Rpp Literasi Buku Pengayaan Nonfiksi Kd 3.10 Dan 4.10

loading...


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali                          
Mata Pelajaran
: Bahasa Indonesia
Kelas/Semester
: X1/Ganjil
Materi Pokok
: Buku pengayaan (nonfiksi)
Alokasi Waktu
: 4 x 45 Menit (2X pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
K1
Menghayati dan mengamalkan pedoman agama yang dianutnya.
K2
Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai pecahan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
K3
Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif menurut rasaingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
K4
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 3
3.10.    Menemukan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.10.1   menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan
KOMPETENSI DASAR DAN IPK DARI KI 4
4.10.    Mempertunjukkan kesan eksklusif terhadap salah dua buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
Indikator Pencapaian Kompetensi
4.10.1  menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan
4.10.2  mengembangkan laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan dalam bentuk teks eksplanasi

C.    Tujuan pembelajaran
Melalui kegiatan pembelajaran dengan pendekatann pedagogik genre, saintifik, dan CLIL dengan model saintifik penerima didik sanggup menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan, menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan, dan mengembangkan laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan.
D.    Materi
Laporan buku nonfiksi
E.     Pendekatan, Metode dan Model Pembelajaran
1.      Pendekatan                : Saintifik
2.      Model Pembelajaran : Active Learning
3.      Metode                      : diskusi kelompok, tanya jawaban, penugasan
G.    Media/Alat, dan Bahan Sumber Belajar
1.      Media/Alat    : Lembar Kerja, Papan Tulis/White Board, LCD
2.      Sumber Belajar :
a.    Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
b.    Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
c.    Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
F.     Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1 (@2 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berafiliasi dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawaban).
3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik mendiskusikan gosip dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi perihal hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Inti
Mengamati :
·         Siswa mengamati teladan buku fiksi dan nonfiksi yang sudah disediakan guru.
·         Siswa mengamati power point dan video interaktif tentang resensi buku.
Menanya :
·         Siswa bertanya balasan dan berdiskusi tentang perbedaan buku fiksi dan nonfiksi.
·         Siswa bertanya balasan dan berdiskusi tentang unsur-unsur dalam buku fiksi dan nonfiksi.
Menalar :
·         Siswa membaca secara kritis banyak sekali cuplikan teks dari banyak sekali buku sumber.
Mencoba :
·         Siswa menganalisis cuplikan tersebut dan mengelompokkan ke dalam fiksi atau non fiksi (didiberikan lembar kerja per kelompok (2 orang))

Menyajikan/mengomunikasikan:
·         Siswa menampilkan dan mengomunikasikan hasil kerja analisis cuplikan tersebut secara jujur.
1.      Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil karya mitra dengan jujur.


Literasi




Rasa ingin tahu




Kerja sama (Collaborative)


Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)

Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama penerima didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memdiberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memdiberikan kiprah kepada penerima didik untuk membawa buku nonfiksi
3.      Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
4.      Menutup kegiatan mencar ilmu mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

Pertemuan 2 (@2 ×45 menit)
Tahap
Langkah-langkah Pembelajaran
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berafiliasi dengan pembelajaran sebelumnya (tanya jawaban).
3.      Peserta didik menyimak  kompetensi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan keuntungannya dalam kehidupan sehari-hari
4.      Peserta didik mendiskusikan gosip dengan proaktif perihal keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
5.      Peserta didik menerima informasi perihal hal-hal yang akan dipela­jari, metode dan media, langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran
Religius



Rasa ingin tahu
10 menit
Kegiatan Inti
Inti
Mengamati :
·         Siswa mengamati teladan resensi buku yang ada di Lomba Kompetensi Siswa dan mengamati unsur serta struktur teks resensi.
·         Siswa mengamati power point dan video interaktif tentang menulis resensi buku serta langkah-langkahnya.
Menanya :
·         Siswa bertanya balasan dan berdiskusi tentang bagaimana menulis resensi sebuah buku (latar belakang, jenis, keunggulan dan belum sempurnanya, serta penilaian buku).
·         Siswa bertanya balasan dan berdiskusi tentang langkah-langkah menulis resensi buku, struktur dan kaidah kebahasaan dalam teks resensi.
Menalar :
·         Siswa mengelaborasi buku yang sudah dibawa dan dibaca dengan membaca ulang secara singkat.
·         Siswa menuangkan hasil klarifikasi terperinci dalam catatan atau kerangka goresan pena resensi yang sudah disediakan.
Mencoba :
·         Siswa secara individual mencoba menulis resensi buku yang dibawa sesuai dengan kerangka/catatan yang sudah ditulis.
·         Siswa berbagi catatan tersebut menjadi sebuah teks resensi dilengkapi dengan langkah-langkah, struktur dan kaidah kebahasaan yang tepat.
Menyajikan/mengomunikasikan:
·         Siswa secara individual memberikan teks resensi yang sudah ditulis dilengkapi dengan kelebihan dan belum sempurnanya isi buku, serta masukan atau rekomendari terhadap buku.
·         Siswa yang lain saling menanggapi dan menilai hasil analisis mitra dengan jujur.


Literasi






Rasa ingin tahu







Kerja sama (Collaborative)






Berpikir kritis (Critical thinking)
Kreativitas (Creativity)



Komunikatif (Communicative)
70 menit
Kegiatan Penutup
Kegiatan guru bersama penerima didik
1.      Membuat rangkuman/ simpulan pelajaran.
2.      Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
3.      Memdiberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran; dan
Kegiatan guru
1.      Melakukan penilaian.
2.      Memdiberikan kiprah kepada penerima didik untuk Menyampaikan rencana pembelajaran yang akan dilakukan selanjutnya.
3.      Menutup kegiatan mencar ilmu mengajar.

Kreativitas (Creativity)




HOTS
10 menit

H.    Penilaian
1.       Teknik Penilaian:
a.          Penilaian Sikap                :Observasi/pengamatan
b.         Penilaian Pengetahuan     : Tes Tertulis
c.          Penilaian Keterampilan    : Unjuk Kerja/ Praktik/ Portofolio
2.       Bentuk Penilaian:       
a.       Observasi             :lembar pengamatan aktivitas peserta didik
b.      Tes tertulis           :uraian dan lembar kerja
c.       Unjuk kerja          :lembar penilaian presentasi
d.      Portofolio             :pedoman penilaian portofolio
3.       Remedial
a.       Pembelajaran remedial dilakukan bagi Peserta didik yang capaian KD nya belum tuntas
b.      Tahapan pembelajaran remedial dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau kiprah dan diakhiri dengan tes.
c.       Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk kiprah tanpa tes tertulis kembali.
4.      Pengayaan
Bagi Peserta didik yang sudah mencapai nilai ketuntasan didiberikan pembelajaran pengayaan sebagai diberikut:
a.       Siswa yang mencapai nilai  didiberikan materi masih dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
b.      Siswa yang mencapai nilai  didiberikan materi melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

Nama Duaan pendidikan        : Sekolah Menengan Atas NEGERI 2 BOYOLALI
Tahun pelajaran                       : 2018/2019
Kelas/Semester                        : XI / 1
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia– Wajib

NO
WAKTU
NAMA
KEJADIAN/
PERILAKU
BUTIR SIKAP
POS/
NEG
TINDAK LANJUT
1






2






3






4






5






2






7






8






9






10






11









INSTRUMEN PENUGASAN 1

Duaan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
3.10 
Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
Indikator
:
3.10.1  
Menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan
Materi
:
Buku pengayaan (nonfiksi)

misal Tugas:
Carilah buku nonfiksi, kemudian identifikasilah butir-butir penting dalam buku tersebut!

INSTRUMEN PENUGASAN 2

Duaan Pendidikan
:
SMA N 2  Boyolali
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
4.10
Mempertunjukkan kesan eksklusif terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
Indikator
:
4.10.1  
Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan


4.10.2  
Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dalam bentuk teks ekspalanasi
Materi
:
Buku pengayaan (nonfiksi)

misal Tugas:
1.      Bacalah sebuah buku nonfiksi, kemudian rancang butir-butir penting di dalam buku tersebut!
2.      Kembangkanlah  laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan!

RUBRIK PENILAIAN PENUGASAN

Nama Peserta didik/kelompok         : …………………………………………………
Kelas                                                   : …………………………………………………
Tanggal Pengumpulan                     : ...............................................................

No
Kategori
Skor
Alasan
1.
1. Apakah laporan yang ditulis lengkap ?


2.
3. Apakah laporan yang ditulis memuat pecahan penting dalam buku ?


3.
Apakah bahasa yang dipakai untuk menginterpretasikan lugas, sederhana, runtut dan sesuaidengan kaidah EYD?


Jumlah



Kriteria:
5 = sangat baik, 4 = baik, 3 = cukup, 2 = kurang, dan 1 = sangat kurang


INSTRUMEN TES TERTULIS
Duaan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia - Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
3.10 
Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
Indikator
:
3.10.1  
Menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan
Materi
:
Buku pengayaan (nonfiksi)

Tes Tertulis
Disediakan buku pengayaan (nonfiksi)
1.      Identifikasilah butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
2.      Kemukakan hasil identifikasimu di depan kelas!

RUBRIK PENILAIAN
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
1
Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi)  dengan sangat tepat
4
a.                      Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi)  dengan tepat
3
b.                      Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi)  dengan kurang tepat
2
c.                      Peserta didik mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi)  dengan tidak tepat
1
Soal
Aspek yang Dinilai
Skor
2
Peserta didik mengemukakan komentar dengan sangat tepat
4
d.                     Peserta didik mengemukakan komentar dengan tepat
3
e.                      Peserta didik mengemukakan komentar dengan kurang tepat
2
f.                       Peserta didik mengemukakan komentar dengan tidak tepat
1

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Duaan Pendidikan
:
SMA N 2  Boyolali
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Kompetensi dasar
:
4.10
Mempertunjukkan kesan eksklusif terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
Indikator
:
4.10.1  
Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan


4.10.2  
Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dalam bentuk teks eksplanasi
Materi
:
Buku pengayaan (nonfiksi)

1.      Lembar Soal Keterampilan
1.      Susunlah laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan!
2.      Buatlah laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dengan baik dan benar!
Rubrik Penilaian
Aspek yang Dinilai
Skor
Peserta didik menciptakan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dengan sangat baik
4
g.                      Peserta didik menciptakan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dengan  baik
3
h.                      Peserta didik menciptakan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan kurang baik
2
i.                        Peserta didik menciptakan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan tidak baik
1


INSTRUMEN PENILAIAN PORTO FOLIO

Duaan Pendidikan
:
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Mata Pelajaran
:
Bahasa Indonesia – Wajib
Kelas
:
XI
Materi
:
Menganalisis Buku pengayaan (nonfiksi)
Kompetensi dasar
:
3.10 
Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca



4.10
Mempertunjukkan kesan eksklusif terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat

Indikator
:
3.10.1  
Menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan



4.10.1
Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan



4.10.2
Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dalam bentuk teks eksplanasi

Tugas I
1.             Simpan setiap kiprah yang didiberikan ke dalam map individu peserta didik (warna map sesuai dengan kelas masing-masing/tiap kelas beda warna map
2.             Buat rangkuman dari setiap kiprah yang sudah didiberikan dan rangkuman dibentuk pada kertas folio bergaris.
3.             Batas waktu pengumpulan kiprah yaitu di pertemuan terakhir
PEDOMAN PENSKORAN:
KRITERIA YANG DINILAI
SKOR MAKSIMAL
Peserta didik menyimpan tiruana kiprah yang sudah dikerjakan dengan lengkap, dan kiprah dikerjakan dengan benar, serta dikumpulkan tepat waktu
4
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, dan sebagian besar benar tapi kurang lengkap, serta dikumpulkan tepat waktu
3
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, namun sebagian besar salah, kurang lengkap, dan tidak dikumpulkan tepat waktu
2
Peserta didik menyimpan tugas-tugas yang sudah dikerjakan, namun kiprah yang dikerjakan salah, dan kurang lengkap, serta tidak dikumpulkan tepat waktu
1
Peserta didik tidak menyimpan dua pun tugas-tugas yang didiberikan alasannya yaitu tidak pernah mengumpulkan kiprah
0



LEMBAR PENILAIAN PORTOFOLIO

Jenis Tugas                            :
Kelas                                       : XI
Semester/ Tahun Pelajaran  : 1/ 2018 - 2019

No
Nama Peserta didik
Tugas KD
Nilai
Tanda Tangan
Ket.
(Tgl Pengumpulan)
Peserta Didik
Guru

























































KISI-KISI SOAL HOTS
Tahun Pelajaran 2018/2019

Mata Pelajaran :  Bahasa Indonesia
Kelas/Program             :  XI
Semester                      :  1 (dua)
Kurikulum                   :  2013

No
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kelas/
Semester
Indikator Soal
Level Kognitif
Bentuk Soal
Nomor Soal
1
3.10
Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
Menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan
XI/1
Disajikan buku nonfiksi, penerima didik sanggup menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan
C4
Uraian
1
2
4.10  Mempertunjukkan kesan eksklusif terhadap salah satu buku ilmiah yang dibaca dalam bentuk teks eksplanasi singkat
Menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan
XI/1
Disajikan buku nonfiksi peserta didik sanggup menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan
C2
uraian
3

Mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan
XI/1
Disajikan buku nonfiksi peserta didik sanggup mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan
C5
uraian
4


Boyolali,     2 Juli 2018
Mengetahui,
 Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                            Guru Mata Pelajaran,


     Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                          Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
     NIP 196505041989031014                                   NIP 197207081998011001


KARTU  SOAL HOTS



Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester          : XI  / 1 (dua)

Kurikulum                 : 2013



Kompetensi Dasar
:
Menyusun laporan butir-butir penting dari dua buku pengayaan (nonfiksi)
Materi
:
Buku pengayaan (nonfiksi)
Indikator Soal Nomor 1
:
Disajikan buku nonfiksi, penerima didik sanggup menungkapkan butir-butir penting dari dua buku pengayaan dengan benar
Indikator Soal Nomor 2
:
Disajikan buku nonfiksi peserta didik sanggup menyusun rancangan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan
Indikator Soal Nomor 3
:
Disajikan buku nonfiksi peserta didik sanggup mengembangkan laporan butir-butir penting dari satu buku pengayaan dengan benar



Boyolali,     2 Juli 2018

Mengetahui,

 Kepala SMA Negeri 2 Boyolali                            Guru Mata Pelajaran,





     Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                          Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

     NIP 196505041989031014                                   NIP 197207081998011001










0 Komentar untuk "Rpp Literasi Buku Pengayaan Nonfiksi Kd 3.10 Dan 4.10"

Back To Top