Mengidentifikasi Isi Dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

loading...

Mengidentifikasi Isi dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan yaitu surat yang dibentuk oleh seseorang untuk melamar pekerjaan di suatu perusahaan, kantor, atau instansi tertentu.

Surat lamaran pekerjaan mempunyai isi dan sistematika yang tidak sama dengan jenis surat lainnya.

Isi surat mencakup bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan dan hal-hal yang harus ada di dalam surat lamaran pekerjaan.

Sistematika yaitu penjabaran atau penggolongan atas isi atau bagian-bagian yang terdapat di dalam surat lamaran pekerjaan.

Isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan mencakup daerah dan tanggal pembuatan surat, lampiran dan perihal, alamat surat, salam pembuka, alinea pembuka, isi, penutup, tanda tangan, dan nama terang. Isi surat terdiri atas unsur nama, daerah dan tanggal lahir, pendidikan, alamat, serta beberapa hal yang dilampirkan. Hal-hal penting yang dilampirkan antara lain daftar riwayat hidup, fotokopi ijazah terakhir, sertifikat, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan pasfoto. Kadang-kadang instansi/lembaga juga meminta persyaratan lain, ibarat surat keterangan pengalaman kerja, surat keterangan berbadan sehat, dan surat izin orang tua.

Berikut disajikan pola analisis isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan.

misal surat lamaran pekerjaan


Hasil identifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan


Rujukan

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya

Suherli, dkk. 2018. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi  Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XII Revisi  Tahun 2018. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
BACA JUGA POWERPOINT STRUKTUR DAN ASPEK KEBAHASAAN SURAT LAMARAN PEKERJAAN KLIK anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=ppt-struktur-dan-aspek-kebahasaan-surat


BACA JUGA POSTINGAN TERBARU PERSIAPAN UN 2018/2019
PEMBAHASAN SOAL UN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMA/MA 

Tag : PEMBELAJARAN
0 Komentar untuk "Mengidentifikasi Isi Dan Sistematika Surat Lamaran Pekerjaan"

Back To Top