju6fOwu1iuFIGNZ5sFD0WGJGPt7TPeY
Unduh Pedoman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK Klik https://drive.google.com/open?id=1Sc8SUm8ymEa5dYxTlxWUh6zp4DeYA61B

Baca juga
1. MATERI PEMBELAJARAN KELAS X TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=silabus-bahasa-indonesia-smasmk-kelas-x_11
2. MATERI PEMBELAJARAN KELAS XI TEKS PROSEDUR KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=silabus-bahasa-indonesia-smasmk-kelas-x_11
3. MATERI PEMBELAJARAN KELAS XII SURAT LAMARAN PEKERJAAN KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=silabus-bahasa-indonesia-smasmk-kelas-x_11
Tag : PEMBELAJARAN
0 Komentar untuk "Pengantar Pembelajaran Bahasa Indonesia Sma/Smk Tahun Pelajaran 2018/2019"

Back To Top