Membandingkan Dua Teks Prosedur

loading...

Membandingkan Dua Teks Prosedur

Membandingkan dua teks ialah membandingkan satu teks dengan teks lainnya, apakah terdapat perbedaan atau persamaan baik dari struktur maupun kaidah kebahasaannya.

Berikut disajikan pola perbandingan dua teks prosedur.

Teks 1

Empat Tips Agar Tidak Iri pada orang Lain

Pernahkah Anda membandingkan diri Anda dengan orang lain? Mungkin ketika kita melihat orang lain ukses namun kita tidak, tibatiba terpikir pertanyaan diberikut dalam pikiran, “Mengapa saya tidak menyerupai dia?” Pertanyaan menggugat menyerupai itu sanggup terjadi secara terusmenerus dalam hal lainnya.  Untuk mengatasi pemikiran-pemikiran tersebut, Anda sanggup mengikuti tips yang dilansir dari ufngtonpost diberikut ini.

Kenali diri sendiri

Hal pertama yang perlu dilakukan semoga tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain ialah kenali diri sendiri. Jika Anda mengenal diri sendiri, ketika Anda melihat keberhasilan orang lain membuat Anda terpacu menjadi lebih baik, bukannya merasa tidak percaya diri atau sedih. Gambarkan diri Anda dalam kata-kata, menyerupai pintar, kuat, baik, keibuan, mempunyai tujuan, dan sebagainya. melaluiataubersamaini mengenal dan menghargai diri sendiri membuat Anda tidak akan inginmenjadi menyerupai orang lain.

setiap orang Memiliki Kelebihan Masing-masing

Mungkin ada orangtua yang berkata, “Duduk tegak menyerupai saudaramu!” atau “Bersihkan kamarmu menyerupai kakakmu!” Perintahperintah menyerupai itu membuat anak  belajar untuk mengetahui apa yang  dilakukannya dengan apa yang sudah dilakukan orang lain. Akan tetapi, hal itu tidak akan kuat ketika setiap insan menyadari bahwa ia mempunyai karunia yang tidak sama.

yang Penting Makna, Bukan Pengakuan

Ketika Anda menghabiskan hidup untuk mengejar legalisasi orang lain, boleh jadi itu akan membuat Anda merasa khawatir ihwal siapa yang nantinya melewati Anda. Itu akan membuat Anda membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Jika Anda bekerja untuk mewujudkan impian, apapun posisi Anda dalam suatu kekuasaan (jabatan), bukanlah masalah.

Meniru orang Berhasil

Ketika seseorang melaksanakan sesuatu dengan baik, coba penilaian apa yang menciptakannya berhasil, carilah cara untuk memasukkan sifat-sifat keberhasilannya dalam kehidupan Anda sendiri.

(Sumber: Surat Kabar Republika dengan pengubahan).

Teks 2

Meredakan Kejengkelan di Hari senin

Kembali bekerja sehabis melewati final pekan yang seru dan sangat senang memang menjengkelkan. Apalagi, beberapa kiprah sudah menanti dan parahnya dengan waktu yang sempit. Betapa pun beratnya memulai kegiatan di Senin pagi, Anda harus ingat perusahaan tidak akan mempersembahkan keentengan spesialuntuk sebab Anda merasa butuh waktu penuh mengumpulkan tenaga ke kantor.

Berikut lima tips untuk meredakan kejengkelan di hari Senin.

Mendengarkan bunyi orang yang Anda Cinta

Entah bunyi suami, kekasih, orangtua, sobat akrab atau bayi Anda yang sedang lucu-lucunya. Mengpertamai hari Senin dengan membuat hati Anda berbunga-bunga, sanggup dijadikan sebagai penyemangat terbaik. Percakapan enteng yang diakhiri dengan kecupan dan pelukan, sanggup menyematkan senyuman anggun pada wajah Anda.

Mendengarkan Lagu Favorit sepanjang Perjalanan ke Kantor

Buatlah satu folder di MP3 player, iPod dan smartphone, yang memuat dafar lagu-lagu kesukaan Anda. Lalu, mainkanlah setiap hari Senin ketika perjalanan menuju kantor. Seperti yang dilansir dari MagForWomen, mendengarkan musik yang Anda suka, ialah cara cepat untuk ‘menggusur’ rasa bete menjadi semangat.

Menikmati sarapan Favorit, enak, dan Mewah

Setiap orang mempunyai defnisi makanan lezat yang tidak sama. Apa makanan kesukaan Anda? Hidangkanlah untuk Anda nikmati sebagai sarapan sebelum berangkat kerja di hari Senin. Meskipun makanan kesukaan tersebut tidak sempurna untuk sarapan, tidakboleh terlalu dipedulikan, santap saja!

Awali Waktu Kerja dengan Pekerjaan yang cepatdangampang

Beban hari Senin akan terasa lebih enteng, kalau Anda memulai pekerjaan dengan kiprah yang lebih gampang, atau setidaknya yang berdasarkan Anda gampang. Menyelesaikan satu kiprah sebelum makan siang, membuat suasana lebih baik, dan ampuh untuk mengasah produktivitas hingga sore hari.

Tidur Lebih Lama dan Lelap ketika Hari Minggu Malam

Kurang pulas malam menjadi salah satu penyebab orang merasa lesu di pagi hari. Apalagi kalau terjadi di Senin pagi, hal ini sanggup dimaklumi sebab banyak orang menikmati final pekan secara terbaik. Misalnya dengan berpergian ke luar kota, berpesta dan menonton hingga larut malam. Akhirnya waktu istirahat berkurang. Cobalah untuk berada di rumah sebelum jam tujuh malam di hari Minggu, melaluiataubersamaini begitu Anda mempunyai waktu yang cukup untuk menyiapkan pakaian, sepatu, aksesoris dan kertas kerja yang harus dibawa ke kantor. melaluiataubersamaini demikian, pada ketika pagi hadir, Anda tidak perlu terburu-buru dan merusak suasana seharian penuh.

(Sumber: Surat Kabar Kompas dengan pengubahan).

Membandingkan dua teks prosedur

Teks 1: Empat Tips Agar Tidak iri kepada Orang Lain

Teks 2: Meredakan Kejengkelan pada Hari Senin

Aspek
Teks 1
Teks 2
Struktur Teks
Persamaan
Memiliki tujuan, langkah-langkah, dan penegasan kembali
Memiliki tujuan, langkah-langkah, dan penegasan kembali
Perbedaan
Tujuan yang disampaikan dalam teks yaitu bagaimana tips semoga tidak mempunyai perilaku iri kepada orang lain
Tujuan yang disampaikan dalam teks yaitu bagaimana tips untuk meredakan kejengkelan pada hari Senin, hari ketika mengpertamai kegiatan yang panjang.
Kaidah Kebahasaan Teks
Persamaan
Memiliki kata kerja imperatif, konjungsi, dan pernyataan persuasif
Memiliki kata kerja imperatif, konjungsi, dan pernyataan persuasive.
Perbedaan
Berupa perintah atau undangan untuk melaksanakan beberapa cara semoga tidak iri pada orang lain, di antaranya kenali diri sendiri, setiap orang mempunyai kelebihan masing-masing, yang penting makna bukan pengakuan, dan memalsukan orang berhasil
Berupa perintah atau undangan untuk melaksanakan beberapa cara semoga mencintau hari Senin, di antaranya mendengarkan bunyi orang yang Anda cintai, mendengarkan lagu kesukaan sepanjang perjalanan kantor, menikmati sarapan kesukaan, enak, dan mewah.

Rujukan

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indoneisa SMA/MA/SMK. Bandung: Yrama Widya



Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.



Suherli, dkk. Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi  Tahun 2017. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.






Tag : PEMBELAJARAN
0 Komentar untuk "Membandingkan Dua Teks Prosedur"

Back To Top