: Soal Un Tahun 2017/2018 Smp Bahasa Indonesia Dan Pembahasan (Soal Nomor 1: Memaknai Istilah)

loading...


1. Bacalah teks diberikut!

Upaya mewujudkan lingkungan yang sehat ditempuh dengan bermacam-macam upaya. Pertama, diharapkan upaya persuasif untuk mempersembahkan pemahaman kepada masyarakat wacana pentingnya lingkungan yang sehat. Kedua, perlu ditunjukkan referensi kasatmata tugas lingkungan sehat dalam kehidupan. Ketiga, masyarakat perlu dilibatkan dalam setiap aktivitas menjaga lingkungan biar tetap membersihkan dan sehat.

Makna kata persuasive pada teks tersebut adalah…

A. meyakinkan melalui cara membujuk

B. Memdiberi tahu dengan cara kekerasan

C. meyakinkan dengan mempersembahkan ceramah

D. mempersembahkan imbauan menuju kebaikan

Kunci Jawaban: A
Pembahasan
Arti kata persuasif adalah  bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin) (https://kbbi.web.id/persuasif ). Jawaban yang paling sempurna ialah opsi A.

A.  RINGKASAN MATERI 
istilah/is·ti·lah/ n  kata atau adonan kata yang dengan cermat mengungkapkan makna konsep, proses, keadaan, atau sifat yang khas dalam bidang tertentu (https://kbbi.web.id/istilah)
Makna kata atau istilah yang sering muncul dalam soal UN ialah makna kata leksikal. Makna kata leksikal ialah makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa bergabung dengan bentuk lain. Makna leksikal sanggup dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Paragraf disusun memakai kalimat-kalimat yang saling berkaitan. Kalimat dalam setiap paragraf disusun dari beberapa kata. Setiap kata tersebut mempunyai makna atau arti. Oleh alasannya ialah itu, dalam membentuk kalimat atau paragraf sebuah kata harus benar-benar dipilih biar bisa memberikan maksud penulis.
Kesalahan penerapan kata-kata atai istilah akan menjadikan penafsiran tidak sama. Kata-kata atau istilah yang dipakai sanggup berupa kata baku, kata bersinonim, kata berantonim, kata yang bermakna konotasi dan denotasi, dan kata yang mengalami perubahan makna. Istilah bekerjasama dengan pengungkapan makna konsep, proses, serta keadaan, atau sifat di bidang tertentu.
Makna kata atau istilah yang sering muncul dalam soal UN ialah makna kata leksikal. Makna kata leksikal ialah makna yang terdapat pada kata dasarnya tanpa bergabung dengan bentuk lain. Makna leksikal sanggup dilihat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.
misal soal memaknai istilah

(Soal UN tahun 2016/2017) 
Kunci Jawaban: B
Pembahasan
Arti istilah trotoar tepi jalan besar yang sedikit lebih tinggi daripada jalan tersebut, daerah orang berjalan kaki (https://kbbi.web.id/trotoar)


BAHAN LES/PERSIAPAN UN TAHUN PELAJARAN 2018/2019 MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA JENJANG SMP/MTs.

PEMBAHASAN SOAL UN TAHUN PELAJARAN 2017/2018 BAHASA INDONESIA SMP/MTs.


2. Menentukan Maksud Kalimat/Kalimat Pro dan Kontra Klik anakdidikcerdassekali.blogspot.com/search?q=soal-un-tahun-20172018-smp-bahasa








Tag : UN SMP
0 Komentar untuk ": Soal Un Tahun 2017/2018 Smp Bahasa Indonesia Dan Pembahasan (Soal Nomor 1: Memaknai Istilah)"

Back To Top