Rpp Teks Eksposisi Kd 3.3 Dan 4.3 Kelas X Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019

loading...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       :    SMA Negeri 2 Boyolali

Mata pelajaran            :    Bahasa Indonesia

Materi Pokok              :   Teks Eksposisi

Kelas/Semester           :    X/ 1

Alokasi Waktu            :    8 x 45 menit


A.      Kompetensi Inti (KI)

KI   1   Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya
KI   2 Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai belahan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI   3   Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI   4   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan


B.     Kompetensi Dasar dan Indikator

Kompetensi Dasar
Indikator
KD 3.3
Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
3.3.1 Menentukan struktur, isi teks eksposisi
         yang dibaca dan didengar
3.3.2 Menentukan ciri-ciri untuk menulis teks
         eksposisi dengan topik tertentu
3.3.3 Menentukan struktur kebahasaan teks
         eksposisi yang dibaca

KD 4.3
Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara verbal dan/tulis
4.3.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan.4.3.2 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi yang sudah disusun..


C.    Tujuan Pembelajaran

melaluiataubersamaini penerapan model pembelajaran project based learning (pembelajaran berbasis projek) siswa sanggup bekerja mandiri, jujur dalam memilih struktur, isi teks eksposisi dan memilih ciri kebahasaan teks eksposisi.


D.    Materi Pembelajaran

1.      Faktual

-          misal Teks Eksposisi berjudul “Manfaat Bursa Efek”

2.      Konseptual

-          Pemahaman struktur teks eksposisi

-          Pemahaman ciri-ciri teks eksposisi

-          Pemahaman ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi

-          Pemahaman dalam menganalisis kesalahan kebahasaan teks eksposisi

3.      Prosedural

Langkah-langkah menyusun teks eksposisi

-          Menentukan topik

-          Menentukan struktur teks eksposisi

-          Menulis teks eksposisi

-          Menganalisis teks eksposisi

-          Menyunting teks eksposisi

4.      Metakognitif

Menyimpulkan keterkaitan (relevansi) atas kemanfaatan pemahaman teks eksposisi terhadap kehidupan


E.     Pendekatan/Metode/Model

1.      Pendekatan

Scientifik Learning

2.      Metode

Diskusi

3.      Model

-          Inquiri Learning

-          Project Based Learning


F.     Media/Alat

       Media/Alat

Laptop, LCD Projector


G.    Sumber Belajar

1.      Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

2.      Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

3.      Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

H.    Kegiatan Pembelajaran


1)      Pertemuan pertama (2 JP)

No
Uraian Kegiatan
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
1.
Kegiatan Penlampauan
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya.
3.      Peserta didik mendapatkan informasi dengan proaktif wacana keter­kaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.      Peserta didik mendapatkan informasi wacana hal-hal yang akan dipela­jari dan dikuasai khususnya wacana pembelajaran teks eksposisi.


Religius


Rasa ingin tahu
15 menit
2.
Kegiatan Inti
1.      Peserta didik membaca referensi teks eksposisi
2.      Peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan ciri, struktur, kaidah yang berkenaan dengan teks eksposisi dan kebahasaannya
3.      Peserta didik secara berkelompok  mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan teks eksposisi contohnya struktur, ciri teks eksposisi, ciri kebahasaan teks eksposisi. 
4.      Peserta didik menuliskan hal-hal yang ditemukan berkenaan dengan struktur, ciri, kebahasaan teks eksposisi.
4.  Mengidentifikasi definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah  teks penulisan teks eksposisi dari banyak sekali sumber referensi yang sudah dibaca.
5.  Mendiskusikan definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah  teks teks eksposisi dari banyak sekali sumber referensi yang sudah dibaca.
6.  Membuat simpulan definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah  teks teks eksposisi dari banyak sekali sumber
9.  Mempresentasikan definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah penulisan teks eksposisi
10. Siswa lain menanggapi hasil presentasi teks eksposisi.

Literasi

Rasa ingin tahu



Kerja sama (Collaborative)



Berpikir kritis (Critical thinking)

Kerja sama
Berpikir kritis





Kerja sama
Berpikir kritis
Komunikatif

(Communicative)

150 menit
3.
Kegiatan Penutup
1.  Peserta didik melaksanakan konfirmasi dengan guru wacana hasil presentasi yang meliputi definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah penulisan teks ekposisi dan membuat rangkuman hasil belajar.
2. Peserta didik melaksanakan penilaian
3.  Peserta didik mendapatkan klarifikasi kiprah membuat teks eksposisi dengan tema lingkungan.
4. Peserta didik mendapatkan informasi materi pembelajaran diberikutnya.


Kreativitas




HOTS
15 menit

Pertemuan kedua (2JP)

NNo
Uraian Kegiatan
Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS
Alokasi Waktu
1.
Kegiatan Penlampauan
1.      Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan.
2.      Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya.
3.      Peserta didik mendapatkan informasi dengan proaktif wacana keter­kaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.      Peserta didik mendapatkan informasi wacana hal-hal yang akan dipela­jari dan dikuasai khususnya wacana pembelajaran teks eksposisi.

Religius


Rasa ingin tahu
15 menit
2.
Kegiatan Inti
1.      Peserta didik membaca  teks eksposisi dengan tema lingkungan yang sudah disiapkan sebelumnya dari rumah.
2.      Melalui diskusi kelompok, penerima didik menanyakan  isi teks eksposisi yang ditulis kawan.
3.      Peserta didik berdiskusi kelompok menyunting teks eksposisi yang ditulis mitra dari aspek struktur isi  dan bahasa teks eksposisi dengan cermat.
4.      Peserta didik memperbaiki teks eksposisi menurut hasil suntingan.
5.      Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri.
6.      Peserta didik menanggapi presentasi kawan/kelompok lain secara santun.

Literasi


Rasa ingin tahu


Kerja sama (Collaborative)
Berpikir kritis (Critical thinking)
Kerja sama
Berpikir kritis
Komunikatif
(Communicative)

150 menit
3.
Kegiatan Penutup
1.      Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman.
2.      Peserta didik melaksanakan penilaian
3.      Peserta didik mendapatkan klarifikasi kiprah membuat teks eksposisi dengan tema lingkungan.
4.      Peserta didik mendapatkan informasi materi pembelajaran diberikutnya.

Kreativitas

HOTS
15 menit


I.       Teknik Penilaian

1.      Tes tertulis

2.      Tes praktik


Instrumen Penilaian

1.      Soal uraian

2.      Soal Praktik

Lampiran 1

A.    Materi Pembelajaran

1.    Materi Pembelajaran

a.   Pengertian Teks ekposisi

Pengertian Teks Eksposisi

Pengertian teks Eksposisi yaitu paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat. Pendapat lain menyatakan bahwa Teks Eksposisi yaitu jenis atau ragam teks yang mempunyai fungsi memberikan gagasan-gagasan berupa pemikiran wacana suatu topik. Paragraf eksposisi ini bersifat Ilmiah atau sanggup dikatakan non fiksi. Ragam teks Eksposisi ini sering digunakan dalam konteks komunikasi sehari-hari secara lisan, maupun tulisan. Misalnya, ketika kalian melaksanakan diskusi dalam lembaga seminar, seseorang yang memberikan argumen dalam debat pendapat dan sebagainya.

Untuk memperjelas uraian, sanggup dilengkapi dengan grafik, gambar atau statistik. Sebagai catatan, tidak jarang eksposisi ditemukan spesialuntuk meliputi uraian wacana langkah/cara/proses kerja. Eksposisi demikian lazim disebut paparan proses. Teks Eksposisi layaknya teks yang lain, yakni mempunyai struktur.

b.   Ciri-ciri teks eksposisi

Ciri Umum Teks Eksposisi

 - Singkat

 - Padat

 - Akurat

 - Berusaha menandakan sesuatu

 - Gaya bersifat informatif

 - Fakta digunakan sebagai alat distribusi

 - Fakta digunakan sebagai alat konkritasi

 - Umumnya menjawaban pertanyaan apa,siapa,kapan,di mana,mengapa,bagaimana

c.    Struktur teks eksposisi

1.    Judul

Judul hendaknya menggambarkan sesuatu yang dibahas dalam teks Eksposisi. Judul hendaklah ditulis dengan kata-kata yang singkat, menarikdanunik dan sarat akan makna.

2.    Pernyataan Umum atau Tesis

Bagian ini berfungsi untuk memperkenalkan topik sekaligus menempatkan pembaca pada posisi tertentu. Karena dengan teks yang digunakan penulis itu ingin mengemukakan pendapat, maka pembaca bisa berada pada posisi yang sependapat atau pada posisi yang bersebrangan dengannya.

3.    Argumentasi atau alasan

Bagain dari teks Eksposisi yaitu argumen atau alasan. Panjang dan pendeknya belahan ini tergantung pada jumlah argumen yang sudah kalian kenalkan secara garis besar di dalam pernyataan umum, kemudian kalian sebut ulang dan menjabarkan argumen tersebut dalam paragraf-paragraf. Pengembangan argumen menjadi paragraf ini dilakukan melalui penyajian referensi dan alasan.

4.    Penegasan Ulang Pendapat (Simpulan)

Pengulangan tersebut dilakukan dengan menurut pada argumen yang sudah disajikan di dalam belahan sebelumnya. Pengulangan opini bersifat pilihan, sehingga tidak tiruana teks Eksposisi mempunyainya.

d.   Kaidah penulisan teks eksposisi

Beberapa langkah tersebut, sebagai diberikut.

1.   Menentukan topik yang akan disajikan

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika membuat teks eksposisi yaitu memilih tema. melaluiataubersamaini memilih tema, pada ketika menulis kita lebih terserius pada tema tersebut sehingga sanggup lebih menjiwai goresan pena yang dibuat. Adapun sifat topik-topik yang dikembangkan dalam teks eksposisi, sebagai diberikut.

2    Menentukan tujuan eksposisi

Sesudah memilih topik yang akan dipaparkan, kita harus mempunyai tujuan yang nantinya akan mempersembahkan klarifikasi dan pemahaman kepada pembaca.

3.   Memilih data yang sesuai dengan tema

Sesudah memilih tema dan tujuan penulisan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mengumpulkan data atau materi yang diharapkan dalam penulisan teks eksposisi. Bahan sanggup diperoleh dari buku, majalah, pencarian di internet, surat kabar, maupun wawancara langsung.

4.   Membuat kerangka karangan

Sebelum pembuatan karangan eksposisi, terlebih lampau membuat kerangkanya secara lengkap dan sistematis.

5.   Pembahasan dengan membuatkan kerangka karangan

Sesudah kerangka karangan tersusun, membuatkan secara lebih lengkap lagi semoga ciri-ciri eksposisi sanggup tersalurkan, eksposisi yang bersifat informatif, adil, dan logis. Dalam karangan ini, pengarang lebih menandakan maksud dari topiknya itu dengan menyertakan bukti-bukti yang konkret sebagai penunjang dari pembahasan itu.

6.   Membuat simpulan

Sesuai dengan tujuan menuliskan sebuah karangan eksposisi, kesimpulan harus sejalan, bahkan harus memperkuat tesis tersebut.

e.       Unsur kebahasaan teks eksposisi

1.   Pronomina

Pronomina atau kata ganti yaitu jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Pronomina sanggup diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu pronomina persona dan pronomina nonpersona.

Pronomina Persona (kata ganti orang) yaitu Persona Tunggal. contohnya menyerupai ia, dia, anda, engkau, aku, saudara, -nya, -mu, -ku, si-., dan Persona Jamak contohnya menyerupai kita, kami, kalian, mereka, hadirin, para.

Pronomina Nonpersona (kata ganti bukan orang) yaitu Pronomina Penunjuk contohnya menyerupai ini, itu, sini, situ, sana. dan pronomina penanya contohnya menyerupai apa, mana, siapa.

2.      Nomina dan Verba

Nomina (kata benda)

Merupakan kata yang mengacu pada benda, baik nyata maupun abstrak. Dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek. Dilihat dari bentuk dan maknanya ada yang berbentuk nomina dasar maupun nomina turunan. Nomina dasar contohnya gambar, meja, rumah, pisau. Nomina turunan contohnya perbuatan, pembelian, kekuatan, dll.

Verba (kata kerja)

Merupakan kata yang mengandung makna dasar perbuatan, proses, atau keadaan yang bukan sifat. Dalam kalimat biasanya  berfungsi sebagai predikat.

3.      Konjungsi

Kata penghubung (konjungsi). contohnya pada kenyataannya, kemudian, lebih lanjut. Untuk memperkuat argumentasi, kata hubung atau konjungsi sanggup dimanfaatkan. Dalam konteks pengajuan pendapat wacana kebijakan bahasa ASEAN itu, penulis menghubungkan argumentasi dengan kata hubung pada kenyataannya, kemudian, dan lebih lanjut. Idealnya, argumentasi tidak disajikan secara acak. Kata hubung menyerupai itu sanggup digunakan untuk menata argumentasi dengan cara mengurutkan dari yang paling berpengaruh menuju ke yang paling lemah atau sebaliknya.


Teks 2 (eksposisi)

Manfaat Bursa Efek

Pada umumnya terdapat peranan besar atas pasar modal yang meliputi dua hal yaitu pertama, menjadi daerah pertemuan untuk sanggup memperoleh informasi terkena keadaan pasar efek. Kedua, menjadi daerah pertemuan dan alat untuk sanggup mengetahui menyerupai apa situasi derma jangka panjang menyerupai Obligasi dan saham. melaluiataubersamaini adanya peningkatan pada volume transaksi dan semakin banyaknya perusahaan yang aktif pada lantai bursa sudah mengindikasikan bahwa akan semakin membaiknya perekonomian nasional, yang berarti bahwa keadaan ini bisa terjadi disebabkan perusahaan mempunyai peluang yang lebih luas lagi dalam membuatkan investasi yang karenanya akan sanggup menggugah adanya peningkatan produksi. Semakin meningkatnya kemampuan beli masyarakat, berarti terdapat peningkatan produksi yang pada gilirannya akan sanggup membuat sebuah lapangan kerja dan secara sekaligus terjadi pemerataan ekonomi kerakyatan, serta sanggup meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, keadaan ini yaitu sebuah konsekuensi logis dari sehatnya kegiatan ekonomi yang ada didalam masyarakat.


B.     Instrumen penilaian

Pertemuan 1

soal

Jenis soal         : tes tertulis

bentuk soal      : uraian

a.       Jelaskan definisi teks eksposisi!

b.      Sebutkanlah ciri-ciri kebahasaan teks eksposisii!

c.       Sebutkan jenis-jenis teks eksposisi!

d.      Jelaskanlah struktur teks eksposisii

e.       Tuliskanlah kaidah penulisan teks eksposisi.

soal

jenis soal          : tes praktik

bentuk soal      : soal proyek

a.       Buatlah sebuah teks ekposisi dengan tema lingkungan sepanjang satu halaman buku tulis!

Pertemuan 2

Soal

Jenis soal         : tes tertulis

bentuk soal      : tes uraian

1)      Bacalah teks eksposisi hasil goresan pena kawanmu!
2)      Suntinglah teks eksposisi yang ditulis mitra menurut ciri bahasa teks eksposisi dengan cermat
3)      Rubrik kemampuan menyunting teks eksposisi

C.    Rubrik Penilaian

Pertemuan 1

No
Indikator
Skor
1.
Definisi teks eksposisi
Menyebutkan definisi teks ekposisi secara lengkap, dan tepat
Menyebutkan definisi teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat
Menyebutkan definisi teks ekposisi kurang tepat

15-20
9-14
1-8
2
Ciri Kebahasaan teks ekposisi
Menyebutkan ciri kebahasaan teks ekposisi secara lengkap, dan tepat
Menyebutkan ciri kebahasaan teks ekposisi secara lengkap namun kurang tepat
Menyebutkan ciri kebahasaan teks ekposisi kurang tepat

15-20
9-14

1-8
3
Jenis teks eksposisi
Menyebutkan jenis teks ekposisi secara lengkap, dan tepat
Menyebutkan jenis teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat
Menyebutkan jenis teks ekposisi kurang tepat

15-20
9-14
1-8
4
Struktur teks ekposisi
Menyebutkan struktur teks ekposisi secara lengkap, dan tepat
Menyebutkan struktur teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat
Menyebutkan struktur teks ekposisi kurang tepat

15-20
9-14
1-8
5
Kaidah kepenulisan teks ekposisi
Menyebutkan kaidah kepenulisan teks ekposisi secara lengkap, dan tepat
Menyebutkan kaidah kepenulisan teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat
Menyebutkan kaidah kepenulisan teks ekposisi kurang tepat

15-20
9-14

1-8






Nilai:      Skor Perolehan

             -------------------------   X 100 = ................

    100
           

Pertemuan 2

Aspek
Subkompetensi
Indikator
Ya
(1)
Tidak
(0)
Ejaan dan tanda baca
Ejaan dan tanda baca tepat
1.      Apakah teks eksposisi yang ditulis kawanmu ejaan dan tanda baca sudah tepat?


Struktur kalimat
lengkap dan benar
2.      Apakah teks eksposisi kawanmu  sudah terdapat judul?
3.      Apakah antara judul dan isi sesuai?
4.      Apakah terdapat konjungsi juga dalam teks tersebut?
5.      Apakah terdapat konjungsi selain itu dalam teks tersebut?
6.      Apakah terdapat konjungsi dengan demikian dalam teks tersebut?
7.      Apakah penulis menambahkan pula konjungsi untuk menata argumentasi tersebut?


Pilihan kata
Memilih diksi
8.      Apakah kata yang digunakan sanggup membuat pembaca tertarik membaca teks eksposisi yang sedang dibaca?
9.      Apakah pilihan kata yang digunakan mengandung kata-kata argumentatif?





Nilai:      Skor Perolehan

             -------------------------   X 100 = ................



                                                                                                            Boyolali, 2 Juli 2018

Mengetahui

Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali                                         Guru Mata Pelajaran





Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                                        Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.

NIP 1996505041989031014                                              NIP 197207081998011001                           




0 Komentar untuk "Rpp Teks Eksposisi Kd 3.3 Dan 4.3 Kelas X Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019"

Back To Top