loading...
KI, KD, IPK, DAN MATERI PEMBELAJARAN
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Kompetnsi inti
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan factual, konseptual, procedural menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, esni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah positif dan ranah ajaib terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan
No | Kompetensi Dasar | Indikator | Materi Pembelajaran |
1. | 3.1 Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan mulut dan tulis. | 3.1.1. Menentukan isi pokok dalam teks laporan hasil observasi. 3.1.2. Menentukan ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. | Isi pokok laporan hasil observasi: · pernyataan umum; · hal yang dilaporkan; · deskripsi bagian; · deskripsi manfaat; dan · maksud isi teks (tersirat dan tersurat). |
2. | 4.1 Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi menurut interpretasi baik secara mulut maupun tulis. | 4.1.1 Menafsirkan teks laporan hasil observasi menurut struktur, ciri kebahasaan, dan isi teks laporan hasil observasi. 4.1.2 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi | |
3. | 3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi | 3.2.1. Mengidentifikasi isi dalam teks laporan hasil observasi. 3.2.2. Mengidentifikasi struktur dalam teks laporan hasil observasi. 3.2.3. Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks laporan hasil observasi. | Isi pokok teks laporan hasil observasi: · pernyataan umum; · deskripsi bagian; · deskripsi manfaat; dan · kebahasaan (kalimat definisi, kata sifat). |
4. | 4.2 Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik mulut maupun tulis. | 4.2.1 Menyusun garis besar isi teks laporan hasil observasi 4.2.2 Menyusun teks laporan hasil observasi 4.2.3 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi yang sudah disusun.. | |
5. | 3.3. Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca | 3.3.1. Menggali struktur (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. 3.3.2. Menggali isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. 3.3.3. Menggali kebahasaan (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) dalam teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca. | Isi teks eksposisi: · pernyataan tesis; · argumen; · pernyataan ulang; dan · kebahasaan. Komentar terhadap: · Kekurangan dan kelebihan dilihat dari isi (kejelasan tesis dan kekuatan argumen untuk mendukung tesis). |
6. | 4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara mulut dan / tulis. | 4.3.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, dan kebahasaan dari suatu permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi 4.3.2 Mempresentasikan teks eksposisi yang sudah disusun. | |
7. | 3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. | 3.4.1. Menemukan struktur teks eksposisi yang dibaca. 3.4.2. Menumukan kebahasaan teks yang dibaca. 3.4.3. Membandingkan dua teks eksposisi | Struktur teks eksposisi: · pernyataan tesis (pendapat wacana suatu permasalahan); · argumen (data, fakta, danpendapat untuk menguatkan tesis); dan · pernyataan ulang.* Kebahasaan: · kalimat nominal dan · kalimat verbal (aktif transitif dan aktif intransitif) Pola penalaran: · deduksi dan · induksi |
8. | 4.4 Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan. | 4.4.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan aspek kebahasaan. 4.4.2 Mempresentasikan teks eksposisi yang sudah disusun. | |
9. | 3.5. Mengevaluasi teks guakdot dari aspek makna tersirat. | 3.5.1. Menilai isi tersirat dalam teks guakdot 3.5.2. Menilai aspek makna tersirat dalam teks guakdot | Isi teks guakdot: · peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik, Unsur guakdot: · peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan. |
10. | 4.5 Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks guakdot baik mulut maupun tulis | 4.5.1 Menyusun kembali teks guakdot dengan memerhatikan makna tersirat dalam teks guakdot yang dibaca 4.5.2 Mempresentasikan eks guakdot yang sudah disusun. | |
11. | 3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks guakdot. | 3.6.1. Mengidentifikasi struktur (bagian-bagian teks) guakdot 3.6.2. Mengidentifikasi kebahasaan guakdot | · Isi teks guakdot · Peristiwa/sosok yang berkaitan dengan kepentingan publik. · Sindiran. · Unsur humor. · Kata dan Frasa idiomatis Unsur guakdot: · peritiwa/tokoh yang perlu dikritisi, sindiran, humor, dan penyebab kelucuan. |
12. | 4.6 Menciptakan kembali teks guakdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik mulut maupun tulis | 4.6.1 Menyusun teks guakdot dengan memerhatikan struktur dan aspek kebahasaan. 4.6.2 Mempresentasikan teks guakdot yang sudah disusun. | |
13. | 3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam dongeng rakyat (hikayat) baik mulut maupun tulis. | 3.7.1. Mendata pokok-pokok isi dalam hikayat. 3.7.2. Mendata karakteristik dalam hikayat. 3.7.3. Mendata nilai-nilai dalam hikayat. | · Karakeristik hikayat. · Isi hikayat. · Nilai-nilai dalam hikayat (moral, sosial, agama, budaya, dan pendidikan). |
14. | 4.7 Menceritakan kembali isi dongeng rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca. | 4.7.1 Menyusun teks eksposisi menurut pokok-pokok isi dalam hikayat. 4.7.2 Menyusun teks eksposisi menurut pokok-pokok nilai-nilai dalam hikayat. 4.7.3 Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi, teks eksposisi yang sudah disusun | |
15. | 3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan dongeng rakyat dan cerpen. | 3.8.1. Menjelaskan perbedaan dan persamaan isi dalam cerpen dan dongeng rakyat. 3.8.2. Menjelaskan perbedaan dan persamaan nilai-nilai dalam cerpen dan dongeng rakyat. | · Nilai-nilai dalam cerpen dan hikayat. · Gaya bahasa. · Kata arkais (kuno). |
16. | 4.8 Mengembangkan dongeng rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. | 4.8.1 Menyusun kembali isi dongeng rakyat ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai. 4.8.2 Mempresesntasikan teks cerpen yang disusun.. | |
17. | 3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan dongeng rakyat dan cerpen. | 3.9.1 mengungkapkan butir-butir penting dari buku pengayaan nonfiksi yang dibaca 3.9.2 mengungkapkan butir-butir penting dari satu novel yang dibaca | · Ikhtisar |
18. | 4.9 Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca. | 4.9.1 Melaporkan isi buku yang dibaca dalam bentuk ikhtisar. 4.9.2 Mempresentasikan ikhtisar yang dilaporkan. |
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041998031014 NIP 197207081998011001
Tag :
RPP 2018/2019
0 Komentar untuk "Ki, Kd, Ipk, Dan Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas X Semester 1"