loading...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA ...
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XII / Ganjil
Materi Pokok : Isi dalam buku fiksi dan nonfiksi
Alokasi Waktu : 2 Minggu x 4 Jam Pelajaran @45 Menit
A. Kompetensi Inti
· KI 1 : Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.
· KI 2 : Menghayati dan mengamalkan sikap jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawaban, responsif, dan pro-aktif dalam diberinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, daerah regional, dan daerah internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar | Indikator |
3.7 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan dongeng pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca | · Mengidentifikasi isi dalam buku fiksi dan nonfiksi · Mengidentifikasi nilai-nilai dalam buku fiksi dan nonfiksi · Mengidentifikasi kaitan nilai dalam novel dengan kehidupan · Mengidentifikasi amanat dalam novel |
4.7 Menyusun laporan hasil diskusi buku wacana satu topik baik secara ekspresi maupun tulis | · Menyusun Laporan buku fiksi yang dibaca. · Mempresentasikanlaporan yang ditulisnya di depan kelas. · Menanggapi laporan yang dipresentasikan |
C. Tujuan Pembelajaran
Melalui acara pembelajaran dengan pendekatan saintifik dengan model pedagoge genre, saintifik, dan CLIL akseptor didik sanggup mengidentifikasi isi dalam buku fiksi dan nonfiksi mengidentifikasi isi, nilai-nilai dalam buku fiksi dan nonfiksi, kaitan nilai dengan kehidupan, amanat dalam novel, menyusun laporan buku yang dibaca, mempresentasikan, dan menanggapi laporan yang dipresentasikan.
D. Materi Pembelajaran
Buku Pengayaan:
• nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budaya, moral, dll);
• kaitan nilai dalam novel dengan kehidupan;
• amanat dalam novel; dan
• laporan hasil membaca buku.
E. Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode : Tanya jawaban, wawancara, diskusi dan bermain peran
F. Media Pembelajaran
Media :
· Worksheet atau lembar kerja (siswa)
· Lembar penilaian
· LCD Proyektor
Alat/Bahan :
· Penggaris, spidol, papan tulis
· Laptop & infocus
G. Sumber Belajar
· Suherli, dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
· Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
· Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
H. Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (2 x 45 Menit) | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu | ||||||||||||||
Kegiatan Penlampauan | ||||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengpertamai acara pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memdiberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menerangkan wacana materi : Ø Nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budaya, moral, dll) dan kaitannya dengan kehidupan v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemdiberian Acuan v Memdiberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memdiberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | Religious Disiplin Rasa Ingin Tahu | 5 menit | ||||||||||||||
Kegiatan Inti | ||||||||||||||||
| Literasi Critical Thinking (Berpikir Kritis) Literasi Collaborative Collaborative dan critical thinking Critical thinking Communicative Creativity HOTS | 70 menit | ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budaya, moral, dll) dan kaitannya dengan kehidupan berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||||
Kegiatan Penutup | ||||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran wacana materi Nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budaya, moral, dll) dan kaitannya dengan kehidupan yang gres dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budaya, moral, dll) dan kaitannya dengan kehidupan yang gres diselesaikan. v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budaya, moral, dll) dan kaitannya dengan kehidupan. v Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budaya, moral, dll) dan kaitannya dengan kehidupan. v Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran Nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budaya, moral, dll) dan kaitannya dengan kehidupan kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. | Creativity | 15 menit |
2 . Pertemuan Kedua (2 x 45 Menit) | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu | ||||||||||||||
Kegiatan Penlampauan | ||||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengpertamai acara pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memdiberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menerangkan wacana materi : Ø Amanat yang terkandung dalam novel v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemdiberian Acuan v Memdiberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memdiberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | Religious Disiplin Rasa Ingin Tahu | 5 menit | ||||||||||||||
Kegiatan Inti | ||||||||||||||||
| Literasi Critical Thinking (Berpikir Kritis) Literasi Collaborative Collaborative dan critical thinking Critical thinking Communicative Creativity HOTS | 70 menit | ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Amanat yang terkandung dalam novel berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||||
Kegiatan Penutup | ||||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran wacana materi Amanat yang terkandung dalam novel yang gres dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Amanat yang terkandung dalam novel yang gres diselesaikan. v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Amanat yang terkandung dalam novel. v Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Amanat yang terkandung dalam novel. v Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran Amanat yang terkandung dalam novel kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. | Creativity | 15 menit |
3 . Pertemuan Ketiga (4 x 45 Menit) | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu | ||||||||||||||
Kegiatan Penlampauan | ||||||||||||||||
Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik dalam mengpertamai acara pembelajaran. Aperpepsi v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya. v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan. Motivasi v Memdiberikan citra wacana manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. v Apabila materitema/projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menerangkan wacana materi : Ø Laporan hasil membaca buku v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung v Mengajukan pertanyaan Pemdiberian Acuan v Memdiberitahukan materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu. v Memdiberitahukan wacana kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung v Pembagian kelompok belajar v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran. | Religious Disiplin Rasa Ingin Tahu | 15 menit | ||||||||||||||
Kegiatan Inti | ||||||||||||||||
| Literasi Critical Thinking (Berpikir Kritis) Literasi Collaborative Collaborative dan critical thinking Critical thinking Communicative Creativity HOTS | 150 menit | ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran Laporan hasil membaca buku berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme, disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi dilema tanggungjawaban, rasa ingin tahu, peduli lingkungan | ||||||||||||||||
Kegiatan Penutup | ||||||||||||||||
Peserta didik : v Membuat resume dengan bimbingan guru wacana point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran wacana materi Laporan hasil membaca buku yang gres dilakukan. v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Laporan hasil membaca buku yang gres diselesaikan. v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan diberikutnya di luar jam sekolah atau dirumah. Guru : v Memeriksa pekerjaan siswa yang selesai langsung diperiksa untuk materi pelajaran Laporan hasil membaca buku. v Peserta didik yang selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar didiberi paraf serta didiberi nomor urut peringkat, untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Laporan hasil membaca buku. v Memdiberikan penghargaan untuk materi pelajaran Laporan hasil membaca buku kepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik. | Creativity | 15 menit |
I. Penilaian Hasil Pembelajaran
1. Teknik Penilaian (terlampir)
a. Sikap
- Penilaian Observasi
Penilaian observasi menurut pengamatan sikap dan sikap akseptor didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan pribadi dilakukan oleh guru. Berikut referensi instrumen evaluasi sikap
No | Nama Siswa | Aspek Perilaku yang Dinilai | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
BS | JJ | TJ | DS | |||||
1 | Zuhri Indonesia | 75 | 75 | 50 | 75 | 275 | 68,75 | C |
2 | ... | ... | ... | ... | ... | ... | ... |
Keterangan :
• BS : Bekerja Sama
• JJ : jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan :
1. Aspek sikap dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor terbaik = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup diubah sesuai dengan aspek sikap yang ingin dinilai
- Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya sentra pembelajaran dari guru kepada akseptor didik, maka akseptor didik didiberikan peluang untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun semoga evaluasi tetap bersifat adil, maka guru hendaknya menerangkan terlebih lampau tujuan dari evaluasi diri ini, memilih kompetensi yang akan dinilai, kemudian memilih kriteria evaluasi yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih lampau. Berikut misal format evaluasi :
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan. | 50 | 250 | 62,50 | C | |
2 | Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan peluang untuk berbicara. | 50 | ||||
3 | Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok. | 50 | ||||
4 | ... | 100 |
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor terbaik = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor terbaik dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
5. Format di atas sanggup juga dipakai untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
- Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta akseptor didik untuk menilai kawannya sendiri. Sama halnya dengan evaluasi hendaknya guru sudah menerangkan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga memilih format penilaiannya. Berikut misal format evaluasi mitra sebaya :
Nama yang diamati : ...
Pengamat : …
No | Pernyataan | Ya | Tidak | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai |
1 | Mau mendapatkan pendapat kawan. | 100 | 450 | 90,00 | SB | |
2 | Memdiberikan solusi terhadap permasalahan. | 100 | ||||
3 | Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok. | 100 | ||||
4 | Marah ketika didiberi Koreksi. | 100 | ||||
5 | ... | 50 |
Catatan :
1. Skor evaluasi Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor terbaik = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor terbaik dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00 = Baik (B)
25,01 – 50,00 = Cukup (C)
00,00 – 25,00 = Kurang (K)
- Penilaian Jurnal (Lihat lampiran)
b. Pengetahuan
- Tertulis Uraian dan atau Pilihan Ganda (Lihat lampiran)
- Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No | Aspek yang Dinilai | Skala | Jumlah Skor | Skor Sikap | Kode Nilai | |||
25 | 50 | 75 | 100 | |||||
1 | Intonasi | |||||||
2 | Pelafalan | |||||||
3 | Kelancaran | |||||||
4 | Ekspresi | |||||||
5 | Penampilan | |||||||
6 | Gestur |
- Penugasan (Lihat Lampiran)
Tugas Rumah
a. Peserta didik menjawaban pertanyaan yang terdapat pada buku akseptor didik
b. Peserta didik memnta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka sudah mengerjakan kiprah rumah dengan baik
c. Peserta didik mengumpulkan jawabanan dari kiprah rumah yang sudah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.
c. Keterampilan
- Penilaian Unjuk Kerja
misal instrumen evaluasi unjuk kerja sanggup dilihat pada instrumen evaluasi ujian keterampilan berbicara sebagai diberikut:
Instrumen Penilaian
No | Aspek yang Dinilai | Sangat Baik (100) | Baik (75) | Kurang Baik (50) | Tidak Baik (25) |
1 | Kesesuaian respon dengan pertanyaan | ||||
2 | Keserasian pemilihan kata | ||||
3 | Kesesuaian penerapan tata bahasa | ||||
4 | Pelafalan |
Kriteria evaluasi (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Teknik mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor terbaik dikali skor ideal (100)
Instrumen Penilaian Diskusi
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | Penguasaan materi diskusi | ||||
2 | Kemampuan menjawaban pertanyaan | ||||
3 | Kemampuan mengolah kata | ||||
4 | Kemampuan menuntaskan masalah |
Keterangan :
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
- Penilaian Proyek (Lihat Lampiran)
- Penilaian Produk (Lihat Lampiran)
- Penilaian Portofolio
Kumpulan tiruana kiprah yang sudah dikerjakan akseptor didik, ibarat catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
No | Aspek yang Dinilai | 100 | 75 | 50 | 25 |
1 | |||||
2 | |||||
3 | |||||
4 |
2. Instrumen Penilaian (terlampir)
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi akseptor didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa mempersembahkan soal pelengkap contohnya sebagai diberikut :
1) Jelaskan wacana Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2) Jelaskan wacana Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3) Jelaskan wacana Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD / Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
No | Nama Peserta Didik | Nilai Ulangan | Indikator yang Belum Dikuasai | Bentuk Tindakan Remedial | Nilai Sesudah Remedial | Keterangan |
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
6 | ||||||
dst |
b. Pengayaan
Guru mempersembahkan pesan yang tersirat semoga tetap rendah hati, alasannya sudah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Guru mempersembahkan soal pengayaan sebagai diberikut :
1) Membaca buku-buku wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang relevan.
2) Mencari informasi secara online wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
3) Membaca surat kabar, majalah, serta diberita online wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara
4) Mengamati pribadi wacana Nilai-nilai Pancasila dalam kerangka praktik penyelenggaraan pemerintahan Negara yang ada di lingkungan sekitar.
……………, Juli 2018
Mengetahui
Kepala SMAN …………. Guru Mata Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP NIP
Catatan Kepala Sekolah
........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
....................................................................................................................................................................
BACA DAN UNDUH
BUKU KERJA GURU 1
BAHASA INDONESIA KELAS XII KURIKULUM 2013
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
1. PENGEMBANGAN INDIKATOR KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
2. KETERKAITAN KI, KD, IPK, MATERI PEMBELAJARAN KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
4. PEMETAAN TEKNIK PENILAIAN KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
5. SILABUS BAHASA INDONESIA KELAS XII KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
6. PROGRAM TAHUNAN KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
7. RINCIAN MINGGU EFEKTIF SEMESTER 1 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
8. PROGRAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2018/2019 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
9. KETUNTASAN BELAJAR MINIMAL (KBM) / KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
10. RPP 1 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.1 DAN 4.1 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
11. RPP 2 TEKS SURAT LAMARAN PEKERJAAN KD 3.2 DAN 4.2 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
12. RPP 3 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.3 DAN 4.3 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
13. RPP 4 TEKS CERITA (NOVEL) SEJARAH KD 3.4 DAN 4.4 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
14. RPP 5 TEKS EDITORIAL KD 3.5 DAN 4.5 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
15. RPP 6 TEKS EDITORIAL KD 3.6 DAN 4.6 KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
16. RPP 7 MENYUSUN LAPORAN BUKU YANG DIBACA (LITERASI) KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=pengembangan-indikator-pencapaian
Tag :
RPP 2018/2019
0 Komentar untuk "Rpp Menyusun Laporan Buku Yang Dibaca (Literasi) Kd 3.7 Dan 4.7 Kelas Xii Kurikulum 2013"