loading...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SMA Negeri 2 Boyolali
Mata pelajaran : Bahasa Indonesia
Materi Pokok : Teks Eksposisi
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 Menghayati dan mengamalkan fatwa agama yang dianutnya |
KI 2 Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai belahan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia |
KI 3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural menurut rasa ingintahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah |
KI 4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan bisa memakai metoda sesuai kaidah keilmuan |
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar | Indikator |
KD 3.3 Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca | 3.3.1 Menentukan struktur, isi teks eksposisi yang dibaca dan didengar 3.3.2 Menentukan ciri-ciri untuk menulis teks eksposisi dengan topik tertentu 3.3.3 Menentukan struktur kebahasaan teks eksposisi yang dibaca |
KD 4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara verbal dan/tulis | 4.3.1 Menyusun teks eksposisi dengan memerhatikan struktur, isi, permasalahan, argumentasi, pengetahuan, rekomendasi, dan kebahasaan.4.3.2 Mempresentasikan teks laporan hasil observasi yang sudah disusun.. |
C. Tujuan Pembelajaran
melaluiataubersamaini penerapan model pembelajaran project based learning (pembelajaran berbasis projek) siswa sanggup bekerja mandiri, jujur dalam memilih struktur, isi teks eksposisi dan memilih ciri kebahasaan teks eksposisi.
D. Materi Pembelajaran
1. Faktual
- misal Teks Eksposisi berjudul “Manfaat Bursa Efek”
2. Konseptual
- Pemahaman struktur teks eksposisi
- Pemahaman ciri-ciri teks eksposisi
- Pemahaman ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi
- Pemahaman dalam menganalisis kesalahan kebahasaan teks eksposisi
3. Prosedural
Langkah-langkah menyusun teks eksposisi
- Menentukan topik
- Menentukan struktur teks eksposisi
- Menulis teks eksposisi
- Menganalisis teks eksposisi
- Menyunting teks eksposisi
4. Metakognitif
Menyimpulkan keterkaitan (relevansi) atas kemanfaatan pemahaman teks eksposisi terhadap kehidupan
E. Pendekatan/Metode/Model
1. Pendekatan
Scientifik Learning
2. Metode
Diskusi
3. Model
- Inquiri Learning
- Project Based Learning
F. Media/Alat
Media/Alat
Laptop, LCD Projector
G. Sumber Belajar
1. Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
2. Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas X Revisi Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
3. Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya
H. Kegiatan Pembelajaran
1) Pertemuan pertama (2 JP)
No | Uraian Kegiatan | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
1. | Kegiatan Penlampauan 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya. 3. Peserta didik mendapatkan informasi dengan proaktif wacana keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4. Peserta didik mendapatkan informasi wacana hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya wacana pembelajaran teks eksposisi. | Religius Rasa ingin tahu | 15 menit |
2. | Kegiatan Inti 1. Peserta didik membaca referensi teks eksposisi 2. Peserta didik menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan ciri, struktur, kaidah yang berkenaan dengan teks eksposisi dan kebahasaannya 3. Peserta didik secara berkelompok mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan teks eksposisi contohnya struktur, ciri teks eksposisi, ciri kebahasaan teks eksposisi. 4. Peserta didik menuliskan hal-hal yang ditemukan berkenaan dengan struktur, ciri, kebahasaan teks eksposisi. 4. Mengidentifikasi definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah teks penulisan teks eksposisi dari banyak sekali sumber referensi yang sudah dibaca. 5. Mendiskusikan definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah teks teks eksposisi dari banyak sekali sumber referensi yang sudah dibaca. 6. Membuat simpulan definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah teks teks eksposisi dari banyak sekali sumber 9. Mempresentasikan definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah penulisan teks eksposisi 10. Siswa lain menanggapi hasil presentasi teks eksposisi. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kerja sama Berpikir kritis Kerja sama Berpikir kritis Komunikatif (Communicative) | 150 menit |
3. | Kegiatan Penutup 1. Peserta didik melaksanakan konfirmasi dengan guru wacana hasil presentasi yang meliputi definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah penulisan teks ekposisi dan membuat rangkuman hasil belajar. 2. Peserta didik melaksanakan penilaian 3. Peserta didik mendapatkan klarifikasi kiprah membuat teks eksposisi dengan tema lingkungan. 4. Peserta didik mendapatkan informasi materi pembelajaran diberikutnya. | Kreativitas HOTS | 15 menit |
Pertemuan kedua (2JP)
NNo | Uraian Kegiatan | Nilai Karakter (PPK), Literasi, 4C, HOTS | Alokasi Waktu |
1. | Kegiatan Penlampauan 1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling mendoakan. 2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru bekerjasama dengan pembelajaran sebelumnya. 3. Peserta didik mendapatkan informasi dengan proaktif wacana keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. 4. Peserta didik mendapatkan informasi wacana hal-hal yang akan dipelajari dan dikuasai khususnya wacana pembelajaran teks eksposisi. | Religius Rasa ingin tahu | 15 menit |
2. | Kegiatan Inti 1. Peserta didik membaca teks eksposisi dengan tema lingkungan yang sudah disiapkan sebelumnya dari rumah. 2. Melalui diskusi kelompok, penerima didik menanyakan isi teks eksposisi yang ditulis kawan. 3. Peserta didik berdiskusi kelompok menyunting teks eksposisi yang ditulis mitra dari aspek struktur isi dan bahasa teks eksposisi dengan cermat. 4. Peserta didik memperbaiki teks eksposisi menurut hasil suntingan. 5. Peserta didik mempresentasikan hasil analisis dengan rasa percaya diri. 6. Peserta didik menanggapi presentasi kawan/kelompok lain secara santun. | Literasi Rasa ingin tahu Kerja sama (Collaborative) Berpikir kritis (Critical thinking) Kerja sama Berpikir kritis Komunikatif (Communicative) | 150 menit |
3. | Kegiatan Penutup 1. Peserta didik dengan bimbingan guru membuat rangkuman. 2. Peserta didik melaksanakan penilaian 3. Peserta didik mendapatkan klarifikasi kiprah membuat teks eksposisi dengan tema lingkungan. 4. Peserta didik mendapatkan informasi materi pembelajaran diberikutnya. | Kreativitas HOTS | 15 menit |
I. Teknik Penilaian
1. Tes tertulis
2. Tes praktik
Instrumen Penilaian
1. Soal uraian
2. Soal Praktik
Lampiran 1
A. Materi Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran
a. Pengertian Teks ekposisi
Pengertian Teks Eksposisi
Pengertian teks Eksposisi yaitu paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat. Pendapat lain menyatakan bahwa Teks Eksposisi yaitu jenis atau ragam teks yang mempunyai fungsi memberikan gagasan-gagasan berupa pemikiran wacana suatu topik. Paragraf eksposisi ini bersifat Ilmiah atau sanggup dikatakan non fiksi. Ragam teks Eksposisi ini sering digunakan dalam konteks komunikasi sehari-hari secara lisan, maupun tulisan. Misalnya, ketika kalian melaksanakan diskusi dalam lembaga seminar, seseorang yang memberikan argumen dalam debat pendapat dan sebagainya.
Untuk memperjelas uraian, sanggup dilengkapi dengan grafik, gambar atau statistik. Sebagai catatan, tidak jarang eksposisi ditemukan spesialuntuk meliputi uraian wacana langkah/cara/proses kerja. Eksposisi demikian lazim disebut paparan proses. Teks Eksposisi layaknya teks yang lain, yakni mempunyai struktur.
b. Ciri-ciri teks eksposisi
Ciri Umum Teks Eksposisi
- Singkat
- Padat
- Akurat
- Berusaha menandakan sesuatu
- Gaya bersifat informatif
- Fakta digunakan sebagai alat distribusi
- Fakta digunakan sebagai alat konkritasi
- Umumnya menjawaban pertanyaan apa,siapa,kapan,di mana,mengapa,bagaimana
c. Struktur teks eksposisi
1. Judul
Judul hendaknya menggambarkan sesuatu yang dibahas dalam teks Eksposisi. Judul hendaklah ditulis dengan kata-kata yang singkat, menarikdanunik dan sarat akan makna.
2. Pernyataan Umum atau Tesis
Bagian ini berfungsi untuk memperkenalkan topik sekaligus menempatkan pembaca pada posisi tertentu. Karena dengan teks yang digunakan penulis itu ingin mengemukakan pendapat, maka pembaca bisa berada pada posisi yang sependapat atau pada posisi yang bersebrangan dengannya.
3. Argumentasi atau alasan
Bagain dari teks Eksposisi yaitu argumen atau alasan. Panjang dan pendeknya belahan ini tergantung pada jumlah argumen yang sudah kalian kenalkan secara garis besar di dalam pernyataan umum, kemudian kalian sebut ulang dan menjabarkan argumen tersebut dalam paragraf-paragraf. Pengembangan argumen menjadi paragraf ini dilakukan melalui penyajian referensi dan alasan.
4. Penegasan Ulang Pendapat (Simpulan)
Pengulangan tersebut dilakukan dengan menurut pada argumen yang sudah disajikan di dalam belahan sebelumnya. Pengulangan opini bersifat pilihan, sehingga tidak tiruana teks Eksposisi mempunyainya.
d. Kaidah penulisan teks eksposisi
Beberapa langkah tersebut, sebagai diberikut.
1. Menentukan topik yang akan disajikan
Langkah pertama yang harus dilakukan ketika membuat teks eksposisi yaitu memilih tema. melaluiataubersamaini memilih tema, pada ketika menulis kita lebih terserius pada tema tersebut sehingga sanggup lebih menjiwai goresan pena yang dibuat. Adapun sifat topik-topik yang dikembangkan dalam teks eksposisi, sebagai diberikut.
2 Menentukan tujuan eksposisi
Sesudah memilih topik yang akan dipaparkan, kita harus mempunyai tujuan yang nantinya akan mempersembahkan klarifikasi dan pemahaman kepada pembaca.
3. Memilih data yang sesuai dengan tema
Sesudah memilih tema dan tujuan penulisan, langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu mengumpulkan data atau materi yang diharapkan dalam penulisan teks eksposisi. Bahan sanggup diperoleh dari buku, majalah, pencarian di internet, surat kabar, maupun wawancara langsung.
4. Membuat kerangka karangan
Sebelum pembuatan karangan eksposisi, terlebih lampau membuat kerangkanya secara lengkap dan sistematis.
5. Pembahasan dengan membuatkan kerangka karangan
Sesudah kerangka karangan tersusun, membuatkan secara lebih lengkap lagi semoga ciri-ciri eksposisi sanggup tersalurkan, eksposisi yang bersifat informatif, adil, dan logis. Dalam karangan ini, pengarang lebih menandakan maksud dari topiknya itu dengan menyertakan bukti-bukti yang konkret sebagai penunjang dari pembahasan itu.
6. Membuat simpulan
Sesuai dengan tujuan menuliskan sebuah karangan eksposisi, kesimpulan harus sejalan, bahkan harus memperkuat tesis tersebut.
e. Unsur kebahasaan teks eksposisi
1. Pronomina
Pronomina atau kata ganti yaitu jenis kata yang menggantikan nomina atau frasa nomina. Pronomina sanggup diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu pronomina persona dan pronomina nonpersona.
Pronomina Persona (kata ganti orang) yaitu Persona Tunggal. contohnya menyerupai ia, dia, anda, engkau, aku, saudara, -nya, -mu, -ku, si-., dan Persona Jamak contohnya menyerupai kita, kami, kalian, mereka, hadirin, para.
Pronomina Nonpersona (kata ganti bukan orang) yaitu Pronomina Penunjuk contohnya menyerupai ini, itu, sini, situ, sana. dan pronomina penanya contohnya menyerupai apa, mana, siapa.
2. Nomina dan Verba
Nomina (kata benda)
Merupakan kata yang mengacu pada benda, baik nyata maupun abstrak. Dalam kalimat berkedudukan sebagai subjek. Dilihat dari bentuk dan maknanya ada yang berbentuk nomina dasar maupun nomina turunan. Nomina dasar contohnya gambar, meja, rumah, pisau. Nomina turunan contohnya perbuatan, pembelian, kekuatan, dll.
Verba (kata kerja)
Merupakan kata yang mengandung makna dasar perbuatan, proses, atau keadaan yang bukan sifat. Dalam kalimat biasanya berfungsi sebagai predikat.
3. Konjungsi
Kata penghubung (konjungsi). contohnya pada kenyataannya, kemudian, lebih lanjut. Untuk memperkuat argumentasi, kata hubung atau konjungsi sanggup dimanfaatkan. Dalam konteks pengajuan pendapat wacana kebijakan bahasa ASEAN itu, penulis menghubungkan argumentasi dengan kata hubung pada kenyataannya, kemudian, dan lebih lanjut. Idealnya, argumentasi tidak disajikan secara acak. Kata hubung menyerupai itu sanggup digunakan untuk menata argumentasi dengan cara mengurutkan dari yang paling berpengaruh menuju ke yang paling lemah atau sebaliknya.
Teks 2 (eksposisi)
Manfaat Bursa Efek
Pada umumnya terdapat peranan besar atas pasar modal yang meliputi dua hal yaitu pertama, menjadi daerah pertemuan untuk sanggup memperoleh informasi terkena keadaan pasar efek. Kedua, menjadi daerah pertemuan dan alat untuk sanggup mengetahui menyerupai apa situasi derma jangka panjang menyerupai Obligasi dan saham. melaluiataubersamaini adanya peningkatan pada volume transaksi dan semakin banyaknya perusahaan yang aktif pada lantai bursa sudah mengindikasikan bahwa akan semakin membaiknya perekonomian nasional, yang berarti bahwa keadaan ini bisa terjadi disebabkan perusahaan mempunyai peluang yang lebih luas lagi dalam membuatkan investasi yang karenanya akan sanggup menggugah adanya peningkatan produksi. Semakin meningkatnya kemampuan beli masyarakat, berarti terdapat peningkatan produksi yang pada gilirannya akan sanggup membuat sebuah lapangan kerja dan secara sekaligus terjadi pemerataan ekonomi kerakyatan, serta sanggup meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi, keadaan ini yaitu sebuah konsekuensi logis dari sehatnya kegiatan ekonomi yang ada didalam masyarakat.
B. Instrumen penilaian
Pertemuan 1
soal
Jenis soal : tes tertulis
bentuk soal : uraian
a. Jelaskan definisi teks eksposisi!
b. Sebutkanlah ciri-ciri kebahasaan teks eksposisii!
c. Sebutkan jenis-jenis teks eksposisi!
d. Jelaskanlah struktur teks eksposisii
e. Tuliskanlah kaidah penulisan teks eksposisi.
soal
jenis soal : tes praktik
bentuk soal : soal proyek
a. Buatlah sebuah teks ekposisi dengan tema lingkungan sepanjang satu halaman buku tulis!
Pertemuan 2
Soal
Jenis soal : tes tertulis
bentuk soal : tes uraian
1) Bacalah teks eksposisi hasil goresan pena kawanmu!
2) Suntinglah teks eksposisi yang ditulis mitra menurut ciri bahasa teks eksposisi dengan cermat!
3) Rubrik kemampuan menyunting teks eksposisi
C. Rubrik Penilaian
Pertemuan 1
No | Indikator | Skor |
1. | Definisi teks eksposisi Menyebutkan definisi teks ekposisi secara lengkap, dan tepat Menyebutkan definisi teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat Menyebutkan definisi teks ekposisi kurang tepat | 15-20 9-14 1-8 |
2 | Ciri Kebahasaan teks ekposisi Menyebutkan ciri kebahasaan teks ekposisi secara lengkap, dan tepat Menyebutkan ciri kebahasaan teks ekposisi secara lengkap namun kurang tepat Menyebutkan ciri kebahasaan teks ekposisi kurang tepat | 15-20 9-14 1-8 |
3 | Jenis teks eksposisi Menyebutkan jenis teks ekposisi secara lengkap, dan tepat Menyebutkan jenis teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat Menyebutkan jenis teks ekposisi kurang tepat | 15-20 9-14 1-8 |
4 | Struktur teks ekposisi Menyebutkan struktur teks ekposisi secara lengkap, dan tepat Menyebutkan struktur teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat Menyebutkan struktur teks ekposisi kurang tepat | 15-20 9-14 1-8 |
5 | Kaidah kepenulisan teks ekposisi Menyebutkan kaidah kepenulisan teks ekposisi secara lengkap, dan tepat Menyebutkan kaidah kepenulisan teks eksposisi secara lengkap namun kurang tepat Menyebutkan kaidah kepenulisan teks ekposisi kurang tepat | 15-20 9-14 1-8 |
Nilai: Skor Perolehan
------------------------- X 100 = ................
100
Pertemuan 2
Aspek | Subkompetensi | Indikator | Ya (1) | Tidak (0) |
Ejaan dan tanda baca | Ejaan dan tanda baca tepat | 1. Apakah teks eksposisi yang ditulis kawanmu ejaan dan tanda baca sudah tepat? | ||
Struktur kalimat | lengkap dan benar | 2. Apakah teks eksposisi kawanmu sudah terdapat judul? 3. Apakah antara judul dan isi sesuai? 4. Apakah terdapat konjungsi juga dalam teks tersebut? 5. Apakah terdapat konjungsi selain itu dalam teks tersebut? 6. Apakah terdapat konjungsi dengan demikian dalam teks tersebut? 7. Apakah penulis menambahkan pula konjungsi untuk menata argumentasi tersebut? | ||
Pilihan kata | Memilih diksi | 8. Apakah kata yang digunakan sanggup membuat pembaca tertarik membaca teks eksposisi yang sedang dibaca? 9. Apakah pilihan kata yang digunakan mengandung kata-kata argumentatif? |
Nilai: Skor Perolehan
------------------------- X 100 = ................
Boyolali, 2 Juli 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali Guru Mata Pelajaran
Suyanta, S.Pd., M.Pd. Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 1996505041989031014 NIP 197207081998011001
Tag :
RPP 2018/2019
0 Komentar untuk "Rpp Teks Eksposisi Kd 3.3 Dan 4.3 Kelas X Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019"