Ppt Struktur Dan Aspek Kebahasaan Teks Eksplanasi

loading...



Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi sanggup disamakan dengan teks yang menceritakan mekanisme atau proses terjadinya sesuatu. melaluiataubersamaini teks tersebut, pembaca sanggup memperoleh pemahaman terkena latar belakang terjadi sesuatu secara terperinci dan logis. Teks eksplanasi memakai banyak fakta dan pernyataan-pernyataan yang mempunyai kekerabatan lantaran tanggapan (kausalitas).Namun, sebab-sebab ataupun akibat-akibat itu berupa sekumpulan fakta berdasarkan penulisnya.

Teks eksplanasi yaitu teks yang menunjukan suatu proses atau kejadian ihwal asal-usul, proses, atau perkembangan suatu fenomena, mungkin berupa kejadian alam, sosial, ataupun budaya (Kosasih, 2014:178)

Fungsi Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi  berfungsi untuk memperluas wawasan, pengetahuan, dan keyakinan para  pembaca ataupun pendengarnya. melaluiataubersamaini demikian, pembaca menjadi tahu fenomena yang ada di sekitarnya atau bahkan di tingkat nasional dan luar negeri. Fenomena dimaksud berupa fenomena sosial, budaya, politik, kriminalitas, dan lainnya. Khalayak menjadi tahu dan mempunyai wawasan yang lebih luas sehingga akan besar lengan berkuasa pula pada perilaku dan tindakannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Struktur Teks Eksplanasi

Struktur teks eksplanasi dibuat oleh bagian-bagian diberikut.

a. Identifikasi fenomena (phenomenon identification), mengidentifikasi sesuatu yang  akan diterangkan.

b. Penggambaran rangkaian kejadian (explanation sequence), memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana  atau mengapa.

    1) Rincian yang berpola atas pertanyaan “bagaimana” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kronologis ataupun gradual. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya  disusun berdasarkan urutan waktu.

    2) Rincian yang berpola atas pertanyaan “mengapa” akan melahirkan uraian yang tersusun secara kausalitas. Dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan kekerabatan lantaran akibat.

c. Ulasan (review), berupa komentar atau evaluasi ihwal konsekuensi atas kejadian yang  dipaparkan sebelumnya.














UNDUH FILE PPT TEKS EKSPLANASI KLIK https://drive.google.com/open?id=1l67hMUCXOteB_7bu-BnglwDv-H-adc6X

UNDUH PEMBAHASAN TEKS MATERI PEMBELAJARAN JENIS-JENIS TEKS BAHASA INDONESIA  SMA/SMK DALAM BENTUK TAYANGAN POWERPOINT BERIKUT.



Kelas X :





Kelas XI:





Kelas XII:




Tag : PEMBELAJARAN
0 Komentar untuk "Ppt Struktur Dan Aspek Kebahasaan Teks Eksplanasi"

Back To Top