Analisis Skl Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas Xi

loading...


PEMETAAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA

KELAS XI SEMESTER 1

TAHUN PELAJARAN 2018/2019





SKL
KI
KD
IPK
MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pengetahuan
Memiliki pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab serta dampak fenomena dan insiden
Keterampilan
Memiliki kemampuan pikir dan tindak yang efektif dan kreatif dalam ranah ajaib dan konkret sebagai pengembangan dari yang dipelajari di sekolah secara mandiri.
3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural, menurut rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusia, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.       Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah kongkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan.
1.     
2.     
3.     
3.1.    Mengonstruksi informasi berupa pernyataan-pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur
3.1.1.  Mengidentifikasi teks mekanisme dengan memperhatikan isi,  pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.
3.1.2.  Membuat rancangan teks mekanisme dengan organisasi yang tepat
·       Isi Teks Prosedur.

·       Mengidentifikasi teks mekanisme dengan memperhatikan isi,  pernyataan umum dan langkah-langkah/ tahapan yang disampaikan dalam teks prosedur.
·       Membuat rancangan teks mekanisme dengan organisasi yang tepat
·       Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur

4.     
4.1.    Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis
4.1.1.  Menyusun pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks mekanisme dengan organisasi yang sempurna secara verbal dan tulis
4.1.2.  Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisiteks prosedur
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.    Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur
3.2.1.  Mengidentifikasi struktur teks prosedur
3.2.2.  Mengidentifikasi kebahasaan teks prosedur
Teks Prosedur:
·       struktur;
·       kebahasaan;
·       konjungsi ;
·       jenis kalimat; dan
·       verba material dan verba tingkah laku.
·       Mengidentifikasi struktur, kebahasaan, topik, isi  teks prosedur
·       Menyusun teks mekanisme dengan memerhatikan struktur dan  kebahasaan yang lebih banyak didominasi
·       Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks mekanisme yang disusun.
4.     
4.1.     
4.2.    Mengembangkan teks mekanisme dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan
4.2.1.  Menyusun teks mekanisme dengan memerhatikan struktur dan  kebahasaan yang dominan
4.2.2.  Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi teks mekanisme yang disusun.
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.    Mengidentifikasi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks ekplanasi verbal dan tulis
3.3.1.  Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan kausalitas, dan topik.
3.3.2.  Menemukan makna tersirat dalam teks eksplanasi secara verbal dan tulis.
Teks Eksplanasi:
·       pengertian;
·       isi; dan
·       kejadian yang mengatakan hubungan kausalitas.
·   Menganalisis teks eksplanasi dengan memerhatikan isi, urutan kejadian, hubungan kausalitas, dan topik.
·  Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara verbal dan tulis
·  Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun

4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.    Mengkonstruksi informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara verbal dan tulis
4.3.1.  Menulis kembali informasi (pengetahuan dan urutan kejadian) dalam teks eksplanasi secara verbal dan tulis
4.3.2.  Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks eksplanasi yang disusun
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.    Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksplanasi
3.4.1.  Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan  istilah, pokok isi,  referensi, dan pengetahuan dan urutan insiden yang mengatakan hubungan kausalitas.
3.4.2.  Mengidentifikasi struktur teks eksplanasi
3.4.3.  Mengidentifikasi kebahasaan teks eksplanasi
Teks Eksplanasi:
·       Struktur;
·       Kebahasaan; dan
·       Konjungsi.


·   Mengidentifikasi teks eksplanasi dengan memerhatikan  istilah, pokok isi,  referensi, dan pengetahuan dan urutan insiden yang mengatakan hubungan kausalitas.
·   Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
·  Mempresentasikan, mempersembahkan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam diskusi kelompok.
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.    Memproduksi teks eksplanasi secara verbal atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan
4.4.1.  Menyusun teks eksplanasi dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan.
4.4.2.  Mempresentasikan, mempersembahkan komentar, dan merevisi teks eksplanasi yang dibuatnya dalam diskusi kelompok.

1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.    Mengidentifikasi informasi berupa permasalahan nyata yang disajikan dalam ceramah
3.5.1.  Menentukan unsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
3.5.2.  Menemukan informasi dan permasaahan nyata dalam teks ceramah
Ceramah:
·       unsur-unsur;
·       kebahasaan; dan
·       isi.

·       Menentukanunsur-unsur ceramah, isi informasi, dan kebahasaan,
·       Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
·       Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.    Menyusun bagian-bagian penting dari permasalahan nyata sebagai materi untuk disajikan dalam ceramah
4.5.1.  Menulis kerangka teks ceramah sesuai dengan topik yang dipilih dengan memerhatikan isi, kebahasaan, dan topik teks ceramah.
4.5.2.  Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi kerangka teks ceramah yang disusun
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.     
3.6.    Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah
3.6.1.  Mengidentifikasi isi dan struktur teks ceramah.
3.6.2.  Mengidentifikasi kaidah kebahasaan dalam teks ceramah
Teks ceramah:
·       isi;
·       struktur;
·       kebahasaan; dan
·       metode orasi ceramah.

·      Menggali isi, struktur, dan kebahasaan dalam ceramah.
·       Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema,   dan struktur.
·       Menyampaikanteks ceramah yang sudah dibentuk dalam bentuk verbal dengan memperhatikan metode cermah  (intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.
·       Mengomentari dan memperbaiki cermah kawannya.
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.     
4.6.    Mengkonstruksi ceramah tentang permasalahan nyata dengan memerhatikan aspek kebahasaan dan memakai struktur yang tepat
4.6.1.  Menyusun kembali teks ceramah dengan memerhatikan isi, tujuan, kebahasaan, tema,   dan struktur.
4.6.2.  Menyampaikan teks ceramah yang sudah dibentuk dalam bentuk verbal dengan memperhatikan metode cermah  (intonasi, ekspresi, dan bahasa tubuh) yang baik dan sesuai.
4.6.3.  Mengomentari dan memperbaiki cermah kawannya.
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.     
3.6.     
3.7.    Mengidentifikasi butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
3.7.1.  Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
3.7.2.  Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
Buku pengayaan nonfiksi:
·       isi buku;
·       keunggulan buku;
·       kelemahan buku; dan
·       simpulan.

·       Menentukan unsur-unsur penting buku yang dibacanya.
·       Menyusun laporan hasil kerja kelompok
dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
·       Mempresentasikan dan  memdiberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.

4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.     
4.6.     
4.7.    Menyusun laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan (nonfiksi)
4.7.1.  Menyusun laporan hasil kerja kelompok dengan mempertimbangkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.
4.7.2.  Mempresentasikan dan  memdiberi tanggapan, dan merevisihasil kerja dalam diskusi kelas.
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.     
3.6.     
3.7.     
3.8.    Mengidentifikasi nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam kumpulan kisah pendek yang dibaca
3.8.1.  Menentukan unsur intrinsikdan ekstrinsik cerpen
3.8.2.  Menemukan nilai-nilai kehidupan dalam kisah pendek
Cerpen:
·       Isi cerpen
·       Nilai-nilai kehidupan dalam cerpen
·       Unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen
·       Kebahasaan cerpen
·         Majas
·         peribahasa
·         ungkapan
·       Menentukan unsur intrinsik, ekstrinsik, dan nilai-nilai dalam cerpen serta menerapkan nilai-nilai  dalam cerpen ke dalam kehidupan sehari-hari.
·       Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.

4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.     
4.6.     
4.7.     
4.8.    Mendemonstrasikan salah satu nilai kehidupan yang dipelajari dalam kisah pendek
4.8.1.  Menentukan nilai kehidupan dalam teks kisah pendek
4.8.2.  Mendemonstrasikan nilai kehidupan dalam teks kehidupan
4.8.3.  Mempresentasikan dan memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.
1.     
2.     
3.     
3.1.     
3.2.     
3.3.     
3.4.     
3.5.     
3.6.     
3.7.     
3.8.     
3.9.    Menganalisis unsur-unsur pembangun kisah pendek dalam buku kumpulan kisah pendek
3.9.1.  Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
3.9.2.  Menelaah teks kisah pendek menurut struktur dan kaidah
Cerpen:
·       Unsur-unsur pembangun cerpen
·       Merekonstruksi cerpen.

·       Mengidentifikasi cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
·       Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
·       Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
4.     
4.1.     
4.2.     
4.3.     
4.4.     
4.5.     
4.6.     
4.7.     
4.8.     
4.9.    Mengkonstruksi sebuah kisah pendek dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
4.9.1.  Menyusun kembali cerpen dengan memerhatikan unsur-unsur pembangun cerpen
4.9.2.  Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi hasil kerja dalam diskusi kelas.
1.  
2.  
3.  
3.1.  
3.2.  
3.3.  
3.4.  
3.5.  
3.6.  
3.7.  
3.8.  
3.9.  
3.10. Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
3.10.1.     Menentukan butir-butir prnting buku nonfiksi yang dibaca
3.10.2.     Membuat akibat tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.

Buku nonfiksi:
·       isi buku pengayaan;
·       keunggulan buku;
·       kelemahan buku; dan
·       simpulan.
·       Membuat akibat tentang isi buku nonfiksi yang dibaca.
·       Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
·       Memdiberi jawaban dan memperbaiki hasil kerja kelompok.


4.  
4.1.  
4.2.  
4.3.  
4.4.  
4.5.  
4.6.  
4.7.  
4.8.  
4.9.  
4.10. Mempertunjukkan kesan langsung terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
4.10.1.     Mempresentasikan hasil kerja dalam diskusi kelas.
4.10.2.     Memdiberi jawaban dan memperbaiki hasil kerja kelompok.
1.  
2.  
3.  
3.1.  
3.2.  
3.3.  
3.4.  
3.5.  
3.6.  
3.7.  
3.8.  
3.9.  
3.10.  
3.11. Menganalisis pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
3.11.1.     Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun kisah fiksi yang dibaca.
3.11.2.     Menentukan pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
Buku Fiksi:
·       isi buku fiksi;
·       bagian-bagian dalam buku fiksi; dan
·       ulasan terhadap buku fiksi.

·       Mengidentifikasi dan mengomentari bagian-bagian yang membangun kisah fiksi yang dibaca.
·       Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca.
·       Mempresentasikan, memdiberitanggapan dan  memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas
4.  
4.1.  
4.2.  
4.3.  
4.4.  
4.5.  
4.6.  
4.7.  
4.8.  
4.9.  
4.10.  
4.11. Menyusun ulasan terhadap pesan dari satu buku fiksi yang dibaca
4.11.1.     Menyusun ulasan buku fiksi yang dibaca dengan mengungkapkan keunggulan dan kelemahan isi buku fiksi yang dibaca.
4.11.2.     Mempresentasikan, memdiberitanggapan dan  memperbaiki hasil kerja dalam diskusi kelas.






           
                                                                                                                  
0 Komentar untuk "Analisis Skl Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas Xi"

Back To Top