loading...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah | : Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali |
Mata Pelajaran | : Bahasa dan Sastra Indonesia |
Kelas/Semester | : X1/Ganjil |
Materi Pokok | : Teks Prosedur |
Alokasi Waktu | : 6 x 45 Menit (2X pertemuan) |
A. Kompetensi Inti
K1 | Menghayati dan mengamalkan anutan agama yang dianutnya. |
K2 | Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai kepingan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia. |
K3 | Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah |
K4 | Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3 | |
3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur | Indikator Pencapaian Kompetensi 3.2.1 Mengindentifikasi struktur teks prosedur 3.2.2 Menelaah kebahasaan teks ekplanasi |
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4 | |
4.2 Memproduksi teks mekanisme secara mulut atautulis dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan | Indikator Pencapaian Kompetensi 4.2.1 Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur 4.2.2 Menulis teks mekanisme berdasarkan struktur dan kebahasaan |
C. Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik akseptor didik sanggup mengindentifikasi struktur teks prosedur, menelaah kebahasaan teks prosedur, memilih pola pengembangan dalam menulis teks prosedur, dan menulis teks mekanisme berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan rasa ingin tahu, kerja keras, tanggung jawaban, bersikap berteman dekat/ komunikatif selama proses pembelajaran..
D. Materi
Skematik Prosedur
· Pernyataan Umum/tujuan
· Tahapan-tahapan
· Penegasan ulang
E. Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1. Pendekatan : Saintifik
2. Model Pembelajaran : Active Learning
3. Metode : diskusi kelompok, tanya jawaban, penugasan
G. Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1. Media/Alat : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2. Sumber Belajar :
a. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berafiliasi dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawaban). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan warta dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi perihal hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 10 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati 1. Peserta didik mengamati teladan teks mekanisme yang dibawa. 2. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. Menanya 3. Peserta didik bertanya balasan tentang struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. 4. Peserta didik memdiberi komentar terhadap struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. Menalar 1. Peserta didik duduk secara berkelompok (heterogen, 3-4 orang). 2. Peserta didik secara berdiskusi mengidentifikasi struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. Mencoba 1. Peserta didik mencoba memilih dan menganalisis struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. 5. Peserta didik mencoba menuliskan struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta didik secara berkelompok mempresentasikan hasil kerjanya. 2. Peserta didik yang lain mempersembahkan komentar dan masukan atas penampilan kawannya. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 70 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama akseptor didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memdiberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memdiberikan kiprah kepada akseptor didik untuk banyak membaca teks mekanisme lainnya. 3. Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 4. Menutup kegiatan berguru mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 10 menit |
Pertemuan 2 (@4 ×45 menit)
Tahap | Langkah-langkah Pembelajaran | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
Kegiatan Awal | 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berafiliasi dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawaban). 3. Peserta didik menyimak kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari 4. Peserta didik mendiskusikan warta dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 5. Peserta didik menerima informasi perihal hal-hal yang akan dipelajari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran | Religius Rasa ingin tahu | 15 menit |
Kegiatan Inti | Mengamati 1. Peserta didik mengamati banyak sekali jenis teks mekanisme 2. Peserta didik mengidentifikasi pola pengembangan dalam banyak sekali jenis teks yang disajikan. Menanya 1. Peserta didik bertanya balasan tentang jenis teks mekanisme 2. Peserta didik bertanya balasan dan berkomentar tentang pola pengembangan teks prosedur Menalar 1. Peserta didik memilih tema teks mekanisme yang akan ditulisnya 2. Peserta didik memilih satu pola pengembangan teks mekanisme dari banyak sekali teks yang sudah diidentifikasi 3. Peserta didik merancang langkah-langkah teks mekanisme dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan. Mencoba 1. Peserta didik mencoba menuliskan teks mekanisme secara utuh dengan mempertimbangkan struktur dan kaidah kebahasaan. Mengomunikasikan/menyajikan 1. Peserta didik mempresentasikan hasil karyanya 2. Peserta didik yang lain mengomentari dan memdiberi masukan. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kreativitas (Creativity) Komunikatif (Communicative) | 150 menit |
Kegiatan Penutup | Kegiatan guru bersama akseptor didik 1. Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran. 2. Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. 3. Memdiberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan Kegiatan guru 1. Melakukan penilaian. 2. Memdiberikan kiprah kepada akseptor didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya. 3. Menutup kegiatan berguru mengajar. | Kreativitas (Creativity) HOTS | 15 menit |
H. Penilaian
1. Teknik Penilaian:
a. Penilaian Sikap :Observasi/pengamatan
b. Penilaian Pengetahuan : Tes Tertulis
c. Penilaian Keterampilan : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2. Bentuk Penilaian:
a. Observasi :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b. Tes tertulis :uraian dan lembar kerja
c. Unjuk kerja :lembar evaluasi presentasi
d. Portofolio :pedoman evaluasi portofolio
3. Remedial
a. Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b. Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c. Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila sehabis 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk kiprah tanpa tes tertulis kembali.
4. Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan didiberikan pembelajaran pengayaan sebagai diberikut:
a. Siswa yang mencapai nilai didiberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b. Siswa yang mencapai nilai didiberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
LAMPIRAN: MATERI TEKS PROSEDUR
TEKS PROSEDUR
A. misal
Kiat Berwawancara Kerja
Bagi perusahaan, wawancara ialah peluang untuk menggali kualifkasi calon pegawai secara lebih mendalam, melihat kecocokannya dengan posisi yang ditawarkan, kebutuhan dan sifat perusahaan. Wawancara pun menjadi ajang tanya balasan antara pewawancara dengan
calon.
Agar simpel dipahami oleh kawan bicara, kita harus berbicara dengan jelas. Jaga biar kita tidak berbicara terlalu cepat atau lambat, atur juga bunyi biar terperinci terdengar. Suara yang terlalu pelan membuat kita terlihat kurang percaya diri, sementara bunyi yang terlalu keras membuat kita terlihat agresif. Penggunaan bahasa yang baik juga menjadi suatu keharusan.
Selain itu, perhatikan betul apa yang disampaikan pewawancara biar kita sanggup memerikan jawabanan yang relevan. Tak ada salahnya menanyakan kembali atau mencoba mengulangi pertanyaan yang diajukan untuk memastikan bahwa pemahaman kita sudah benar. Namun, tidakboleh melakukannya terlalu sering alasannya justru akan membuat pewawancara mempertanyakan daya tangkap kita.
Bahasa badan pun ikut memegang peranan. Gerakan nonverbal menyerupai mengangguk atau sikap badan yang agak condong ke depan menunjukkan bahwa kita tertarik pada apa yang disampaikan si pewawancaraa. Pastikan pula kita menjaga kontak mata dengan pewawancara, alasannya kontak mata penting dalam proses komunikasi, termasuk dalam wawancara kerja.
Singkatnya, akan lebih baik kalau kita bisa menampilkan sikap yang antusias secara verbal maupun nonverbal. Oleh alasannya itu, hindari bahasa badan yang sanggup diartikan negatif, menyerupai menggoyangkan kaki, mengetuk-ngetuk jari, atau menghindari kontak mata. Teknik berbicara
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong sanggup menarikdanunik minat pewawancara.
yang percaya diri namun tidak terkesan sombong sanggup menarikdanunik minat pewawancara.
Pada ketika berbicara, hindari uraian yang panjang lebar dan berteletele. Cobalah mengemas kalimat secara singkat dan terserius, namun tetap menarikdanunik. Kita diharapkan bisa menunjukkan bahwa kita ialah orang yang sempurna untuk posisi yang ditawarkan. Ceritakanlah kemampuan atau
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengKoreksi atasan atau rekan kerja sebelumnya alasannya ini menunjukkan sikap yang tidak profesional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba menyampaikan sesuatu yang berdasarkan kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan mempersembahkan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut spesialuntuklah karangan. Tunjukkan bahwa kita bisa mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
pengalaman yang relevan dengan posisi tersebut. Hindari mengKoreksi atasan atau rekan kerja sebelumnya alasannya ini menunjukkan sikap yang tidak profesional.
Selama wawancara berlangsung, jadilah diri sendiri. Ungkapan ini mungkin terdengar klise, namun jauh lebih baik menjadi diri sendiri dan berbicara dengan jujur, daripada mencoba menyampaikan sesuatu yang berdasarkan kita akan membuat pewawancara merasa terkesan. Jangan
melebih-lebihkan kualifkasi kita, apalagi mengelabui dengan mempersembahkan data yang tidak benar. Cepat atau lambat, pewawancara akan menemukan bahwa data tersebut spesialuntuklah karangan. Tunjukkan bahwa kita bisa mengenali diri kita sendiri dengan tepat.
Pewawancara biasanya mempersembahkan peluang kepada kita untuk mengajukan pertanyaan di simpulan wawancara. Gunakanlah peluang ini secara elegan dengan cara menunjukkan rasa ingin tahu kita tentang lingkup dan deskripsi kiprah posisi yang dilamar, peluang pengembangan diri, dan sebagainya. Ini wajar, alasannya bersikap pasif dan menyerahkan segala sesuatu kepada pihak perusahaan tidak akan menambah nilai kita di mata pewawancara.
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang sempurna menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan terkena penghasilan dan tuntidakboleh. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang bisa memilih nominal penghasilan yang ia harapkan, alasannya dianggap sanggup melaksanakan evaluasi atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka peluang untuk negosiasi.
melaluiataubersamaini persiapan matang dan unjuk diri yang baik ketika wawancara, kita sudah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).
Calon yang mau bertanya dalam porsi yang sempurna menunjukkan kesungguhan minatnya pada posisi yang ditawarkan dan juga pada perusahaan. Di sesi ini biasanya muncul pula pembicaraan terkena penghasilan dan tuntidakboleh. Pewawancara sangat menghargai kandidat yang bisa memilih nominal penghasilan yang ia harapkan, alasannya dianggap sanggup melaksanakan evaluasi atas kemampuannya dan tugas-tugas yang akan dilakukan. Tentu saja angkanya harus logis sambil tetap membuka peluang untuk negosiasi.
melaluiataubersamaini persiapan matang dan unjuk diri yang baik ketika wawancara, kita sudah meninggalkan kesan yang layak untuk dipertimbangan oleh perusahaan
(Sumber: “Unjuk Diri yang Baik dalam Wawancara Kerja” dalam Kompas dengan pengubahan).
B. Pengertian
Teks mekanisme ialah Teks yang meliputi langkah-langkah atau tahapan yang harus dilaksanakan dalam melaksanakan suatu kegiatan sehingga suatu kegiatan itu sanggup terealisasi dengan baik dan berhasil..
C. Fungsi
Teks mekanisme berfungsi untuk menunjukan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan dalam melaksanakan suatu kegiatan atau pekerjaan sehingga pekerjaan atau kegiatan itu sanggup terealisasi dengan baik.
D. Struktur
Teks mekanisme dibuat oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan ialah pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada teladan teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, penlampauan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang dimasukankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa cita-cita ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10)
Teks mekanisme dibuat oleh ungkapan tentang tujuan, langkahlangkah, dan penegasan ulang.
1. Tujuan ialah pengantar tentang topik yang akan dijelaskan dalam teks. Pada teladan teks berjudul “Kiat Berwawancara Kerja”, penlampauan yang dimaksud berupa pengertian wawancara dan
manfaat bagi suatu perusahaan (paragraf 1)
2. Langkah-langkah berupa perincian petunjuk yang dimasukankan kepada pembaca terkait dengan topik yang ditentukan (paragraf 2-9)
3. Penegasan ulang berupa cita-cita ataupun manfaat apabila petunjukpetunjuk itu dijalankan dengan baik (paragraf 10)
E. Aspek kebahasaan
Berikut aspek kebahasaan teks prosedur.
1. Banyak memakai kata-kata kerja perintah (imperatif). Kata
kerja imperatif dibuat oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.
kerja imperatif dibuat oleh akhiran –kan, -i, dan partikel –lah.
Bentuk dasar | Imbuhan/Partikel | Bentukan Kata |
perhati | -kan | perhatikan |
pasti | -kan | pastikan |
tunjuk | -kan | tunjukkan |
cerita | -kan | ceritakan |
hindar | -i | hindari |
jadi | -lah | jadilah |
2. Banyak memakai kata-kata teknis yang berkaitan dengan topic yang dibahasnya.
3. Banyak memakai konjungsi dan partikel yang bermakna penambahan
4. Banyak memakai pernyataan persuasif
5. Apabila mekanisme itu berupa resep dan petunjuk penerapan alat, akan digunakan citra terperinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.
INTRUMEN PENILAIAN SIKAP
Nama Satuan pendidikan : Sekolah Menengan Atas NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran : 2018/2019
Kelas/Semester : XI / 1
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia– Wajib
NO | WAKTU | NAMA | KEJADIAN/ PERILAKU | BUTIR SIKAP | POS/ NEG | TINDAK LANJUT |
1 | ||||||
2 | ||||||
3 | ||||||
4 | ||||||
5 | ||||||
2 | ||||||
7 | ||||||
8 | ||||||
9 | ||||||
10 | ||||||
11 |
INSTRUMEN PENUGASAN 1
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia - Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 3.2 | Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur |
Indikator | : | 3.2.1 | Mengindentifikasi struktur teks prosedur |
3.2.2 | Menelaah kebahasaan teks prosedur. | ||
Materi | : | Teks Prosedur |
misal Tugas:
1. Bacalah teladan teks prosedur! Secara berkelompok, tentukanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut. Kemudian, simpulkan pula struktur teks tersebut berdasarkan kelengkapannya!
Bagian-bagian Teks | Petunjuk Isi |
a. Pernyataan umum/tujuan | ………………………………………………………. |
b. Tahapan-tahapan | ………………………………………………………. |
c. Penegasan ulang | |
Simpulan ………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………. |
2. Presentasikanlah pendapat-pendapat kelompokmu tentang struktur itu. Kemudian, mintalah kawan-kawan dari kelompok lain untuk mempersembahkan evaluasi atau tanggapan-tanggapannya berdasarkan ketepatan, kelengkapan, dan kejelasan!
Nama Penanggap | Tanggapan | ||
Ketepatan | Kelengkapan | Kejelasan | |
Tugas Analisis Kebahasaan
1. Kerjakanlah secara berkelompok. Untuk latihan, tulislah masing-masing lima teladan kalimat yang memakai kata kerja perintah, kata-kata teknis, konjungsi penambahan, pernyataan persuasif, citra tentang benda dan alat yang dipakai. Kamu bisa mengerjakan kiprah ini pada buku kerjamu!
Kaidah Kebahasaan | misal Penggunaan |
kata kerja perintah | |
kata-kata teknis | |
konjungsi penambahan | |
pernyataan persuasif | |
gambaran tentang benda dan alat yang dipakai |
2. Perhatikan kembali teks mekanisme yang sudah engkau baca. Secara berkelompok, lakukanlah penelaahan terhadap kaidah kebahasaan yang terdapat di dalam teks tersebut. Kemudian, laporkanlah hasil diskusi kelompokmu di depan kelas untuk mendapatkan tanggapan dari kelompok lain!
Judul Teks : ………………………….
Penulis : ………………………….
Sumber : ………………………….
Kaidah Kebahasaan | Kutipan Teks |
INSTRUMEN PENUGASAN 2
Satuan Pendidikan | : | SMA N 2 Boyolali | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 4.2 | Mengembangkan teks mekanisme dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan |
Indikator | : | 4.2.1 | Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur |
4.2.2 | Menulis teks mekanisme berdasarkan struktur dan kebahasaan | ||
Materi | : | Teks Prosedur |
misal Tugas:
1. Carilah kepingan paragraph dalam teks prosedur, cermati, kemudian amatilah teks tersebut dikembangkan dengan pola apa.
Cuplikan Teks | Topik | Pola Pengembangan |
2. Susunlah kalimat-kalimat di bawah ini sehingga menjadi teks-teks yang utuh dan padu!
No | Kalimat-kalimat | Urutan yang Benar |
1 | (1) Kupas bawang bombai dan iris tipis-tipis! (2) Haluskan tiruana bumbu! (3) Campurkan tiruana materi dengan bumbu yang sudah dihaluskan! . (4) Masukkan materi tersebut ke dalam cetakan! (5) Hidangan siap disajikan. (6) Panaskan dalam panggangan dengan temperatur 80°C selama 20 menit! (7) Siapkan peralatan dan bahan-bahan yang diperlukan! | |
2 | 1. Jadilah Nasi goreng special siap di hidangkan.. 2. Aduk aduk biar telur tergabungata 3. Sesudah baunya harum, masukkan daging ayam yang sudah dipotong potong,udang yang sudah di basuh membersihkan, smoke beef,dan telur yang sudah dikocok 4. Lalu masukkan bawang bombay, bawang putih , bawang merah yang sudah dicincang 5. Kemudian masukkan kacang polong, jamur kancing, cabe merah yang sudah diiris 6. Aduk aduk tiruana materi sehingga bercampur rata, tunggu hingga matang 7. Campuri dengan sambal terasi secukupnya, kecap manis secukupnya, saus tiram secukupnya, Saus sambal, merica bubuk, garam dan kaldu bubuk. 8. Selanjutnya masukkan nasi putih 5 porsi kedalam wajan 9. Panaskan mentega kedalam wajan, tunggu hingga mentega meleleh. |
Tugas Individu
Lakukanlah kegiatan diberikut!
1. Daftarlah topik yang berkaitan dengan kegiatan berguru di sekolahmu!
2. Susunlah topik-topik secara runtut ke dalam struktur prosedur!
3. Kembangkanlah kerangka itu menjadi sebuah karangan mekanisme dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaan yang benar!
RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN
Nama Peserta didik/kelompok : …………………………………………………
Kelas : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan : ...............................................................
No | Kategori | Skor | Alasan |
1. | 1. Apakah teks prosedur yang ditulis lengkap ? | ||
2. | 3. Apakah terdapat uraian tentang struktur prosedur? | ||
3. | Apakah bahasa yang digunakan untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD? | ||
Jumlah |
Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang
INSTRUMEN TES TERTULIS
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | |
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | |
Kelas | : | XI | |
Kompetensi dasar | : | 3.2 | Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur |
Indikator | : | 3.2.1 | Mengindentifikasi struktur teks prosedur |
3.2.2 | Menelaah kebahasaan teks ekplanasi |
Tes Tertulis
Disediakan teks mekanisme
1. Identifikasilah struktur dan aspek kebahasaan dalam teks prosedur
2. Kemukakan hasil identifikasimu terhadap struktur dan aspek kebahasaan teks prosedur tersebut
Tertulis (soal HOTS)
a. Identifikasilah teks mekanisme dengan memperhatikan struktur dan aspek kebahasaan dalam teks prosedur!
b. Buatlah rancangan teks mekanisme dengan memuat struktur dan aspek kebahasaannya!
c. Presentasikanlah hasil kerjamu dihadapan kawan-kawanmu.
RUBRIK PENILAIAN
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
1 | Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks mekanisme dengan sangat tepat | 4 |
a. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks mekanisme dengan tepat | 3 | |
b. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks mekanisme dengan kurang tepat | 2 | |
c. Peserta didik mengidentifikasi struktur dan aspek kebahasaan teks mekanisme dengan tidak tepat | 1 | |
Soal | Aspek yang Dinilai | Skor |
3 | Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat | 4 |
d. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat | 3 | |
e. Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat | 2 | |
f. Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat | 1 |
INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | ||
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | ||
Kelas | : | XI | ||
Materi | : | Menganalisis dan memerankan obrolan prosedur | ||
Kompetensi dasar | : | 4.2 | Mengembangkan teks mekanisme dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan | |
Indikator | : | 4.2.1 | Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur | |
4.2.2 | Menulis teks mekanisme berdasarkan struktur dan kebahasaan |
1. Lembar Soal Keterampilan
Mari latihan menyusun teks prosedur! Langkah-langkah penyusunan teks mekanisme sebagai diberikut.
a. Menginventarisasi macam-macam kegiatan yang pernah atau sanggup dilakukan.
b. Menentukan tema kegiatan
c. Membuat kerangka dalam bentuk topik-topik kegiatan secara garis besar.
d. Mensistematisasikan kerangka dengan benar dan simpel dipahami pembaca.
e. Mengumpulkan bahan-bahan.
f. Mengembangkan kerangka menjadi sebuah petunjuk yang terperinci dan lengkap.
Buatlah sebuah teks prosedur dengan baik dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang Dinilai | Skor |
Peserta didik menciptakan teks prosedur dengan sangat baik | 4 |
g. Peserta didik menciptakan teks prosedur dengan baik | 3 |
h. Peserta didik menciptakan teks prosedur kurang baik | 2 |
i. Peserta didik menciptakan teks prosedur tidak baik | 1 |
INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO
Satuan Pendidikan | : | SMA NEGERI 2 BOYOLALI | ||
Mata Pelajaran | : | Bahasa Indonesia – Wajib | ||
Kelas | : | XI | ||
Materi | : | Menganalisis Teks prosedur | ||
Kompetensi dasar | : | 3.2 | Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur | |
4.2 | Mengembangkan teks mekanisme dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan | |||
Indikator | : | 3.2.1 | Mengungkapkan kembali struktur teks prosedur | |
3.2.2 | Mengungkapkan kembali aspek kebahasaan teks prosedur | |||
4.2.1 | Menyusun rancangan garis besar suatu prosedur | |||
4.2.2 | Mengembangkan teks mekanisme dengan memperhatikan struktur dan unsur kebahasaan |
Tugas I
1. Simpan setiap kiprah yang didiberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2. Buat rangkuman dari setiap kiprah yang sudah didiberikan dan rangkuman dibuat pada kertas folio bergaris.
3. Batas waktu pengumpulan kiprah ialah di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI | SKOR MAKSIMAL |
Peserta didik menyimpan tiruana kiprah yang sudah dikerjakan dengan lengkap, dan kiprah dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan sempurna waktu | 4 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan sempurna waktu | 3 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan sempurna waktu | 2 |
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, namun kiprah yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan sempurna waktu | 1 |
Peserta didik tidak menyimpan satu pun tugas-tugas yang didiberikan alasannya tidak pernah mengumpulkan kiprah | 0 |
LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO
Jenis Tugas :
Kelas : XI
Semester/ Tahun Pelajaran : 1/ 2018 - 2019
No | Nama Peserta didik | Tugas KD | Nilai | Tanda Tangan | Ket. (Tgl Pengumpulan) | |
Peserta Didik | Guru | |||||
KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Program : XI
Semester : 1 (dua)
Kurikulum : 2013
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kelas/ Semester | Indikator Soal | Level Kognitif | Bentuk Soal | Nomor Soal |
1 | 3.2 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks prosedur | Mengindentifikasi struktur teks prosedur | XI/1 | Disajikan teks prosedur, akseptor didik sanggup mengindentifikasi struktur teks prosedur | C4 | Uraian | 1 |
2 | Menelaah kebahasaan teks ekplanasi | XI/1 | Disajikan teks prosedur, akseptor didik sanggup menelaah kebahasaan teks ekplanasi | C5 | uraian | 2 | |
3 | 4.2 Mengembangkan teks mekanisme dengan memerhatikan hasil analisis terhadap isi, struktur, dan kebahasaan | Menentukan pola pengembangan dalam menulis teks prosedur | XI/1 | Disajikan teks mekanisme peserta didik sanggup memilih pola pengembangan dalam menulis teks prosedur | C2 | Uraian | 3 |
4 | Menulis teks mekanisme berdasarkan struktur dan kebahasaan | XI/1 | Disajikan teks mekanisme peserta didik sanggup menulis teks mekanisme berdasarkan struktur dan kebahasaan | C5 | Uraian | 4 | |
5 | Mengomentari teks prosedur | XI/1 | Disajikan penampilan siswa membaca teks prosedur, akseptor didik dapat mempersembahkan solusi terhadap pertanyaan teks mekanisme dengan benar | C2 | Uraian | 5 |
KARTU SOAL HOTS
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : XI / 1 (satu)
Kurikulum : 2013
Kompetensi Dasar | : | Merancang pernyataan umum dan tahapan-tahapan dalam teks prosedur |
Materi | : | Teks prosedur |
Indikator Soal Nomor 1 | : | Disajikan teks prosedur, akseptor didik sanggup mengindentifikasi struktur teks mekanisme dengan benar |
Indikator Soal Nomor 2 | : | Disajikan teks prosedur, akseptor didik sanggup menelaah kebahasaan teks ekplanasi dengan benar |
Indikator Soal Nomor 3 | : | Disajikan teks prosedur peserta didik sanggup memilih pola pengembangan dalam menulis teks mekanisme dengan benar |
Indikator Soal Nomor 4 | : | Disajikan teks prosedur peserta didik sanggup menulis teks mekanisme berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan benar |
Indikator Soal Nomor 5 | : | Disajikan penampilan siswa membaca teks prosedur, akseptor didik dapat mempersembahkan solusi terhadap pertanyaan teks mekanisme dengan benar |
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala SMA Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran,
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014 NIP 197207081998011001
Tag :
RPP 2018/2019
0 Komentar untuk "Rpp Bahasa Indonesia Kelas Xi Semester 1 Teks Mekanisme Kd 3.2 Dan 4.2 Edisi Revisi Tahun 2018"