Pemetaan Evaluasi Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas X Semester 1

loading...


PEMETAAN TEKNIK PENILAIAN


TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SMA NEGERI 2 BOYOLALI
Kompetnsi inti

1.       Menghayati dan mengamalkan pemikiran agama yang dianutnya.

2.       Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawaban, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai cuilan dari solusi atas banyak sekali permasalahan dalam diberinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

3.       Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural dan metakognitif menurut rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan talenta dan minatnya untuk memecahkan masalah.

4.       Mengolah, menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abnormal terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan bisa memakai metode sesuai kaidah keilmuan


No
Kompetensi Dasar
Teknik Penilaian
1.
3.1       Mengidentifikasi teks laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan ekspresi dan tulis.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
2.
4.1       Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi menurut interpretasi baik secara ekspresi maupun tulis.
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
3.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.      Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
4.
4        
4.1        
4.2       Mengkonstruksikan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik baik ekspresi maupun tulis.

Produk, Praktik (Penilaian Praktik), portofolio
5.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.      Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
6.
4.3       Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara ekspresi dan / tulis.
Produk, Praktik, portofolio
7.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.      Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
8.
4.4       Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
Produk, Praktik
9.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.      Mengevaluasi teks guakdot dari aspek makna tersirat.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
10.
4.5       Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks guakdot baik ekspresi maupun tulis
Produk, Praktik
11.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.      Menganalisis struktur dan kebahasaan teks guakdot.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
12.
4.6       Menciptakan kembali teks guakdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik ekspresi maupun tulis
Portofolio, praktik
13.
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.       
3.7.      Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam dongeng rakyat (hikayat) baik ekspresi maupun tulis.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
14.
4.7       Menceritakan kembali isi dongeng rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
Proyek, praktik
15
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.       
3.7.       
3.8.      Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan dongeng rakyat dan cerpen.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
16
4.8       Mengembangkan dongeng rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
Produk, Praktik (Penilaian Praktik)
17
1.       
2.       
3.       
3.1.       
3.2.       
3.3.       
3.4.       
3.5.       
3.6.       
3.7.       
3.8.       
3.9.      Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibacakan nilai-nilai dan kebahasaan dongeng rakyat dan cerpen.
Tes tertulis (uraian), Penugasan (Lembar kerja)
18
4.9       Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.
Produk, Proyek

                                                              

                                                                                                                 Boyolali, 2 Juli 2018

 Mengetahui

Kepala Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali                                                              Guru Mata Pelajaran




Suyanta, S.Pd., M.Pd.                                                                             Muh Zuhri, S.Pd., M.Pd.
NIP 196505041989031014                                                                     NIP 197207081998011001 



                              



                                                                                                           



                                                                                                                                                                                                                                                                                               
0 Komentar untuk "Pemetaan Evaluasi Bahasa Indonesia Sma/Smk Kelas X Semester 1"

Back To Top